OBAT , JENIS DAN SUMBERNYA

A. Definisi Obat Obat didefinisikan sebagai zat kimiawi tunggal atau campuran yang berasal dari alam maupun hasil sintesis ,baik dari nabati, hewani, maupun hasil tambang dan mineral yang menpunyai aktivitas biologis dan dalam dosis atau takaran tertentu dapat di gunakan untuk meringankan, diagnose, preventif,rehabilitative,penyakit dan promosi kesehatan. B. Jenis-jenis Obat Menurut istilah yang beredar dan diketahui secara umum di Indonesia ,obat dapat digolongkan menjadi 4 ( empat ) jenis, yaitu : 1. Obat jadi, adalah obat yang masih dalam keadaan murni atau campuran dalam bentuk seperti serbuk, salep, tablet, pil, suppositoria atau bentuk lainnya sesuai dengan yang di tetapkan oleh pemerintah atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. 2. Obat patent, adalah obat jadi dengan nama dagang atau merk terdaftar pada Depertemen Kesehatan RI atas nama si pembuat atauyang di kuasakan dan di jual dalam bungkus asli dari produsen yang memproduksinya. 3. Obat aseli, adalah obat yang di dapat langsung dari tanaman alamiah Indonesia , terolah secara sederhana atas dasar pengalaman dan di gunakan dalam pengobatan tradisional. Sering di sebut pula istilah jamu. 4. Obat baru, adalah obat yang tgerdiri dari bahan aktif dan zat tambahan tertentu yang belum di kenal jenisnya, sehingga belum di ketahui khasiat dan kegunaannya. Secara internasional di samping istilah nama obat seperti tersebut di atas juga di kenal ada 5 (lima) jenis obat yang beredar di pasaran, di akui secara luas di dunia dan sesuai pula dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia 5 ( lima ) jenis obat yang di maksud adalah : 1. Obat Bebas, ialah obat yang bebas beredar, dapat dijual secara luas dengan pada kemasannya di beri tanda khusus berupa garis tepi lingkaran hitam atas dasar warna hijau ( TC396 ) dan nomor registrasi kesehatan RI. Misalkan : Depkes. RI. Reg. No. DBL Depkes. RI. Reg. No. D 2. Obat Bebas Terbatas, ialah obat yang beredar dengan batasan jumlah kadar tertentu, di jual secara terbatas di tempat yang berijin ( toko obat ), dan diberi tanda khusus berupa garis tepi lingkaran warna hitamatas dasar warna biru ( TC308 ) dan nomor registrasi kesehatan RI.

1.hanya untuk di bakar e. P No. Tanaman / tumbuhan/ flora /nabati Contoh :  Digitalis folium  Kina  Efedrin  Jahe . Awas ! Obat Keras. 5. tidak boleh din telan f. ialah obat yang mengandung zat adiktif berkhasiat keras. Hanya untuk kumur jangan di telan c. 6. ialah obat yang berasal dari tanaman Erytroxylon coca. Bacalah aturan memakainya b. Ada 5 jenis obat yabg perlu dio ketahui yaitu : 1. Awas ! Obat Keras. hanya untuk bagian luar tubuh d. P No.atas dasar warna putih dan di dalamnya ada gambar palang medali 6. pada kemasannyadi beri tanda khusus yang berupa garis tepi lingkaran warna hitamatas dasar warna merah ( TC 165 ) di dalam lingkaran terdapat huruf K berwarna hitam yang menyentuh garis tepi lingkaran dan nomor registrasi kesehatan RI 4. Awas ! Obat Keras. P No. fauna /hewani Contoh : . Obat Narkotika. Hewan.. 2. cannabis sativa. Sumber – sumber Obat Obat berasal dari berbagai sumber atau asal baik secara alamiah maupun secara sintetis. di gunakan atas petunjuk dokter dan pada kemasannya di tandai dengan garis tepi lingkaran warna merah. Obat Psikotropika adalah obat keras tertentu yang menpunyai khasiat stimulasi terhadap susunan saraf pusat dan dapat mempengaruhi perilaku penggunaannya bila tidak sesuai dengan aturan dan atas anjuran dokter. 3. obat wasir jangan ditelan 3. di peroleh dengan resep dokter . Obat Keras.Kecuali itu pada kemasannya di beri tanda peringatan berupa empat persegi panjang dengan huruf putih atas dasar hitam yang terdiri dari 6 ( enam ) jenisperingatan. P No. Awas ! Obat Keras. papaver somniferum beserta tururnannya . P No. 5. P No. Awas ! Obat Keras. dsb 2. yaitu : a. Awas ! Obat Keras. 4.binatang.

Mineral. Sintesis atau rekayasa laboratorium kimia Contoh :  Champora  Vitamin. dsb 3. dsb 4. atau hasil tambang Contoh :  Yodium  Belerang/ sulfur  Paraffin  Vaselin. dsb 5.    Minyak ikan Hormone Cera flava Adeps lanae. dsb . Mikroorganisme Contoh :  Kroramfenicol  Tetrasiklin  Streptomisin  Sefalosporin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful