POLIMER

By : Desy Mauliana

PENGERTIAN
Berasal dari bhs Yunani, poly = banyak meros = bagian Disebut juga makromolekul, yaitu molekul besar yang dibangun oleh pengulangan kesatuan kimia yg kecil dan sederhana. Molekul-molekul kecil disebut dengan monomer.

Contohnya: .

. Polimer digolongkan: Berdasarkan asalnya/bahan penyusunnya.PENGGOLONGAN 1. 4. Jenis monomer pembentuknya Berdasarkan sifatnya Berdasarkan kegunaannya. 2. 3.

Polimer Alam  yaitu senyawa2 polimer yang sudah ada di alam.1.  contoh: monomer Asam amino Glukosa Glukosa Nukleotida isoprena polimer Protein Amilum Selulosa Asam nukleat Karet alam sumber Wol. RNA lateks . gandum Kayu (tumbuhan) DNA. sutera Beras. ASAL POLIMER • Dibedakan atas 2 macam.yaitu: 1.

Polimer Sintetis  adalah senyawa polimer yang dibuat di pabrik/industri sebagai hasil reaksi dari bahan-bahan kimia.  contohnya: monomer Etena Vinilklorida Propena tetrafluroetilena polimer Polietilena PVC Polipropena teflon sumber Plastik Pipa Botol plastik/tali p Panci anti lengket .2.

 Homopolimer  polimer yg terbentuk dari monomermonomer sejenis. polistirena. teflon. selulosa dan karet alam (poliisorena) . PVC. amilum. polipropilena.  M + M + …. [ M – M – M – M] monomer polimer contoh: polietilen.. JENIS MONOMER PEMBENTUKNYA A.2.

 Terbagi: .kopolimer blok. Susunan : [A-B-B-A-A-A-B-A-B] . Kopolimer Adalah polimer yang terbentuk dari monomer yang berbeda jenisnya.kopolimer bergantian.B. monomer yang lain berupa cabangnya. Susunan [ A-A-A-A-A]  B B .kopolimer bercabang. Susunan: [A-A-B-B-A-A] .kopolimer statistik. monomer yg terbentuk bergantian. monomer terbentu teratur dgn jumlah tertentu. Susunan [A-B-A-B-A-B] .monomer terbentuk tidak beraturan.

BERDASARKAN SIFAT POLIMER TERHADAP PANAS  Dibedakan: 1. Termoplastik  Polimer yang jika dipanaskan akan melunak dan akan keras lagi jika didinginkan. Polipropilena (PP). polietilena (PE) dan polietilen tereftalat (PET) .3.  Dapat dibentuk ulang  Contoh: plastik. PVC.

formaldehid. terdiri atas molekul-molekul rantai lurus/bercabang. Termoset  Polimer yang jika dipanaskan akan menjadi lunak dan jika terus dipanaskan akan mengalami perubahan kimia hingga mengeras dan tidak dpt diubah lagi. terdiri atas molekul-molekul yang mengandung ikatan silang antar rantainya. PERBEDAAN SIFATNYA:  Terletak pada struktur. Sedang termoset.2.  Tidak dapat dibentuk ulang.  Contoh: bakelit. .  Temoplastik.

BERDASARKAN KEGUNAANNYA • Dibedakan: – Polimer untuk makanan – Polimer untuk kemasan makanan&minuman – Polimer untuk peralatan elektronik dan kendaraan – Polimer untuk bahan bangunan – Polimer untuk peralatan RT .3.

lemak sapi dan lemak kambing. dan ikan -Lemak:minyak kelapa. . lemak coklat. daging. POLIMER UNTUK MAKANAN • Umumnya polimer alami Contohnya: -karbohidrat. jagung.A. amilum -Protein.susu. minyak kedelai.

Plastik PS. (polietilen tereftalat) 3. POLIMER UNTUK KEMASAN MAKANAN DAN MINUMAN • Contoh: 1. Palstik nilon . (polistirena) 2. Plastik PE (polietilen) 4.B. Plastik PET.

Plastik PP (polipropilen) . • Contohnya: 1.C. piringan hitam dan ban kendaraan. body TV dan radio. Plastik PE (polietilen) 2. POLIMER UNTUK PERALATAN ELEKTRONIK DAN KENDARAAN • Biasa digunakan untuk membuat CD.

POLIMER UNTUK BAHAN BANGUNAN • Contohnya: PVC (polivinilklorida). pipa paralon. .D.

. Bakelit dan nilon.E. karung plastik. misal:tali raffia. Plastik PP. POLIMER UNTUK PERALATAN RT • Contohnya: 1. teflon. strika. misal: panci. pembungkus dsb 3. ricecooker dsb 2.

POLIMERISASI ADISI 2. POLIMERISASI KONDENSASI .PEMBENTUKAN POLIMER  Disebut juga POLIMERISASI  Dikelompokkan dalam dua jenis. yaitu: 1.

 Terjadi pemutusan ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal. POLIMERISASI ADISI  Reaksi pembentukan polimer yang terjadi melalui penggabungan monomer2 yang memiliki IKATAN RANGKAP.1. .

gliseroll (untuk pelunak).? Polivinilasetat merupakan plastik yang lain yang dibuat melalui reaksi polimerisasi adisi. dan unsur-unsur penyusun lainnya. pewangi. Bila dicampur dengan gula. maka akan menjadi permen karet .

CH2 – CHCl – CH2 – CHCl – ]n polivinil klorida [ .Contoh lain:  Polivinil klorida n CH2 = CHCl vinil klorida  Poliakrilonitril n CH2 = CHCN  Polistirena [ .CH2 – CHCN – ]n .

POLIMERISASI KONDENSASI  Reaksi pembentukan polimer yang terjadi melalui penggabungan monomermonomer yang berbeda.2. dan NH3. .  Terjadi pada monomer2 yang mempunyai gugus fungsi pada kedua rantainya. -COOH. disertai dengan pelepasan molekul2 yang lebih kecil (misal air).seperti –OH.

Dalam gambar ini. Nylon diberi nama menurut jumlah atom karbon pada setiap unit monomer.Contoh. pembentukan nilon 66 Kondensasi terhadap dua monomer yang berbeda yaitu 1. ada enam atom karbon di setiap monomer. maka jenis nylon ini disebut nylon 66.6 – diaminoheksana dan asam adipat yang umum digunakan untuk membuat jenis nylon. .

.

Contoh lain:     Pembentukan Dakron Pembentukan PET Pembentukan Protein Pembentukan bakelit .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful