P. 1
Ppt Kultur Jaringan (Biosel)

Ppt Kultur Jaringan (Biosel)

|Views: 557|Likes:
Published by Budi Marettiawan

More info:

Published by: Budi Marettiawan on Nov 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2014

pdf

text

original

mata tunas. serta menumbuhkan bagian-bagian tersebut dalam media buatan secara aseptik yang kaya nutrisi dan zat pengatur tumbuh dalam wadah tertutup yang tembus cahaya sehingga bagian tanaman dapat memperbanyak diri & bergenerasi menjadi tanaman lengkap.Kultur Jaringan adalah teknik perbanyakan tanaman dengan cara mengisolasi bagian tanaman seperti daun. .

Pada tahun 1957.DASAR TEORI DAN SEJARAH KULTUR JARINGAN DASAR TEORI KULTUR JARINGAN 1. tulisan penting Skoog dan Miller dipublikasikan dimana mereka menyatakan bahwa interkasi kuantitatif antara auksin dan sitokinin menentukan tipe pertumbuhan dan morfogenik yang akan terjadi. Pada tahun 1939. Teori Totipotensi Sel (Total Genetic Potential) Sejarah Kultur Jaringan Kultur jaringan tanaman pertama kali berhasil dilakukan ole White pada tahun 1934. Whiter melaporkan keberhasilannya dalam membuat kultur kalus dari wortel (animasi kultur kalus wortel) dan tembakau. Teori Sel 2. .

.

.

.

.

.

.

. Perbanyakan vegetatif untuk spesies yang sulit diperbanyak secara normal dapat dilakukan melalui kultur jaringan.Kelebihan Kultur Jaringan Tanaman 1. 2. Konservasi genetik Kultur jaringan dapat digunakan untuk menyelamatkan spesies tanaman yang terancam. Stok mikro 5. Produksi tanaman sepanjang tahun. 9. 10. Teknik kultur jaringan dapat digunakan untuk menyelamatkan hibrida dari spesies yang tidak kompatibel melalui kultur embrio atau kultur ovule.Kondisi aseptik 3. Lingkungan terkontrol 6. 8. 7. Keseragaman genetik. Seleksi tanaman 4. Tanaman haploid dapat diperoleh melaui kultur anther.

3. Memerlukan biaya besar karena harus dilakukan di dalam laboratorium dan menggunakan bahan kimia Memerlukan keahlian khusus.1. sehingga diperlukan persiapan SDM yang handal untuk mengerjakan perbanyakan kultur jaringan agar dapat memperoleh hasil yang memuaskan Memerlukan aklimatisasi ke lingkungan eksternal karena tanaman hasil kultur biasanya berukuran kecil dan bersifat aseptik serta sudah terbiasa berada di tempat yang mempunyai kelembapan udara tinggi. Produk kultur jaringan pada akarnya kurang kokoh. 2. . 4.

TERIMAKASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->