P. 1
Fungsi BPR

Fungsi BPR

|Views: 40|Likes:
ghgh
ghgh

More info:

Published by: Fandy Andry Kurniawan on Nov 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/21/2014

pdf

text

original

Fungsi BPR BPR memiliki fungsi sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat.

Sedangkan tujuan BPR adalah menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak.

4. Usaha BPR Sesuai dengan fungsinya, BPR melakukan usaha penghimpunan dan penyaluran dana masyarakat dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Keuntungan ini diperoleh dari spread effect dan pendapatan bunga. Berikut adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh BPR :
   

Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka, tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu. Memberikan kredit Menyediakan pembiayaan bagi nasabah berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah. Menempatkan dananya dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, sertifikat deposito, dan/atau tabungan pada bank lain. SBI adalah sertitikat yang ditawarkan Bank Indonesia kepada BPR apabila BPR mengalami over likuiditas.

5. Usaha yang Tidak Boleh Dilakukan BPR Terdapat beberapa usaha yang tidak boleh dilakukan oleh BPR, yaitu :
    

Menerima simpanan berupa giro. Melakukan kegiatan usaha dalam bentuk valuta asing. Melakukan penyertaan modal dengan prinsip prudent banking dan concern terhadap layanan kebutuhan masyarakat menengah ke bawah. Melakukan usaha perasuransian. Melakukan usaha lain di luar kegiatan usaha sebagaimana yang dimaksud dalam usaha BPR.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->