ANALISIS BIOMEKANIKA PADA OLAHRAGA LOMPAT JAUH

By : Evi Swantika Dewi

Olahraga lompat jauh merupakan Olahraga ini menuntut gerakan di saat sang atlet melakukan lompatan setelah diawali dengan berlari sehingga menghasilkan lompatan yang sangat jauh. . Oleh karena itu dalam pembuatan makalah ini dimaksudkan untuk menganalisis hubungan Fisika dengan olahraga yang dipandang dari sudut biomekanika.Latar belakang Dalam kehidupan modern manusia tidak dapat dipisahkan dari olahraga. baik sebagai arena adu prestasi maupun sebagai kebutuhan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Pemenangnya ditentukan dari seberapa Jauh sang atlet mampu melompat di kolam pasir sebagai media pengukurannya.

Tujuan Agar dapat memahami dan menerapkan ilmu biomekanik dan menganalisis teknik pada olahraga lompat jauh. .

Kemampuan untuk mengetahui manfaat mekanis dari gerakan 3. . untuk meningkatkan performance. 2.Pengertian biomekanika Biomekanik adalah ilmu pengetahuan yang menerapkan hukum mekanika terhadap struktur hidup. Tujuan mempelajari biomekanika adalah: 1. Menambah pengetahuan dasar sehingga kita mempunyai cakrawala yang luas tentang gerak tubuh. equipment. terutama sistem lokomotor dari tubuh.

Awalan 2. Mendarat . gaya menggantung dan berjalan di udara 5. Tehnik lompat jauh meliputi 4 : 1. Dua langkah terakhir 3. Melayang di udara : gaya jongkok.Lompat Jauh adalah nomor olahraga atletik lompat yang menuntut keterampilan melompat ke depan sejauh mungkin dengan satu kali tolakan. Tujuan Lompat Jauh yaitu untuk melatih kecepatan dan daya ledak pada saat melompat. Tolakan(tumpuan) 4.

Ketika seorang atlet lompat jauh melakukan start hingga dia mendarat pada bak pasir. kecepatan 2. keterampilan Lompat jauh merupakan gabungan gerak berputar dan gerak linier gerak linier. . keseimbangan 5.Faktor yang mempengaruhi lompat jauh : 1. daya ledak 4. kekuatan 3.

pada posisi di sumbu x . • gerak parabola : ketika bertolak dari balok tumpuan hingga mendarat di bak pasir. dan Articulation genus.Gerak dalam olahraga lompat jauh yaitu : • gerak putar : gerak persendian ketika atlet tersebut berlari merupakan gerak berputar dimana pusat putaran tersebut ada pada Articulacio humeri. Articulation coxae.

Macam – Macam Keseimbangan • • • • Keseimbangan Keseimbangan Keseimbangan Keseimbangan statis dinamis labil stabil .

Faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan • Pusat gravitasi • Garis GRAVITASI • Bidang tumpu .

. yaitu sistem informasi sensorik (visual. vestibular dan somatosensoris). central processing dan efektor. Pengontrol keseimbangan pada tubuh manusia terdiri dari tiga komponen penting. susunan saraf pusat berfungsi untuk menjaga pusat massa tubuh (center of body mass) dalam keadaan stabil dengan batas bidang tumpu tidak berubah kecuali tubuh membentuk batas bidang tumpu lain (misalnya : melangkah).Keseimbangan Berdiri Pada posisi berdiri seimbang.

Stabilitas Berbanding Lurus dengan Besarnya Jarak Proyeksi Jatuhnya Titik Berat Badan ke Tepi Alas yang Searah dengan Gerakan Di dalam cabang olahraga bulu tangkis. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana pengaruh faktor Stabilitas Berbanding Lurus dengan Besarnya Jarak Proyeksi Jatuhnya Titik Berat Badan ke Tepi Alas yang Searah dengan Gerakan dalam service atau pukulan tersebut. terdapat service atau pukulan-pukulan yang dapat digunakan oleh para pemain bulu tangkis untuk membuat permainannya lebih bagus. . Service yang menerapkan faktor kesimbangan adalah “Deep Single Service” dan “Short Double Service”. sedangkan pukulannya adalah pukulan “Forehand Overhead”. sehingga perlu adanya suatu keseimbangan dalam bermain bulu tangkis.

. Kemudian pada saat hendak melakukan pukulan pada shuttle. berat badan di letakkan di kaki belakang. gerakan bahu dan pinggul diputar ke depan yang diikuti oleh perpindahan berat badan dari kaki belakang ke kaki kanan sehingga disini keseimbangan dapat dicapai pada saat memindahkan berat badan yang searah dengan gerakan.Deep Single Service Pada saat awal melakukan serve.

didikuti pula dengan memindakan berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri.Short Double Service Pada saat memukul shuttle dengan raket di tangan kanan. Sehingga pemindahan berat badan searah dengan gerakan memukul shuttle yang dapat menimbulkan keseimbangan. .

. arah gerakan searah dengan proyeksi jatuhnya berat badan ke tepi alas yang dapat membuat keseimbangan. Berat badan dipindahkan ke kaki belakang yang diiikuti oleh melangkahkan kaki ke belakang dan jika perlu melompat ke belakang kemudian kita memukul shuttle.Pukulan “Forehand Overhead” Dalam melakukan pukulan ini.

SEKIAN & TERIMAKASIH .