POLIMER

By : Desy Mauliana

PENGERTIAN
Berasal dari bhs Yunani, poly = banyak meros = bagian Disebut juga makromolekul, yaitu molekul besar yang dibangun oleh pengulangan kesatuan kimia yg kecil dan sederhana. Molekul-molekul kecil disebut dengan monomer.

Contohnya: .

Polimer digolongkan: Berdasarkan asalnya/bahan penyusunnya. Jenis monomer pembentuknya Berdasarkan sifatnya Berdasarkan kegunaannya.PENGGOLONGAN 1. 4. 2. . 3.

gandum Kayu (tumbuhan) DNA. RNA lateks .yaitu: 1. Polimer Alam  yaitu senyawa2 polimer yang sudah ada di alam.1. sutera Beras. ASAL POLIMER • Dibedakan atas 2 macam.  contoh: monomer Asam amino Glukosa Glukosa Nukleotida isoprena polimer Protein Amilum Selulosa Asam nukleat Karet alam sumber Wol.

2. Polimer Sintetis  adalah senyawa polimer yang dibuat di pabrik/industri sebagai hasil reaksi dari bahan-bahan kimia.  contohnya: monomer Etena Vinilklorida Propena tetrafluroetilena polimer Polietilena PVC Polipropena teflon sumber Plastik Pipa Botol plastik/tali p Panci anti lengket .

teflon. amilum. [ M – M – M – M] monomer polimer contoh: polietilen. selulosa dan karet alam (poliisorena) . PVC.  M + M + ….2..  Homopolimer  polimer yg terbentuk dari monomermonomer sejenis. polistirena. JENIS MONOMER PEMBENTUKNYA A. polipropilena.

Susunan [A-B-A-B-A-B] . monomer yg terbentuk bergantian. Susunan [ A-A-A-A-A]  B B . Susunan: [A-A-B-B-A-A] .kopolimer blok.monomer terbentuk tidak beraturan. Susunan : [A-B-B-A-A-A-B-A-B] . Kopolimer Adalah polimer yang terbentuk dari monomer yang berbeda jenisnya. monomer yang lain berupa cabangnya.kopolimer bercabang.B.  Terbagi: .kopolimer bergantian.kopolimer statistik. monomer terbentu teratur dgn jumlah tertentu.

Polipropilena (PP).3. BERDASARKAN SIFAT POLIMER TERHADAP PANAS  Dibedakan: 1. PVC.  Dapat dibentuk ulang  Contoh: plastik. polietilena (PE) dan polietilen tereftalat (PET) . Termoplastik  Polimer yang jika dipanaskan akan melunak dan akan keras lagi jika didinginkan.

Termoset  Polimer yang jika dipanaskan akan menjadi lunak dan jika terus dipanaskan akan mengalami perubahan kimia hingga mengeras dan tidak dpt diubah lagi.  Tidak dapat dibentuk ulang. terdiri atas molekul-molekul rantai lurus/bercabang. Sedang termoset. terdiri atas molekul-molekul yang mengandung ikatan silang antar rantainya.  Temoplastik. .  Contoh: bakelit. formaldehid.2. PERBEDAAN SIFATNYA:  Terletak pada struktur.

3. BERDASARKAN KEGUNAANNYA • Dibedakan: – Polimer untuk makanan – Polimer untuk kemasan makanan&minuman – Polimer untuk peralatan elektronik dan kendaraan – Polimer untuk bahan bangunan – Polimer untuk peralatan RT .

dan ikan -Lemak:minyak kelapa. lemak coklat.A.susu. amilum -Protein. daging. minyak kedelai. jagung. lemak sapi dan lemak kambing. . POLIMER UNTUK MAKANAN • Umumnya polimer alami Contohnya: -karbohidrat.

Plastik PS. Plastik PE (polietilen) 4. (polistirena) 2.B. Plastik PET. POLIMER UNTUK KEMASAN MAKANAN DAN MINUMAN • Contoh: 1. (polietilen tereftalat) 3. Palstik nilon .

C. body TV dan radio. piringan hitam dan ban kendaraan. POLIMER UNTUK PERALATAN ELEKTRONIK DAN KENDARAAN • Biasa digunakan untuk membuat CD. • Contohnya: 1. Plastik PE (polietilen) 2. Plastik PP (polipropilen) .

D. POLIMER UNTUK BAHAN BANGUNAN • Contohnya: PVC (polivinilklorida). . pipa paralon.

E. pembungkus dsb 3. Plastik PP. karung plastik. misal:tali raffia. misal: panci. strika. ricecooker dsb 2. Bakelit dan nilon. . POLIMER UNTUK PERALATAN RT • Contohnya: 1. teflon.

PEMBENTUKAN POLIMER  Disebut juga POLIMERISASI  Dikelompokkan dalam dua jenis. yaitu: 1. POLIMERISASI ADISI 2. POLIMERISASI KONDENSASI .

POLIMERISASI ADISI  Reaksi pembentukan polimer yang terjadi melalui penggabungan monomer2 yang memiliki IKATAN RANGKAP.  Terjadi pemutusan ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal. .1.

maka akan menjadi permen karet .? Polivinilasetat merupakan plastik yang lain yang dibuat melalui reaksi polimerisasi adisi. dan unsur-unsur penyusun lainnya. pewangi. Bila dicampur dengan gula. gliseroll (untuk pelunak).

CH2 – CHCl – CH2 – CHCl – ]n polivinil klorida [ .Contoh lain:  Polivinil klorida n CH2 = CHCl vinil klorida  Poliakrilonitril n CH2 = CHCN  Polistirena [ .CH2 – CHCN – ]n .

.seperti –OH. dan NH3. -COOH. disertai dengan pelepasan molekul2 yang lebih kecil (misal air).  Terjadi pada monomer2 yang mempunyai gugus fungsi pada kedua rantainya.2. POLIMERISASI KONDENSASI  Reaksi pembentukan polimer yang terjadi melalui penggabungan monomermonomer yang berbeda.

Nylon diberi nama menurut jumlah atom karbon pada setiap unit monomer.6 – diaminoheksana dan asam adipat yang umum digunakan untuk membuat jenis nylon. maka jenis nylon ini disebut nylon 66. . ada enam atom karbon di setiap monomer. Dalam gambar ini.Contoh. pembentukan nilon 66 Kondensasi terhadap dua monomer yang berbeda yaitu 1.

.

Contoh lain:     Pembentukan Dakron Pembentukan PET Pembentukan Protein Pembentukan bakelit .