PENYULUHAN NARKOBA UNTUK KALANGAN REMAJA

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA) yang biasa disebut narkoba merupakan jenis obat/zat yang diperlukan di dalam dunia pengobatan. Akan tetapi apabila dipergunakan tanpa pembatasan dan pengawasan yang seksama dapat menimbulkan ketergantungan serta dapat membahayakan kesehatan bahkan jiwa pemakainya. Penyalahgunaan narkoba pada akhir tahun ini dirasakan semakin meningkat. Dapat kita amati dari pemberitaan-pemberitaan baik di media cetak maupun elektronika yang hampir setiap hari memberitakan tentang penangkapan para pelaku penyalahgunaan narkoba oleh aparat keamanan. Kebanyakan pelakunya adalah remaja belasan tahun, mereka pasti sudah mengerti tentang bahaya mengkonsumsi narkoba, tapi mengapa mereka menggunakannya Dikalangan para siswa, terutama bagi mereka yang secara formal berada dibangku SMP/MTs. Umumnya penggunaan pertama narkoba diawali pada anak usia sekolah dasar atau SMP/MTs. Hal ini terjadi biasanya karena penawaran, bujukan, atau tekanan seseorang atau sekelompok orang kepadanya, misalnya oleh kawan sebayanya. Didorong rasa ingin tahu, ingin memcoba, atau ingin memakai, seseorsang mau menerima tawaran itu. Selanjutnya, tidak sulit baginya untuk menerima tawaran berikutnya.

.BAB II DASAR DAN TUJUAN KEGIATAN 2.2 Tujuan Kegiatan Tujuan dari penyuluhan ini adalah terumuskannya model pemberdayaan pranata sosial dalam menangani masalah penyalahgunaan narkoba. 2.1 Dasar Kegiatan Dasar kegiatan ini adalah Program Kerja Badan Narkotika Nasional. serta memberikan pemehaman kepada siswa-siswi SMA tentang bahaya narkoba. Manfaat yang diharapkan adalah sebagai bahan masukan bagi perumusan kebijakan penanganan masalah penyalahgunaan narkoba khususnya keikutsertaan pencegahan dan penanganan penyalahgunaan masalah narkoba. Regional Surabaya.

1 Nama Kegiatan Kegitan ini bernama Seminar Dan Penyuluhan NAPZA : Selamatkan Anak Bangsa Dari Kehancuran Obat Terlarang. 3. Guru yang mengajar di SMA Negeri 5 Surabaya .00 – 11.00 WIB : Aula SMA Negeri 5 Surabaya 3.BAB III WAKTU DAN SASARAN KEGIATAN 3.3 Sasaran 1. Siswa – Siswi SMA Negeri 5 Surabaya 2.2 Tempat Dan Waktu Pelaksanaan Hari/Tanggal : Senin/26 November 2012 Pukul Tempat : 09.

BAB IV SUSUNAN PANITIA Ketua Sekretaris Bendahara Sie Acara Sie Publikasi dan Dokumentasi Sie Konsumsi Sie Properti : Dika : Wikan : Astri : Chrisma : Dewi : IBM.Desiani : Bhima .

000.- Rp.000.000.000. 10. 450. 5 . 750.000.- Standar Biaya Keluaran : Biaya lokakarya per peserta Penambahan ruang kelas per m2 Rp.BAB V RENCANA ANGGARAN Standar Biaya Masukan : Satu rim kertas ukuran A4 70 gram Satu unit PC Honorarium Narasumber Rp. 25.- . Rp.000.Rp.

000 5.1 Output Biaya handouts per peserta Biaya map per peserta Rp Rp 15.000 6.2 Outcome 1. Siswa dapat merenungi bahwa mengonsumsi narkoba itu berbahaya dan tidak berguna 2. Guru dapat menekankan kepada siswanya tentang baya narkoba. BAB VII INDIKATOR 7.3 Indikator Efisiensi Biaya handouts dan map per peserta. .1 Indikator Kinerja Kegiatan Jumlah peserta yang mengikuti penyuluhan bahaya narkoba hingga selesai 7.2 Indikator Kinerja Program Peningkatan jumlah peserta yang mengetahui tentang bahaya narkoba 7.BAB VI OUTPUT DAN OUTCOME 6.

sehingga diharapkan ke depannya bisa menjaga diri agar tidak terjerat ke dalam obat-obatan terlarang. dan bagaimana cara menghindarinya. . 8. bagaimana masa depan akan rusak jika menggunakan narkotika.BAB VIII MANFAAT DAN DAMPAK 8. apa bahaya menggunakannya. serta mengetahui sejauh mana peran guru dalam memberikan pemahaman kepada siswanya tentang bahaya narkoba.1 Manfaat Untuk memberikan pengetahuan mengenai apa itu narkotika.2 Dampak Dengan diadakannya penyuluhan/sosialisasi di SMA Negeri 5 Surabaya maka Badan Narkotika Republik Indonesia dapat mengetahui bagaimana respon siswa tentang narkoba.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful