BAB 5 MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA A.

latar belakang tumbuhnya kesadaran nasional
perasaan akan munculnya nasionalisme bangsa Indonesia telah tunbuh sejak lama, bukan secara tiba-tiba. Nasionalisme tersebut masih bersifat kedaerahan, belum bersifat nasional. Nasionalisme yang masih bersifat menyeluruh pun belum ada. Lalu di abad XX baru muncullah kesadaran nasional Indonesia untuk melawan bangsa-bangsa penjajah. Lahirnya nasionalisme bangsa Indonesia didorang oleh dua factor, baik dari factor intern maupun factor ekstern.

1. Faktor Intern
a. Sejarah masa lampau yang gemilang Indonesiasebagai bangsa yang mengalami zaman nasional pada masa kebesaran Majapahit dan Sriwijaya. Kedua peran tersebut kepada mereka dimainkan sebagai Negara nasional yang wilayahnya begitu besar yaitu hamper meliput Indonesia yaitu kerajaan Majapahit. Kebesaran ini membawa pikiran dan angan-angan bangsa Indonesia untuk dapat senentiasa menikmati kebesarab itu. Hal ini dapat mengungga perasaan nasionalisme golongan terpelajar pada awal abad XX. b. Penderitaan rakyat akibat penjajahan Bangsa Indonesia mengalami masa yang samgat panjang untuk melawan bangsa portugis dan sebagainya. Dan melalui politik Devide et Impera itu Indonesia malah lebih sengsara dibandingkan bangsa lain yang dijajah pada saat itu Maka muncullah kesadaran Nasional pemuda Indonesia untuk melawan para penjajah. Atas prakarsa para kaum pemuda intelektual, persatian itu dapat diwujudkan jika pemuda Indonesia bersatu dari daerah lain ke daerah lain untuk melawan bangsa lain yang menjajah mereka.

c. Pengaruh perkembangan pendidikan barat di Indonesia

Untuk kepentingan tersebut. D. ada 3 macam jenis pendidkan iuslam di . System pembelajaran colonial dibagi menjadi 2 jenis yaitu penbgajaran pendidikan umun dan pengajaran penjuruan keduanya deselengaraakan unruk tingkat menengah ke atas. Untuk itu harus dibayar dengan peningkatan kesejahteraan melalui gagasannya yang dikenal denagn trilogy van devender. Dalam tulisan tersebut dijelsskan bahwakekosongan kas negri belanda telah dapat diisi kembali brkat pengorbanan orang orang Indonesia. mr couard Theodore van Deventer melancarkan kritikankritikan yang tajam terhadap pemerintah penjajahan belanda. pengaruh perkembangan pendidikan islam di Indonesia Perkembangan pendidikan di indopnesia juga banyak dowarnai oleh pendidikan yang dikeklola umat islam . Pada tahun 1899. Kritikan itu dutulis an dimuat dalam jurnal belanda. Tekanan dating dari partai social dempkrat yangterjadi di negri Belanda. Ini berarti bahwa terjadinya perubahan di negrii jajahan banyak dipengaruhi oleh keadaan yang terjadi di nergi Belanda. tujuan belanda semua adalah untuk mendap[atka tenaga kerja atau pegawai urahan dan mandor-mandor yang dapat membaca dengan gaji yang murah.Perkembangan system pendidikan pada masa Hondia Belanda tidak dapat dipisahkan dari politik etis. Tekanan dating dari Pertai Nasional Demokrat yang di dalamnya ada van devender. belanda mendirikan sekolah untuk rakyat pribumi. Denagn demikian. jelaslah bahwa pelaksaanan politik etnis tidak terlepas dari kepentinagn pemerintah belanda. Dalam bidang pendidikan. de gils dengan nama een eerrschuld yang berarti hutang budi atau hutang kehormatan.

landaskan ilmu pengetahuan agama islam. pengaruh pekembangan pendidikan kebangsaaan di Indonesia Berkembangnya system pendidikan bvarat melahirkan golonga terpelajar.Indonesia yaitu pendidikan di surau atau langgar. mata pelajaran umum lainnya juga mulai desentuh.m pribumi. Usaha pemerintah colonial belanda untuk memecah belah dan kristenisasi tidak amapu meruntuhkan moral dam imam para santrui E. Tujuan didirikannya adalahmendidik dan mengemabngkan golongan muda serta menanamkan rasa cinta tabnah air dan semangat anti penjajahan 2. Adanya diskriminasi dalam pendidikan colonial dan tidak adanya kesempatan bagi penduduk pribumi untuk mengenyam pendidikan. Walaupum dasar pendidikan dan pengajarannya ber. Selain itu sekoalh tersebut terbuka bgi semua masyarakt pribumi dan tidak membedakan dari kalangan manapun Contoh sekolah kebangsaan: 1. mendorong kaum terpelajar untuk mendirikan sekolah untuk kau. Taman siswa Taman siswa didirikan oleh kihajar dewantara pada tanggal 3 juli 1922. dan madrasah. Sekolah ini juga dikenal sebagai sekolah kebanggan sebab bertujuan untuk emananmkan rasa nasionalisme di kalanga rakyat dan mencetak genberasi penerus terpelkajar dan sadar akan nasib bangsanya. pesantren. Ksatrian school Didirikan di bandung pada tahun 1924 oleh douwes dekker tujuan ksatrian school adalah untuk member kesempatan belajar yang lebih baik dan luas kepada murit .

bahasa Melayu menjadi sarana penting untukmenyosialisasikan semangat kebangsaan dan nasionalisme keseluruh pelosok Indonesia. istilah Indonesia sebagai identitas nasional . f. bahasa Melayuberubahmenjadi bahasa persatuan nasional Indonesia. Cina diberi kesempatan untuk menguasai bisnis eceran. g. h. Dengan kemandirian tersebut diharapkan golongan pemuda dapat menyadari akan arti pentingnya semangat kerja sebagai modal perjuangan kemerekaan. Tujuannnya adalah untuk mendidik dan menanamkan tradisi semangat kerja dan kemandirian.pertokoan dan menjadi kolektor pajak dari pemerintah belanda. Dalam perkembangannya. khususnya kaum pedaagang cina semakin membuat kesal pedagang perbumi. Kekesalan ini diciptakan oleh blanda untuk menimbulkan rasa irihati rakyat Indonesia kepadav keturunan cina.akibatnya kaum cina menjadi lebih agresif. Puuncak kekesalan kaum pedagang pribumi terjadi ketika keturunan Cina mendirikan keturunan sendiri yakni tionghoa hwee pada tahun 1901. Semboyan yang dipakai adalah mengabdi pada masyarakat 3. Dengan posisi sebagaibahasa pergaulan. INS kayu tanam Didirikan oleh moh syarief pada tanggal 31 okt 1926. bangsa Indonesia juga memiliki bahasa pergaulan umum (LinguaFranca) yaknibahasaMelayu. Dominasi Ekonomi Kaum CIna di Indonesia kaum pedagang keturunan non pribumi. Selain itu untuk menumbuhkan rasa percaya diri manusia dan kepercayaan pada diri senjiri sebagai bangsa yang merdeka. paranan bahasa melayu Di samping mayoritas beragama Islam. Peristiwa itu membangkitkanpersatuan pertokoanyang kokoh diantara semua pedagang.numi putera.

Dalam perjalanan sejarah Filipina muncul sosok tokoh yang bernama Jose Rizal yang merintis pergerakan nasional dengan mendirikan Liga Filipina. Di bawah kepemimpinan Mahatma Gandhi. c . Berikut ini faktor-faktor ekstern yang member dorongan danenergi terhadap lahirnya pergerakan nasional di Indonesia a. dan Hartal. terutama Satyagraha mengandung makna yang memberi banyak inspirasi terhadap perjuangan di Indonesia. Faktor Extern Timbulnya pergerakan nasional Indonesia disamping disebabkan oleh kondisi dalam negeri. Pada tahun 1892 Jose Rizal melakukan perlawanan bawah tanah terhadap penindasan Spanyol. Tujuan yang ingin dicapai adalah bagaimana membangkitkan nasionalisme Filipina dalam menghadapi penjajahan Spanyol. dan lain-lain. van Vollen Hoven. Ahimsa.istilah ‘Indonesia‘ berasal dari kata India (bahasa Latin untuk Hindia) dan kata nesos (bahasa Yunani untuk kepulauan). Istilah Indonesia. Sikap patriotisme dan nasionalisme yang ditunjukkan Jose Rizal . Partai Kongres India Dalam melawan Inggris di India. Logan. Dalam perjuangannya Jose Rizal dihukum mati pada tanggal 30 Desember 1896. Snouck Hurgronje. kaum pergerakan nasional di India membentuk All India National Congress (Partai Kongres India). Filipina di bawah Jose Rizal Filipina merupakan jajahan Spanyol yang berlangsung sejak 1571 – 1898. ternyata yang keluar sebagai pemenang dalam peperangan itu adalah Jepang. jugaada faktor yang berasal dari luar (ekstern). Dalam tabel berikut akan diuraikan perkembangan penggunaan istilah Indonesia. sehingga kata Indonesia berarti Kepulauan Hindia. Adolf Bastian.R. atas inisiatif seorang Inggris Allan Octavian Hume pada tahun 1885. Keempat ajaran Ghandi ini. 2. b . Kemenangan Jepang atas Rusia Selama ini sudah menjadi suatu anggapan umum jika keperkasaan Eropa (bangsa kulit putih) menjadi simbol superioritas atas bangsa-bangsa lain dari kelompok kulit berwarna. setelah gagal dalam pemberontakan Katipunan. Hal ini memberikan semangat juang terhadap para pelopor pergerakan nasional di Indonesia. Hal itu ternyata bukan suatu kenyataan sejarah. Perjalanan sejarah dunia menunjukkan bahwa ketika pada tahun 1904-1905 terjadi peperangan antara Jepang melawan Rusia. Indonesisch dan Indonesier makin tersebar luas pemakaiannya setelah banyak dipakai oleh kalangan ilmuwan seperti G. Satyagraha. partai ini kemudian menetapkan garis perjuangan yang meliputi Swadesi.

Dinasti ini dianggap dinasti asing oleh bangsa Cina karena dinasti ini bukan keturunan bangsa Cina. Sarekat Islam.membangkitkan semangat rela berkorban dan cinta tanah air bagi para cendekiawan di Indonesia. dan Gapi. Ia menuntut adanya pembaruan dan modernisasi di segala sektor kehidupan masyarakatnya. Perkembangan Pergerakan Nasional . Munculnya gerakan nasionalisme Cina diawali dengan terjadinya pemberontakan Tai Ping (1850 – 1864) dan kemudian disusul oleh pemberontakan Boxer. Masa moderat/kooperasi (1930 .1930).1942). Perhimpunan Indonesia (PI). Gerakannya dinamakan Gerakan Turki Muda. dan Partai Nasional Indonesia (PNI). d . Masa pergerakan nasional di Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi-organisasi pergerakan. Di samping itu juga berdiri organisasi keagamaan. 3. Masuknya pengaruh Barat menyebabkan munculnya gerakan rakyat yang menuduh bahwa Dinasti Manchu sudah lemah dan bekerja sama dengan imperialis Barat. Gerakan Nasionalisme Cina Dinasti Manchu (Dinasti Ching) memerintah di Cina sejak tahun 1644 sampai 1912. dibagi dalam tiga tahap berikut. Gerakan Turki Muda memberikan pengaruh politis bagi pergerakan bangsa Indonesia sebab mengarah pada pembaruan-pembaruan dan modernisasi. organisasi pemuda. Gerakan Turki Muda Gerakan nasionalisme di Turki pada tahun 1908 dipimpin oleh Mustafa Kemal Pasha. Masa pembentukan (1908 . Gerakan ini ternyata berimbas semangatnya di tanah air Indonesia. dan Indische Partij. B.1942). Partindo. berdiri organisasi seperti Partai Komunis Indonesia (PKI). Masa radikal/nonkooperasi (1920 . Oleh karena itu muncul gerakan rakyat Cina untuk menentang penguasa asing yaitu para imperialis Barat dan Dinansti Manchu yang juga dianggap penguasa asing.1920) berdiri organisasi seperti Budi Utomo. 1. Masa pergerakan nasional (1908 . e. berdiri organisasi seperti Parindra. 2. dan organisasi perempuan.

Budi Utomo (BU) Pada tahun 1906 Mas Ngabehi Wahidin Sudirohusodo. menghidupkan kembali seni dan kebudayaan bumi putera. Yogya Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan semakin lambannya Budi Utomo. 2. dan menjunjung tinggi cita-cita kemanusiaan dalam rangka mencapai kehidupan rakyat yang layak. Sejak itu BU terus mengalami kemerosotan dan mundur dari arena politik. memajukan teknik dan industri. Kongres Budi Utomo yang pertama berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 3 Oktober – 5 Oktober 1908. a. membuka sekolah pertanian. maka pada tahun 1935 Budi Utomo mengadakan fusi ke dalam Partai Indonesia Raya (Parindra). Sarekat Islam (SI) .1. Sutomo.Lebih mementingkan pemerintah kolonial Belanda daripada kepentingan rakyat Indonesia. Bandung. merintis mengadakan kampanye menghimpun dana pelajar (Studie Fund) di kalangan priyayi di Pulau Jawa. Budi Utomo mampu menerbitkan majalah bulanan Goeroe Desa yang memiliki kiprah masih terbatas di kalangan penduduk pribumi. b. Tujuan utamanya adalah kemajuan bagi Hindia Belanda. Wahidin ini bertujuan untuk meningkatkan martabat rakyat dan membantu para pelajar yang kekurangan dana. Kongres ini dihadiri beberapa cabang yaitu Bogor. Pada mulanya Budi Utomo bukanlah sebuah partai politik. Sejalan dengan kemerosotan aktivitas dan dukungan pribumi pada Budi Utomo. mendirikan badan wakaf yang mengumpulkan tunjangan untuk kepentingan belanja anak anak bersekolah. Budi Utomo cenderung memajukan pendidikan untuk kalangan priyayi daripada penduduk umumnya. Dari kampanye tersebut akhirnya pada tanggal 20 Mei 1908 berdiriorganisasi Budi Utomo dengan ketuanya Dr. Organisasi Budi Utomo artinya usaha mulia. Hal ini terlihat dari tujuan yang hendak dicapai yaitu perbaikan pelajaran di sekolah-sekolah. Upaya dr.

maka pada tanggal 18 September 1912. para pemimpin SI mengadakanpertemuan dengan Gubernur Jenderal Idenburguntuk memperjuangkan SI berbadan hukum. SI Putih. Dalam kongres SI yang dilaksanakan tahun1921.bergandeng dengan kapitalis adalahharam. a. Jawaban dariIdenburg pada tanggal29 Maret 1913.O. Agus Salim. Samanhudi sebagai suatu koperasi pedagang batik Jawa.O. Ironisnya yang mendapat pengakuan pemerintah colonial Belanda (GubernurJenderal Idenburg) justru cabang-cabangSI yang ada di daerah.O.S Cokroaminoto. SDI didirikan di kota Solo oleh H. Padatahun 1911.S Cokroaminoto dengan Semaun mengenai kapitalisme. H. Ini suatutaktik pemerintah kolonialBelanda dalam memecah belah persatuan SI. Oleh karena itu agar memiliki anggota yang banyak dan luas ruang lingkupnya. AgusSalim. Organisasi Sarekat Islam (SI) didirikan oleh beberapa tokoh SDI seperti H. Setiap anggota SI tidak bolehmerangkap sebagai anggotaorganisasi lain terutama yang beraliran komunis. SDI diubah menjadi SI (Sarekat Islam).S Cokroaminoto tidak diberibadanhukum. maka tidak memiliki anggota yang cukup banyak. Dipimpin oleh H. yang tetap berlandaskan nasionalisme danIslam. yaitu SI di bawahpimpinan H. Keanggotaan SDI masih terbatas pada ruang lingkup pedagang. Garis yang diambil oleh SDI adalah kooperasi. SI merupakanorganisasi massa pertama di Indonesia. dengan tujuan memajukan perdagangan Indonesia di bawah panji-panji Islam. Menurut Semaun yang memilikipandangan sosialis .Antara tahun 1917 sampai dengan 1920 sangat terasa pengaruhnyadi dalam politik Indonesia. AkhirnyaSIpecah menjadi dua yaitu SI Putih dan SI Merah.ditetapkan adanya disiplin partai rangkap anggota. Sarekat Islam berkembang pesat karena bermotivasi agama Islam. Pada tanggal 29 Maret1913. `Kecepatan tumbuhnya SI bagaikan meteor dan meluas secarahorizontal. SarekatIslammenerbitkan surat kabar yang bernama Utusan Hindia. dan Suryopranoto yang berpusat di Yogyakarta .O.Pada mulanya Sarekat Islam adalah sebuah perkumpulan para pedagang yang bernama Sarekat Dagang Islam (SDI).Bayangan perpecahan muncul dari pandangan yangberbeda antara H. Abdul Muis. Untuk menyebarkan propaganda perjuangannya.S. Cokroaminoto. dan H.

Dipimpin oleh Semaun. Sementara itu.E DouwesDekker. Saat itupemerintah Belanda akan mengadakan peringatan 100 tahun bebasnyaBelanda dari tangan Napoleon Bonaparte (Prancis). yang berhaluan sosialisme kiri (komunis).E Douwes Dekker sebagai sarana untukmembangkitkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air Indonesia. Kemudian pada tahun1927 berubah lagi menjadi Partai Sarekat Islam Indonesia(PSII).b. Dalam kongresnya di Madiun. IP sebagai organisasi campuran menginginkanadanya kerja sama orang Indo dan bumi putera. SI Merah.ayah Belanda. Adalahsuatu yang kurang pas di mana suatu negara penjajah melakukanupacara peringatan pembebasan dari penjajah pada suatu bangsayang dia sebagai penjajahnya. SI Putih berganti namamenjadi Partai Sarekat Islam (PSI). Halini disadari benar karena jumlah orang Indo sangatsedikit.F.E Douwes Dekker dilahirkan dari keturunan campuran.F. yaitu E. maka diperlukan kerja sama dengan orangbumi putera agar kedudukan organisasinya makinbertambah kuat. SI Sosialis/Komunis berganti namamenjadi Sarekat Rakyat (SR) yang merupakan pendukungkuat Partai Komunis Indonesia (PKI). Cipto Mangunkusumo. Indische Partij (IP) IP didirikan pada tanggal 25 Desember 1912 diBandung oleh tokoh Tiga Serangkai. . Dr. Indische Partij merupakan yaorganisasipergerakanyang secara terang-terangan bergerak di bidang politik dan inginmencapai Indonesia merdeka. 3.Tujuan dari partai ini benar-benar revolusioner karena maumendobrak kenyataan politik rasial yang dilakukan pemerintahkolonial. Tujuan Indische Partij adalah untukmembangunkan patriotisme semua indiers terhadap tanah air. Perayaan inidirencanakan diperingati juga oleh pemerintah Hindia Belanda. yang berpusat di Semarang. Tindakan ini terlihat nyata pada tahun 1913. Pendirian IP ini dimaksudkan untukmengganti Indische Bond yang merupakan organisasiorang-orang Indo dan Eropa di Indonesia. Di samping itu juga disadari betapa pun baiknya usaha yang dibangunoleh orang Indo.F. tidak akan mendapat tanggapan rakyattanpa adanya bantuan orang-orang bumi putera. Perlu diketahuibahwa E.. ibu seorang Indo. Hal ini disebabkanadanya keganjilan-keganjilan yang terjadi(diskriminasi) khususnya antara keturunan Belandatotok dengan orang Belanda campuran (Indo).. IPmenggunakan media majalah Het Tijdschrifc dan surat kabar ‘DeExpres’ pimpinan E. dan SuwardiSuryaningrat.

R. Andaikan aku seorangBelanda. Namun pada tahun 1914Cipto Mangunkusumo dikembalikan ke Indonesia karena sakit. Suwardi Suryaningratditangkap. Menyusul sarkasme dari Dr. Suwardi Suryaningrat menulis artikel bernada sarkastisyang berjudul ‘Als ik een Nederlander was’.M.F.E.Sedangkan Suwardi Suryaningrat dan E. kekuatan.Hal yang ironis ini mendatangkancemoohan termasuk dari para pemimpin Indische Partij. berisi tentang kekhawatiran. Akibat dari tulisan itu R. dan ketakutan. Pada tahun 1913 mereka diasingkan ke Belanda.M. Cipto Mangunkusumo yangdimuat dalam De Express tanggal 26 Juli 1913 yang diberi judul Krachtof Vrees?. Douwes Dekker barukembali ke Indonesia pada tahun 1919 .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.