BAB I PENDAHULUAN

1.1.

Latar Belakang Revolusi Teknologi Informasi (TI) kini sedang berjalan dan akan berdampak sangat luar biasa terhadap perkembangan sistem bisnis atau manajemen dari sebuah perusahaan kecil, menengah, maupun besar. Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya revolusi adalah terciptanya jaringan komputer beserta internet yang sudah dipublikasikan penggunaan dan manfaatnya. Sistem informasi yang menyertai perkembangan teknologi informasi tersebut dapat menolong perubahan-perubahan dalam mengintegrasikan data, meningkatkan kualitas informasi, meningkatkan layanan dan kontrol, mengotomatisasikan sebagian pekerjaan rutin dan menyederhanakan alur kerja. Pendek kata, Sistem informasi beserta perkembangan teknologinya akan menyebabkan transformasi besar dalam bidang bisnis maupun non bisnis. Perpusatakaan sebagai suatu sarana publik membutuhkan

pengaturan dan pencataan terhadap data pengunjung dan data buku. Pencatatan otomatis belum pernah diterapkan pada perpustakaan Politeknik Harapan Bersama Tegal, seiring dengan berjalannya waktu sistem yang telah ada menjadi tidak dapat berfungsi sebagaimana

1

Berdasarkan acuan pedoman di atas maka dengan demikian dibuat rancang bangun sistem informasi perpustakaan menggunakan Microsoft visual basic 6. 2. oleh karena itu diperlukan pembuatan sistem informasi yang lebih baik lagi dan dapat dipergunakan dengan baik. permasalahan yang menjadi dasar untuk dipecahkan dalam kegiatan Tugas Akhir ini adalah tidak adanya sistem komputerisasi pencatatan data jumlah pengunjung dan data buku pada perpustakaan Politeknik Harapan Bersama Tegal.0. Batasan Masalah Pada penelitian ini masalah pembatasan masalahnya yaitu : 1. .3. sehingga diperlukan pembuatan sistem komputerisasi pencatatan data jumlah pengunjung dan data buku yang dapat beroperasi secara berkelanjutan. 1.2. Bagaimana membuat program yang dalam pengoperasiannya mudah dan bisa menampilkan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dengan cepat.2 mestinya. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang ada. Bagaimana membuat sistem komputerisasi pencatat data jumlah pengunjung dan data buku pada perpustakaan Politeknik Harapan Bersama Tegal. 1.

3 1. Tujuan dan Manfaat Tugas Akhir 1.4. b. b.0. Bagi Pembaca  Sebagai referensi dan tambahan informasi khususnya bagi mahasiswa yang akan menysusun Tugas Akhir. Mengembangkan ilmu yang diperoleh di perkuliahan sehingga dapat meningkatkan kemampuan.2 Manfaat Penelitian Manfaat Tugas Akhir antara lain : a.1 Tujuan Tugas Akhir Tujuan Tugas Akhir antara lain : a. Sebagai salah satu syarat kelulusan program studi D3 Teknik Komputer.4. 1.4.  Sebagai sarana untuk berkreasi yang lebih baik pada masa mendatang. Bagi Akademik Untuk menambah khasanah keilmuan tentang bagaimana membuat rancang bangun sistem informasi perpustakaan menggunakan Microsoft visual basic 6. c. Bagi Mahasiswa Sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan dan sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu. . Penerapan ilmu yang telah telah diberikan di perkuliahan. c.

tujuan.4 1.1 Studi Pustaka Menggunakan buku-buku yang berhubungan dengan rancangan ini. Adapun sistematika laporan ini terdiri dari : BAB I : PENDAHULUAN Menjelaskan tentang latar belakang dalam pemilihan judul. Karena dalam penelitian ini mahasiswa harus melihat atau mendapatkan informasi secara fakta tanpa ada pendapat atau gagasan dari pemilik informasi.5. misalnya buku tentang perancangan aplikasi dengan Visual Basic 6. perumusan masalah. . BAB II : GAMBARAN UMUM Berisi mengenai penjelasan tentang Microsoft Visual Basic 6.6. 1.2 Studi Lapangan Dilakukan secara langsung oleh mahasiswa.0.0 serta buku-buku yang berkaitan dengan perancangan database yang digunakan sehingga dapat membantu mahasiswa dalam penyelesaian masalah. Metodelogi Penelitian 1. dan Microsoft Acces. manfaat. Sistematika Penulisan Dalam penulisan laporan ini akan diuraikan secara umum tentang hal-hal yang akan dibahas dalam penyusunan laporan.5. 1. sistematika penulisan.5.

analisis permasalahan yang ada serta tentang rancangan terhadap penelitian yang dilakukan. . BAB IV : ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM Bab ini menguraikan tentang gambaran obyek penelitian. BAB V : IMPLEMENTASI Dalam bab ini akan menguraikan tentang cara kerja atau jalannya dari rancangan yang dibangun secara spesifikasi.5 BAB III : LANDASAN TEORI Bab ini memaparkan teori-teori yang digunakan dalam pembuatan rancang bangun sistem informasi perpustakaan menggunakan Microsoft visual basic 6.0. BAB VI : PENUTUP Berisi kesimpulan dan saran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful