Sejarah alat musik kolintang

Sejarah alat musik kolintang

Sejarah alat musik kolintang – Kolintang adalah salah satu Alat musik khas daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Alat musik Kolintang merupakan alat musik asli daerah
Minahasa Sulawesi Utara. Nama kolintang menurut masyarakat Minahasa berasal dari suaranya: tong (nada rendah), ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa). Dalam bahasa daerah setempat berarti, ajakan “Mari kita lakukan TONG TING TANG” adalah: ” Mangemo kumolintang”. Ajakan tersebut akhirnya berubah menjadi kata kolintang agar mudah dilafal oleh masyarakat.

Sejarah alat musik kecapi

Sejarah alat musik kecapi

Sejarah alat musik kecapi – Alat musik tradisional kecapi merupakan alat musik klasik yang selalu mewarnai beberapa kesenian di tanah Sunda.

Sejarah alat musik gambus Sejarah alat musik gambus Sejarah alat musik gambus – Gambus adalah sejenis alat musik petik yang berasal dari Timur tengah. alat musik petik lainnya yang berasal dari TImur Tengah adalah mandolin. Asal usul alat musik tifa – Tifa adalah alat musik pukul. Alat musik tifa berasal dari daerah maluku dan papua. Tarian tradisional asmat. dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. rian ini biasanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti upacara-upacara adat maupun acara-acara penting lainnya. bentuknyapun biasanya dibuat dengan ukiran. seperti Tarian perang. . tiap suku di maluku dan papuamemiliki tifa dengan ciri khas nya masing-masing. Tifa mirip seperti gendang cara dimainkan adalah dengan dipukul. Tifa biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional. Selain musik gambus. Terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi.dan Tarian gatsi.

Drum terdiri dari hollowed out potong (disebut tubuh).juga disebut membranophone. dan tombol tuning atau pasak yang stiffens atau loosens selaput yang berbeda untuk mencapai nada. YAng mengahsilkan suara saat kita bermain drum adalah pada saat kita memukul gendang selaput tersebut. pukulan drum telah dikaitkan dengan kelahiran manusia. berarti sebuah alat yang membuat suara dari selaput yang berkepanjangan dan mengesankan dengan beberapa jenis objek.Sejarah alat musik drum Sejarah alat musik drum Sejarah alat musik drum – Asal usul alat musik drum dimulai dengan munculnya peradaban manusia. biasanya sebuah lengkung stick. drum adalah salah satu jenis alat musik yang du pakai di hutan. . yang memanjang pada ujung drum.

termasuk yang kita kenal sekarang sebagai erhu. Huqin telah berumur sekitar 500 tahun. William Ludwig membuat pedal bass drum sistem dapat dilaksanakan pada tahun 1909. rebeb. Asal usul alat musik erhu dimulai pada zaman dinasti Sung (960-1279 AD).Drum kit yang pertama kali dikembangkan karena pertimbangan ruang dan keuangan di bioskop di mana drumer didorong untuk menutupi bagian perkusi sebanyak mungkin. Secara umum. yang kemudian berlanjut ke zaman dinasti Ming (1368-1644) dan dinasti Qing (1644-1911) dimana dalam kurun waktu tersebut huqin telah berkembang menjadi bermacam-macam jenis. Awalnya. Rebab atau biasa di sebut juga dengan istilah rebap. Sampai saat itu. Asal usul alat musik erhu Asal usul alat musik erhu Asal usul alat musik erhu – Erhu merupakan alat musik tradisional Tiongkok yang paling populer disamping Guzheng dan Dizi. keluarga alat musik gesek ini dikenal juga dengan istilah huqin yang berarti “alat musik orang barbar”. dinamakan demikian karena diperkenalkan oleh orang barbar yang berasal dari Asia Tengah. membuka jalan untuk drum modern. drumer memainkan bass dan snare drum dengan tangan. Asal usul alat musik rebab – Sedikit penjelasan mengenai pengertian alat musik rebab. kemudian di tahun 1890-an mereka mulai bereksperimen dengan footpedals untuk memainkan bas drum. . rabab. drum dan simbal dimainkan secara terpisah dalam militer dan pengaturan musik orkestra.

rababah. Timur Tengah.punya balkon bass yg lebih kuat. Alat musik Rebab sendiri merupakan alat musik gesek yang terdiri dari 2 atau tiga utas senar. Awal masuk ke Indonesia sekitar abad ke-8 saat para saudagar Arab memulai invasi dagang ke beberapa daerah pesisir Sumatera dan pesisir Jawa. Beberapa varietas sering memiliki tangkai di bagian bawah agar rebab dapat bertumpu di tanah. . Biola2 dulu yang sudah selesai dibuat. Alat musik Rebab sendiri awalnya berasal dari jazirah Arab. namun terdapat versi yang dipetik seperti kabuli rebab (kadang-kadang disebut sebagai robab atau rubab). seperti Andrea Amati. dipergunakan sekarang menjadi Biola Barok. yang suaranya disesuaikan dengan jaman abad 17 dan 18. Gasparo da Salò. Guarnerius del Gesu. Bentuk biola di abad 19 mempunyai leher biola dan senar yg lebih panjang. dan dengan demikian disebut rebab tangkai di daerah tertentu. Jadi alat musik rebab berasal dari daerah di Afrika Utara. dan Timur Jauh. Dan sejak tahun 1950 menjadi semakin banyak dan digunakan untuk pertunjukkan “Musik jaman Barok” (Alte Musik). Antonio Stradivari. Nicola Amati. Berjalannya dengan waktu bentuk biola mengalami beberapa perubahan dengan alasan untuk mengembangkan kualitas suaranya. atau al-rababa) adalah jenis alat musik senar yang dinamakan demikian paling lambat dari abad ke-8 dan menyebar melalui jalur-jalur perdagangan Islam. pembuat biola yang terkenal adalah dari Itali. bagian dari Eropa.

Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. Pada tahun 1826 ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama ‘Sheng’ yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa. Bisnis instrumen Harmonika dimulai pada tahun 1857 saat pengrajin jam Jerman bernamaMatthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. Dengan bantuan dari keluarganya. tidak terlalu bengkok seperti bow jaman barok. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. ia dapat memproduksi 650 harmonika tahun itu. Harmonika Desain awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi menjadi lebih baik. Fungsinya yaitu mempertinggi volume sehingga bisa bermain keras di ruang Aula yang besar. Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horozontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis. Pada akhirnya. Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada .sehingga membuat suaranya lebih kuat dan lebih indah. Selain itu Bow biola juga mengalami perubahan bentuk menjadi lebih lurus. Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. nada yang dibuat olehRichter disebut sebagai nada diatonis dan merupakan nada standard harmonika.

Piano diciptakan pertamkali oleh Bartolomeo Cristofori sekitar tahun 1720. Hasrat itu mendorong Marius dari Paris (1716). alat musik ini diberi nama gravecembalo col piano forte harpsichord ( papan dengan tuts lembut dan suara keras). ska dan bermacam-macam lainnya. untuk membuat piano. Italia. blues. Pianoforte. Sekarang. Seiring dengan perkembangannya. country. dan Christofori (1720) dari Padua. Beberapa jenis piano diantaranya adalah grand piano. suara piano tidak sekeras piano abad XX-an. hasil utuh dan lengkap cuma ditunjukkan Bartolomeo Christofori.kediaman Pangeran Ferdinand de’Medici . Piano bersal dari bahasa Italia. Schroter dari Saxony (1717). Namun.Meskipun siapa penemu pertama piano masih menjadi perdebatan. jenis-jenis pianopun bertambah. upright piamo. Hohner telah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis. Dari piano ciptaan pemelihara harpsichord dan spinet (harpsichord kecil) di Istana Florentine . rock. Piano pertama disimpan di Metropolitan museum of Art di New York. Sebagian dari luthier cello yang terkenal adalah:          Nicolo Amati Nicolò Gagliano Matteo Gofriller Giovanni Battista Guadagnini Giuseppe Guarneri Domenico Montagnana Stefano Scarampella Antonio Stradivari David Tecchler . nada.Piano mengalami perkembangan pesat sekitar tahun 1790-1860. digital piano. Pada saat awal-awal diciptakan. dan model. Amerika serikat. seperti piano yang dibuat oleh Bartolomeo Cristofori (1655 – 1731) buatan 1720. Saat Pertama Kali dibuat. keyboard. Bartolomeo Cristofori sebagai penciptanya. Yang memungkinkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop. Piano sendiri lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord.inilah piano modern berakar. banyak orang mengakui. tegangan senar piano kala itu tidak sekuat sekarang.1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohnermenjadi produsen nomor satu utnuk harmonika. di dukung oleh peran komposer musik klasik dan pianis terkenal. Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. Pasalnya. dan synthelizer.

Orang yang memainkan cello disebut cellis. yaitu célô/sélô. Cello adalah alat musik yang populer dalam banyak segi: sebagai instrumen tunggal. single-reed woodwind instrument. Saxophone berasal dari Belgia. Carlo Giuseppe Testore  Jean Baptiste Vuillaume Violoncello. dan juga sebagai fondasi dalam suara orkestra modern. dan memiliki berbagai jenis dengan range yang berbeda-beda. . 2011suaranadaTinggalkan KomentarGo to comments Saxophone Saxophone adalah alat musik yang masuk dalam kategori aerophone. yang hampir selalu disingkat menjadi cello (pengucapan dalam bahasa Indonesia sama. dibuat oleh seorang pemain clarinet dan pembuat alat musik bernama Adolphe Sax pada awal tahun 1840. Saat ini saxophone sangat popular digunakan dalam musik jazz. Tentang bagaimana munculnya ide pembuatan Saxophone sendiri tidak jelas. dan para ahli menyimpulkan bahwa salah satu kemungkinan adalah Saxophone lahir dari hasil eksperimen Sax dengan berbagai Clarinet. adalah sebuah alat musik gesek dan anggota darikeluarga biola. dengan dua register instrument yang terpisah satu oktaf. Adolphe Sax juga terkenal dengan desain ulang Bass Clarinet. dalam musik kamar. Sekilas Tentang Asal-usulnya Februari 18. Saxophone.

yaitu: Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon. seperti yang ditemui pada pedal harp. Bentuknya tinggi. Bali. gendang. dan berat. Harpa dapat dimainkan secara solo. atau bisa juga dengan jazz bass dan drum. diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Di Bali dan Lombok saat ini. Biasanya berbentuk dasar segitiga. dan memiliki senar. bersamaan dengan suara vokal. Namun kesemuanya itu tetap memiliki tiga bagian utama. hak paten Sax mencakupi 2 keluarga Saxophone yaitu keluarga orkestra (in C dan in F) dan keluarga band (in Bb dan in Eb). Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Harp adalah merupakan jenis alat musik petik. dan gong. ukuran. Kemunculan gamelan didahului dengan budaya Hindu-Budha yang mendominasi Indonesia pada awal masa pencatatan sejarah. Namun lepas dari keseluruhan itu. baik dimana ataupun bagaimana harpa dimainkan. Harpa dapat menciptakan sebuah dentingan yang sangat indah. Seringkali hadir bersamaan dengan orkes simphony. istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya. Instrumennya dikembangkan hingga bentuknya sampai seperti sekarang ini pada zaman Kerajaan Majapahit. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa. dan di Jawa lewat abad ke18. gambang.Walau menurut penelitian Saxophone lahir pada tahun 1841. yang juga mewakili seni asli indonesia. Seringkali alat musik ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat. umumnya berwarna emas. ataupun dengan tangan dan kaki. Madura. dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensembel. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh. atau bisa juga dalam bagian sebuah ensemble. namun lebih tepat jika tahun kelahirannya adalah pada saat Sax mempatenkan ciptaannya itu pada tahun 1846. Dalam perbedaannya dengan musik . Harpa memiliki berbagai jenis variasi bentuk. suara flute. Sebuah harpa dapat dimainkan baik dengan tangan.

dan gendang juga dibagi beberapa bagian. Untuk membunyikan gendang.India. gendang kecil disebut rebana. Dalam mitologi Jawa. gendang sedang dan besar disebut redap.[rujukan?] Alat musik gendang merupakan alat musik tradisional yang dimain dengan cara dipukul seperti halnya perkusi. cukup menggunakan tangan ataupun alat pemukul gendang. Sang Hyang Guru pertamatama menciptakan gong untuk memanggil para dewa. lalu akhirnya terbentuk set gamelan. satu-satunya dampak ke-India-an dalam musik gamelan adalah bagaimana cara menyanikannya. dewa yang menguasai seluruh tanah Jawa. Untuk pesan yang lebih spesifik kemudian menciptakan dua gong. gamelan dicipatakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka. dengan istana di gunung Mahendra di Medangkamulan (sekarang Gunung Lawu). Gendang terbuat dari kayu dengan selaput (membran). Foto gendang / kendang .

biasanya 21-40 cm. Gendang tiong atau gendang campak memiliki Silinder tabung yang panjang. Misalnya masyarakat sering menyebut gendang jawa dan ada juga yang menyebut gendang sunda. Laras (nada) alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog. alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Mengenai asal usul gendang mungkin tiap daerah mempunyai ceritanya masing-masing. sedangkan gendang hardrah silinder tabungnya lebih pendek yaitu 15-30 cm. karena hampir semua tempat memiliki alat musik gendang. sampai 4 nada dalam setiap ukuran. Jenis gendang yang biasa dijumpai adalah gendang tiong atau gendang campak dan gendang hardrah. dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2. upacara menyambut tamu. Calung . gendang juga dipakai untuk mengiringi arak-arakan penganten. bahkan gendang juga digunakan sebagai alat musik utama dalam proses rekaman lagu dangdut selain suling. 2.Fungsi gendang yaitu sebagai penentu tempo pada musik untuk mengiringi tarian atau silat. Alat musik ini dibuat dari bambu. baik besar maupun kecil. 3. cuma nama dan bentuknya saja yang berbeda.

Bedug Bedug adalah alat musik tabuh seperti gendang. cara menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan. bernada khas. Bagian tengah batang dilubangi sehingga berbentuk tabung besar. 5. 3. Ujung batang yang berukuran lebih besar ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membran atau selaput gendang. bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). sebuah bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat atau sembahyang. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. rendah. bedug menimbulkan suara berat. Di Indonesia.Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa) dari angklung. baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan. namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam). tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh. Suling . yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional. Bedug terbuat dari sepotong batang kayu besar atau pohon enau sepanjang kira-kira satu meter atau lebih. Bila ditabuh.

. emas atau campuran keduanya. atau logam yang dilapisi perak. KACAPI Alat Musik Kacapi Sunda Alat musik kacapi sangat populer di kalangan masyarakat Sunda dan dipakai saat acara-acara yang berhubungan dengan kebudayaan. Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikelperak. Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari perak.Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.

namun terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa yang akhirnya mengeluarkan bunyi-bunyian seperti terompet. Alat musik Rebana sendiri biasanya digunakan dalam kesenian yang bernafaskan agama Islam seperti hadrah ataupun saat membaca shalawat burdah. Alat musik tersebut mirip dengan alat musik terompet.PERERET PENGASIH-ASIH Pereret Pengasih-asih Alat Musik Tradisional Bali Pereret Pengasih-asih merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jembrana Bali. . REBANA Alat Musik Tradisional Rebana Alat musik Rebana asal usulnya berasal dari Jazirah Arab seperti halnya Rebab.

kiri ke kanan dan kanan ke kiri.SALUANG Alat Musik Tradisional Saluang dari Minangkabau Alat musik Salang merupakan alat musik tradisional masyarakat Minangkabau Sumatera Barat. . Tangan kiri berfungsi memainkan melodi dan bas. sementara tangan kanan bertugas memainkan accord. Alat musik tersebut merupakan alat musik tiup yang serupa dengan alat musik seruling. Sasando sendiri berasal dari kata Sari (petik) dan Sando (getar) yang kalau digabungkan memiliki makna bergetar saat dipetik. Sasando dimainkan dengan dua tangan dari arah berlawanan. namun pembuatannya lebih sederhana yaitu dengan melubangi bambu tipis atau yang biasa disebut oleh masyarakat Minang dengan talang sebanyak 4 lubang. Alat Musik Tradisional Asal Rote Sasando merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. SASANDO Sasando.

TALEMPONG Talempong. Alat Musik Daerah Minangkabau Sumatera Barat Talempong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat. yang paling sering dijadikan bahan adalah kayu arrow. Biasanya sampek akan diukir sesuai dengan keinginan pembuatnya. Saat ini Talempong yang ada dimasyarakat . Alat musik ini terbuat dari berbagai jenis kayu. kayu kapur. dan kayu ulin dan dibuat secara tradisional. Alat Musik Tradisional Suku Dayak dari Kalimantan Sampek merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan tepatnya biasanya digunakan oleh Suku Dayak. Bahkan bentuknya pun juga hampir sama dengan Gamelan. 4 senar dan 6 senar.SAMPEK Sampek. Proses pembuatan bisa memakan waktu berminggu minggu. Dibuat dengan 3 senar. Namun. Alat musik tersebut termasuk dalam alat musik pukul seperti halnya Gamelan yang ada di Jawa.

Alat musik tradisional ini berasal dari Papua. TRITON Triton. .kebanyakan terbuat dari kuningan meskipun masih ada juga Talempong yang terbuat dari kayu maupun batu. pada bagian bawahnya berlubang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul. TAMBO Tambo. Alat musik ini tersebar di pesisir pantai yang ada di Papua dan digunakan sebagai alat komunikasi dan sebagai alat panggil kepada orang lain.5 sentimeter. Dulunya alat tradisional tersebut dipakai sebagai tanda saat memasuki waktu shalat fardhu. Cara penggunaan alat ini sama seperti Tambur yaitu dengan cara dipukul. Talempong biasanya berbentuk lingkaran dengan diameter 15 sampai 17. Alat Musik Tradisional dari Aceh Alat musik Tambo merupakan alat musik yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Alat Musik Tradisional dari Papua Triton merupakan alat musik yang cara penggunaannya yaitu dengan ditiup.

TEROMPET REOG Alat Musik Terompet Reog Terompet Reog merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur. Gong Senin. Gong dipakai pada bersama-sama dengan alat musik lain dan sebagai alat pelengkap pada jenis musik yang lain. Gong dimainkan dengan cara dipukul memakai kayu atau alat khusus yang dibuat untuk itu. Hal ini dimaksudkan agar gong dapat mengeluarkan bunyi yang lebih bass. Alat musik ini termasuk dalam jenis alat musik tiup. 19 Oktober 2009 11:50 Riharnadi Gong merupakan alat musik pengiring alat-alat musik yang lain. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai pengiring saat pertunjukan Reog Ponorogo. bahkan ada yang garis tawangnya melebihi 1 meter. terbuat dari logam kuningan dalam ukuran yang besar. . sehingga gong dapat didengar dari jarak yang relatif jauh. lebih keras dan gaungnya lebih lama (panjang).