KIMIA UNSUR

(MAKALAH KIMIA ELEKTRONIKA)

OLEH CHANDRA LIMA SILALAHI (1215031017) ROBBY SAMUEL SIDABUTAR (12150310067) YAYAN ALFIANTO (1215031079)

FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS LAMPUNG 2012

kami membahas tentang ”Kimia Unsur” yang kami buat berdasarkan refrensi yang kami ambil dari berbagai sumber. i . Sholawat dan salam tetap kami haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw dan untuk para keluarga. dan teman-teman yang terlibat dalam pembuatan makalah ini yang dengan do'a dan bimbingannya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan lancar. sahabat dan pengikut-pengikutnya yang setia mendampingi beliau.KATA PENGANTAR Dengan nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Dalam makalah ini. diantaranya buku dan internet. demikian pula dengan makalah ini. bapak dosen. Segala puji dan syukur bagi Allah swt yang dengan ridho-Nya kita dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Terima kasih kepada keluarga. oleh karena itu kritik yang membangun tetap kami nantikan dan kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Tidak ada gading yang tak retak. Makalah ini diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang selama ini kita cari. Kami berharap bisa dimanfaatkan semaksimal dan sebaik mungkin.

......................................................................5..................................................... ii ................6.........................1...................... Golongan IVA ..................................................................... 2....1................................................................................................ Saran ............ 1 1.....................3.......... Latar Belakang ........................... 2.................................................................... 2...................4................................................ Rumusan Masalah ... 2 2.......................... 1 1................................................ Golongan VIIIA ........................................................ 3............. 2................. Golongan VIA ............................................................................................................. Golongan VA ..........................................................................2.......................2............................................................................................................................................................... BAB II PEMBAHASAN 2..........................................................8............ Tujuan ............................... Golongan IIA .............................................................................................. Golongan IA .................. 3............................................... i DAFTAR ISI.......... BAB III PENUTUP 3.......................3................ 2................. DAFTAR PUSTAKA ................DAFTAR ISI JUDUL KATA PENGANTAR .................................. ii 1................. BAB I PENDAHULUAN 1........................................................................1......................................................2... Golongan IIIA ................... Kesimpulan ............................................................7.................................... Golongan VIIA ................................................. 2........ 2.....................................................................

Penggunaan beberapa unsur logam dan nonlogam meningkat dengan berkembang pesatnya industri. diantaranya logam platina (Pt). karena itu perlu penguasaan teknologi untuk mengolahnya menjadi logam yang dibutuhkan. unsur-unsur kimia dapat dikelompokkan menjadi unsur logam. gas nitrogen (N2). karena tak stabil dalam keadaan unsurnya. Latar Belakang Alam semesta ini kaya akan kadungan unsur-unsur kimia. Unsur-unsur tersebut dikelompokkan berdasarkan kesamaan sifatnya ke dalam beberapa golongan. baik sebagai alat. atau paduan logamnya. Sumber logam mulia dan mineral-mineral dapat ditemukan di kerak bumi. Kegunaan dan dampak dari unsur-unsur kimia beserta cara mencegah dan menanganinya tidak terlepas dari sifat yang dimiliki unsur-unsur tersebut. Keberadaan unsur-unsur kimia di alam sangat melipah. dasar laut. sulfat. senyawa ataupun campurannya. nitrogen. selain memberikan manfaat. khususnya golongan A (golongan utama). nonlogam. karbon (C). Logam platina (Pt) dan emas (Au) disebut logam mulia. sedangkan sumber gas oksigen. Unsur Logam yang sudah akrab dengan kehidupan kita sehari-hari diantaranya adalah. Hingga saat ini. senyawanya.BAB I PENDAHULUAN 1. ia lebih banyak kita temui dalam bentuk senyawanya. semilogam. fosfat. unsur-unsur kimia berjumlah sekitar 114 unsur. Alam Indonesia sangat kaya akan sumber mineral bijih logam. baik dalam bentuk logam atau unsur bebasnya. beberapa unsur kimia memberikan dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan. halida. besi. dan gas mulia (kecuali He) terdapat di lapisan atmosfer. bahan dasar. Selain itu. Ternyata unsur natrium pun bersifat logam. emas (Au). maupun sumber energi. Sulit dibayangkan jika kita hidup tanpa adanya unsur kimia karena semua benda yang ada di alam ini mengandung unsur kimia. Unsur-unsur logam umumnya diperoleh sebagai bijih logam dalam batuan. karbonat. Mineral-mineral tersebut berbentuk senyawa oksida. 1 . dan sulfida. banyak dimanfaatkan didalam kehidupan sehari-hari. oksigen (O2). Tak bisa dipungkiri. dan gas-gas mulia. Sumber unsurUnsur kimia terdapat di kerak bumi. dan atmosfer.1. baik dalam bentuk unsur bebas. Melalui makalah ini kami harapkan pembaca dapat memahami dan mengetahui kimia unsur lebih spesifik lagi. silikat. yaitu golongan A (golongan utama) dan golongan B (golongan transisi). Adapun unsur-unsur lainnya ditemukan dalam bentuk bijih logam. Unsur-unsur kimia yang terdapat di alam dalam bentuk unsur bebasnya (tidak bersenyawa dengan unsur lainnya). Bijih logam merupakan campuran antara mineral yang mengandung unsur-unsur kimia dan pengotornya. dalam bentuk unsur maupun senyawa. Namun. atau perak. dan gas mulia Beberapa usur logam dan nonlogam. tembaga.

Rumusan Masalah Apa sajakah unsur-unsur dalam golongan A. 1. 3. Mengetahui dan memahami keberadaan unsur-unsur golongan A di alam. 4. Bagaimana pentingnya unsur-unsur golongan A tersebut dalam kepentingan kehidupan manusia. 2. 3.3. 2 . Mengetahui dan memahami unsur-unsur golongan A (golongan utama). 4. Mengetahui dan memahami sifat-sifat dari unsur-unsur golongan A dalam sistem periodik. 2. Mengetahui dan memahami kepentingan unsur-unsur golongan A bagi kepentingan kehidupan manusia.2. Dimana saja letak keberadaan unsur golongan A. Apa saja sifat-sifat dari unsur golongan A.1. Tujuan Penulisan 1. 1.

Ne.Br.In. unsur-unsur SPU dibedakan menjadi: a. b.BAB II PEMBAHASAN Sistem periodik modern (SPU) disusun berdasarkan kenaikan nomor atom (lajur horizontal atau periode) dan kemiripan sifat (lajur vertikal atau golongan).As. Unsur-unsur yang ada dalam satu lajur tegak adalah unsur-unsur segolongan.Rn 3 .Fr Golongan II A (alkali tanah) terdiri dari unsur-unsur Be. Mg.Sb.Si. Rb. Li.Ra Golongan III A ( aluminum) terdiri dari unsur-unsur B.Po Golongan VII A (halogen) terdiri dari unsur-unsur F.Kr. Golongan I A (alkali) terdiri dari unsur-unsur H.Al. f.Ge. Golongan transisi (Golongan B) Golongan adalah lajur tegak pada Tabel Peiodik Unsur. K.Ar.Xe. Golongan utama tersebut adalah: a.Pb Golongan V A (nitrogen) terdiri dari unsur-unsur N. terdapat 8 golongan utama dan 8 golongan transisi.Sr.At Golongan VIII A (gas mulia) terdiri dari unsur-unsur He. Na.Se.Te.Sn. g.Cs. e.I. K.Ga. c. Sistem periodik modern terdiri atas 7 periode dan 8 golongan. Berdasarkan golongannya.Ba.Cl.S. Golongan utama (Golongan A) b. d.Tl Golongan IV A (karbon) terdiri dariunsur-unsur C.Bi Golongan VI A (oksigen) terdiri dari unsur-unsur O.P. h.

Lampu natrium ditandai dengan warna kuning cemerlang yang mampu menembusi kabut. boraks (Na2B4O7. dan feldspar (K2O. senyawa-senyawa yang dibentuk dari logam alkali lebih banyak dimanfaatkan.1. Soda cuci (Na2CO3).2. Digunakan dalam industri pembuatan sabun. Natrium hidroksi karbonat (NaHCO3) atau soda kue. Lampu natrium umumnya digunakan sebagai lampu penerangan dijalan-jalan raya. campuran pada minuman dalam botol (beverage) agar menghasilkan. Kalium didapat sebagai mineral silvit (KCl). dalam beberapa reaksi organik NaOH merupakan pereaksi yang penting misalnya pada reaksi hidrolisis. Unsur rubidiumm dan sesium dihasilkan sebagai hasil samping proses pengolahan litium dari mineralnya.10H2O) dan mirabilit (Na2SO4). Na2CO3.Al2O3. dalam entuk sendawa Chili NaNO3. mineral karnalit (KCl.2.MgCl2. Dibanding logam murninya. Kepentingan dalam kehidupan manusia Natium merupakan salah satu logam alkali yang dimanfaatkan untuk pembuatan lampu. Alkali (Golongan IA) 2. 4 - . industri gelas.1. pelunak kesadahan air.1. Sifat-sifat periodik Sulit mengalami reduksi dan mudah mengalami oksidasi Termasuk zat pereduksi kuat (memiliki1 buah elektron) 2. sebagai pereaksi dalam pembuatan senyawa nitrat yang lain. - - 2.1.6H2O) sendawa (KNO3). trona (Na2CO3. Selain dari kalium juga terdapat dalam air laut. Keberadaan di alam Natrium ditemukan sebagai natrium klorida (NaCl) yang terdapat dalam air laut. Natrium nitrat (NaNO3). NaOH.1.3SiO2). dalam kilng minyak digunakan untuk menghilangkan belerang. kertas dan tekstil. Lampu ini dikenal dengan nama lampu natrium. dan ekstraksi aluminium dari bijihnya. Beberapa senyawa natrium dan kegunaannya : Natrium klorida (NaCl).3. merupakan bahan baku pembuatan garam dapur.2H2O). pupuk. zat pembersih (cleanser) peralatan rumah tangga. Natrium hidrosida atau soda kaustik (NaOH). Dalam laboratorium digunakan untuk menyerap gas karbondioksida atau gas-gas lain yang bersifat asam.

obat antipiretik (penurun panas). bahan korek api. bahan pembuat logam kalium dan KOH Kalium hidroksida (KOH). pembuatan zat warna (proses diazotasi). ditambahkan pada garam dapur sebagai sumber iodium sehingga dikenal sebagai garam beriodium. Natrium tiosulfat (Na2S2O3). pelarut dalam sintesis logam alumunium. bahan pembuat sabun mandi. Natrium peroksida (Na2O2): pemutih makanan. obat penenang saraf (sedative). Na-glutamat. pencegahan korosi. zat anti beku darah. Beberapa senyawa kalium dan manfaatnya : Kalium oksida (KO2). zat pengoksidasi (oksidator) KMnO4. elektrolit batu baterai batu alkali Kalium bromida (KBr). Natrium sulfat dekahidrat (Na2SO4. zat pengawet makanan dalam kaleng. pembuat plat potografi KClO3. obat rematik. zat pengering untuk senyawa organik. Na-salsilat. pupuk. obat diuretik dan saluran kemih K-hidrogentartrat. bahan pembuat kue (serbuk tartar). bahan mesiu. zat peledak. Na3Pb8 : sebagai pengisi lampu Natrium. Gas CO2 yang dihembuskan masuk kedalam alat dan bereaksi dengan KO2 menghasilkan O2 Kalium klorida (KCl). Na-sitrat. Na3AlF6. zat desinfektan Kalium nitrat (KNO3). K2CrO4. Na-benzoat.10H2O) atau garam glauber: digunakan oleh industri pembuat kaca. bahan pembuat HNO3 K-sitrat. indicator dalam titrasi argentomeri K2Cr2O7. larutan pencuci (hipo) dalam fotografi. penyedap masakan (vetsin). obat pencahar (cuci perut). Natrium sulfat (Na2SO4) atau garam Glauber. digunakan sebagai konverter CO2 pada alat bantuan pernafasan. mercon. zat pengoksidasi. - 5 .- Natrium nitrit (NaNO2).

Berilium (Be) a.2. dan Strontianit . b. b. dan Mineral Witerit [BaCO3] - - - 2. dengan 1. Bahkan kalsium menjadi nomor 5 terbanyak yang terdapat di kerak bumi.2. dan Krisoberil [Al2BeO4].4% keberadaanya. Di alam strontium dapat membuntuk senyawa Mineral Selesit [SrSO4]. Berilium tidak begitu banyak terdapat di kerak bumi. Berilium digunakan untuk memadukan logam agar lebih kuat. Campuran berilium dan tembaga banyak dipakai pada alat listrik. dan Senyawa Epsomit [MgSO4. Alkali Tanah (Golongan IIA) 2.04%. d. Senyawa MgO dapat digunakan untuk melapisi tungku.9% keberadaannya. Sifat-sifat periodik Mudah mengalami oksidasi Termasuk zat pereduksi kuat (memiliki 2 buat elektron sehingga tidak sekuat golongan alkali) 2. Stronsium. 6 . Senyawa Fospat [CaPO4]. maka Berilium sangat penting sebagai komponen televisi.1. Barium berada di kerak bumi sebanyak 0. Kepentingan dalam kehidupan manusia 1. Magnesium berperingkat nomor 7 terbanyak yang terdapat di kerak bumi. karena senyawa MgO memiliki titik leleh yang tinggi.2. Biasanya paduan ini digunakan pada kemudi pesawat Jet. Stronsium berada di kerak bumi dengan jumlah 0. Senyawa Fourida [CaF]. Keberadaan di alam Berilium. c. akan tetapi bermassa lebih ringan. Sedangkan di alam berilium dapat bersenyawa menjadi Mineral beril [Be3Al2(SiO 6)3]. Senyawa Sulfat [CaSO4]. Magnesium (Mg) a.2.2. Di alam kalsium dapat membentuk senyawa karbonat [CaCO3]. Di alam barium dapat membentuk senyawa : Mineral Baritin [BaSO4].3. Berilium digunakan pada kaca dari sinar X. Barium. Di alam magnesium bisa bersenyawa menjadi Magnesium Klorida [MgCl2]. dengan 3.2. Kalsium adalah logam alkali yang paling banyak terdapat di kerak bumi.7H2O]. 2. Dolomit [MgCa(CO3)2]. bahkan hampir bisa dikatakan tidak ada. Senyawa Karbonat [MgCO3].03%. Magnesium. Berilium digunakan untuk mengontrol reaksi fisi pada reaktor nuklir. Kalsium. Magnesium digunakan untuk memberi warna putih terang pada kembang api dan pada lampu blitz.

BaSO4 digunakan sebagai pewarna pada plastik karena memiliki kerapatan yang tinggi dan warna terang.c. BaSO4 digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan karena mampu menyerap sinar X meskipun beracun. e. d. Senyawa CaCO3 biasa digunakan untuk bahan bangunan seperti komponen semen dan cat tembok. c. 7 . Senyawa Mg(OH)2 digunakan dalam pasta gigi untuk mengurangi asam yang terdapat di mulut dan mencegah terjadinnya kerusakan gigi. b. sekaligus sebagai pencegah maag. Stronsium sebagai senyawa karbonat biasa digunakan dalam pembuatan kaca televisi berwarna dan komputer. 3. Barium (Ba) a. Selain itu digunakan untuk membuat kapur tulis dan gelas. Mirip dengan Berilium yang membuat campuran logam semakin kuat dan ringan sehingga bisa digunakan pada alat alat rumah tangga. Kalsium Karbida (CaC2) disaebut juga batu karbit merupakan bahan untuk pembuatan gas asetilena (C2H2) yang digunakan untuk pengelasan. 4. Stronsium (Sr) a. d. Kalsium banyak terdapat pada susu dan ikan teri yang berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. Kalsium (Ca) a. Ba(NO3)2 digunakan untuk memberikan warna hijau pada kembang api. Kalsium digunakan pada obat obatan. 5. bubuk pengembang kue dan plastik. Kalsium Oksida (CaO) dapat mengikat air pada Etanol karena bersifat dehidrator. c. Stronsium dalam senyawa Sr(NO3)2 memberikan warna merah apabila digunakan untuk bahan kembang api. Senyawa CaSO4 digunakan untuk membuat gips yang berfungsi untuk membalut tulang yang patah. dapat juga mengeringkan gas dan mengikat Karbondioksida pada cerobong asap. g. b. Untuk pengoperasian mercusuar yang mengubah energi panas menjadi listrik dalam baterai nuklir RTG (Radiisotop Thermoelectric Generator). Ca(OH)2 digunakan sebagai pengatur pH air limbah dan juga sebagai sumber basa yang harganya relatif murah. f. b. c.

Indium biasanya tidak dibuat di dalam laboratorium. zat-zat pengotor ini harus dipisahkan dari bauksit. Logam indium dihasilkan melalui proses elektrolisis garam indium di dalam air. Keberadaan di alam Boron. Elektrolisis menggunakan sebuah elektroda merkuri yang memberikan konsentrasi lebih lanjut dan elektrolisis lebih lanjut menggunakan katoda baja tahan karat dari hasil natrium gallat menghasilkan logam galium cair. Oksidasi ini dapat dibuat melalui pemanasan asam borik. Ini meliputi dengan penambahan larutan natrium hidroksida (NaOH) yang menghasilkan larutan natrium alumina dan natrium silikat. dicuci dan dipanaskan membentuk alumina murni.1 Sifat-sifat periodik Memiliki energi ionisasi yang merendah semakin ke bawah namun kembali naik pada unsur Ti Memiliki jari-jari atom yang semakin tinggi semakin ke bawah Sifat logam semakin tinggi semakin ke bawah Boron secara alami tidak reaktif kecuali pada temperatur tinggi. Besi merupakan sisa sampingan yang didapat dalam bentuk padatan. Indium. Ghalium. Galium murni membutuhkan sejumlah proses akhir lebih lanjut dengan zona penyaringan untuk membuat logam galium murni. 2H2O). Indium adalah hasil dari pembentukan timbal dan seng. Langkah selanjutnya adalah pembentukan aluminium murni. B2O3. Alumunium (Golongan IIIA) 2. Proses lebih lanjut dibutuh kan untuk membuat aluminium murni dengan tujuan elektronik.7. Ini dilakukan dengan proses Bayer.2 H2O). Br. Aluminium.3. 8 - - - - . Hidroksida dapat disaring. yang diperoleh dari borax. Pemurnian bauksit melalui proses Bayer menghasilkan konsentrasi ghalium pada larutan alkali dari sebuah aluminium.3. Maka untuk dapat memisahkan aluminium murni dari bentuk senyawanya. Al2O3.8 H2O) dan kernite (Na2B4O5 (OH)4.2. B(OH)3. sedangkan Alumunium sangat reaktif Membentuk ikatan kovalen dengan unsur halogen (Cl. dan zat pengotor lainnya. Elektrolisis ini dilakukan karena aluminium bersifat elektropositif. Ini susah diperoleh dalam bentuk murni. SiO2. Sumber boron yang melimpah adalah borax (Na2B4O5(OH)4. Ketika CO2 dialirkan terus menghasilkan larutan. natrium silikat tinggal di dalam larutan sementara aluminium diendapkan sebagai aluminium hidroksida.2. Aluminium adalah barang tambang yang didapat dalam skala besar sebagai bauksit (Al2O3. Ini diperoleh dari Al2O3 melalui metode elektrolisis. Ini dapat dibuat terus dengan reduksi oksidasi magnesium. Ghalium biasanya adalah hasil dari proses pembuatan aluminium. F) dan mempunyai titik didih yang rendah (bersifat volatil) Dapat membentuk senyawa kompleks hidrat 2. Bauksit mengandung Fe2O3.

Pada perlengkapan memasak. Galium juga digunakan pada beberapa termometer bertemperatur tinggi. - - - - 9 . Alumunium. dll). Galium. Logam ini juga dapat ditemukan pada pyrite. Logam thalium diperoleh sebagai produk pada produksi asam belerang dengan pembakaran pyrite dan juga pada peleburan timbal dan bijih besi. kapal laut. Sumber utama thalium ditemukan pada tembaga. Pengemasan (kaleng.- Thalium. truck. timbal. Digunakan sebagai dopant ( meningkatkan) kristal natrium iodida pada peralatan deteksi radiasi gamma seperti pada kilauan alat pendeteksi barang pada mesin hitung di supermarket.2 Kepentingan dalam kehidupan manusia Boron. Sebagian boron digunakan secara meluas dalam síntesis organik dalam pembuatan kaca borosilikat dan borofosfosilikat.5. Logam thalium ditemukan pada mineral crookesite TlCu7Se4. Digunakan sebagai bahan semikonduktor pada selenium. Plutonium digunakan pada senjata nuklir yang dioperasikan dengan campuran dengan galium untuk menstabilisasikan allotrop plutonium. pesawat terbang. Indium digunakan untuk membuat komponen elektronik lainnya thermistor dan fotokonduktor. Indium. rel kereta api. Walaupun logam thalium agak melimpah pada kulit bumi pada taksiran konsentrasi 0. Aluminium digunakan pada otomobil. sejenis pelindung daripada sinaran dan dalam pengesanan neutron. seng dan bijih sulfida lainnya. foil). Galium dengan mudah bercampur dengan kebanyakan logam dan digunakan sebagai komponen dalam campuran peleburan yang rendah.7 mg/kg. sepeda. Indium digunakan untuk mendorong germanium untuk membuat transistor. tanah dan granit. pintu. Indium dalam jumlah kecil digunakan pada peralatan yang berhubungan dengan gigi. Galium arsenida digunakan sebagai semikonduktor terutama dalam dioda pemancar cahaya. Boron-10 juga digunakan untuk membantu dalam pengawalan reactor nuklir. kebanyakan pada gabungan mineral potasium pada tanah liat. Indium dapat digunakan untuk membuat cermin yang memantul seperti cermin perak dan tidak cepat pudar. Bidang konstruksi ( jendela. hutchinsonite TlPbAs5S9 dan lorandite TlAsS2. Thalium. Aluminium digunakan pada produksi jam tangan karena aluminium memberikan daya tahan dan menahan pemudaran dan korosi. 2.

sementara Si Ge Sn Pb larut dalam dengan reaksi basa 2.2 Keberadaan di alam C sebagai unsur bebs . alloy. Thailand. mordant. amunisi. karbonat : kalsium karbonat . tetapi mineral germanite. bahan bangunan. Si bersifat asam. Bolivia. obat-obatan Ge sebagai semi conductor. bahan kimia Pb sebagai logan dan dioksidanya untuk baterai. Cerussite (PbCO3) 2. oksida Ge kurang asam. Oksida Sn bersifat amfoter C tidak reaktif terhadap basa. perlengkapan sinar-X. piranti optik. Anglesite (PbSO4) . pelumas.5. bahan campuran.4.2. bahan campuran cat dan gelas. gas alam . kemoterapi Sn Pelapis logam tahan korosi. Zaire. petroleum. C-14 untk penanggalan pada arkeologi. Kebanyakan di Malaya. Oksida : CO2 di atmosfer Si tidak ditemukan sebagai unsur bebas Ge tidak ditemukan sebagai unsur bebas. bahan antiknock dalam minyak bumi.5. industri gelas. insektisida 10 . peredam suara.1 Sifat-sifat periodik Makin kebawah makin elektropositif Senyawa tetravalen makin tidak stabil. dan Nigeria Pb terdapat pada Galena (PbS) . bahan kimia Si sebagai piranti elektronik.7. kabel. dan beberapa batuan Zn Sn tidak ditemukan sebagai unsur bebas. Indonesia. pembuatan gelas dan kaca jendela. pelumas. Karbon (Golongan IVA) 2. argyrodite. hidrokarbon : batu bara. tetapi sebagai mineral cassiterite (SnO2). katalis. alloy. tapi divalen makin stabil Oksida C. Minim (Pb3O4) . alloy.3 Kepentingan dalam kehidupan manusia C sebagai bahan bakar.

Akan tetapi kelimpahan nitrogen dalam kulit bumi hanya sekitar 0. hanya mempunyai valensi maksimum +3. Bismuthinite Bi2S3 2. sehingga kompleks nitrogen tidak akan terbentuk. Pada persenyawaan nitrogen misalnya NH3 tersedia PEB yang dapat didonorkan terhadap atom pusat. proses sianamida dan proses arc. Nitrogen (Golongan VA) 2. Fiksasi nitrogen merupakan suatu proses yang mana pada proses tersebut dilakukan konversi nitrogen dalam bentuk molekul diatomiknya menjadi persenyawaan nitrogen yang lebih berguna. 11 . sehingga sukar untuk membentuk kation Oksida Sb membentuk oksida amfoter. Pada nitrogen karena hanya tersedia 4 orbital yang dapat digunakan untuk berikatan maka nitrogen tidak dapat menerima pasangan elektron lagi dari ligan. lapisan kerak bumi maupun perairan. Terdapat tiga proses fiksasi nitrogen yang paling banyak digunakan. sehingga persenyawaan nitrogen ini dapat membentuk kompleks. Stibnit Sb2S3.03 %. dapat bertindak sebagai konduktor listrik Di alam terdapat bebas dalam bentuk mineral seperti Apait Ca5(PO4)3 OH. yaitu tersebar di atmosfer berupa molekul diatomiknya gas N2. yaitu proses haber-bosch. yaitu sebagai ligan.2 Keberadaan di alam Nitrogen terdapat dalam udara sekita 78% dari volum udara.3 Kepentingan dalam kehidupan manusia Untuk membuat Amoniak Membuat atmosfer innert dalam berbagai proses yang terganggu oleh oksigen. Yang mana di atmosfer terdapat sebagai gas N2 yang cukup stabil. sedangkan N. 2. As membentuk oksida asam dan Bi membentuk oksida basa Kecuali N. misalnya dalam industri elektronika. Unsur nitrogen itu sendiri cenderung inert pada temperatur kamar. Nitrogen dan persenyawaannya sangatlah melimpah dialam. Karena adanya efek pasangan inert. nitrogen sebagai anggota golongan VA yang seharusnya mempunyai valensi maksimum +5. Efek ini mempengaruhi pelepasan elektron pada orbital s pada nitrogen sehingga yang akan dilepaskan hanya elektron pada orbital p yang berjumlah 3 elektron. terdapat dilapisan kerak bumi sebagai NaNO3 dan garam – garam serta oksidanya yang banyak larut di daerah perairan. pada perairan berupa persenyawaan ion – ion yang larut dan yang paling sedikit diantara ketiganya yaitu pada lapisan kerak bumi. Orpiment As2S3.1 Sifat-sifat periodik Energi ionisasi sangat tinggi. sehingga akan mempengaruhi keberadaannya pada atmosfer.5.7.5.2. dapat mempunyai bilangan oksidasi 6 As dan Sb berbentuk unsur metaloid Dapat membentuk senyawa hidrida yang makin menurun kestabilannya Kecuali N. P.5.

di mana dua atom oksigen secara kimiawi berikatan dengan konfigurasi elektrontriplet spin Selenium memiliki sifat fotovoltaik. yakni menunjukkan penurunan hambatan listrik dengan meningkatnya cahaya dari luar (menjadi penghantar listrik ketika terkena cahaya dengan energi yang cukup). Nitrogen cair sebagai pendingin.7. 12 - . Telurium bersifat rapuh dan agak beracun. 2. Selenium memiliki sifat fotovoltaik. yakni mengubah cahaya menjadi listrik. yakni mengubah cahaya menjadi listrik.- Sebagai atmosfer inert dalam makanan kemasan untuk memperpanjang masa penggunaan. yang biasanya tidak membentuk kristal yang baik. - - - 2. dan bergabung dengan logam lainnya Polonium merupakan unsur radioaktif yang terbentuk secara alami di kerak bumi dan merupakan elemen pertama yang ditemukan berdasarkan sifat radioaktifnya 2.6. Belerang merupakan insultor yang baik. yakni menunjukkan penurunan hambatan listrik dengan meningkatnya cahaya dari luar (menjadi penghantar listrik ketika terkena cahaya dengan energi yang cukup).3. tapi lebih sering sebagai senyawa tellurida dari emas (kalaverit). oksigen berupa gas tak berwarna dan tak berasa dengan rumus kimia O2. Karbon (Golongan VIA) 2. Belerang digunakan besar-besaran dalam pembuatan pupuk fosfat.6. mereka rhombohedrons kristal sedikit curam atau acicular Telurium kadang-kadang dapat ditemukan di alam. dan sifat fotokonduktif.6. Ketika berbentuk kristal.1 Sifat-sifat periodik Pada temperatur dan tekanan standar.2 Keberadaan di alam Oksigen melimpah di udara/atmosfer Sulfur terdapat dalam belerang Native selenium adalah mineral langka. telurium merupakan metalloid berwarna putih keperakan mirip dengan timah dan bila dalam keadaan murni memiliki kilap logam Polonium mudah larut dalam asam encer. ketika itu terjadi. tapi hanya sedikit larut dalam basa. dan sifat fotokonduktif. tapi. Kepentingan dalam kehidupan manusia Fotosintesis menghasilkan O2 Belerang adalah komponen serbuk mesiu dan digunakan dalam proses vulkanisasi karet alam dan juga berperaan sebagai fungisida.

Klorium (Cl) . yakni batuan sedimen kalsium karbonat yang keras). Sebagai obat penenang (Kbr. dengan kandungan hanya sebesar 82 ppm. Klorin terdapat dalam air laut sebagai NaCl.Klor. karena .3 Kepentingan dalam kehidupan manusia . Dalam bentuk ion klorida.- Telurium digunakan dalam tellurida kadmium (CdTe) sebagai panel surya. Freon sebagai pendingin. dan bunga api . Bromin juga diekstrak dari air laut. dan Iodium (I). Flourin terdapat dalam flourit (Ca F₂) dan Kriolit (Na₃AlF6). 2.Brom. Halogen terdiri dari Florium (F) . NaBr). Bromium (Br) . tanah kaya nitrat (dikenal sebagai kalis.7. Keberadaan di alam Halogen tidak ditemukan di alam dalam keadaan bebas. apabila unsur-unsur Halogen bereaksi dengan logam maka akan membentuk garam. Sebagai kelenjar gondok dalam tubuh.Flour.7. Sebagai disinfektan dan fumigant . Sebagai bahan peledak. termasuk manusia. karena sangat reaktif. sendawa Chili.1 Sifat-sifat periodik Halogen adalah unsur yang terdapat pada golongan VIIA. - - 2. Contoh : NaCl. Diperoleh air garam alamiah dari sumber mata air di Michigan dan Arkansas. Halogen mempunyai 7 elektronvalensi pada subkulit ns2 np5 . Terdapat juga dalam bentuk iodida dari air laut yang terasimilasi dengan rumput laut. Unsurunsur ini terdapat di alam sebagai senyawa garam. AgBr dipergunakan dalam fotografi.2. AgI dipergunakan dalam fotografi 13 . Bromin terdapat sebagai garam-garam natrium dan magnesium. unsur ini adalah pembentuk garam dan senyawa lain yang tersedia di alam dalam jumlah yang sangat berlimpah dan diperlukan untuk pembentukan hampir semua bentuk kehidupan. Halogen (Golongan VIIA) 2. Halogen bersifat sangat reaktif 2. korek api. dan di dalam air payau dari sumur minyak dan garam.7. Sebagai polimer. HF untuk menguji kaca . yaitu garam dapur. Anti septic.7.Iod. Sebagai serbuk pemutih dan pembasmi hama. Iodin terdapat di alam dalam bentuk senyawa iodat dan iodida dalam lumut-lumut laut. Halogen bertarti “pembentuk garam”. air garam dari air laut yang disimpan.

Namun. dan argon masih sangat stabil. Gas Mulia (Golongan VIIIA) 2. jika radon terhisap dalam jumlah banyak. Krypton juga digunakan dalam lampu kilat untuk fotografi kecepatan tinggi.Sampai saat ini.1 Sifat-sifat periodik .Kereaktifan gas mulia bertambah seiring dengan bertambahnya nomor atom. Atmosfer Mars mengandung 1.8. masih menjadi pertanyaan aakah senyawa Neon tersebut ada meski bukti keberadaan senyawa tersebut ada. seharusnya paling reaktif menangkap elektron. neon.Tidak berbau. dan untuk pengisi tabungtabung televisi. Radon yang bersifat radioaktif digunakan dalam terapi kanker. senyawa gas mulia yang sudah dapat bereaksi dengan zat lain adalah xenon dan kripton. 2. Xenon dapat digunakan dalam pembuatan lampu untuk bakterisida (pembunuh bakteri). - - 13 . Namun demikian.8. malah akan menimbulkan kanker paru-paru. pada kenyataannya sangat sulit bereaksi. . dan tidak berasa . .94% Argon. Argon juga digunakan dalam las stainless steel dan sebagai pengisi bola lampu pijar karena argon tidak bereaksi dengan wolfram (tungsten) yang panas. Neon digunakan juga sebagai zat pendingin.8 . Dilaporkan bahwa Ne dapat bersenyawa dengan fluor. penangkal petir. Neon dapat digunakan untuk pengisi bola lampu neon.3 Kepentingan dalam kehidupan manusia Argon digunakan dalam las titanium pada pembuatan pesawat terbang atau roket.2.Di alam berwujud gas . Kripton bersama argon digunakan sebagai pengisi lampu fluoresen bertekanan rendah. indicator tegangan tinggi. Neon adalah unsur yang tidak mudah bereaksi (inert).000008%) - - 2. Namun.Di alam unsur ini kebanyakan ditemukan sebagai gas monoatomik .Dilihat dari jari-jari atomnya. karena banyak gas alam yang mengandung gas helium. tidak berwarna.2 Keberadaan di alam Helium merupakan elemen kedua terbanyak di alam semesta.Gas mulia memiliki titik didih dan titik leleh yang sangat rendah . sedangkan helium.6% isotop Argon 40 dan sebesar 5 ppm untuk isotop Argon 36.00011%) Kandungan Xenon di udara yaitu kira-kira (~0. Xenon juga digunakan dalam pembuatan tabung elektron. Argon dihasilkan dari penyulingan bertingkat udara cair karena atmosfer mengandung 0. Helium diproses dari gas alam. Kandungan Kripton di udara yaitu kira-kira (~0.8.

untuk dapat lebih baik dari makalah yang kami buat ini ialah dengan mencari lebih banyak refrensi dari berbagai sumber. baik dalam bentuk logam atau unsur bebasnya. Ternyata banyak sekali unsur-unsur kimia yang dapat kita temui di alam. Dalam kehidupan sehari-hari.blogspot.wikipedia. DAFTAR PUSTAKA http://id.html http://annisaprajna. baik dari buku maupun dari internet.html http://sugar-science.info/2012/05/golongan-dalam-tabel-periodik-modern. Dan banyak juga yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari.blogspot. atau paduan logamnya.com/question/index?qid=20111115064443AA59IUx http://wong168.org http://www. senyawanya.com/2011/05/02/sistem-periodik-unsur/ http://www. unsur-unsur kimia banyak membantu kita dalam melaksanakan kegiatan.petakonsep. sehingga makalah anda akan dapat lebih baik dari makalah ini.answers. Kesimpulan Dari uraian di atas kami dapat menyimpulakan unsur-unsur kimia dapat dikelompokkan berdasarkan kesamaan sifatnya ke dalam beberapa golongan.com/2011/07/unsur-golongan-v.1.BAB III PENUTUP 3. Sulit dibayangkan jika kita hidup tanpa adanya unsur kimia karena semua benda yang ada di alam ini mengandung unsur kimia.com/2012/06/makalah-unsur-unsur-golongan-via.html 13 .blogspot. 3. Kegunaan dan dampak dari unsur-unsur kimia beserta cara mencegah dan menanganinya tidak terlepas dari sifat yang dimiliki unsurunsur tersebut. yaitu golongan A (golongan utama) dan golongan B (golongan transisi).wordpress. Mungkin hanya ini saran yang dapat kami sampaika semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Saran Saran yang kami dapat berikan bagi pembaca yang ingin membuat makalah tantang “Kimia Unsur” ini.com/2011/05/unsur-unsur-golongan-via.2.html http://cha2in-chemistry09.yahoo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful