PROPOSAL PELAKSANAAN QURBAN IDUL ADHA 1430 H

I. PENDAHULUAN Iedul Adha adalah puncak dari rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Hari ini dirayakan oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci sebagai hari wisuda dengan penuh suka cita. Agar kesukacitaan itu juga dapat dirasakan oleh seluruh umat muslim maka terdapatlah perintah untuk melakasanakan penyembelihan hewan qurban bagi yang mampu; “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34) ”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2) Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. sebagai bukti kecintaan dan ketaatan kepada Allah SWT. Oleh karenanya, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas. Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan sebagai jalan mendapatkan pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Dan amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Iedul Adha adalah menyembelih hewan qurban sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Iedul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)

Jl. Carissa I, Cluster Carissa, Graha Raya Bintaro, Pondok Jagung Serpong - Tangerang

Graha Raya Bintaro. Mendistribusikan hewan dan/atau daging qurban kepada yang berhak menerimanya.- Domba Domba Domba Domba Domba Domba Domba Sapi Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Catatan: .000.950. jika sampai batas akhir pemesanan tidak terpenuhi sebanyak 7 orang per kelompok akan diberitahukan kepada pemesan untuk selanjutnya diputuskan secara bersama-sama. PENGADAAN HEWAN QURBAN 1.20 Kg +/. III.Harga sudah termasuk ongkos kirim dan biaya potong .1. Panitia bekerjasama dengan pemasok hewan qurban mempasilitasi warga yang akan membeli hewan qurban dengan ketentuan sebagai berikut: a.per orang sebanyak 7 orang per kelompok.750.000. 1.2.35 Kg +/.000.Tangerang .9. Pondok Jagung Serpong . Mengidentifikasi warga di sekitar cluster carissa yang layak untuk menerima daging hewan qurban.650. Menyediakan dan Mengumpulkan hewan qurban dari warga 2.550. BENTUK KEGIATAN 1.1.25 Kg +/.150..Untuk Qurban sapi secara kelompok Rp.Untuk harga domba/kambing jika kelas yang diinginkan tidak tersedia maka akan dipindahkan ke kelas yang diatasnya dengan menambah harga kekurangnya atau dipindahkan ke kelas dibawahnya dan akan dikembalikan selisih harganya (akan dikonfirmasi terlebih dahulu sebelum dilaksanakan) . 4.000.1. Harga Kelas / Kambing Kls A / Kambing Kls B / Kambing Kls C / Kambing Kls D / Kambing Kls E / Kambing Kls F / Kambing Super BERAT HIDUP +/.350.350. Pemesanan Pemesanan Hewan Qurban melalui Panitia dapat dilakukan dengan mengisi formulir pemesanan yang terlampir dalam proposal ini atau dengan terlebih dahulu Jl. Cluster Carissa.500.000. 3.000.1.II.45 Kg >50 Kg +/.000. Pengadaan Hewan Qurban Melalui Panitia Guna memudahkan warga yang akan melaksanakan qurban. Carissa I.30 Kg +/. b.1.40 Kg +/.250 kg HARGA 950.000. Melaksanakan penyembelihan hewan qurban.000.

4.5397517 Hp. 021. Hewan Qurban akan diserahkan kepada warga yang membeli pada saat hewan telah dikirim atau paling lambat pada hari H sebelum pemotongan. Bp. Tlp. Jl. Tlp. tetap diminta untuk mengisi formulir kesedian terlampir. hal ini diperlukan agar Panitia dapat dengan akurat mendata berapa banyak warga yang akan melakukan qurban dan berapa ekor hewan qurban yang terkumpul sehingga sebelum hari H sudah dapat dipastikan berapa banyak warga sekitar Cluster yang berhak menerimanya. 3. 08111891086 021 – 53128918 Hp. Tlp.n. e.000. c. Pondok Jagung Serpong .. Pembayaran Pembayaran hewan qurban yang sudah dipesan dilakukan paling lambat H-2 atau hari Senin tanggal 15 November 2010 melalui Panitia yang namanya tertera dibawah ini atau dapat juga melalui transfer ke rekening bendahara masjid: Bank Mandiri a. Penyerahan Hewan Qurban Hewan Qurban akan dikirim oleh pemasok pada H-1 atau pada tanggal 16 November 2010.untuk satu ekor sapi. 2. 5. Bp. Graha Raya Bintaro. 087875189299 Hp. Contact Person Untuk pemesanan hewan qurban dan pengembalian formulir pemesanan dan keikutsertaan dapat menghubungi nama-nama berikut ini: 1. Andy Prasetyo Wibowo nomor rekening 124-00-0506285-7 (Bukti transfer diserahkan kepada Panitia) d. Bp. 08129518703 2. Pemesanan dilakukan paling lambat hari Sabtu tanggal 13 November 2010..untuk satu ekor Domba/Kambing. Tlp. Agus Sultino (C/1) Abdullah Ade S. 150. (A/26) Rudy (F/7) Saifulloh (F/25) Andy Prasetyo (C/18) Tlp. 08158948317 021 .Tangerang . Rp. 50.menghubungi Panitia Pelaksana. Bp. Dan untuk hewan qurban yang dibeli tidak melalui panitia ini penyerahannya dapat dilakukan mulai H-2 atau mulai tanggal 15 November 2010 dan menyerahkan biaya pemotongan sebesar minimal Rp. Carissa I. Pengadaan Hewan Qurban Tidak Melalui Panitia Bagi warga yang akan melakukan penyembelihan hewan qurban namun pembeliannya tidak melalui Panitia. Cluster Carissa.53128005 Hp.000. 081394824909 Hp. Bp.

Ibrahim : 7) “Sungguh. PENUTUP Demikian proposan ini disampaikan dan dengan penuh tulus ikhlas semata-mata hanya mengharap ridho dari Allah SWT. warga muslim cluster carissa untuk mengambil momen Hari Raya Idul Adha ini untuk menyisihkan sebagian dari rezki dan nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada kita untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Untuk itu Panitia berharap partisipasi semua warga. maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. Carissa . VI. Pondok Jagung Serpong . PELAKSANAAN PENYEMBELIHAN DAN PENYALURAN 1.IV. Penyembelihan Penyembelihan dan pembagian hewan qurban dilaksanakan secara swadaya oleh warga cluster dengan dibantu oleh tenaga keamanan dan warga sekitar cluster yang dituakan. Cluster Carissa.” (QS. Jazakumullaahu khairan katsiira. kami mengajak Bapak/Ibu sekalian. pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu. 2. Graha Raya Bintaro. 13 Nopember 2010 M Panitia Pelaksana Qurban Idul Adha 1431 H Masjid Istiqomah Cluster Carissa Rudy Wahyudi Ketua Jl. Penyaluran Hewan/daging qurban akan disalurkan kepada yang berhak menerimanya baik di dalam cluster sendiri seperti para pekerja dan petugas kebersihan dan warga sekitar cluster. Carissa I. dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku. Ar-Rahman : 6061) Billaahittaufieq wal Hidaayah. tiada balasan bagi kebaikan kecuali hanya kebaikan pula. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur. Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.Tangerang . maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS.

............ Carissa I..... .....untuk yang membeli hewan qurban tidak melalui panitia... Rp . QURBAN ATAS NAMA (Nomor urut bukan merupakan batasan) 2..Rp ................ ekor .......... Pondok Jagung Serpong .........................Rp . □ Tunai □ Transfer ke rek 124-00-0506285-7 *) Pilih Domba atau Kambing **) Infaq..... Cluster Carissa.............................FORMULIR KEIKUTSERTAAN QURBAN 1431 H 1................. bin ..... 2010 Tanda tangan dan nama jelas Jl......................... bin ...... Blok No Telp / Hp Email Hewan Qurban melalui panitia diadakan sendiri jumlah ..................................... Rp ...000. Biaya Pelaksanaan Pemotongan **) Total PEMBAYARAN Jumlah & total harga ................................. ........... Domba / Kambing *) Kelas ........................ ..... sukarela untuk pengadaan hewan qurban melalui panitia....... ...... ............... Graha Raya Bintaro......... Cluster Carissa........ ekor ............................. 50...... bin .......... ............................................ Sapi Kelas ................................ ekor ................. ................... 3........... bin ... 4........Tangerang . Domba / Kambing *) Kelas ..... ekor Pemesanan Hewan Qurban Melalui Panitia Jenis Hewan Qurban dan Kelas Domba / Kambing *) Kelas ..... ekor – Rp ........... minimal Rp..Rp ........

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful