RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Nama sekolah Mata pelajaran Kelas Semester Standar kompetensi

: SMP Negeri 2 Bangkinang : Bahasa Indonesia : IX : 1 (pertama) : Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku Kumpulan cerita pendek(cerpen)

Kompetensi dasar

: 1. Menemukan tema, latar, dan penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen, 2. Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen.

Indikator

: 1. Mampu menyimpulkan tema cerpen 2. Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual 3. Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang Meyakinkan

Alokasi waktu

: 2 X 45 menit

dan penokohan dalam tiap-tiap cerpen  Menunjukan unsur cerpen E. Mampu menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa B. latar. C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Awal  Siswa mencari buku bacaan diperpustakaan  Siswa dan guru bertanya jawab Kegiatan Inti  Siswa menuliskan tema. Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan positif maupun negative dalam kumpulan cerpen. Metode Pembelajaran 1. 3. latar. Materi Pembelajaran 1. Sumber Pembelajaran Buku Pelajaran Kumpulan Cerpen F. 2. Penganalisisan nilai-nilai kehidupan pada cerpen. Membaca buku kumpalan cerpen 2. dan penokohan dalam tiap-tiap cerpen 3. Cara menemukan unsur-unsur cerpen dan implementasinya. Tujuan Pembelajaran 1. Menunjukan keterkaitan antar unsur cerpen sebagai dasar pembulat cermatan makna cerpen secara utuh D. Penilaian Penugasan . Berdiskusi untuk menentukan tema. 2.A. Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan kehidupan siswa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful