P. 1
Konsep Manusia Dalam Islam

Konsep Manusia Dalam Islam

|Views: 39|Likes:
Published by M Nur Syamsa

More info:

Published by: M Nur Syamsa on Oct 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/27/2013

pdf

text

original

Konsep Manusia Dalam Islam

Terciptanya Manusia Manusia diciptakan Allah SWT. dari tanah berasal dari saripati tanah menjadi nutfah (benih manusia), alaqah (segumpal darah) dan mudgah (segumpal daging) sehingga akhirnya menjadi makhluk yang paling sempurna yang memiliki berbagai kemampuan Keberadaan Manusia Pada diri manusia terdapat perpaduan sifat yang berlawanan. Pada diri manusia terdapat sifat baik, yang menyerupai sifat Tuhan dan terdapat sifat buruk. Hakikat Manusia Asal-usul manusia menurut ilmu pengetahuan tidak bisa dipisahkan dari teori tentang spesies baru yang berasal dari spesies lain yang telah ada sebelumnya melalui proses evolusi. Teori evolusi diperkenalkan oleh Darwin. Evolusi manusia menurut ahli paleontologi dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan tingkat evolusinya, yaitu : a. Tingkat pra manusia yang fosilnya ditemukan di Johanesburg, Afrika Selatan 1924,dinamakan australopithecus b. Tingkat manusia kera yang fosilnya ditemukan di Solo 1891, dinamakan pithecantropus erectus. c. Tingkat manusia modern (homo sapiens) yang telah pandai berpikir menggunakan otak dan nalarnya. Konsep manusia dalam al-Qur’an dipahami dengan memperhatikan kata-kata yang saling menunjuk pada makna manusia, yaitu kata basyar, insan, bani Adam dan abdun. Martabat Manusia Manusia secara fisik tidak begitu berbeda dengan binatang. Letak perbedaan antara manusia dengan makhluk lainnya adalah dalam kemampuannya melahirkan kebudayaan. Kebudayaan hanya dimiliki oleh manusia, sedangkan binatang hanya memiliki kebiasaan-kebiasaan yang bersifat insting.

Tetapi ketundukan manusia pada hukum Allah dalam menjalankan kehidupan di muka bumi ini. Aspek Akhlak Tujuan Penciptaan Manusia Tujuan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada penciptanya. Tanggung jawab hamba Allah adalah menegakkan keadilan. Belajar. maupun horizontal dengan sesama manusia dan makhluk Allah lainnya. Aspek Kreasi b. 40 (al-Mu’min) : 35 Tanggung Jawab Manusia Allah dengan ajaran-Nya al-Qur’an menurut Sunnah Rasul. QS. yaitu Allah. Pengertian beribadah kepada Allah tidak boleh diartikan secara sempit dengan membatasi pengertian pada aspek ritual yang tercermin dalam shalat saja. QS. Hamba Allah sebagai bagian dari ummah yang senantiasa berbuat kebajikan juga diperintahkan untuk mengajak yang lain untuk berbuat makruf dan mencegah yang munkar (QS. QS. 27 (an-Naml) : 15 : 16 b. . Peran yang hendaknya dilakukan khalifah Allah sebagaimana yang telah ditetapkan Allah SWT.Manusia mempunyai beberapa karakteristik : a. baik yang berupa hubungan vertikal dengan Allah. Aspek Kehendak (Pilihan) d. Fungsi dan Peranan Manusia Status dasar manusia yang diawali dari Nabi Adam AS adalah sebagai khalifah Allah. Aspek Ilmu c. Mengajarkan ilmu. 3 : Ali Imran : 103). baik terhadap diri sendiri maupun terhadap keluarga. adalah : a. 2 (al-Baqarah) : 31-33 Membudayakan ilmu. memerintahkan hamba-Nya (abdullah) untuk berlaku adil dan ihsan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->