OLEH

:

DRS.RAHMAN.MH

 Wawasan

nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.[1] Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional

 Falsafah

pancasila  Nilai-nilai pancasila mendasari pengembangan wawasan nasional. Nilainilai tersebut adalah:[2]  Penerapan Hak Asasi Manusia (HAM), seperti memberi kesempatan menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing- masing.  Mengutamakan kepentingan masyarakat daripada individu dan golongan.  Pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah untuk mufakat.

Aspek kewilayahan nusantara  Pengaruh geografi merupakan suatu fenomena yang perlu diperhitungkan. sehingga tata kehidupan nasional yang berhubungan dengan interaksi antargolongan mengandung potensi konflik yang besar. karena Indonesia kaya akan aneka Sumber Daya Alam (SDA) dan suku bangsa. dan kepercayaan yang berbeda .mengenai berbagai macam ragam budaya [2]  . agama.beda.[2]  Aspek sosial budaya  Indonesia terdiri atas ratusan suku bangsa yang masing-masing memiliki adat istiadat. bahasa.

semangat ini harus tetap dipertahankan untuk persatuan bangsa dan menjaga wilayah kesatuan Indonesia.[2] Hal ini dikarenakan kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia merupakan hasil dari semangat persatuan dan kesatuan yang sangat tinggi bangsa Indonesia sendiri.[2] Jadi.[2] . Aspek sejarah  Indonesia diwarnai oleh pengalaman sejarah yang tidak menghendaki terulangnya perpecahan dalam lingkungan bangsa dan negara Indonesia.

 Fungsi  Wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional. pertahanan keamanan. yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional.[3] . dan kewilayahan.

[3] Batasan dan tantangan negara Republik Indonesia adalah:[3]  . agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga. dan kesatuan pertahanan dan keamanan. sehingga berfungsi dalam pembatasan negara.  Wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara merupakan pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.[3]  Wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan. kesatuan ekonomi.Wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan mempunyai cakupan kesatuan politik. kesatuan sosial dan ekonomi. kesatuan sosial dan politik.

Papua. di mana batasan nusantara 200 mil yang diukur dari garis pangkal wilayah laut Indonesia. Jawa. secara yuridis formal. Ketentuan ini membuat Indonesia bukan sebagai negara kesatuan. Deklarasi Juanda. Penentuan wilayah lebar laut dari 3 mil laut menjadi 12 mil laut. Dr. 13 Desember 1957 merupakan pengumuman pemerintah RI tentang wilayah perairan negara RI. Indonesia menjadi utuh dan tidak terpecah lagi. Selebes. Semenanjung Melayu. tetapi pada sistem penarikan garis lurus (straight base line) yang diukur dari garis yang menghubungkan titik . Muh. Ordonantie (UU Belanda) 1939. Sunda Kecil.      . Timor. Risalah sidang BPUPKI tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 tentang negara Republik Indonesia dari beberapa pendapat para pejuang nasional. MalukuAmbon. Yamin menyatakan Indonesia meliputi Sumatera. Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) sebagai rezim Hukum Internasional. yang isinya: Cara penarikan batas laut wilayah tidak lagi berdasarkan garis pasang surut (low water line). Dengan adanya Deklarasi Juanda. Borneo. Ir.titik ujung yang terluar dari pulaupulau yang termasuk dalam wilayah RI. Soepomo menyatakan Indonesia meliputi batas Hindia Belanda. yaitu penentuan lebar laut sepanjang 3 mil laut dengan cara menarik garis pangkal berdasarkan garis air pasang surut atau countour pulau/darat. karena pada setiap wilayah laut terdapat laut bebas yang berada di luar wilayah yurisdiksi nasional. Soekarno menyatakan bahwa kepulauan Indonesia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

  Tujuan wawasan nusantara terdiri dari dua. kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia. mencerdaskan kehidupan bangsa. dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah "untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum. maka dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional. dapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945. serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan. Tujuan ke dalam adalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial. dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial". yaitu:[4] Tujuan nasional.  .

sehingga tidak menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa. Pelaksanaan kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia harus sesuai denga hukum yang berlaku. anggota DPR. Seluruh bangsa Indonesia harus mempunyai dasar hukum yang sama bagi setiap warga negara. yaitu:[5]  Pelaksanaan kehidupan politik yang diatur dalam undang-undang. Di Indonesia terdapat banyak produk hukum yang dapat diterbitkan oleh provinsi dan kabupaten dalam bentuk peraturan daerah (perda) yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku secara nasional. tanpa pengecualian. dan kepala daerah harus menjalankan prinsip demokratis dan keadilan. Pelaksanaan undangundang tersebut harus sesuai hukum dan mementingkan persatuan bangsa. agama.   Implementasi Kehidupan politik Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan wawasan nusantara. seperti UU Partai Politik. UU Pemilihan Umum. dan UU Pemilihan Presiden. Mengembagkan sikap hak asasi manusia dan sikap pluralisme untuk mempersatukan berbagai suku. Memperkuat komitmen politik terhadap partai politik dan lembaga pemerintahan    . dan bahasa yamg berbeda. sehingga menumbuhkan sikap toleransi.Contohnya seperti dalam pemilihan presiden.

pertanian. dengan adanya otonomi daerah dapat menciptakan upaya dalam keadilan ekonomi. wilayah laut yang luas. seperti dengan memberikan fasilitas kredit mikro dalam pengembangan usaha kecil. . Pembangunan ekonomi harus memperhatikan keadilan dan keseimbangan antardaerah. seperti posisi khatulistiwa. serta memeliki penduduk dalam jumlah cukup besar. Oleh sebab itu. Pembangunan ekonomi harus melibatkan partisipasi rakyat. hutan tropis yang besar. Oleh karena itu. hasil tambang dan minyak yang besar. dan perindustrian.   Wilayah nusantara mempunyai potensi ekonomi yang tinggi. implementasi dalam kehidupan ekonomi harus berorientasi pada sektor pemerintahan.

untuk melestarikan kekayaan Indonesia.    . Pengembangan budaya Indonesia. serta dapat dijadikan kegiatan pariwisata yang memberikan sumber pendapatan nasional maupun daerah. yaitu :[5] Mengembangkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda. Contohnya dengan pelestarian budaya. status sosial. maupun daerah. Contohnya dengan pemerataan pendidikan di semua daerah dan program wajib belajar harus diprioritaskan bagi daerah tertinggal. dari segi budaya. pengembangan museum. dan cagar budaya. Tari pendet dari Bali merupakan budaya Indonesia yang harus dilestarikan sebagai implementasi dalam kehidupan sosial. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kehidupan sosial.

Membangun TNI yang profesional serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi kegiatan pengamanan wilayah Indonesia. sehingga ancaman suatu daerah atau pulau juga menjadi ancaman bagi daerah lain. karena kegiatan tersebut merupakan kewajiban setiap warga negara. meningkatkan kemampuan disiplin. melaporkan hal-hal yang mengganggu keamanan kepada aparat dan belajar kemiliteran. terutama pulau dan wilayah terluar Indonesia. Rasa persatuan ini dapat diciptakan dengan membangun solidaritas dan hubungan erat antara warga negara yang berbeda daerah dengan kekuatan keamanan. Membangun rasa persatuan.     Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kehidupan pertahanan dan keamanan. seperti memelihara lingkungan tempat tinggal. . yaitu :[5] Kegiatan pembangunan pertahanan dan keamanan harus memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk berperan aktif.  Membagun TNI Profesional merupakan implementasi dalam kehidupan pertahanan keamanan.

Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar. Agar supaya manusia bisa menjadi humanus. Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris "The Humanities". Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia.Dr. mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya. yaitu : . Prof. lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan.   Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. berbudaya dan halus. lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi.

Hasil analisis itu kemudian digeneralisasikan. lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu. Ilmu ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. kimia. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi. biologi. kedokteran. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi . Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah. Hasil penelitiannya 100 % benar dan 100 % salah. fisika. mekanika .

 Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Yang termasuk kelompok ilmuilmu sosial antara lain ilmu ekonomi. . Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. psikologi. politik. antropologi sosial. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antar manusia itu tidak dapat berubah dari saat ke saat. Tetapi hash penelitiannya tidak mungkin 100 % benar. hanya mendekati kebenaran. sosiologi. demografi. sosiologi hukum. dsb.

seni musik. sedangkan Ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya. Pengetahuan budaya ( The Humanities ) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup kcahlian (disiplin) scni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang kcahlian lain. kemudian diberi arti. pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk betbudaya ( homo humanus ).. Dengan perkataan lain Ilmu Budaya dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Inggris disebut dengan Basic Humanities. Pengetahuan budaya dalam bahasa inggris disebut dengan istilah the humanities. dll. seperti seni tari. Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. seni rupa. Sedang Ilmu Budaya Dasat ( Basic Humanities ) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.   Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pemyataanpemyataan yang bersifat unik. . Peristiwa-peristiwa dan pemyatan-pemyataan itu pada umumnya terdapat dalam tulisantulisan. hanya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah. Metode ini tidak ada sangkut pautnya dengan metode ilmiah.

2006: 195). geopolitik dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa. Frederich Ratzel mengenalkan istilah ilmu bumi politik (political geography). Sedangkan politik dari kata polis yang berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri atau negara . Rudolf Kjellen menyebut geographical politic dan disingkat geopolitik  .Konsepsi Geopolitik  Geopolitik secara etimologi berasal dari kata geo (bahasa Yunani) yang berarti bumi yang menjadi wilayah hidup. Sebagai acuan bersama. dan teia yang berarti urusan (politik) bermakna kepentingan umum warga negara suatu bangsa (Sunarso.

yang merupakan aspirasi bangsa Indonesia yang merdeka. Unsur utama Geopolitik • Konsepsi ruang diperkenalkan Karl Haushofer menyimpulkan bahwa ruang merupakan wadah dinamika politik dan militer. sosiokultural dengan aspek-aspek ASTAGATRA Konsepsi Geostrategi • Suatu strategi memanfaatkan kondisi geografi Negara dalam menentukan kebijakan. . cara memahami. sarana utk mencapai tuj-nas (pemanfaatan kondisi lingkungan dalam mewujudkan tujuan politik). berdaulat dan bermartabat serta menjiwai tata hidup dan tindak kebijaksanaannya dalam mencapai tujuan nasional. cara bertindak. cara menghayati. teori ini disebut pula teori kombinasi ruang dan kekuatan • Konsepsi frontier (batas imajiner dari dua negara) • Konsepsi politik kekuatan yag terkait dengan kepentingan nasional • Konsepsi keamanan negars dan bangsa sama dengan konsep ketahanan nasional Geopolitik Indonesia Geopolitik Indonesia tiada lain adalah Wawasan Nusantara • Wawasan Nusantara tidak mengandung unsur-unsur ekspansionisme maupun kekerasan • Cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan ide nasionalnya yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945. berfikir dan bertingkah laku bagi bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi proses psikologis. • Wawasan nusantara juga sering dimaknai sebagai cara pandang. tujuan.

Geostrategi Indonesia tiada lain adalah ketahan nasional • Ketahanan Nasional mrpk kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional. • Geostrategi Indonesia diartikan pula sebagai metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan dan UUD 1945. Terdiri 8 aspek kehidupan nasional : . identitas. • Geostrategi Indonesia dirumuskan dalam wujud Ketahanan Nasional. Konsepsi dasar Ketahan Nasional Model Astagatra merupakn perangkat hubungan bidang kehidupan manusia dan budaya yang berlangsung diatas bumi degan memanfaatkan segala kekayaan alam. • Ini diperlukan utk mewujudkan dan mempertahankan integrasi bangsa dalam masyarakst majemuk dan heterogen berdasarkan Pemb dan UUD 1945. yang langsungg maupun tidak langsug membahayakan integritas. kelangsungan hidup bangsa dan Negara serta perjuangan mengejar tujuan nasional. • Tannas diperlukan bukan hanya konsepsi politik saja melainkan sebagai kebutuhan dalam menunjang keberhasilan tugas pokok pemerintah. di dalam menghadapi dan mengatasi segala ATHG baik yang datang dari luar maupun dari dalam.

Gatra social budaya e). Gatra ideologi b). Gatra letak dan kedudukan geografi b). . Gatra pertahanan dan keamanan. yaitu : a). Gatra keadaan dan kemampuan penduduk 2). Gatra Politik c). yaitu : a). 1). Terdapat hubungan korelatif dan interdependency diantara ke-8 gatra secara kompreh ensif dan integral. Lima aspek (panca gatra) kehidupan social. Gatra keadaan dan kekayaan alam c). Gatra ekonomi d). Tiga aspek (tri gatra) kehidupan alamiah.

Dengan mengacu pada kondisi geografi bercirikan maritim. secara konseptual. geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. Implementasi dari strategi maritim adalah mewujudkan kekuatan maritim (maritime power) yang dapat menjamin kedaulatan dan integritas wilayah dari berbagai ancaman. sosial budaya dan pertahanan keamanan. maka diperlukan strategi besar (grand strategy) maritim sejalan dengan doktrin pertahanan defensif aktif dan fakta bahwa bagian terluar wilayah yang harus dipertahankan adalah laut. ekonomi. politik. Selain itu hubungan geopolitik dan geostrategi terdapat dalam astra gatra Komponen strategi astra gatra . Hubungan Geopolitik Dan Geostrategi Sebagai satu kesatuan negara kepulauan. sedangkan geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi.

Geografi e). Integrasi angkatan bersenjata dan rakyat g). sistem politik harus mampu memenuhi lima fungsi utama : a). Sistem pertahanan keamanan d). • Keadaan dan kemampuan penduduk (jumlah. Kepemimpinan . Wawasan Nasional c). fauna. Pencapaian tujuan e). Usaha integrasi • EKONOMI (SDA. Kepribadian nas) • HANKAM meliputi faktor2: a). dan distribusi) Pancagatra (itanggible) kehidupan sosial • IDEOLOGI → Value system • POLITIK → Penetapan alokasi nilai di sektor pemerintahan dan kehidupan pololitik masyarakat. Teknologi) • SOSBUD (Tradisi. dan mineral baik yang di atmosfer. Doktrin b). Pengaturan & penyelesaian pertentangan / konflik c). muka maupun perut bumi) dikelola denga dasar 3 asas: asas maksimal. Kepemimpinan nas. proses politik b). Material h). Pendidikan. Modal. Manusia f). komposisi. Ilmu pengetahuan dan teknologi i). dan daya saing. TRI GATRA (tangible) bersifat kehidupan alamiah • Letak geografi Negara • Keadaan dan kekayaan alam (flora. Tenaga kerja. lestari. Usaha mempertahankan pola. struktur. Penyesuaian dengan perubahan dalam masyarakat d).

Kekuatan sebagai suatu wawasan dapat dibedakan menjadi empat macam. yang berintikan pada kekuatan. (2) wawasan bahari. yaitu (1) wawasan benua. Sehubungan dengan konsep geopolitik adalah singkatan dari geografi politik. (4) wawasan kombinasi. (3) wawasan dirgantara. maka pelu juga diketahui beberapa konsep tentang kekuatan.. Wawasan kombinasi yang memengaruhi juga wawasan Nusantara sebagai wawasan kekuatan. dicetuskan oleh seorang sarjana ilmu politik swedia yang bernama Rudolf Kjellen (1864-1922) pada tahun 1900. .

yaitu Eropa dan Asia. Ajarannya menyatakan . Asia. dan keamanan nasional.Konsep wawasan Bahari Wawasan bahari mendasarkan pada konsep kekuatan di lautan. kemakmuran. 3. Ia mencetuskan wawasan benua yaitu konsep kekuatan di darat.Konsep wawasan Dirgantara Kekuatan di udara justru yang paling menentukan. barang siapa dapat mengusai “daerah jantung”. Kekuatan di udara mempunyai daya tangkis terhadap ancaman dan dapat melumpuhkan kekuatan lawan dengan penghancuran dikandang lawan itu sendiri agar tidak mampu lagi bergerak menyerang . 2. Afrika dan akhirnya dapat mengusai dunia.siapa yang menguasai lautan akan menguasai perdagangan. . dan siapa yang menguasai perdagangan berarti akan menguasai dunia.Konsep wawasan Benua Teori ahli Geopolitik ini menganut “konsep kekuatan”.mengemukakan bahwa kekuatan laut sangat vital bagi pertumbuhan. akan dapat menguasai “pulau dunia” yaitu Eropa.

Musim angin tersebut mempengaruhi kondisi curah hujan di Kepulauan Indonesia sehingga kita juga mengenal adanya Musim Hujan dan Musim Kemarau. Dari uraian tentang bencana alam di Indonesia sebelumnya. perubahan posisi Matahari tersebut mempengaruhi musim angin yang berlaku. Proses-proses yang terjadi di atmosfer sangat ditentukan oleh posisi Matahari terhadap Bumi. Bagi Kepulauan Indonesia. Dalam uraian tentang bencana alam yang sebelumnya telah kita bicarakan tentang pengaruh dari letak Kepulauan Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudera. kita dapat mengatahui dengan baik kapan bencana-bencana alam itu kemungkinan besar akan terjadi.5 derajat terhadap bidang orbit Bumi menyebabkan posisi Matahari terhadap Bumi selalu berubah. . Posisi sumbu rotasi Bumi yang membentuk 23. Upaya pembuatan kalender bencana alam ini penting bagi manajemen bencana alam di Indonesia. kita dalam membuat kalender kisaran waktu kejadian atau kedatangannya. Matahari secara berulang bergeser dari garis balik selatan ke khatulistiwa dan berlanjut ke garis balik utara. Sebagai contoh: bila musim hujan tiba maka tiba pula masanya muncul bencana banjir dan tanah longsor yang tempat kejadiannya dapat kita ketahui dari mempelajari kondisi geologi atau geomorfologi Kepulauan Indonesia. untuk bencana alam yang berkaitan dengan proses-proses di atmosfer di Kepulauan Indonesia. Demikian terus berulang sepanjang waktu. kita mengetahui bahwa banyak bencana alam di Indonesia yang kejadiannya berkaitan dengan kondisi angin dan curtah hujan tersebut. Prosesproses atmosfer yang terjadi Kepulauan Indoinesia sangat dipengaruhi oleh kondisi posisi silang tersebut. Kepulauan Indonesia terletak tepat di Garis Khatulistiwa. kemudian kembali lagi ke khatulistiwa dan terus ke garis balik selatan. Jadi. Oleh karena itu. Kita di Indonesia mengenai adanya Musim Angin Barat dan Musim Angin Timur.     Bencana alam adalah bencana yang terjadi karena proses-proses alam. Di lihat dari Bumi.

Lebar / luas wilayah 3 mil + Deklarasi djuanda 1939 .Lebar / luas wilayah 12 mil .kesatuan bangsa. maka ditarik garis pangkal lurus dari titik terluar.Mempersatukan wilayah secara keseluruhan .Azas pulau demi pulau . RI berdaulat atas perairan sebelah dalam dari garis batas luar laut territorial termasuk dasar laut tanah dibawahnya dan udara di atasnya + Ordonantie 1939 .Mempersatukan wilayah secara terpisah . roses gagasan wawasan nusantara 1.jalur laut / laut territorial INA adalah 12 mil laut dari garis pangkal lurus Hak lalu lintas kapal asing di perairan INA .pulau terluar wilayah INA “ b.Azas pont to point theory . Deklarasi juanda ( 13 desember 1957 ) “ untuk menjamin keutuhan.intergritas wilayah negara dan kesatuan ekonmi nasional. dijamin selama tidak membahayakan dan merugikan NKRI c.

Pemerintahan INA bersedia menyelesaikan soal garis batas LK dengan negara tetangga melalusi perundingan c. Claim diatas tidak mempengaruhi sifat serta status pada perairan diatas LK INA maupun ruangannya 3. 2. Jika tidak ada perjanjian maka batas LK INA adalah suatu garis yang ditarik ditengah – tengah antara pulau – pulau terluar INA dengan titik terluar wilayah negara tetangga d. Konsep politik dan ketatanegaraan ( 17 febuari 1969 ) Isinya : a.pelestarian SDA Hayati dan non HAYATI b. Segala sumber kekayaan alam yang terdapat dalam landasan kontinen INA. adalah milik eksklusif Negara b. ZEE Indonesia ( 21 Maret 1980 ) Mengatur tentang : a.pelestarian lingkungan .instalasi.pengolahan. Hak yuridis yang berhubungan dengan pembuatan dan penggunaan pulau buatan.penelitian ilmiah mengenai laut. Hak berdaulat untuk melakukan eksplorasi dan exploitasi.

pemerintah menetapkan kawasan udara terlarang Ayat 2 : pesawat udara Indonesia / asing dilarang terbang melalui kawasan udara terlarang Ayat 3 : Penerapan kawasan udara teralang dan tindakan pemaksaan diatur lebih lanjut . Ruang lingkup wilayah suatu negara berbentuk kerucut yang meluas dari titik pusat bumi ke ruang diatasnya d.ruang udara tersebut bebas c. Kedaulatan suatu negara terbatas pada „ratio loci‟ dan bukan pada „ratio materiae‟ UU RI no 15 tahun 1992 tentang penerbangan Pasal 4 : Negara RI berdaulat atas wilayah udara Pasal 5 : pemerintah melaksanakan wewenang dan tanggung jawab dan pengaturan ruang udara untuk kepentingan HANKAMNEG Penerbangan dan ekonomi Nasional Ayat 1 : untuk kepentingan HANKAMNEG serta keselamatan penerbangan. Prinsip kedaulatan Negara di ruang Udara a. Di atas laut lepas dan „terranullius‟. Negara hanya berdaulat terhadap ruang udara diatas wilayahnya seluas „territorial belt‟ b.

. wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah berbagai lembaga dalam wujud infra politik. Sementara itu. dan bernegara meliputi seluruh wilayah Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan penduduk dengan aneka ragam budaya. (1) Wadah (Counter) Wadah kehidupan bermasyarakat. berbangsa. Negara kesatuan RI yang merupakan organisasi kenegaraan adalah wadah kegiatan kenegaraan dalam wujud supra politik. (2) Isi (Content) Yang dimaksud isi wawasan nusantara adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945. . Untuk mencapai cita-cita dan tujuan tersebut harus mampu diciptakan persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan kehidupan nasional.

Tata laku bhatiniah mencerminkan jiwa. perbuatan. yang melahirkan prilaku bangsa Indonesia baik tata laku bhatiniah dan lahiriah. dan mentalitas yang baik bagi bangsa Indonesia. (3) Tata Laku (Counduct) Tata laku merupakan hasil interaksi antara wadah dan isi. semangat. dan prilaku yang baik dari bangsa Indonesia yang berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan yang memiliki rasa bangga dan cinta kepada bangsa dan negara dalam semua aspek kehidupan . Sedangkan tata laku lahiriah tercermin dalam tindakan.

. PENGERTIAN Ketahanan Nasional adalah kondisi hidup dan kehidupan nasional yang harus senantiasa diwujudkan dan dibina secara terus-menerus secara sinergi. bangsa dan negara dengan modal dasar keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan kekuatan nasional. menuju kejayaan bangsa dan negara. Dengan singkat dapat dikatakan bahwa ketahanan nasional ialah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya. Hal demikian itu. dimulai dari lingkungan terkecil yaitu diri pribadi. masyarakat. keluarga. A.

3. Peran setiap gatra dalam kesejahteraan dan keamanan.            Asta gatra :adalah seluruh aspek kehidupan Nasional baik aspek Alamia maupun aspek social. Saling hubungan antara gatra dalam keseluruhan aspek social Kelemahan di dalam salah satu gatra akan mempengaruhi kelemahan digatra lain.Gatra yang mempunyai peranan yang lebih besar untuk keamanan dari Kesejahteraan. Hubungan ketahanan Nasional dengan wawasan Nasional     . 1.Gatra mempunyai peranan sama besar untuk kesejahteraan maupun ke Amanan 2. Hubungan antara tri gatra dan panca gatra: Kemampuan Bangsa dan Negara dalam memanfaatkan dan mempergunakan aspek alamia sebagai dasar penyelenggaraan aspek social. Ketahanan Nasional suatu resultante keterkaitan yang integrative dari kondisi – kondisi dinamik kehidupan bangsa diseluruh aspek kehidupan.Gatra yang mempunyai peranan lebih besar untuk kesejahteraan dari Keamanan.

Percaya Pada Diri Sendiri Ketahanan nasional ditingkatkan dan dikembangkan didasarkan atas kemampuan sumber daya yang ada pada bangsa dan sikap percaya kepada diri sendiri. Kewibawaan Makin meningkatnya pembangunan nasional. Berubah menurut Waktu Ketahanan nasional. tergantung dari upaya bangsa dalam pembangunan nasional dari waktu ke waktu dan ketangguhannya menghadapi ancaman. sebagai kondisi bangsa tidak selalu tetap. Manunggal Aspek kehidupan bangsa Indonesia dikelompokkan ke dalam delapan gatra atau astagatra. akan meningkatkan ketahanan nasional. 3. 6. . hambatan dan gangguan. 1. Tidak Membenarkan Adu Kekuatan dan Adu Kekuasaan Konsep ketahanan nasional tidak hanya mengutamakan kekuasaan fisik tetapi juga kekuatan moral yang dimiliki suatu bangsa. 2. tantangan. Mawas ke dalam dan Mawas ke luar Ketahanan nasional terutama diarahkan pada diri bangsa dan negara sendiri. 4. 5.

melemahkan rasa kepercayaan diri. . bahkan kepada Sang Pencipta. Menurut hukum ini. mematikan potensi diri untuk menjadi besar.) Terus memberi tanpa bersedia menerima juga menimbulkan kondisi tidak sehat. padahal hal ini tidaklah benar. Kondisi tangan di atas terus menerus juga bisa tidak sehat di mana bisa jadi hal tersebut melampaui kemampuan si pemberi. Bahaya ketiga tangan di atas terus menerus adalah timbulnya rasa "sombong" yang halus tapi dengan pelan menggerogoti "rasa butuh" kita kepada yang lain. Tidak ada seorangpun yang totally independent atau benar-benar mandiri di dunia ini sehingga tidak memerlukan bantuan orang lain. di mana si pemberi konstan tersebut bisa terjebak untuk merasa cukup dan tidak memerlukan bantuan siapapun. Tangan di atas sama baiknya dengan tangan di bawah selama keduanya dilakukan dengan porsi yang seimbang dan harmonis. rekanan atau mitra yang saling melengkapi. dan ia menggariskan bahwa untuk bisa memberi harus ada yang menerima. serta mengaburkan iman kita kepada penjagaan Tuhan bila kita terus menyandarkan diri pada bantuan orang lain. (baca pembahasan lengkap tentang hubungan memberi dan menerima ini di sini. tidak ada yang lebih baik antara tangan di atas dengan tangan di bawah. Kedua posisi tangan ini adalah partner. Sementara kondisi tangan di bawah terus menerus juga sama tidak sehatnya karena ini bisa membebani orang lain.       Hukum Timbal Balik ini adalah partner Hukum Berbalas (Law of Reciprocation) sebelumnya. untuk bisa menerima harus ada yang memberi.

karena masih banyak sekali yang beranggapan bahwa tangan di atas itu lebih baik sehingga akibatnya banyak sekali mereka yang sebenarnya membutuhkan tidak berani meminta bantuan. agar ada tangan yang di atas harus ada tangan yang di bawah. menurut Hukum Reciprocity (atau Hukum Timbal Balik) ini. Saya tidak butuh belas kasihan Ibu. atau beasiswa untuk anakanaknya atau apalah. Hidup yang sesuai dengan impian dan tujuan hidup Anda. memberi. tapi berikan saja sedekah Ibu tersebut kepada yang lebih berhak". pola lingkaran lagi.. Agar tindakan memberi menjadi lengkap harus ada yang menerima. Terima kasih. mengembalikannya dengan kata-kata yang cukup menyakitkan saya sebagai pihak pemberi. tetap saja hasilnya ditolak dan akhirnya saya harus pulang dengan sedih karena "lingkaran" saya belum lengkap. ya menerima. Saya coba jelaskan bahwa ini bukan sedekah tapi hadiah. Hidup yang menghargai potensi dan amanat yang telah diberikan oleh Sang Pencipta kita. atau sebaliknya terjebak "kesombongan" tidak mau menerima bantuan yang diulurkan.    Demikian penjabaran singkat tentang hukum timbal balik sebagai bagian dari Hukum Universal Sukses yang merupakan alat paling ampuh Anda untuk menikmati hidup sukses dan bermakna. (Nah. tapi juga mau memberi. begitu katanya sedikit ketus. Ya. Terus bergantian. .. tapi bukan sebuah belas kasihan dsb. Ternyata dia menolak mentah-mentah. Mau menerima. Anda bisa menikmati kesuksesan total Anda.      Yang jelas. Semoga dengan memahami Hukum-hukum Universal Sukses tersebut. Kedua pihak sama pentingnya. kan?) Hukum ini harus dipahami benar oleh siapapun. dan semua manusia harus mau berganti peran menjadi kedua pihak untuk melengkapi siklus sukses memberi dan menerima ini. Saya pernah memberikan zakat harta saya ke seorang tetangga yang kebetulan adalah seorang tukang becak dengan 3 anak di bawah 10 tahun yang putus sekolah. "Saya masih mampu menghidupi anak-anak saya. hanya kondisi balas membalas dan timbal balik-lah yang sehat dan harmonis di alam ini.

Ekonomi .Ideologi . TRI GATRA dan PANCA GATRA merupakan suatu kesatuan yang bulat dan utuh yang dinamakan ASTA GATRA.Politik .           * Aspek Alamiah (TRIGATRA) yang meliputi : . Oleh karena itu.Militer Hankam Antara TRIGATRA dan PANCA GATRA itu terdapat hubungan timbal balik yang erat dinamakan hubungan (korelasi) dan ketergantungan (interdependensi). .Posisi dan lokasi geografi negara .Keadaan dan kemampuan penduduk * Aspek Sosial / Kemasyarakatan (PANCA GATRA) yang meliputi : .Keadaan dan kekayaan alam .Sosial – Budaya .

keadaaan. cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki . pengambilan keputusan (decisionmaking) mengenai seleksi antara beberapa alternatif dan penyusunan skala prioritas dari tujuan-tujuan yang telah ditentukan . kebijakan umum(policy). Politik merupakan rangkaian asas. politik dalam arti politics mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa . Dalam bahasa Indonesia . politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan negara. Kata “Politik” secara ilmu etimologis berasal dari bahasa Yunani Politeia. dan arah tersebut sebaik-baiknya . atau alokasi sumber-sumber yang ada. pengambilan keputusan . Dengan begitu . pembagian . . Politics dan policy mempunyai hubungan yang erat dan timbal balik . Pelaksanaan tujuan itu memerlukan kebijakan-kebijakan umum (public policies) yang menyangkut pengaturan . Politik secara umum adalah mengenai proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakannya . jalan. kekuasaan. sedangkan policy memberikan pertimbangan cara pelaksanaan asas. dan distribusi kekuasaan . Dapat disimpulkan bahwa politik adalah bermacam-macam kegiatan yang menyangkut proses penentuan tujuan-tujuan dari sistem negara dan upaya-upaya dalam mewujudkan tujuan itu . Politics memberikan asas. arah. prinsip. dan teia berarti urusan . dan medannya . jalan. yang asal katanya adalah polis berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri. jalan. Untuk melaksanakan tujuan itu diperlukan kebijakan-kebijakan umum (public policies) yang menyangkut pengaturan dan pembagian atau alokasi dari sumber-sumber yang ada .