SENDI Dalam bergerak kita manusia membutuhkan rangka dan otot, dan rangka tidak dapat bergerak sendiri

apabila tidak digerakkan otot. Oleh sebab itu rangka disebut alat gerak pasif, dan otot disebut alat gerak aktif. Salah satu fungsi rangka kita yaitu membentuk formasi tubuh, dimana rangka kita tersusun oleh tulang-tulang, shg bentuk dan tubuh manusia bias terlihat. Tulang-tulang dalam susunan rangka yang berdekatan akan membentuk persendian yang memungkinkan untuk bergerak, tidak bergerak atau sedikit bergerak, bergantung pada kebutuhan fungsional tubuh. Hubungan antar tulang disebut artikulasi. Untuk dapat bergerak dibutuhkan struktur khusus yang terdapat pada artikulasi, Struktur khusus tersebut dinamakan sendi.terbentuknya sendi dimulai dari kartilago didaerah sendi. Terbentuknya sendi dimulai dari kartilago didaerah sendi. Mula-mula kartilago akan membesar lalu kedua ujungnya akan diliputi jaringan ikat. Kemudian kedua ujung kartilago akan membentuk sel-sel tulang, keduanya diselaputi oleh selaput sendi (membrane sinoval) yang liat dan menghasilkan minyak pelumas tulang yang disebut sinoval.

Sendi memiliki penyusun sebagai berikut : 1. Ligamen Merupakan jaringan ikat yang menghubungkan tulang dengan tulang. 2. Kapsul sendi Lapisan serabut yang melapisi sendi dan menghubungkan 2 tulang yang membentuk persendian 3. Cairan Sinovial Cairan pelumas pada ujung-ujung tulang yang terdapat pada bagian kapsul sendi 4. Tulang Rawan Hialin Jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang yang membentuk persendian Berguna untuk menjaga persendian dari benturan keras

.

.

SINARTROSIS yaitu hubungan yang tidak memungkinkan adanya gerakan.ARTIKULASI terbagi atas 3 bentuk yaitu : 1.SENDI PELURU (ENDARTROSIS) : ujung tulang yang satu berbentuk bonggol masuk ke tulang lain yang berbentuk cekungan.SINFIBROSIS yaitu kedua ujung tulang dihubungkan dengan serabut. 2.SENDI PUTAR (TROKOIDEA) : ujung rulang yang satu mengitari ujung rulang lain. . . . Þ sendi antara hasta dan pengumpil. Þ siku. . AMFIARTROSIS yaitu hubungan yang memungkinkan terjadinya gerak yang terbatas Þ hubungan antara tulang rusuk dan tulang belakang. 3. . lutut. .SINKONDROSIS yaitu kedua ujung tulang dihubungkan dengan kartilago. DIARTROSIS yaitu hubungan yang memungkinkan adanya gerakan yang cukup besar.SENDI ENGSEL (GYNGLUMUS) : ujung tulang yang bergerak membentuk lekukan. Þ gelang pinggul.

Ujung tulang yang membentuk persendian (diartrosis) bersifat khas. Sinartrosis Sinartosis adalah persendian yang tidak dapat digerakkan. Contohnya sendi antara tulang betis dan tulang kering. jaringan ikat serabut. Ada dua tipe utama sinartrosis. yaitu sinartrosis. Diartrosis Diartrosis adalah persendian yang memungkinkan gerakan tulang-tulang secara leluasa. Misalnya sendi engsel pada lutut dan siku serta sendi peluru pada pangkal paha dan lengan atas. Hubungan antartulang itu disebut persendian (artikulasi). yaitu suture dan sinkondrosis. Berdasarkan keleluasaan gerakan yang dihasilkan.SENDI PELANA (SELLARIS) : kedua ujung tulang membentuk seperti pelana. Sinkondrosis adalah persendian oleh tulang rawan (kartilago) hialin. dan diartrosis. sinfibrosis. Suture atau sinostosis adalah hubungan antartulang yang dihubungkan dengan jaringan ikat serabut padat. Setiap permukaan sendi dilapisi dengan tulang rawan . Þ sendi pada tulang ibu jari dengan telapak tangan. b. yaitu berbentuk bonggol.Antartulang dalam tubuh berhubungan satu dengan yang lain agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. Þ pergelangan tangan. Hubungan Antartulang ( Artikulasi / Persendian ) . contohnya pada tengkorak.. a. c. sedangkan ujung yang lain membentuk lekukan yang sesuai ukuran bonggol. . contohnya hubungan antara epifisis dan diafisis pada tulang dewasa. dan ligamen sehingga memungkinkan terjadi sedikit gerakan. ada tiga jenis persendian. Amfiartrosis atau Sinfibrosis Amfiartrosis atau Sinfibrosis adalah persendian yang dihubungkan oleh tulang rawan (kartilago).SENDI OVOID/ELLIPS (ELLIPSOIDEA) : kedua ujung tulang berbentuk oval.

Contohnya. Sendi Pelana Sendi pelana adalah persendian yang memungkinkan gerakan ke dua arah. Persendian pada hubungan antara tulang ibu jari dan tulang telapak tangan. Contohnya.hialin dan dibungkus dengan selaput sinovial yang membentuk minyak sinovial. Contohnya. . Gambar Sendi Pelana 3. Minyak sinovial atau minyak sendi ini berfungsi untuk melicinkan gerakan. Tengkorak dengan tulang atlas dan radius dengan ulna. Persendian pada tulang siku dan lutut. Diartrosis meliputi beberapa macam persendian. Macam Macam Jenis Sendi 1. Sendi Engsel Sendi engsel adalah persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah. Gambar Sendi Engsel 2. Sendi Putar Sendi putar adalah persendian tulang yang satu mengitari tulang yang lain sehingga menimbulkan gerak rotasi. diartrosis dapat dibedakan menjadi beberapa jenis dan macam sendi yang dijelaskan sebagai berikut. Berdasarkan arah gerak yang ditimbulkannya.

Gambar Sendi Luncur 6. Sendi Peluru Sendi peluru adalah persendian tulang yang gerakannya paling bebas di antara persendian yang lain. Contohnya. Persendian pada hubungan antara ruas-ruas tulang belakang. Tulang lengan atas dengan gelang bahu dan tulang paha dengan gelang panggul. . yaitu dapat bergerak ke segala arah. 5. Sendi geser disebut juga sendi kepat atau sendi avoid. Sendi Luncur Sendi luncur adalah persendian tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan badan melengkung ke depan. Sendi Geser Sendi geser adalah persendian yang gerakannya hanya menggeser. Contohnya. Skapula dengan klavikula dan karpal dengan metakarpal. kedua ujung agak rata dan tidak berporos. ke belakang atau memutar.Gambar Sendi Putar 4. Contohnya.

Oleh karena itu. hanya saja sendi elipsoid memiliki bonggol dan ujung-ujung tulangnya tidak membulat. gerakan yang dihasilkan lebih terbatas dibandingkan dengan sendi peluru. hubungan antara tulang pengumpil dan tulang pergelangan tangan Gambar Sendi Elipsoid . Sendi Elipsoid / Kondiloid Mirip dengan sendi peluru. tetapi sedikit oval.Gambar Sendi Peluru 7. Contohnya.

Bila keduanya berkontraksi. . Pasangan otot yang melakukan gerak berlawanan terhadap otot yang sedang melakukan kontraksi disebut otot antagonis.Otot bekerja secara berpasangan untuk menghasilkan gerak. telapak tangan akan menelungkup.Macam . Otot antagonis memiliki beberapa jenis gerak otot berikut. Contoh otot sinergis yaitu otot pronator teres dan pronator kuadratus. Sebaliknya pasangan otot yang kerjanya saling menunjang disebut otot sinergis. Ada dua macam pasangan yang terjadi yaitu antagonis dan sinergis.Macam Gerak .