P. 1
pilesaypilgan08

pilesaypilgan08

|Views: 10|Likes:
Published by Made Maria Hana

More info:

Published by: Made Maria Hana on Nov 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

SOAL PILIHAN GANDA OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2008 ILMU KEBUMIAN

1. Berikut ini adalah mineral-mineral yang tidak memiliki warna (colourless), kecuali… a. Kuarsa b. Klorit c. Intan d. Kalsit e. Fluorit 2. Mineral-mineral di bawah ini termasuk golongan silika, kecuali … a. Kuarsa b. Opal c. Kalsedon d. Kalsit e. Kalkopirit 3. Sistem kristal triklin merupakan sistem kristal yang mempunyai 3 (tiga) sumbu kristal, sedangkan sistem kristal trigonal mempunyai… a. 3 sumbu kristal b. 4 sumbu kristal c. 5 sumbu kristal d. 6 sumbu kristal e. 7 sumbu kristal 4. Mineral yang terdapat di alam ada yang merupakan unsur bebas dan ada pula yang merupakan senyawa. Berikut ini mineral-mineral yang merupakan unsur bebas, kecuali… a. Platina b. Tembaga c. Intan d. Emas e. Pirit 5. Batuan beku granit merupakan salah satu batuan beku asam. Manakah diantara mineral di bawah ini yang jumlahnya terdapat paling banyak dalam granit… a. Ortoklas b. Plagioklas c. Piroksen d. Olivin e. Biotit 6. Struktur pada batuan beku merupakan kenampakan hubungan antar bagianbagian batuan yang berbeda. Struktur pada batuan beku yang dicirikan oleh adanya lubang-lubang gas adalah… a. Masif b. Vesikuler c. Jointing d. Amigdaloidal e. Fractures Pilihan ganda halaman 1

Gambar kemas batuan sedimen di bawah ini yang dicirikan oleh sutured contacts adalah… a. Berdasarkan tingkat kristalisasi tersebut. d salah semua Pilihan ganda halaman 2 . Dapat terbentuk di mana saja asal kondisinya tepat e. c. a. b. b. yaitu: holokristalin. Dekat dapur magma 8. Di bawah permukaan bumi c. Tingkat kristalisasi batuan beku dapat dibagi menjadi tiga. dimanakah batuan beku holohyalin dapat terbentuk… a. d. Jauh di bawah permukaan bumi d. e.7. Di atas permukaan bumi b. Kemas pada batuan sedimen merupakan hubungan antar butiran pada batuan (butiran saling bersentuhan atau tidak). c. hypokristalin dan holohyalin.

2 c. Grain dan Matrix supported fabric d. No supported fabric Untuk soal 10 dan 11 perhatikan gambar di bawah ini: 1 2 3 4 10. Jawaban di atas benar semua 11.9. Jawaban di atas salah semua Pilihan ganda halaman 3 . Grain supported fabric b. 3 d. 4 e. Matrix supported fabric c. 1 b. 1 b. Perhatikan gambar berikut ini: Gambar diatas menunjukan hubungan butiran dengan matriks yang sifatnya… a. 4 e. 2 c. Struktur sedimen convolute lamination ditunjukkan oleh nomor… a. Loose supported fabric e. Struktur sedimen lenticular bedding ditunjukkan oleh nomor… a. 3 d.

Riolit e. dimana semakin kebawah suhu pembentukan mineral akan semakin rendah. Berikut ini yang tidak termasuk struktur-struktur foliasi pada batuan metamorf adalah a. Slaty cleveage b. 12. Di batuan apakah kemungkinan mineral ini banyak terdapat… a. Biotit c. Granulose (Hornfelsic) c. Berdasarkan seri reaksi Bowen di atas. manakah mineral yang paling tahan terhadap pelapukan… a. Semua tidak termasuk Pilihan ganda halaman 4 .Untuk soal nomor 12. Amphibol d. Struktur pada batuan metamorf dibedakan menjadi struktur foliasi dan struktur non foliasi. Sienit 13. Anortit adalah mineral yang pertama kali terbentuk dalam urutan mineral sebelah kanan. Albit 14. Gneissic (Gneissose) e. Kuarsa e. Granit d. Olivin b. Diorit c. Gabro b. dan 13 perhatikan gambar di bawah ini: Gambar di atas merupakan seri reaksi Bowen dari mineral-mineral utama pembentukan batuan beku. Schistosic d.

5.15.8 d.8 e.3. 1.2. Mollusca Pilihan ganda halaman 5 . Coelenterata e.6. 1.4.7.3. 1.2. Skarn d.2. Serpentinit e. Fosil fauna dari klas Cephalopoda adalah salah satu fauna yang dapat dimanfaatkan untuk penciri korelasi stratigrafi. Suksesi flora/fauna yang dapat merepresentasikan umur lapisan B pada gambar di bawah adalah a. Batuan metamorf yang mengandung mineral karbonat adalah… a. Klas Cephalopoda termasuk dalam filum a. 1.7 c.5. Porifera d.8 6 3 2 4 5 7 8 1 17. Eklogit b.7. Brachiopoda b.4. Soapstone c. 1.3.6 b.7.2.2. Protozoa c. Sekis 16.

Bidang sumbu horizontal e. Retakan-retakan tersebut dikenal dengan nama: a. Antiklin asimetris menunjam b. maka struktur geologi yang terdapat di daerah tersebut adalah: a. Extension joints d.18. Kehadiran beberapa mata air yang berjajar dalam garis lurus d. kecuali: a. Bila pada suatu tempat di titik A dijumpai batupasir dengan kedudukan N 45o E / 30o. Local unconformity e. Sinklin asimetris menunjam d. Shear joints b. Nonconformity d. Bidang sumbu tegak. Columnar joints 22. umumnya akan terbentuk retakan-retakan sistematis yang berarah tegak lurus terhadap arah gaya tekan. kedua sayap miring ke arah yang berlawanan d. Sinklin simetris menunjam e. Sesar turun 19. selanjutnya di tempat B yang berjarak 500 m sebelah timur dari titik B dijumpai batuan yang sama namun dengan kedudukan N 255o E / 50o. Bidang sumbu yang miring. Bidang sumbu rebah 20. Bidang sumbu yang miring. maka ketidakselarasan yang terjadi disebut: a. Bila suatu batuan mengalami jeda pengendapan dalam kurun waktu geologi yang sangat lama dan sekaligus mengalami proses erosional sebelum kemudian diendapkan batuan yang jauh lebih muda diatasnya. kedua sayap miring ke arah berlawanan b. Overturned folds memiliki karakteristik berikut ini: a. Angular unconformity b. Bentukan morfologi lembah atau gawir yang lurus c. Kehadiran tanah longsor b. Bila suatu gaya tekan dihilangkan dari tubuh batuan. Release joints e. Disconformity c. Cubic joints c. Adanya cermin sesar 21. Regular unconformity Pilihan ganda halaman 6 . kedua sayap miring ke arah yang sama c. Antiklin simetris menunjam c. Berulangnya atau hilangnya beberapa perlapisan dalam suatu urutan batuan e. Berikut ini adalah beberapa kriteria untuk menentukan kehadiran struktur sesar.

Pada suatu lokasi dimana terdapat suatu graben (lihat gambar di bawah) dilakukan pengukuran medan magnet. Tidak ada yang benar Pilihan ganda halaman 7 . a. berapakah besar tekanan atmosfer dalam mb. Pola medan magnet sepanjang lintasan pengukuran yang benar adalah: 24. Jika barometer air raksa menunjukkan angka tekanan 722 mm Hg. 684 mb e.23. 960 mb c. 722 mb d. 860 mb b.

Gas permanent pembentuk atmosfer c. maka struktur atmosfer adalah sebagai berikut: a. CO2 b. Angin Katabatik adalah a. Gas-gas variabel pembentuk atmosfer b. yang terdapat dalam udara lengas tersebut b. Helium. Angin yang menaiki lereng karena gradien tekanan c. berapakah tekanan atmosfer di kota Bandung yang memiliki beda ketinggian 700 m? a. 850 mb d. Banyaknya uap air dalam gram di dalam 1 m3 udara lengas c. Pembentuk atmosfer bulan d. Ditinjau dari homogenitas kimiawi. Gas rumah penyebab panas e.25. H2O e. CH4 d. Angin yang menuruni lereng karena gaya gravitasi b. Tidak ada yang benar 30. tidak ada yang benar 27. Troposfer-stratosfer-mesosfer-termosfer e. dalam kilogram. Tidak ada yang benar Pilihan ganda halaman 8 . Tidak ada yang benar 28. Xenon dan Hidrogen termasuk dalam a. Banyaknya uap air dalam 1 kg udara lengas e. 75 km/jam c. Homosfer-heterosfer-mesosfer-termosfer c. Jika dalam berita cuaca dinyatakan kecepatan angin suatu badai tropis 45 knot. Sejenis angin Foehn e. Perbandingan antara banyaknya uap air dalam gram terhadap banyaknya udara kering. Banyaknya lengas uap air di dalam 1 kg udara d. Ionosfer-ozonosfer d. Tidak ada yang benar 26. Mixing ratio dinyatakan sebagai a. H2S 31. Tidak ada yang benar 29. 90 km/jam b. berapakah kecepatannya dalam km/jam? a. Gas pembentuk cuaca di atmosfer adalah a. 902 mb e. 45 km/jam d. Homosfer-heterosfer b. O3 c. 700 mb b. 20 km/jam e. 750 mb c. Sejenis angin ribut d. Jika diketahui tekanan atmosfer di Jakarta 1000 mb.

32. Tidak ada yang benar 35. Balonsonde c. Gambar dibawah ini menunjukkan a. Anafront b. Teodolit Pibal digunakan untuk melakukan pengamatan a. Altokumulus undulatus e. Avantfront d. Siro stratus – siro kumulus-sirus d. Stratokumulus d. Front dingin e. Katafront c. Sirus b. Kumulonimbus-sratokumulus-alto stratus dan nimbus b. Peristiwa Halo tejadi pada saat langit tertutup oleh awan a. Front panas 34. Alto kumulus-alto stratus-strato kumulus c. Awan-awan dibawah ini adalah termasuk dalam golongan awan menengah a. Kedalaman air Pilihan ganda halaman 9 . Stratokumulus d. Siro nimbus e. Tidak ada yang benar 33. Altokumulus lentikularis c. Sirostratus c. Temperatur pada berbagai ketinggian d. Sirokumulus 36. Topografi e. Benda langit b. Semua bisa e. Altokumulus b. Gambar dibawah ini adalah gambar awan a.

Kelembaban nisbi b. Pada isobar lengkung dengan kesetimbangan tiga macam gaya yaitu gaya gradien tekanan. Angin gradien adalah angin yang bertiup a. Continental rise Pilihan ganda halaman 10 . Yang terletak dekat dengan pantai dikenali sebagai: a. Jumlah presipitasi 38. Champbellstokes ada alat yang digunakan untuk mengukur a. Psikrometer digunakan untuk menentukan a. Banyaknya sinar matahari e.5 oC dan Gaya Coriolis yang besar dari yang terdapat pada lintang 5o d. Arah angin yang sama 41. Berdasarkan morfologinya. Kecepatan angin yang sama c. Temperatur rata-rata c. gaya coriolis dan gaya sentripetal 42. Tipe Atlantik c. Suhu permukaan lebih besar dari 26. Curah hujan yang sama e. Tidak ada yang benar 40. Continental slope b. Tipe Arktik e. Lama penyinaran matahari yang sama b. Lama penyinaran matahari b. yaitu tepian pasif (passive margins) dan tepian aktif (active margins). Pada isobar lurus dengan kesetimbangan dua macam gaya yaitu gaya gradien tekanan dan gaya sentripetal e. Suhu muka laut lebih besar dari 26. Tekanan yang sama d. Tipe Hindia d. Tepian pasif sering pula disebut sebagai: a. tepian benua dapat terbagi menjadi dua. Tepian benua (continental margins) umumnya dikenali dalam dua jenis berdasarkan kegiatan tektonik. Jumlah penguapan e.5 oC dan ada supersel c. Suhu muka laut lebih besar dari 26. Syarat-syarat terbentuknya siklon tropis adalah a. Memotong garis isobar c. Tipe Pasifik b. Tidak ada yang benar e. Tipe Antartik 43. Radiasi difus matahari d. Continental shelf c.5 oC dan terletak di ekuator b. Lamanya matahari bersinar d. Tegak lurus garis isobar d. Shelf break d.37. Isohiet adalah garis yang menunjukkan titik-titik dengan a. Shelf slope e. Sejajar garis isobar b. Semua benar 39. Energi radiasi matahari c.

Temperatur air yang semakin dingin bila semakin dalam d. temperatur bertambah d. Pemekaran dasar samudera c. tekanan bertambah c. Temperatur bertambah. Rotasi Bumi memunculkan efek Coriolis terhadap sirkulasi air laut permukaan. tekanan berkurang d. Salinitas. Salinitas bertambah. temperatur berkurang c. b dan c benar 46. Salinitas bertambah. Salinitas bertambah. a. Air laut semakin dalam semakin mengandung karbondioksida b. Proses sedimentasi material karbonat di samudera dipengaruhi oleh CCD (calcium carbonate compensation depth) yaitu suatu kedalaman dimana terjadi keseimbangan antara tingkat pasokan dan pelarutan material karbonat. Kedalaman CCD ditentukan oleh hal-hal berikut: a. tekanan bertambah b. Densitas air laut bertambah bila: a. tekanan bertambah. temperatur berkurang e.44. Ke arah kiri di belahan Bumi utara dan ke arah kanan di belahan Bumi selatan e. Tingkat produktivitas organisme air yang mengandung kalsium e. tekanan berkurang e. Temperatur dan tekanan sama 48. yang menyebabkan air laut permukaan global bergerak dengan pola: a. tekanan dan temperatur sama 47. Morfologi lembah dasar laut (submarine canyon) dibentuk oleh proses berikut ini: a. Arus permukaan 45. temperatur bertambah b. Salinitas bertambah. Kecepatan suara di dalam air laut dengan tingkat salinitas 35 ppt adalah 1500 m/s. Temperatur berkurang. Di semua bagian bumi berarah sama yaitu dari barat ke timur d. Tekanan air laut yang semakin besar bila semakin dalam c. Kecepatan tersebut akan bertambah bila: a. tekanan berkurang. Temperatur berkurang. Ke arah kutub utara di belahan Bumi utara dan ke arah kutub selatan di belahan Bumi selatan c. tekanan bertambah. Arus turbid e. Ke arah selatan di Samudera Pasifik dan ke arah utara di Samudera Atlantik b. tekanan berkurang. Temperatur bertambah. Gelombang tsunami d. Patahan pada dasar laut b. Ke arah kanan di belahan Bumi utara dan ke arah kiri di belahan Bumi selatan Pilihan ganda halaman 11 .

Barrier island e. Radius Matahari besarnya 110 kali radius Bumi dan densitas rata-ratanya ¼ densitas rata-rata Bumi. dimana secara akumulasi pergerakan arus laut memiliki sudut terhadap arah angin sebesar: a.000 b. Sunspot 53. 1.330. Longshore current 51. Tsunami b. Sand spits b. Jarak planet dari Bumi berubah menurut waktu e. Side islands d. Sinar Matahari terutama berasal dari a. 10. 330. 45o ke arah kiri di belahan Bumi utara dan 45o ke arah kanan di belahan Bumi selatan d.49.000 d. Flare c. air yang berada di suatu tempat yang sempit. efek Coriolis dan stratifikasi densitas air laut akan memunculkan efek Ekman.000 e. Kromosfer e. 90o ke arah kanan di belahan Bumi utara dan 90o ke arah kiri di belahan Bumi selatan c. 25.000 c.000 54. Besar masing-masing planet tidak sama Pilihan ganda halaman 12 . Lebih jauh. akan bergerak ke depan dan ke belakang dalam frekuensi resonansi tertentu. seperti di dalam sebuah teluk. Corona b. 45o ke arah kanan di belahan Bumi utara dan 45o ke arah kiri di belahan Bumi selatan e. Dengan data ini. 90o ke arah kiri di belahan Bumi utara dan 90o ke arah kanan di belahan Bumi selatan b. Seiche d. 3. Wave refraction e. Ketika terganggu. Bentukan akumulasi endapan sedimen pasir yang menghubungkan suatu pulau di dekat pesisir dengan daratan utamanya disebut sebagai: a. Terang planet tidak tetap b. Planet bergerak dari arah Barat ke Timur c. Fenomena tersebut dikenal dengan nama: a. Tombolo 52. Di semua bagian bumi berarah sama 50. Fotosfer d. Mouth bars c. Tidal waves c. Posisi planet berubah dari waktu ke waktu terhadap bintang-bintang d. massa Matahari dinyatakan dalam massa Bumi adalah: a. Posisi planet tidak pernah diperlihatkan dalam peta bintang standar karena: a.

Jarak planet maksimum. Elongasi minimum terjadi ketika jarak Bumi ke Matahari dan jarak Planet ke Matahari memenuhi kaedah.96 jam d.96 jam e. 2. Helix e. nama yang diberikan pada angin yang menyebabkan topan di Bumi e. sinar x yang datang dari fotosfer Matahari 60. terdiri dari debu lembut yang tertiup ke arah luar dari Matahari oleh tekanan arah radial b. Planet-Bumi-Matahari d. Bumi-Matahari-Planet e. jarak Bumi minimum b. jarak Bumi maksimum e. Tidak ada yang benar 59. Satelit yang bergerak mengitari Bulan pada ketinggian 95 km akan mempunyai periode a. konfigurasinya adalah a. Prograde c. nama yang diberikan pada angin segar yang sering terjadi dari Bumi setelah Matahari terbit d. jarak Bumi maksimum c. Sebagian besar anggota Tata Surya bila dilihat dari kutub utara ekliptika. 3. Matahari-Bumi-Planet c.96 jam c. a.35. Angin Matahari a.96 jam Pilihan ganda halaman 13 . 4. Beraturan 58. Planet-Bumi-Matahari b. terdiri dari gas panas terionisasi terutama hidrogen. Massa Bulan 7. Yang dimaksud konjungsi superior adalah ketika terjadi konfigurasi a. Matahari.Planet-Bumi e. Retrograde d. jarak Bumi minimum d. yang bergerak ke luar dari Corona Matahari c. a. Tidak ada yang benar 56. Bumi-Planet-Matahari b.1022 kg dan radiusnya R = 1740 km.55. Bumi-Planet-Matahari c. Jarak planet minimum. Pada saat konjungsi Bumi-Planet dan Matahari berada pada satu garis lurus. Tidak ada yang benar 57. bergerak berlawanan dengan putaran jarum jam. Jarak planet maksimum. Gerak seperti ini disebut. Planet-Matahari-Bumi d. Jarak planet minimum.96 jam b. 1. 0. Indirek b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->