Empat Kompetensi Guru

Mata Kuliah

: Profesi Keguruan

Dosen Pembimbing : Drs. H. Fansuri, M.Pd

Disusun Oleh:

Nama NIM Kelas

: Ario Tirta Risnaldy : A1E 310 206 :A

Semester : 5

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR 2012

.1998 Dari pengalaman saya bersekolah di taman kanak-kanak Tunas Rimba dulu. Pribadi beliau pun juga baik dan patut untuk ditiru. Dan untuk kekurangan yang ada di TK mungkin kurangnya tenaga guru TK. serta ramah terhadap orang tua murid. Contohnya guru-guru pembimbing masih menjaga anak-anak didiknya pada saat bermain serta pada saat sudah pulang. dan sudah teraplikasi dengan baik. sehingga guru sedikit mengalami kewalahan dalam mengatur anak-anak didik pada saat kegiatan pembelajaran akan berlangsung.Taman Kanak Kanak Tahun Ajaran 1996 . sehingga saya cepat membaca. Dan guru pembimbing yang menurut saya memenuhi 4 kompetensi waktu saya di TK adalah Ibu Rusmini. guruguru di TK tersebut sudah memiliki empat kompetensi guru. Beliau terampil dalam mengajarkan dan mengenalkan huruf-huruf alfabet.

Dan dalam kompetensi keprofesionalan pun. Menurut pengalaman saya.Sekolah Dasar Tahun Ajaran 1998 . Karena pada saat itu masih belum ada guru honorer disekolah saya. Beliau juga sering menanamkan nilai-nilai kompetensi sosial dan kompetensi pribadi dengan memberikan nasihat-nasihat yang beliau dapat. Beliau juga ikut memeriksa tingkah laku murid-murid pada saat berada disekolah.beliau sangat jelas menerangkan sehingga siswa memperhatikan dengan seksama. guru yang memenuhi empat kompetensi guru adalah Bapak Ishak Syahdan dan merupakan Kepala Sekolah di SDN banjarbaru Utara 2. surat kabar. .Walaupun beliau sebagai kepala sekolah. Dalam penyampaikan materi yang diajarkan. Hal ini menyebabkan saya ketakutan apabila beliau sedang mengajar dan bertemu dengan beliau. maka beliau akan memberikan nasihat-nasihat untuk memecahkan masalah tersebut.sehingga orang tua murid dapat mengetahui sejauh mana kemampuan anak-anaknya dalam menerima pelajaran. Dan juga menyebabkan saya kurang begitu paham apa yang beliau ajarkan pada saat pembelajaran berlangsung. sehingga apabila ada murid yang mendapat suatu permasalahan. dll yang bisa memotivasi murid untuk melakukan nilai-nilai tersebut dengan benar. Dalam masyarakat pun beliau sangat akrab dengan orang tua murid.2004 Saya bersekolah di SDN Banjarbaru Utara 2. sehingga beliau orang yang saya hormati . dan aktif dalam pembelajaran. entah dari televisi. beliau sering mendorong siswa untuk bertanya. beliau juga mengajar dalam pelajaran PPKN. Baik itu di dalam pelajaran maupun pada saat pelajaran sudah selesai. Yang menimbulkan saya menjadi bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Ada salah satu guru yang saya dan teman-teman yang kurang disenangi karena beliau sangat pemarah.

Hal ini dibuktikan dengan beliau sering mengajak siswa untuk sholat berjama’ah bersama. Nama bapak kepala sekolah SMP Negeri 4 Martapura tersebut adalah Drs. . beliau menjelaskan materi-materi yang diajarkan sangat jelas. namun menurut saya beliau memiliki semua kompetensi guru. Beliau juga mengajar pada saat itu. karena beliau menanamkan norma-norma agama yang kuat. dapat dilihat pada saat mengajar. Walaupun beliau keras. memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang beliau miliki untuk meningkatkan pengembangan potensi siswa yang sangat efektif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak buruk pada tingkah laku siswa yang menjadi ketakutan apabila melakukan hal yang tidak dia sukai. Beliau juga memiliki kompetensi kepribadian yang baik. Dan guru yang kurang saya senangi pada waktu SMP dikarenakan guru tersebut ‘ringan tangan’ yang dimana guru tersebut acapkali memukul siswa bila melakukan hal-hal yang kesalahannya kecil. serta masyarakat sekitar. beliau menguasai materi. Contohnya dalam rencana pembangunan kelas baru. Beliau juga berkomunikasi dan bergaul secara aktif dengan orang tua didik. Dalam mengajar. yang dulu merupakan sekolah yang sering dicap sebagai kumpulan-kumpulan anak nakal. struktur.2007 Saya bersekolah di SMP Negeri 4 Martapura. dan contohnya dalam masyarakat. dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. konsep. beliau sering melaksanakan kegiatan bersih-bersih diluar lingkungan sekolah dan juga mengajak siswa-siswanya untuk berkeliling lingkungan masyarakat sekitar. mengadakan kegiatan khatam Al-Qur’an dan menyuruh siswi yang beragama Islam wajib mengenakan jilbab. Dan beliau juga mengajarkan kompetensi keprofesionalan. Muhammad Arsyad.Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2004 . Sehingga kepala sekolah pada saat itu sangat keras dan disiplin kepada siswa/i nya. Sehingga materi dari pelajaran tersebut dapat dimengerti oleh kami. beliau transparan dalam rencana yang akan beliau lakukan terhadap orang tua didik yang tentunya beliau mengadakan rapat untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk sekolah.

guru tersebut melemparkan kembali pertanyaan tersebut kepada siswa yang lain. Ada juga guru yang hanya mengajar apa yang akan dia ajarkan saja mungkin karena guru tersebut terlalu kolot. Beliau sering kali terlihat bergaul kepada siswa pada saat jam istirahat. yaitu kimia.2010 Di SMA Negeri 2 banjarbaru. Beliau sangat ramah dengan seluruh komponen-komponen yang ada disekolah. .Sekolah Menengah Atas Tahun Ajaran 2007 . Maupun dalam hal mengajar. Dalam mengajar pun guru tersebut hanya menjelaskan dan memberikan soal tanpa membahasnya bersama-sama. yang terlalu terpaku pada konteks yang ada dibuku sehingga kami kurang paham materi yang disampaikan. Dan guru yang menurut saya yang memenuhi empat kompetensi tersebut adalah Bapak Iswahyudi. beliau membuat kami nyaman dengan mata pelajaran yang beliau ajarkan. yang merupakan salah satu sekolah terfavorit di daerah Banjarbaru. apalagi pada masyarakat sekitar. Beliau sangat sabar membimbing kami apabila kami tidak mengerti dengan rumus-rumus serta pemecahan soal tersebut. yang tentunya guru-guru di sekolah ini sudah mulai banyak memenuhi empat kompetensi guru. Dan apabila ada siswa yang bertanya.

Diharapkan ada kesadaran hal itu sejak saat ini agar peserta didik nantinya mendapatkan hal yang semestinya. beliau kreatif dalam pemberian materi perkuliahan sehingga mahasiswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran beliau.Fansuri .Seharusnya pada saat ini dosen-dosen harus paling tidak mempunyai tiga kompetensi karena sudah adanya sertifikasi guru yang menunjang kualitas guru.Tapi selebihnya masih banyak dosen-dosen yang hanya memiliki satu atau dua kompetensi.Pd. pribadi dan professional sudah cukup bagus. Beliau adalah sosok yang sangat dikagumi oleh kalangan mahasiswa. Tetapi jauh dibalik itu beliau sangat lah peduli terhadap kami.kompetensi sosial. hanya saja sebagian mahasiswa kurang menerima cara beliau dalam menangani kami. Menurut saya dosen yang memenuhi empat kompetensi diatas adalah Bapak Drs. Dalam kompetensi pedagogik.Tetapi tetap saja kembali kepada individu masing-masing karena itu semua ada pada diri masing-masing. Beliau yang berusaha mendidik dan mengajarkan kami bagaimana menjadi calon guru yang berkualitas.M. Karena kebanyakan dosen yang tinggal di daerah Banjarmasin sehingga hanya sebagian dosen yang saya kenal.dan kompetensi professional.kompetensi pribadi.Pribadi dosen masing masing tapi setidaknya mereka paham dan mengerti bagaimana mendapatkan empat kompetensi tersebut.Pendidikan tinggi dan pengalaman kerja yang lama tida menutup kemungkina kalau mereka belum belum benar-benar professional. Dalam kompetensi pedagogik. Beliau terkenal dengan kedisiplinan yang tinggi dan bijaksana. .Alangkah baiknya kalau saat ini semua guru dan dosen tidak hanya di PGSD harus memperbaiki dan berusaha semaksimal mungkin untuk memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik. Kalau kompetensi profesionalannya beliau sangat sabar dalam menghadapi kenakalan kami walaupun kadang beliau merasa lelah dengan sikap-sikap kami. Begitu pula dengan kompetensi sosial beliau sangat ramah kepada siapa saja dan patut di contoh.Perkuliahan Tahun Ajaran 2010 – Saat ini Saat ini saya kuliah di PGSD Banjarbaru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful