Belajar MapInfo Professional

Belajar MapInfo Professional
By

Cak S1

Salah satu fasilitas yang dimiliki MapInfo adalah sebagai tools untukmembuat laporan KPI. Dengan MapInfo data hasil Drive Test dapat diolah lebih lanjut seperti menampilkan Drive Test route, CGI, SQI, RxLev, RxQual, Events atau Index-index Performance lainnya. 1. Memulai MapInfo Program MapInfo dapat dijalankan setelah diinstall di computer. Program ini dapat dijalankan lewat Start Menu Programs MapInfo MapInfo Professional8.0. Window pertama yang akan ditampilkan adalah seperti berikut:

Gambar 1. Map Info Workspace

1

Cak S atau M. Syukri, Staff Institute for Humanitarian Studies and Actions(ins@n), kebetulan juga sebagai project coordinator PT IMTel Nusa Berjaya. Page 1 of 27 Copyleft by Cak S

Belajar MapInfo Professional

Untuk segera memulai MapInfo klik pada tombol Cancel. Adapun bila ingin memulai dari Session Terakhir atau membuka Workspace dan atau membuka pada tabel maka klik pada check box dan klik tombol Ok. 2. Menampilkan Drive Test Route Rute drive test dapat ditampilkan kembali dengan jalan membuka lagi peta daerah/tempat yang di drive test beserta file hasil dari Export Logfile(Export Logfile,lihat belajar Tems Investigation). Secara lebih detail berikut adalah lagkah-langkahnya: i. Ambil gambar peta/rute yang digunakan dalam drive test Ambil file hasil Export Logfile dari logfile-logfile yang akan dianalisa/ditampilkan. Pilih menu Create Thematic Map dari menu Map Create Thematic Map, atau lewat Shortcut F9. Lihat gambar 2.

ii. iii.

Gambar 2. Create Thematic Map

iv.

Dari Create Thematic Map pada Type pilih Individual dan Template pilih Region IndValue Default. Hasil dari langkah ini bisa dilihat dari gambar 3.

Page 2 of 27

Copyleft by Cak S

Page 3 of 27 Copyleft by Cak S . Pada langkah 3 of 3 akan ditampilkan data dari MS. dan pada Field pilih Mobile.Step 1 of 3 v. Untuk mengubah warna dan atau bentuk symbol(disesuaikan dengan kesepakatan untuk report KPI) klik pada tombol Styles. Create Thematic Map . Pada Table pilih Export Logfile-nya(nama filenya). Create Thematic Map – Step 2 of 3 vi. Gambar 4. Lihat pada gambar 4.Belajar MapInfo Professional Gambar 3. Pada langkah 2 of 3.

Selain itu beri cek pada All Attributes pada Apply group Page 4 of 27 Copyleft by Cak S .Belajar MapInfo Professional Gambar 5. Langkah di atas akan menampilkan dialog Customized Individual Style seperti di bawah ini. Klik pada Style untuk menampilkan pilihan symbol dan warna. Create Thematic Map – Step 3 of 3 vii.

Belajar MapInfo Professional Gambar 6. warna dan ukuran. Gambar 7. Pada dialog Symbol Style. pilih jenis symbol. Bila sudah selesai klik OK Lihat pada gambar 7. Symbol Style Page 5 of 27 Copyleft by Cak S . Customize Individual Styles viii.

Setelah itu edit Legend. Gantilah title sesuai dengan ketentuan. Page 6 of 27 Copyleft by Cak S . Dialog Legend Setelah semua langkah di atas dilakukan. Tampilan dialog legend adalah sebagai berikut: Gambar 8.maka akan ditampilkan rute drive test sebagaimana gambar 9 berikut.Belajar MapInfo Professional ix. klik pada tombol Legend pada dialog Create Thematic Map 3 of 3 seperti pada gambar 5.

Pada Step 2 of 3 Thematic Map. Create thematic map – Step 2 of 3 Page 7 of 27 Copyleft by Cak S . Ulangi langkah i sampai iv pada langkah-langkah membuat Drive Test Route. Gambar 10.Belajar MapInfo Professional Gambar 9. pilih CGI pada field. Menampilkan Serving Area Data serving area digunakan untuk mengetahui site/cell mana saja yang me-cover suatu tempat atau daerah. Drive test Route 3. Langkah-langkah untuk mengetahui serving area adalah sebagai berikut: i. ii. apakah daya jangkaunya dapat me-cover wilayah yang diinginkan atau tidak. Seperti gambar di bawah ini. Dengan data ini juga bisa diketahui performance dari site yang baru di create.

v. Gambar 11. Langkah iv dan v ini akan memberikan hasil sebagaimana gambar 12 di bawah.Belajar MapInfo Professional iii. Klik Pada tombol Styles untuk mengubah symbol sesuai dengan ketentuan. Ubahlah juga legend dengan cara seperti langkah ix pada bagian Membuat Drive Test Route. Lakukan seperti pada langkah vi – viii seperti pada bagian Membuat Drive Test Route. Create Thematic Map – Step 3 of 3 iv. Langkah ii akan menampilkan nama cell dan jumlah covernya. Page 8 of 27 Copyleft by Cak S .

hasil langkah iv – v Hasil dari semua langkah-langkah di atas akan menampilkan serving area sebagaimana gambar 13 berikut: legend yang menunjukkan nama cell dan jumlah cover-nya Gambar 13.Belajar MapInfo Professional Gambar 12. CGI Page 9 of 27 Copyleft by Cak S . Create Thematic Map.

Fair(Merah): (-)95 to (-)85. hal ini dapat berarti bahwa site indoor lebih banyak memegang service di tempat/wilayah tersebut. Bad(Biru): (-)110 to (-)95 Nilai dari RxLev bisa ditampilkan dengan langkah-langkah berikut: i. Good(Kuning): (-)85 to (-)75. 4. Berikut adalah range RxLev beserta indikatornya: • • • • Excellent(Hijau): (-)75 to (-)30. Page 10 of 27 Copyleft by Cak S . Pada penyusunan KPI report nilai dari RxLev biasanya sudah di tentukan. Ulangi langkah i sampai iii pada langkah-langkah membuat Drive Test Route. Dari Create Thematic Map pada Type pilih Ranges dan pada Template pilih Region Ranges Default. Menampilkan RxLev RxLev merupakan indikator dari level/kuat sinyal dari sebuah site yang sedang service. ii. Dalam contoh ini akan digunakan standard dari Telkomsel.Belajar MapInfo Professional Dari gambar 13 tersebut dapat diketahui bahwa site dengan id 6017 (warna pink).

Klik pada tombol Ranges untuk menentukan range dari RxLev sesuai dengan ketentuan. pilih RxLev pada Field seperti gambar 15 berikut Gambar 15. Gambar 16.Step 3 of 3 iv. Create ThematicMap . Create Thematic Map – Step 1 of 3 iii. Page 11 of 27 Copyleft by Cak S .Belajar MapInfo Professional Gambar 14. Pada dialog Create Thematic Map – Step 2 of 3. Create Thematic Map – Step 2 of 3 Langkah ke-ii akan menampilkan ranges dari RxLev seperti yang ditunjukkan gambar 16 di bawah ini.

pilih jumlah range sesuai dengan range yang telah ditentukan  Pada group Custom Ranges isikan rangenya Setelah range terisi klik pada tombol Recalc untuk mendapatkan nilai dari masing-masing range/kategori(lihat gambar 17). Customize Ranges Pada Customize Ranges isilah item-item berikut:  Methode. v. Klilk pada tombol Styles untuk mengubah symbol.Belajar MapInfo Professional Gambar 17. pilih Custom  # of Ranges. Hasil dari langkah ini bisa dilihat pada gambar 18 Page 12 of 27 Copyleft by Cak S . Jangan lupa untuk mengubah juga legenda (Lihat langkah mengubah style dan legenda seperti langkah di bagian membuat rute drive test ). dan warna sesuai dengan ketentuan. Klik OK untuk melanjutkan.

Create Thematic map – Step 3 of 3 Setelah semua langkah di atas dijalankan maka akan didapatkan hasil sebagai berikut: Bad Level Gambar 19. RxLev Page 13 of 27 Copyleft by Cak S .Belajar MapInfo Professional Gambar 18.

Bad(Biru): 6 to 7 Nilai dari RxQual bisa ditampilkan dengan langkah-langkah berikut: i. Page 14 of 27 Copyleft by Cak S . 5. Ulangi langkah I dan ii seperti pada bagian menampilkan RxLev. Pada dialog Create Thematic Map – Step 2 of 3. pilih RxLev pada Field seperti gambar 20 berikut ii.Belajar MapInfo Professional Dari gambar 19 di atas dapat diketahui titik-titik mana yang level sinyalnya baik. Create Thematic Map – Step 2 of 3 Langkah ke-ii akan menampilkan ranges dari RxLev seperti yang ditunjukkan gambar 21 di bawah ini. Menampilkan RxQual Indikasi dari kualitas sinyal yang dipancarkan oleh site/cell yang sedang service ditunjukkan oleh RxQual. Good(Kuning): 2 to 4. Berikut adalah range RxLev beserta indikatornya: • • • • Excellent(Hijau): (-)1 to 2. Dalam contoh ini akan digunakan standard dari Telkomsel. Pada penyusunan KPI report nilai dari RxLev biasanya sudah di tentukan. sedang ataupun buruk. Fair(Merah): 4 to 6. Gambar 20.

Klik pada tombol Ranges untuk menentukan range dari RxLev sesuai dengan ketentuan. Page 15 of 27 Copyleft by Cak S .Belajar MapInfo Professional Gambar 21. Create ThematicMap .Step 3 of 3 iii.

Customize Ranges Pada Customize Ranges isilah item-item berikut:  Methode. dan warna sesuai dengan ketentuan. Page 16 of 27 Copyleft by Cak S . iv. Jangan lupa untuk mengubah juga legenda (Lihat langkah mengubah style dan legenda seperti langkah di bagian membuat rute drive test ). Hasil dari langkah ini bisa dilihat pada gambar 23.Belajar MapInfo Professional Gambar 22. Klik OK untuk melanjutkan. pilih jumlah range sesuai dengan range yang telah ditentukan  Pada group Custom Ranges isikan rangenya Setelah range terisi klik pada tombol Recalc untuk mendapatkan nilai dari masing-masing range/kategori(lihat gambar 22). pilih Custom  # of Ranges. Klilk pada tombol Styles untukmengubah symbol.

Belajar MapInfo Professional Gambar 23. Create Thematic Map – Step 3 of 3 Setelah semua langkah di atas dijalankan maka akan didapatkan hasil sebagai berikut: Page 17 of 27 Copyleft by Cak S .

Create Thematic Map – Step 3 of 3 Dari gambar 24 di atas dapat diketahui titik-titik mana yang kualitas sinyalnya baik. Dalam contoh ini akan digunakan standard dari Telkomsel. 6. Menampilkan SQI Indikasi dari kualitas sinyal yang dipancarkan oleh site/cell yang sedang service ditunjukkan oleh RxQual. Bad(Biru): -1 to 10 Nilai dari SQI bisa ditampilkan dengan langkah-langkah berikut: Page 18 of 27 Copyleft by Cak S . Fair(Merah): 10 to 15. SQI(Speech Quality Index) merupakan index dari kualitas suara. sedangkan level/kuat sinyal ditunjukkan oleh RxLev.Belajar MapInfo Professional Gambar 24. Pada penyusunan KPI report nilai dari SQI biasanya sudah di tentukan. Good(Kuning): 15 to 20. Berikut adalah range SQI beserta indikatornya: • • • • Excellent(Hijau): 20 to 30. sedang ataupun buruk.

pilih SQI pada Field seperti gambar 25 berikut: ii.Step 3 of 3 Page 19 of 27 Copyleft by Cak S . Create Thematic Map . Pada dialog Create Thematic Map – Step 2 of 3. Langkah ke-ii akan menampilkan ranges dari SQI seperti yang ditunjukkan gambar 26 di bawah ini. Gambar 25.Belajar MapInfo Professional i. Ulangi langkah i dan ii seperti pada bagian menampilkan RxLev. Create Thematic Map – Step 2 of 3 iii. Gambar 26.

vi. Klik pada tombol Ranges untuk menentukan range dari SQI sesuai dengan ketentuan. dan warna sesuai dengan ketentuan. Pada Customize Ranges isilah item-item berikut:  Methode. Jangan lupa untuk mengubah juga legenda (Lihat langkah mengubah style dan legenda seperti Page 20 of 27 Copyleft by Cak S . Klik OK untuk melanjutkan. Customize Ranges v. Klilk pada tombol Styles untuk mengubah symbol. Gambar 27. pilih Custom  # of Ranges.Belajar MapInfo Professional iv. pilih jumlah range sesuai dengan range yang telah ditentukan  Pada group Custom Ranges isikan rangenya Setelah range terisi klik pada tombol Recalc untuk mendapatkan nilai dari masing-masing range/kategori(lihat gambar 27).

Create Thematic Map – Step 3 of 3 Setelah semua langkah di atas dijalankan maka akan didapatkan hasil sebagai berikut: Page 21 of 27 Copyleft by Cak S . Hasil dari langkah ini bisa dilihat pada gambar 28. Gambar 28.Belajar MapInfo Professional langkah di bagian membuat rute drive test ).

Handover. SQI Dari gambar 29 di atas dapat diketahui titik-titik mana yang kualitas suaranyanya baik. Call Setup. sedang ataupun buruk. Call Attempt. Menampilkan Events Data Events digunakan untuk mengetahui events apa saja yang terjadi selama drive test berlangsung. 7.Belajar MapInfo Professional Gambar 29. Events tersebut seperti. ada beberapa kesepakatan mengenai tanda/symbol yang mewakili setiap event tersebut(symbol tergantung pada format pelaporan yang ditentukan). Sebelum mulai contoh menampilkan events. dalam hal ini dibuat kesepakatan: • • • • Drop Call ( ) ) ) ) Handover ( Handover Failure ( Handover Intracell ( Berikut adalah lanngkah-langkah membuat laporan events: Page 22 of 27 Copyleft by Cak S . Handover Failure dan lain-lainnya. Drop Call.

Gambar 30. Langkah ii akan menampilkan Events dan jumlah event tersebut terjadi. Gambar 31. Pada Step 2 of 3 Thematic Map. ii. Seperti gambar di bawah ini. Create Thematic Map – Step 3 of 3 Page 23 of 27 Copyleft by Cak S . Ulangi langkah i sampai iv pada langkah-langkah membuat Drive Test Route. pilih Event pada field. Create Thematic Map – Step 2 of 3 iii.Belajar MapInfo Professional i.

Setelah semua langkah di atas dilakukan maka akan didapatkan tampilan seperti berikut: Page 24 of 27 Copyleft by Cak S . Tampilan dari style setelah diubah adalah seperti berikut: Gambar 32. Klik pada Style untukmengganti symbol sesuai dengan ketentuan.Belajar MapInfo Professional iv. Ubah juga legend(cara mengganti style dan legend bisa dilihat pada bagian sebelumnya). Setelah style dan legend diubah sesuai dengan ketentuan klik pada tombol OK untuk mendapatkan tampilan dari events yang terjadi.Step 3 of 3 after modify v. Create Thematic Map.

Layer Control Page 25 of 27 Copyleft by Cak S . maka Klik tombol kanan mouse sehingga ditampilkan menu seperti gambar di bawah: Gambar 34.Belajar MapInfo Professional Gambar 33. Untuk memperjelas tampilan events. Events Dari tampilan di atas mungkinmasih susah melihat semua events.

Change Display Setting Confirmation Langkah ini akan menampilkan hasil seperti gambar di bawah Gambar 36.Belajar MapInfo Professional Hilangkan tanda centang pada nama logfile. Events After Changing Display Setting Page 26 of 27 Copyleft by Cak S . Catatan: Pada konfirmasi perubahan display setting untuk logfile thematic layer klik NO Gambar 35.

Belajar MapInfo Professional Dari report event ini bisa diketahui.7% Events Data Page 27 of 27 Copyleft by Cak S . TCH Drop dan SD Success.8% 11.1% 98. Kesimpulan Selamat Belajar! Counter 0 4 4 1 2 49 1 Rate 88. TCH Drop dan SD Success dapat dihitung dengan rumusan: • HO Success : ( n) Hn oe advr ( n) Hn oe advr + n) Hn oeI ( a d v rn t a el r Cl Fi ue al r + n) Hn oe ( adv r + n) Hn oe ( adv r I t a el nr Cl • SD Success : ( n) D p r o Cl al ( n)Cl al Ae p t mt t + n)Cl ( al Ae p t mt t + n)Cl ( al St p eu + n)Cl ( al St p eu + n) B c e ( l kd o Cl al • TCH Success: (n ) Do e r pd C ll a ( n) Do p d rpe C ll a + n)C ll A m t ( a tte p + n)C ll ( a S tu e p Sebagai contoh lihat tabel berikut: Event Blocked Call Call Attempt Call Setup Dropped Call Handover (Intracell) Handover Handover Failure Event SD Success TCH Drop HO Success Tabel 1. Example of 8. Data HO Success. Ha ndover Success.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful