P. 1
Bab 6 Mengelola Kualitas_3

Bab 6 Mengelola Kualitas_3

|Views: 102|Likes:

More info:

Published by: William Cakra Wijaya on Oct 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2013

pdf

text

original

Bab 5 desain produk dan jasa Terdapat banyak pilihan dalam pemilihan, penetapan dan perancangan produk.

Dalam hal ini PT wonokoyo memilih untuk bersaing pada respon dalam menghadapi para pesaingnya. PT wonokoyo selaku penyuplai ayam selalu berusaha memenuhi kebutuhan pelanggannya tepat waktu hal ini dibuktikan saat PT wonokoyo pernah mengalami masalah yaitu saat terjadi salah perhitungan dalam pengiriman produk sehingga terjadi keterlambatan padahal saat itu stok milik pemesan sudah habis maka agar tidak mengecewakan pemesan PT Wonokoyo mengirimkan produk mereka melalui jalur udara untuk mengatasi keterlambatan pengiriman melalui jalur laut yang sebelumnya ditempuh oleh PT wonokoyo. Hal tersebut membuktikan komitmen PT wonokoyo akan ketepatan waktu pengiriman. Bab 6 mengelola kualitas Tujuan dari manajemen operasi adalah membangun system manjemen kualitas total/ TQM yang mengidentifikasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan. Begitu juga dengan PT Wonokoyo sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri perternakan dan pengolahan ayam tersebut tidak dapat lepas dari TQM agar kualitas produk yang mereka hasilkan berkualitas dan tidak mengecewakan pelanggan. Dalam menjalankan TQM, PT Wonokoyo menganggap hal tersebut penting. Hal ini di buktikan dari :
1. Pemasok  Dalam hal pemasok, PT Wonokoyo memperhatikan pemasok yang ada. Hal ini

dapat dilihat dari bibit ayam yang dimiliki PT Wonokoyo. Bibit ayam yang digunakan merupakan yam import yang berasal dari Negara-negara penghasil bibit ayam seperti amerika dan german. Bibit ayam ini langung didadatang kan dari negera Negara tersebut. 2. Pengolahan
 Pt wonokoyo melakukan sendiri semua proses pengolahanya mulai dari

pengembangan bibit hingga menjadi ayam potong dan produk lainya. Dalam perosews penggolhanya pt. wonokoyo melakukan beberapa tahap mulai dari bibit ayam selau diperiksa dan di beri vitamin serta vaksin secara rutin. Dalam pemberian vitamin dan vaksin ini Pt. wonokoyo memil;iki tim dokter hewan khusus. Slain itu kesteriolan kandang Ayam selalu dijaga, tidak sembarangan orang dapat masuk ke area kandang dan saat masuk ke dalam kandang harus mengenakan pakauian khusus dan menjalani proses sterilisai terlebih dahulu. Setelah itu ayam yang sudah siap untuk di olah juga di tes terlebih dulu sebelum dirposes lebih lanjut. Dalam proses pengolahanya pun sterilisasi merupakan bagian penting dalam

Bab 7 strartegi proses Dalam fokusnya Pt. Pengefisienan dengan memiliki kompleks kandang sendiri sehingga tidak perlu mengkawatirkan pasokan bahan baku karena jumlah persediaan PT wonokoyo yang perharinya mampu menyediakan sekitar 150. 3. mesin tersebut juga digunakan untuk memacu kerja pegawai agar dapat maksimal. sertifikasi halal dari MUI dan ISO 2001. Dan dari segi waktu PT wonokoyo memiliki dua shift dimana PT wonokoyo sudah melakukan pengecekan terlebih dulu menegnqai batas rata-rata tiap pegai bekerja yaitu sekitar 8 jam sehingga dengan system shift tersebut PT wonokoyo dapat terus berproduksi tanpa namun tidak menbuat kinerja karyawan menurun karena kelelahan. monokoyo juga mempertimbangkan waktu pengiriman agar barang tidak sampai dalam kondisi rusak. Pendistribusian  dalam proses pendistribusian produk PT wonokoyo tidak menggunakan pengawet melainkan pengemasan khusus dan membekukan produknya di suhu minus sehingga bakteri tidak dapat berkembang biak seain itu sebelum proses pengiriman Pt. Hal ini ditunjukan dengan focus Pt monokoyo saat ini memfokuskan pada peningkatan jumlah produksi.000 bibit ayam. Berikut ini merupakan urutan proses mulai dari penerimaan ayam hingga pengiriman.penggolahanya mulai dari proses pencabutan bulu hingga proses pengemasan dan penyimpanan dilakuykan dalam ruang kusus yang steril. wonokoyo sudah mendapatkan sertivikasi dari KAN (lembaga akreditasi nasional). Pengoptimalan mesin dan SDM Pt wonokoyo menggujnnakan mesin selain digunakan mempercepat proses produksi. Selain itu agar tidak mudah rusak saat pengiriman yang membutuhkan waktu lama PT wonokoyo menggunakan mobil pendingin khusus untuk menjaga daging ayam tetap beku. Untuk standart-standart yang kualitas yang ditetapakn oleh Pt. wonokoyo berfokus pada produk dengan volume yang tinggi namun variasi rendah. FLOW OF PRODUCTION PROCESS . 2. dan semua itu ada di dalam kompleks kandang PT wonokoyo sendiri sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli ayam dari pemasok lain. milik PT Wonokoyo. Dalam meningkatkan kapasitas produksi Ptmonokoyo melakukan beberapa cara yaitu : 1.

Bab 8 strategi lokasi Pemilihan lokasi sangat menetukan besarnya biaya. Lingkungan sosial. Oleh karena itu letak PT wonokoyo yang berada di . Pasar utama PT Wonokoyo saat ini adalah daerah jawa timur dan sekitarnya terutama Surabaya. lokasi kandang milik PT wono koyo berada dalam satu wilayah dengan tempat pemotongan ayam hal ini memuudahkan PT wonokoyo dalamm memsok ayam untuk diolah lebih lanjut 2. dalam hal ini penempatan pabrik tidak berada di tengah kota karena limabah yang dihasilakn serta karena PT wonokoyo merupakan perusahaan yang bergerak dalam pertenakan lokasi kandang tidak boleh sembarangan hal ini untuk menjaga agar ayam tidak setres kaena udara yantg tidak bersahabat serta menghindri polusi bau bagi masyarakat sekitar perusahaan sehingga untuk bagian kandang dan pemotongan ayam PT wonokoyo meletakaqnya terpisah dari pemukiman warga 3. penghasilan dan menentukan strategi bisnis apa yang harus digunakan oleh kerena itu Pt wonokoyol juga tidak sembarangan menentukan lokasi dimanan perusahaan tersebut berdiri. Dekat dengan pasar. Kedekatan pada pemasok. Faktor faktor yang mempengaruhi dalam penetuan lokasi antra lain : 1.

WONOKOYO. Berikut gambar denah secara keseluruhan dari PT.pasuruaan cukup strategis karena berada diantara dua kota besar di jawatimur yaitu Surabaya dan malang sehingga untuk proses pendistribusian menjadi laebih mudah. Bab 9 strtategi tata letak Berdasarkan kunjungan ke PT.WONOKOYO: . Telah kita ketahui bahwa tata letak merupakan suatu keputusan penting yang menentukan efisiensi sebuah operasi jangka panjang. kami mendapatkan beberapa gambar tentang tata letak perusahaan ini.

13 20 21 9 8 17 7 6 16 15 4 10 5 14 2 3 1 .

Selain itu proses sanitasi atau penyeterilan yang melalui dua tahap di letakan pada jalan menuju ke tempat pemotongan dan sesudah pemotongan hal ini dapat memudahkan karena proses sanitasi pertama dapat dilakukan saat perjalanan menuju tempat pengolahan dan sanitasi kedua berada di dekat pintu keluar sehingga sanitasi akir dapat dilakukqan sekaligus pengiriman. Dalam tipe tata letak ini mobilitas antar bagian haruslah di buat seefektive karena dalam hal produksi dengan volume tinggi proses produsi yang terjadi di tuntut untuk terus aktif agar volume produksi tidak berkurang. Bab 10 sumber daya manusia dan rancangan kerja Tenaga kerjaa merupakan faktor penting dalam suatu perusahaan dan merupakan salah satu faktor yang berperan dalam penetuan kelangsungan hidup perusahaan. perencannan tenaga kerja.Tataletak PT wono koyo merupakan jenis tata letak yang memiliki orientasi pada Produk yaitu tata letakl yang digunakan untuk tipe produk yang bervolume tinggi dan ber volume rendah. Dalam PT wonokoyo hal ini dilakukan dengan memberikan jalan khusus menuju kandang dan sebaliknya hal ini dilakukan agar proses pengiriman bahan baku tidak terhambat. Lalu tempat proses dilakukan pada tempat yang luas sehingga proses pengolahan tersebut dapat berjalan optimal dan mampu menghsilkan produk dalam jumlah banyak. merupakan cara menentukan kebiiakan karyawan yang . Oleh sebab itu diperlukan strategi pengolahan sumberdaya manusia dan perancangan kerja yang baik.

pengubahan menjadi barang setengah jadi dan produk akhir. dan lain-lain serta di beberapa Negara seperti Brunei dan Jepang (Ajinomoto). Supplier  PT Wonokoyo mepunyai supplyer sendiri dalam hal bibit ayam yang akan digunakan supplier ini berasal dari luar negri sperti jerman dan amerika. Pengolahan ayam tersebut mulai dari pemotongan hingga pengemasan. Contoh bentuk aturan kerja yang berlaku di PT wonokoyo adalah PT wonokoyo mengharuskan pekerjan dan tmau yang dating berjalan dijalur khusus yang digunakan oleh pejalan kaki dan mengharuskan mengenakan pkaian khusus saat berada di tempat pemotongan ayam. Dalam hal ini PT wono koyo sudah bekerja sama dengan pemasok dari kedua Negara tersebut untuk memenuhi kebutuhan bibit ayam. PT wonokoyo berkerja penuh hampir 24 jam sehari oleh karena itu terdapat shift-shiift sehingga para pekerja tidak kelelahhan dan dapt bekerja optiamal. Selainitu PT wonokoyo sendiri sudah melakuakan uji ketahanan pada karyawanya untuk mengetahui jumlah jam kerja yang tepat bagi karyawanya tersebut. 2. KFC. Distributor  PT Wonokoyo sudah bekerjasama dengan beberapa fast food di daerah Jawa dan Bali seperti McDonald. PT Wonokoyo lebih mengandalkan pasokan dari dalam perusahaan dibandingkan dari pihak luar. Hal ini terlihat dari rantai pasokan yang dimiliki oleh PT. Kebijakan strabilitas tenaga kerja yang dilakukan oleh PT wonokoyo lebih kepada menjaga karyawan secara konstan PT wonokoyo lebih nmengedepankan prekrutan internal disbanding dengan external. 2. . PT Wonokoyo dapat langsung mengirimkan produknya sesuai dengan pesanan yang diminta dan tepat waktu. Produsen  PT Wonokoyo mengolah sendiri ayam-ayam tersebut.. Aturan kerja . semuanya dikerjakan dalam satu area pabbrik. Dalam rantai pasokan.1. 1. Dalam pendistribusiannya. 3. 3. PT wonokoyo memiliki aturan aturan tertentu bagi para pekerjanya hal ini dilakukan untuk meminimalisi kecelakaan kerja serta agar proses produksi berjalan dengan lancer. Bab 11 manajemen rantai pasokan Manajemen rantai pasokan adalah intregasi aktivitas pengadaan bahan dan pelayanan. Jadwal kerja. Wonokoyo yaitu .

Bab 12 manajemen pesediaan. Manajemen persediaan memiliki tujuan untuk menentukan keseimbangan investasi persediaan dengan pelayanan pelangan.  PT wonokoyo selama ini mengusukan pelayanan berdasarkan pesanan namun karena permintaan dimasa mendatang tidak diketahui maka persediaan juga diperlukan. Agar barang barang yang disimpan ini tidak mudah rusak makan di PT wonokoyo menggunkan pendinggin hingga suhu minus untuk mengawetkan makanan . persediaan barang jadi.000 ekor untuk di ternakan selama 32 hari 2. Persediaan bahan mentah  Dalam persediaan barang mentah PT wonokoyo memiliki mengambil bibit ayam dari luar negri Dan persediaan rata rata PT wonokoyo adalah 150. 3. Persediaan barang setengah jadi  Untuk persediaan barang setengah jadi yang berupa ayam yang siap di potong PT wonokoyo mengembangkanya melalui perternakan sendiri sehingga kualitasnya lebih terjamin karena berada dibawah pengawasan sendiri. Untuk mewujutkan hal tersebut PT wonokoyo sebagai sebuah perusahaan harus memelihara 4 jenis persediaan yaitu : 1. Persediaan pasokan pemeliharaan/perbaikan/operasi  Saat berda di kunjungan PT wonokoyo memiliki armada yang cukup besar serta mesin mesin yang memadai dan menurut rencana mereka hendak menmbah jumlah mesin untuk menniggkatkakan produksi 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->