1

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KOROSI

Disusun oleh:

Kelas:

XII-IPA-4
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 PANDEGLANG
Jl. Pendidikan No. 41, Ciekek Karaton, Telp. (0253) 201144 sman2pdg@yahoo.com, sman2pandeglang.sch.id

Pandeglang-Banten 2010/2011
Hafidz Hafidzzz45@gmail.com, afi_45@yahoo.co.id, SMA Negeri 2 Pandeglang

masukan kedalam masing-masing tabung reaksi diatas yang sudah diisi. Catat pengamatan. kemudian amati apa yang terjadi. Tabung ke 2 c.id. B. 3. Alat dan Bahan       Tabung reaksi 4 buah Rak tabung Paku ukuran sedang 4 buah Air suling Kristal CaCl2 Minyak tanah C.com. Terbentuk karat pada tabung 1 dan tabung 3 2. Tutup tabung ke 2 dan 3 dengan sumbat karet hingga rapat (lihat gambar) 4. Pertanyaan 1.FAKTOR YANG MENYEBABKAN KOROSI A. amplas hingga bersih. D. Apa yang menyebabkan paku berkarat? Jawab: Hafidz Hafidzzz45@gmail. Ambil 4 buah tabung reaksi kemudian masing-masing tabung dimasukkan: a. Tujuan Dapat mengetahui factor-faktor penyebab korosi. SMA Negeri 2 Pandeglang .co. afi_45@yahoo.2 FAKTOR. Tabung ke 1 b. Tabung ke 3 d.= tidak berkarat berwarna seperti awal E. Pengamatan 1. Ambil 4 batang paku. Simpan tabung-tabung tersebut kedalam rak selama 2 hari. Tabung ke 4 : ± 5 ml air suling : 2 gram krisal CaCl2 dan tambahkan kapas kering diatasnya : air mendidih ± 5 ml : ± 5 ml minyak tanah 2. Cara Kerja 1. Tidak terbentuk karat pada tabung 2 dan tabung 4 Hari ke1 (air suling) 1 ++ 2 +++ 3 ++++ Keterangan 2 (CaCl2) Tabung ke3 (air mendidih) + ++ +++ 4 (minyak tanah) - + = Berkarat dan berwarna kuning kecoklatan .

Kelembaban udara 2. Faktor dari bahan meliputi kemurnian bahan. baik dalam bentuk senyawa an-organik maupun organik. Letak logam dalam deret potensial reduksi Hafidz Hafidzzz45@gmail. yaitu yang berasal dari bahan itu sendiri dan dari lingkungan. F. Analisa Data Mekanisme korosi tidak terlepas dari reaksi elektrokimia. 3. keberadaan zat-zat kimia yang bersifat korosif dan sebagainya. 4. Zat terlarut pembentuk asam (CO2. kelembaban.com.3 Faktor yang menyebabkan paku berkarat dapat dibedakan menjadi dua. Perpindahan elektron merupakan hasil reaksi redoks (reduksi-oksidasi). suhu. Mekanisme korosi melalui reaksi elektrokimia melibatkan reaksi anodik di daerah anodik. unsur-unsur kelumit yang ada dalam bahan. yaitu : 1. bentuk kristal. karena adanya oksigen yang dapat menyebabkan korosi. basa serta garam. SO2) 4. oksigen. teknik pencampuran bahan dan sebagainya. Bahan-bahan korosif (yang dapat menyebabkan korosi) terdiri atas asam. Apakah air yang didinginkan kehilangan oksigen yang terlarut dalam air? Jawab: Iya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi korosi.id. Reaksi anodik (oksidasi) diindikasikan melalui peningkatan valensi atau produk elektron-elektron. walupun air kehilangan oksigen tetapi tetap saja mengalami korosi karena air adalah salah satu factor terjadinya korosi. Karena apabila dalam keadaan terbuka air akan mengikat kembali oksigen dari luar. Adanya O2 (oksigen) 5. Mengapa ada paku yang tidak berkarat? Jawab: Karena paku tersebut di cat atau mengalami penyepuhan atau disimpan didalam minyak tanah dan Kristal CaCl2.co. Elektrolit 3. 2. Lapisan pada permukaan logam 6. Faktor dari lingkungan meliputi tingkat pencemaran udara. Reaksi elektrokimia melibatkan perpindahan elektron-elektron. afi_45@yahoo. SMA Negeri 2 Pandeglang . Apakah fungsi dari Kristal CaCl2? Jawab: Fungsi dari Kristal CaCl2 adalah untuk menjaga besi atau bahan yang mudah berkarat agar tidak berkarat denagn cepat. tetapi apabila dalam keadaan tertutup. tetapi apabila Kristal CaCl2 dibiarkan terbuka dan menyatu/ menyentuh dengan bahan yang mudah berkarat akan mengalami korosi. struktur bahan.

id. c.co. Paku dengan air suling dalam keadaan terbuka Anode Fe (-) Katode H2O (+) : Redoks : : Jadi paku yang dimasukan kedalam air suling dalam keadaan terbuka akan mengalami korosi. terbukti pada praktikum paku mengalami korosi tetapi tidak secepat paku yang dimasukan kedalam air suling dalam keadaan terbuka. terbukti pada praktikum paku tidak mengalami korosi. Paku dengan krisal CaCl2 dalam keadaan tertutup Anode Fe (-) : Katode Ca (+) Redoks : : Jadi paku yang dimasukan kedalam krisal CaCl2 yang dilapisi dengan kapas dan dalam keadaan tertutup tidak mengalami korosi karena dalam deret potensial reduksi Ca berada disebelah kiri Fe. terbukti pada praktikum paku tidak mengalami korosi.com. terbukti pada praktikum korosi paku mengalami korosi lebih cepat karena mengandung gas oksigen dan air. maka kita harus menyimpan paku kedalam minyak tanah atau disimpan dengan krisal CaCl2 tetapi dalam keadaan tertutup. SMA Negeri 2 Pandeglang . b.4 a. afi_45@yahoo. d. Paku yang cepat berkarat adalah paku yang di dalam air suling yang terbuka dan air yang telah dididihkan dalam keadaan tertutup artinya pengaruh oksigen dan air sangat kuat. atu mungkin kita melapisi logam paku Hafidz Hafidzzz45@gmail. walaupun dalam keadaan terbuka yang berarti oksigen masuk tetapi apabila tidak mengandung air tetap saja. Simpulan Jadi. G. Agar tidak terjadi perkaratan yang tidak kita kehendaki. Faktor penyebab paku berkarat adalah O2 dan H2O. walaupun dalam keadaan tertutup yang berarti tidak adanya gas oksigen tetapi tetap saja mengalami korosi. Paku dengan air yang dididihkan dalam keadaan tertutup Anode Fe (-) Katode H2O (+) : Redoks : : Jadi paku yang dimasukan kedalam air yang didihkan dalam keadaan tertutup mengalami korosi karena didalamnya mengandung salah satu factor korosi yaitu air. Paku dengan minyak tanah dalam keadaan terbuka Paku yang dimasukan kedalam minyak tanah dalam keadaan terbuka tidak mengalami korosi karena minyak tanah mengandung basa.

afi_45@yahoo. Hafidz Hafidzzz45@gmail.id.com.5 dengan cat atau logam yang tahan korosi (penyepuhan) agar tidak di pengaruhi oleh O2 dan H2O.co. SMA Negeri 2 Pandeglang .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful