P. 1
Struktur Organsasi Masjid

Struktur Organsasi Masjid

|Views: 26|Likes:
Published by ANTARIKSA

More info:

Published by: ANTARIKSA on Nov 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

Close Ad

STRUKTUR ORGANISASI, TUGAS DAN WEWENANG, DAN SUSUNAN PENGURUS REMAJA MASJID MUJAHIDIN ( REMMA ) PERIODE 2000-2002

STRUKTUR ORGANISASI
Ketua Umum Ketua I Ketua II Sekretaris I dan II Bendahara

Depdaksi Depdiklat Depkom Depsospenmas Depsenora Dephasa

TUGAS DAN WEWENANG

1. KETUA UMUM a. Memimpin organisasi REMMA dengan baik dan bijaksana. b. Mengkoordinasi semua aparat kepengurusan. c. Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan.

d. Memberikan saran kepada Ketua Umum dalam rangka mengambil keputusan. Departemen Seni dan Olah Raga. mengoreksi. meneliti dan meminta pertamggungjawaban dari Departemen I. . dan Departemen Komunikasi ( III ). II dan III dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang telah diberikan. Menggantikan tugas Ketua Umum bila Ketua Umum berhalangan kecuali point g hanya untuk Departemen Dakwah dan Syiar Islam. b. dan Departemen Komunikasi. 1Memberikan laporan pertanggungjawaban pada Rapat Umum Anggota di akhir masa jabatannya. g. c. f. Menandatangani setiap surat yang dikeluarkan oleh Departemen. Mengkoordinasi dan membina Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat ( IV ). dan VI dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang telah diberikan. Menetapkan kebijaksanaandan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat. II dan III kepada Ketua Umum secara berkala. Departemen Pendidikan dan Latihan. Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan. KETUA I a. V. serta Departemen Usaha dan Jasa ( VI ). 3. Mengkoordinasi dan membina Departemen Dakwah dan Syiar Islam ( I ). Memimpin Rapat Harian Pengurus REMMA. c. f. 2. Melaporkan hasil pertanggungjawaban dari Departemen I. b. Menbantu Ketua Umum dalam melaksanakan tugasnya. e. Departemen Seni dan Olah Raga ( V ). Menggantikan tugas Ketua Umum bila Ketua Umum dan Ketua I berhalangan kecuali point g hanya untuk Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat. e. Membantu Ketua Umum dalam melaksanakan tugasnya. e. KETUA II a. Departemen Pendidikan dan Latihan ( II ). g. dan Departemen Usaha dan Jasa. Bersama-sama Ketua Umum menetapkan kebijaksanaan. meneliti. mengoreksi. Bersama-sama Ketua Umum menetapkan kebijaksanaan. d. dan meminta pertanggungjawaban dari Departemen IV. Mengawasi. Memberikan saran kepada Ketua Umum dalam rangka mengambil keputusan. f. d. h. Mengawasi.

Bertanggung jawab atas tertib administrasi dan kesekretariatan REMMA. SEKRETARIS I dan II a. e. g. Khusus Sekretaris II : * Menggantikan tugas khusus sekretaris I bila sekretaris I berhalangan. b. 5. hasil rapat. Melaporkan hasil pertanggungjawaban dari Departemen IV. Meminta laporan keuangan dari tiap departemen atau panitia pelaksana kegiatan. c. UNTUK TIAP DEPARTEMEN . 4. d. Menyampaikan laporan keuangan secara berkala. Bertanggung jawab atas inventarisasi dan perbendaharaan. Membuat tanda bukti/ kwitansi setiap pemasukan atau pengeluaran uang. V. e.sama Ketua Umum menandatangani surat yang berhubungan dengan pengurus harian. dan evaluasi kegiatan. Memberi saran atau masukan kepada Ketua Umum dalam mengambil keputusan. d. Menyimpan seluruh surat serta arsip yang berhubungan dengan pengurus haian atau panitia pelaksana kegiatan. dan VI kepada Ketua Umum secara berkala. surat. b. Mendampingi Ketua Umum dalam memimpin Rapat Harian Pengurus. Mendata dan menyimpan biodata anggota REMMA. Bertindak sebagai notulen dalam Rapat Harian Pengurus. * Bersama. h. Menyiapkan laporan. c.g. * Menyiapkan surat yang diperlukan oleh tiap Departemen dengan catatan Departemen tersebut membuat sendiri formatnya dan sekretarisa II tidak ikut serta menandatangani surat tersebut. Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan dan pengeluaran uang/ biaya yang diperlukan. Khusus Sekretaris I : * Menyiapkan surat yang diperlukan oleh Ketua Umum atau yang mewakilinya. BENDAHARA a. f.

... d. V. c. Departemen I..... Koordinator tiap Departemen bertanggung jawab atas seluruh kegiatan departemennya dan menciptakan mekanisme kerja yang baik dengan anggotanya..... dan VI melaporkan hasil pertanggungjawaban kegiatannya kepada Ketua II..REMMA ( Nama dan ttd ) ( Nama dan ttd ) m. tiap departemen dapat meminta bantuan kepada sekretaris II dengan catatan format surat tersebut sudah dibuat sendiri oleh departemen ybs. .... Tiap departemen diperkenankan untuk bekerja sama dengan departemen lainnya dalam melaksanakan dan meningkatkan program kerjanya setelah dikonsultasikan pada Ketua I dan Ketua II.. * Tidak diperkenankan mengangkat sekretaris departemen.. k. h.. Setiap surat yang dikeluarkan tiap departemen harus ditandatangani oleh koordinator departemen yang bersangkutan atau yang mewakili dan ditandatangani oleh Ketua Umum dalam format sbb : Mengetahui.. b. j.. Tetapi bila menyulitkan.. .. Koordinator tiap Departemen memimpin rapat pada departemennya dan bila dianggap perlu boleh didampingi oleh Ketua I atau Ketua II dan atau Ketua Umum.. . Departemen I. Jika departemen ingin membentuk panitia pelaksana dalam melaksanakan kegiatannya dan membutuhkan anggota lainnya. Departemen IV.a... f... Ketua Umum REMMA Koor... V.. Tiap departemen berupaya meningkatkan dan mengembangkan program pada departemennya masing-masing. Tiap departemen didalam melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan harus sepengetahuan Ketua Umum setelah dikoordinasi dan dikonsultasikan oleh Ketua I dan Ketua II. e. Dalam menyiapkan surat tiap departemen : * Sebisa mungkin diusahakan sendiri oleh Departemen ybs... Departemen IV. maka departemen tersebut harus berinisiatif pertama kali untuk mengumpulkan anggota dan atas sepengetahuan Ketua Umum. kecuali : * Hanya untuk membantu menyiapkan surat dan tidak ikut menandatangani.. II. i. II. dan III melaporkan hasil pertanggungjawaban kegiatannya kepada Ketua I. dan III didalam menyusun program kerja mengkoordinasi dan mengkonsultasikan kepada Ketua I. dan VI didalam menyususn program kerja mengkoordinasi dan mengkonsultasikan kepada Ketua II. g. Dep.

Membuat majalah REMMA. Mengadakan seminar dan studi banding. DEPARTEMEN SOSIAL DAN PENGABDIAN MASYARAKAT ( DEPSOSPENMAS ) a. 3. Mendistribusikan undangan. Mengadakan kegiatan bakti sosial. 1. d. Mengadakan kegiatan pendidikan informal baik pendidikan umum atau agama. DEPARTEMEN DAKWAH DAN SYIAR ISLAM ( DEPDAKSI ) a. b. b. Mengkoordinir anggota dalam menjenguk dan membantu warga yang sakit atau meninggal dunia. Mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan pengabdian kepada masyarakat. Bertindak sebagai humas REMMA. DEPARTEMEN SENI DAN OLAH RAGA ( DEPSENORA ) . Membuat dan mengkoordinir mading. DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN LATIHAN ( DEPDIKLAT ) a. e. Membuat dan Mengembangkan Homepage REMMA c. b. 2. c. c. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan dakwah dan syiar Islam. 4.* Telah mendapatkan izin dari Ketua Umum seperti untuk kepengurusan majalah REMMA dan bukan untuk Departemen Komunikasi. Mengisi kegiatan PHBI. Mengadakan pengajian rutin bulanan. 5. Mengadakan latihan yang berhubungan dengan ketrampilan ( kursus). d. * Tidak diperkenankan membuat surat diatas kop surat lain selain kop surat REMMA. c. DEPARTEMEN KOMUNIKASI ( DEPKOM ) a. b. Mengkoordinir anggota untuk membantu dan menghadiri acara-acara pernikahan.

Mengusahakan dan mengadakan kegiatan yang dapat mendatangkan sumber-sumber keuangan. Mengadakan wadah penyaluran bakat dan olah raga. 6. Memberikan layanan jasa pembayaran listrik. Mengadakan wadah penyaluran seni dan teater b. Membuat dan mendistribusikan penjualan kalender REMMA. SUSUNAN PENGURUS REMAJA MASJID MUJAHIDIN ( REMMA ) PERIODE 2000-2002 Pelindung : Pengurus Masjid Mujahidin Ketua Umum : Novran Rizambhara Ketua I : Mukhlis Huzaifah Ketua II : Achmad Susanto . Membuat dan mendistribusikan penjualan buku telepon. b. c. c. Mengadakan latihan rutin untuk seni dan olah raga. d.a. Mengadakan penampilan seni dan teater pada setiap kegiatan REMMA e. Mengadakan pertandingan persahabatan untuk olah raga. DEPARTEMEN USAHA DAN JASA ( DEPHASA ) a. d.

Anggie Wildan 4. Desi Ariati * Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat Koordinator: Yus Reza A S Anggota: 1. Annisa * Departemen Pendidikan dan Latihan Koordinator: Januar K W Anggota: 1. M. Valeri 4. Dwi Putri Nurul 4. Ihromi 2. Leny Nurhayati 2. Ridwan A Zaki . Robert La Are 3. Ade Reza 2. Edward 3. Anni Rahmawati 5.Sekretaris: Puti Damayanti Wakil Sekretaris: Amalia Susanti Bendahara: Zihijjati * Departemen Dakwah dan Syiar Islam Koordinator: Firmansyah Anggota: 1. Martha Dwiguna 3. Eko Triaji * Departemen Komunikasi Koordinator: Afgiansyah Anggota: 1.

Mardiana 4. Ofiyardi Azhar 4. Singgih * Departemen Usaha dan Jasa Koordinator: Ibnu Sultoni Anggota: 1. Supri 4. Dimas Bramantio 3. Hendra Suganda 2. Ari Mustafa 3.2. Dolly Ramon 2. Sylvia Tiara Elvira Kembali ke halaman depan . Fahra Rizwari * Departemen Seni dan Olah Raga Koordinator: Ridwan Hizri Anggota: 1. Jefferson Ismerdo I 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->