P. 1
Alat-Alat Percobaan Fisika SMP Dan SMP_HAnifah_Zakiya

Alat-Alat Percobaan Fisika SMP Dan SMP_HAnifah_Zakiya

|Views: 3,018|Likes:

More info:

Published by: Keyhaa Haniey'z Zakiya on Nov 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/12/2015

pdf

text

original

Bab I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala alam dan membahas interaksi antar benda di dunia ini. Sesuai dengan definisi diatas, maka fisika dapat dikata sebagai proses dan fisika sebagai hasil dari alam karena sesungguhnya fisika merupakan suatu ilmu terapan yang sering dijumpai dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Proses pembelajaran fisika disekolah sebaiknya diajarkan secara teori dan diteruskan melalui percobaan. Karena teori membentuk pola pikir siswa (meningkatkan pengetahuan kognitif) dan eksperimen memberikan pengalaman nyata (afektif dan psikomotorik) kepada siswa tentang kebenaran suatu konsep fisika. Mengingat pentinya percobaan dalam pembelajaran fisika, maka untuk mencapai tujuan pembelajaran yang baik (tuntas) dibutuhkan guru yang memiliki pengalaman , pengetahuan dan pemahaman tentang alat-alat dan percobaan di laboratorium. Laboratorium merupakan suatu tempat, atau ruangan yang dilengkapi dengan peralatan tertentu untuk melakukan suatu percobaan atau penyelidikan (Margono, 2000). Di Laboratorium , siswa dan guru melakukan penyelidikan dengan pengamatanpengamatan sehinga diperlukakan penataan dan penyimpanan alat-alat laboratorium yang perlu memperhatikan karakteristik dan spesifikasinya, baik untuk alasan keamanan alat, kemudahan pencarian dan pemeriksaan, perawatan dan pemeliharaan, ataupun sekedar kerapihan penyimpanan. Oleh karena itu alat-alat laboratorium perlu dikelompokkan atau diklasifikasikan berdasarkan kritria yang sesuai dengan tujuan pengelonpokkannya. Kriteria klasifikasi alat-alat laboratrorium antara lain adalah bahan utama pembuatan, massa, bentuk dan volume, pabrik pembuat, usia pakai, konserp fisika, fungsi atau kegunaan. Dalam makalah akan memahas klasifikasi alat-alat laboratorium berdasarkan konsep fisika .

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 1

1.2 Tujuan Tujuan ditulisnya makalah ini adalah :     Agar mahasiswa mampu memahami cara penyimpanan alat di laboratorium sekolah . Agar mahasiswa mangetahui alat-alat penting apa saja yang diperlukan didalam percobaan fisika SMP dan SMA. Agar mahasiwa mengerti tentang karakteristik dan kegunaan alat- alat yang digunakan untuk percobaan . Agar mahasiswa mampu menyusun dan mengkategorikan alat-alat percobaan untuk di Laboratorium fisika di sekolah.

1.3Masalah
Masalah yang dibahas dalam makalah ini adalah “ Apa dan Bagaimana proses penyusunan alat-alat di Laboratorium fisika SMP dan SMA yang baik ?”.

1.4Manfaat
Setelah membaca makalah ini diharaapkan, mahasiswa mampu :    Mengelompokan alat-alat laboratorium fisika SMP dan SMA Menentukan alat-alat yang dibutuhkan dalam suatu percobaan fisika di Sekolah. Memahami tentang klasifikasi alat-alat laboratorium sesuai dengan konsep fisika sepert, mekanika, listrik magnet , optic dan lainya..

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 2

BAB 2 PEMBAHSAN
2.1 Alat Permanen dalam Laboratorium Fisika Sekolah
Alat-alat permenen adalah alat yang kegunaan dan posisinya di laboratorium sudah tetap dan tidak dapat dipindahkan s. Alat permanen dipasang di temapat yang strategis dan tidak tersembunyi agar dapat mudah mengamatinya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan tataletak alat permanen di laboratorium fisika adalah : 1. Dipilih tempat yang strategi dan memiliki sisi luas agar ketika dilakukan pengamatan dan percobaan dapat leluasa. Seperti meletakan pesawat Ethwood di tempat yang memiliki sisi luas. Pada gamarm diletakan di sampan meja kerja siswa yang masih relative luas. (SMP Xaverius )

2. Meletakan alat permanen sesuai dengan ketetapan pemasangan, seperti meletakan papan pengumuman disampin meja guru. Seperti pada gambar di bawah ini : (SMA 15 Sungai Puar)

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 3

3. Tempat pemasangan dan alat yang dipasang ditempat itu harus terhindar dari faktorfaktor yang dapat mengganggu atau merusak alat seperti panas matahari, kelembaban, banyak getaran dan sebagainya. Seperti contoh di bawah ini ada beberapa kotak penyimpanan KIT tetap yang dijauhkan dari sinar matahari langsung :

4. Setiap alat permanen dapat diberi kartu alat yang menjelaskan nama dan atributatribut lain alat tersebut seperti jumlah, spesifikasi, asesoris dan tempat penyimpanannya. Contoh gambar di bawah ini, dilaboratoriumnya di pajang foto ilmuan fisika dengan biaodata singkat dari ilmuan di (SMA 12 Merangin)

Di laboratorium fisika terdapat beberapa komponen alat permanen yang dibutuhkan, yaitu : 1. Termometer Digital/ Termometer Air Raksa Temometer berfungsi sebagai pengukur suhu ruaanga. Sebagai contoh dalam melakunan percobaan perpindahan kalor, kia membutuhkan suhu ruangan. Berikut potret laboratorium yang memiliki thermometer di ruaganya.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 4

2. Barometer Barometer untuk mengetahui tekan udara dam laboratorium. Tenan udara juga dapat mempengeruhi hasil prcobbab fisika. Sehinng diharapkan setela di pasang barometer ni dapat memperkecil kasalahan dam percobaab. Berikut gambarnya :

3. Higrometer untuk mengukur kelembaban udara dalam ruangan laboratorium. Berikut gambarnya :

4. Aksesoris fisika seperti : gambar ilmuan fisika, gambar suatu konsep fisika, peta konsep dan semua yang mendukung percobaan fisika secara umum dapat ditempelkan di dinding laboratorium atau melalui papan madding lab.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 5

2.2 Alat Tidak Permanen di Laboratorium 2.2.1. Percobaan Mekanika Type Panel
A. Percobaan –percobaan yang dilakukan dalam Mekanika Tipe Panel : 1. Hukum Hook dan Pengukuran Gaya 2. Kesetimbangan dan Resultan Gaya 3. Menguraikan sebuah Gaya 4. Moment gaya pada Gaya yang saling sejajar 5. Moment gaya pada Gaya tidak saling sejajar. 6. Pusat gravitasi dan Pusat Massa 7. Kesetimbangan benda berukuran 8. Pesawat sederhana 9. Gesekan 10. Gerak harmonic sederhana ( Bandul Sederhana) 11. Gerak Harmonik ( Osilasi massa yang digantung pada Pegas) B. Seperangakat Alat-Alat Tidak Permanen untuk Percobaan Mekanika

No
1

Nama Alat
Papan Percobaan

Keterangan
Tebuat dari pelat setengah baja yang diberi cat putih, papan berukuran 600 x 600 x 2 mm berdiri pada kaki-kaki

Gambar Alat

2

Neraca Pegas

Memiliki skla pembacaan 0 – 5 N x0,1 N, dilengkapi dengan magnet pemegang untuk menempelkan dynamometer pada papan percobaan

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 6

No
3

Nama Alat
dan Penggantung Beban

Keterangan
beban 8 x 50g, 4 x 20g, 2 x 10g dan penggantung beban 3 x 50g.

Gambar Alat

Beban Bercelah Beban bercelah terdiri atas

4

Tuas

Terbuat dari aluminium atau plat dengan ukran y300mm dan diameter 8 mm. Tuas dilengkapi dengan tempat menggantung beban yang dapat digeser sepanjang tuas.

5

Pasak Penumpu

Dilengkapi dengan magnet pemegang sehingga dapat ditempel pada papan percobaan untuk penumpu tuas.

6

Benda Cincin

Memiliki ukuran dan massa yang sangat kecil, sehingga dapat diabaikan terhadap massa benda lain.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 7

No
7

Nama Alat
Busur Derajat

Keterangan
Digunakan sebagai alat ukur sudut, dengan sumbu di tengah busur dapat digunakan sebagai acuan bennda cincin.

Gambar Alat

8

Puli (Katrol) besar dan Puli Kecil

Dilengkapi dengan magnet pemegang sehingga dapat ditempelkan pada papan percobaan.

9

Katrol Kombiasi

Terdiri atas puli kecil dan besar yang terpasang pada rangkaian plastic.

10

Bidang Miring

Terbuat dari aluminium atau triplek atau plat licin yang dilengkapi alat penyipat tegak dan skala sudut. Dilengkapi dengan dua magnet pemegang sehingga dapat ditempelkan pada papan percobaan.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 8

No
11

Nama Alat
Balok gesekan

Keterangan
4 permukaan balok dilapisi dengan bahan yang berbeda : karet, kayu. Plastic dan kaca.

Gambar Alat

12

Cakram moment gaya

Sebuah alat berupa pelat bundar yang dilengkapi “bilah garis kerja” dan skal mm melingkar. Dapat ditempel pada papan percobaan menggunakan magnet pemegang.

13

Massa Menggelinding

Massa menggelinding terpasang pada rangka yang dilengkapi pengait

14

Mistar

Terbuat dari stainless steel atau plastic dengan panjang 50 cm.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 9

No
15

Nama Alat
Pegas Helik

Keterangan
Pegas terbuat dari baja, dilengkapi dengan pengait dan penggantung berbentuk cincin.

Gambar Alat

16

Benda Planar

Benda segi lima tidak berarturan untuk menetuksn pusat massa benda.

17

Timbangan

Untuk mengetahui massa benda.

18

Jam Henti/ Stopwatch

Untuk menghitung waktu yang dibutuhkan.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 10

2.2.2 Percobaan Hidrostatiska & Panas
A. Percobaan yang dilakukan pada Hidrostatiska dan Panas 1. Tekan hidrostatiska 2. BejanabBerhubungan 3. Massa jenis larutan 4. Gaya ke atas zat cair 5. Hukum Archimides 6. Tenggelam, melayang, terapung 7. Pompa air 8. Skala thermometer 9. Suhu campuran 10. Pemuaian zat padat, cair dan gas 11. Penyulingan 12. Konveksi dan Radiasi B. Berikut Alat yang Tidak permanan yang digunakan No Nama Alat 1 Pipa Baja Keterangan Di gunakan untuk percobaan perpindahan kalor (konveksi dan konduksi) Gambar

2

Pipa Aluminium

Digunakan untuk percobaan konduksi

3

Pipa Tembaga

Digunakan untuk percobaan konduksi

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 11

No Nama Alat 4. Penunjuk Khusus

Keterangan Digunakan untuk percobaan pemuaian volume pada zat cair

Gambar

5.

Alat konveksi zat Cair

Digunakan untuk percobaan perpindahan kalor (konduksi)

6.

Detektor Radiasi

Digunakan saat percobaan Radiasi

7

Slang Silikon

Digunaka untuk percobaan gaya ketas zat cair, Tenggelam/melayang dan terapung,

8

Tabung Pancuran

Untuk percobaan gaya ke atas zat cair dan Hukum archimides.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 12

No Nama Alat 9 Bak Plastik

Keterangan Untuk percobaan Tenggelam, terapung dan melayang, Percobaan pompa air dan Pemuaian volume zat cair

Gambar

10

Slang Plastik Transparan

Untuk percobaan tekanan hidrostatiska, Bejana berhubungan, Pompa Air , pemuaian gas dan radiasi.

11

Pipa Plastik Transparan

Untuk percobaan Hidrostatiska, Pemuaian volume , pemuaian Gas dan radiasi.

12

Penjepit Pendukung

Untuk percobaan gaya keatas zat cair dan radiasi

13

Penghubung slang

Untuk percobaan penyulingan dan konduksi

14

Pelacak Tekanan

Untuk percobaan tekanan hidrostatiska

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 13

No Nama Alat 15 Tabung Plastik dengan tutup

Keterangan Untuk percobaan gaya keatas zat cair dan percobaan tenggelam, melayang dan terapung.

Gambar

16

Tabung plastik dengan peluru

Untuk percobaan gaya keatas zat cair dan percobaan tenggelam, melayang dan terapung.

17

Tabung Gelas serba Guna

Untuk percobaan bejana berhubungan, dan pompa air

18

Kelereng (Bola Gelas)

Untuk percobaan pompa air

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 14

No Nama Alat 19

Keterangan

Gambar

Siring atau Alat Untuk percobaan Tekanan suntik Hidrostatik dan percobaan pompa air

20

Corong Plastik

Untuk percobaan bejana berhubungan dan radiasi

21

Gelas Kimia

Berukuran 250 ml, untuk percobaan suhu campuran, skala thermometer, Hukum Archimides dll

22

Labu Elenmeyer

Untuk percobaan pemuaian gas, pemuaian zat padat, Suhu campuran dll

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 15

No Nama Alat 23 Pembakar Spritus (Bunsen)

Keterangan Untuk percobaan skala thermometer, suhu campuran dan penyulingan.

Gambar

24

Gelas ukur (Silinder ukur)

Untuk percobaan Archimides dll

25

Sumbat karet

Untuk percoaan Hukum archimides, pemuaian volume zat cair,dan pemuaian zat padat

26

Pipa Kapiler

Untuk percobaan penyulingan

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 16

No Nama Alat 27 Sumbat karet 2 lubang

Keterangan Untuk pemuaian gas.

Gambar

28

Termometer tak berskala

Untuk percobaan penentuan skala thermometer.

29

Termometer

Untuk percobaan pemuaian gas dan percobaan suhu campuran.

30

Dasar Statif

Untuk percobaan penyulingan, konveksi, Massa jenis larutan, Radiasi dll

31

Batang statif panjang

Untuk percobaanHukum archimides, skala thermometer, pemuaian zat padat dll

32

Batang statif pendek

Untuk percobaan pemuaian gas, suhu campuran, radiasi, konveksi dll

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 17

No Nama Alat 33 Balok pendukung

Keterangan Untuk percobaan massa jenis, hukum arcimides, gaya keatas zat cair

Gambar

34

Boss-head

Untuk percobaan gaya ke atas air, pemuain zat padat, penyulingan dll

35

Penggaris logam

Untuk percobaan Hukum archimides dan gaya ke atas zat cair

36

Timbangan

Untuk percobaan tenggelam, melayang dan terapung, serta percobaan Hukum Archimides.

38

Neraca Pegas

Untuk percobaan hukum Archimides, dan percobaan keatas zat cair.

39

Jepit penahan

Untuk percobaan hukum Archimides, dan percobaan keatas zat cair.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 18

No Nama Alat 40 Beban

Keterangan Untuk percobaan hukum Archimides

Gambar

41

Kaki Statif

Untuk percobaan hukum Archimides, dan percobaan keatas zat cair.

42

Stopwatch

Untuk percobaan radiasi dan konduksi

43

Klem Universal

Digunakan untuk percobaan bejana berhubungan, Gaya ketas zat cair, Pompa air, Suhu campuran dll

44

Sumbat Karet Pejal

Memiliki diameter 18mm, digunakan untuk percobaan pada pompa air

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 19

2.2.3 Percobaan Listrik Magnet
A. Jenis percobaan yang dilakukan 1. Memahami berbagai praktikum percobaan untuk memahami “Prinsip Dasar Listrik dan Magnet ( Rangakaian sederhana, pengukuran arus, tegangan dsb) 2. Memahami berbagai percobaan tentang Hambatan Listrik( hhukum oh, hambatan lampu, Rangkaian parallel, dll) 3. Memahami berbagai percobaan tentangEnergi dan Daya listrik (Cara kerja Skring, peanas Air dll) 4. Memhahami berbagai percobaan Sumber tegangan dan kapsitor (elektrolit sebagai sumber tegangan dll) 5. Memahami prinsip dasar percobaan electromagnet(induksi eleketromagnetik, pemanfaatan arus eddy dsb) 6. Memahami prinsip dasar Rangakaian AC (reaktansi Kapasitif, Induktif, dll) B. Alat-alat yang digunakan dalam percobaan Listrik Magnet No 1 Nama Alat Catu Daya Keterangan Sebagai Sumber arus AC /DC, untuk Gambar Alat

digunakan dalam semua jenis percobaan yang menggunakan dll. listrik

2

Pembangkit

Digunkan

unttuk

AC frekuensi rangkaian seri RC, RL rendah dengan perbedaan fase ( Rangkaian AC)

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 20

3

Kompas

Penunjuk arah kutup

4

Pemegang lampu

Sebagai hambatan

fungsi untuk

percobaan di Prinsip dasar listrik

5

Saklar SPST

Sebagai pemnyambung dan pemutus arus listrik digunkana dalam seperti percobaan dasar

prinsip-prinsip Listrik, elektromanet 6 Penumpu Magnet Sebagai meletakan

Percobaan

tempat magnet

dalam percobaan

7

Cincin Thomson

Digunakan

untuk

percobaan pada cicin Thomson AC) (Rangkaian

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 21

8

Lempeng penghantar

Digunkan percobaan zat

dalam cair

penghantar dan bukan penghantar dala

percobaan prinsip dasar listrik 9 Elektroda seng Digunkan percobaan zat dalam cair

penghantar dan bukan penghantar dala

percobaan prinsip dasar listrik 10. Elektroda tembaga Digunkan percobaan zat dalam cair

penghantar dan bukan penghantar dala

percobaan prinsip dasar listrik 42 Osciloskop Digunkan unttuk

rangkaian seri RC, RL dengan perbedaan fase ( Rangkaian AC)

12

Jepit bersoket

buaya Untuk percobaan pada Prinsip dasar listrik

14

Jarum

Trebuat dari lgam
Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 22

15

Lampu

13 V, 3 W

16

Selenoida

17

Penghantar arus

18

Magnet batang Digunakan percobaan elektromagnetik

untuk Induksi

19

Multimeter digital

Untuk besaran Digunakan

mengukur listrik. seperti

dalam percobaan Prinsi dara listrik,

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 23

20

Piringan aluminium

Untuk dipercobaan

digunakan

pemanafaatan arus eddy (Induksi Elektromagnetik)

21

Set inti besi Untuk padat percobaan

melakukan Arus

pemagnet AC

22

Plastik penyangga

Digunakan percobaan elektromagnetik (pemanfaatan Eddy)

untuk Induksi

Arus

23

Kumparan 1000 lilitan

Digunakan percobaan elektromagnetik

untuk Induksi

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 24

24

Kumparan 500 Digunakan lilitan percobaan elektromagnetik

untuk Induksi

26

Kumparan 150 Digunakan lilitan percobaan Rangkaian AC

untuk pada

27

Kaki Inti U

DIgunakan percobaan induktif Rangkaan AC

untuk reaktansi dalam

28

Set inti U dan Untuk I

percobaan

transformator dll dalam percobaan induksi elektromagnetik terkait

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 25

29

Kabel penghubung

500mm dan 250mm, untuk percobaan seri

Kuning merah rangkakain hitam (hambatan Listrik)

30

Pemegang Batrei

Untuk Pegukuran pada pengukuran voltmeter dll.

percobaan tegangan percobaan tegangan

31

Saklar SPDT

Digunakan percobaan lampu hubungan

pada rangkaian seri dan singkat

(Hambatan Listrik)

32

Batrei ukuran Untuk D Rangkaian pada

percobaan sederhana dasar

prinsip

listrik, hambatan listrik,

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 26

32

Pensil warna

Untuk

percobaan listrik,

Prinsip dasar hambatan listrik

34

Gelas Minum

Digunakan percobaan zat

untuk cair

penghantar dan bukan penghantar (prinsip

dasar listrik) dsb.

35

Styrofoam

Untuk

percobaan

Energi dan daya listrik

46

Selenoida

Untuk medan

percobaan magnet

(Elektromagnet)

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 27

37

Galvanometer

Untuk percobaan AC

serangkaian rangkaian tegangan

seperti

dan arus bolak-balik.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 28

2.2.4 Alat Untuk Percobaan OPTIK
A. Dalam pembelajaran disekolah menengah percobaan optic yang dilakuan yaitu : 1. Penjalaran Cahaya Yaitu : Perambatan cahaya, bayangan , umbra dan penumbra, fase bulan, gerhana matahari, dan Lubang pada Matahari 2. Cermin Yaitu : Pementulan cahaya pada cermin Datar dan cermin Lengkung, Benda dan bayangan pada cermin datar dan cermin lengkung, Bayangan benda titik, Tiga sinar istimewa pada cermin lengkung, Pemantulan sinar sejajar oleh cermin lengkung, Byangan yang dibentuk oleh cermin Cekung. 3. Pembiasan Yaitu : Pembiasan cahaya, Pemantulan sempurna, pemantulan cahaya pada kaca plan parallel, Pembiasan pada bidang batas udara dan air, Bayangan dan pembiasan pada lensa lengkung, jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus, 4. Warna Yaitu : penguraian Cahaya, pencampuran Warna, warna benda, Warna benda ketika dilihat dari filter warna. 5. Mata Yaitu : Prinsip keja mata, Rabun dekat (& cara menanggulanginya), dan Rabun Jauh (& cara menanggulanginya) serta ilusi optic. 6. Alat-alat optic Yaitu : Kaca pembesar, Slaid Proyektor, Mikroskop, Teleskop, dan Kamera. 7. Gelombang Optik Yaitu : Difraksi dengan Kisi, Mengukur panjang gelomabang cahaya, Polarisasi, Perputaran bidang Polarisasi oleh benda Padat, Model Sakarimeter dan Fotoelastisitas

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 29

B. Berikut Alat yang digunakan dalam percobaan No 1 Nama Alat Kotal Cahaya Gambar Alat

2

Pemegang kotak cahaya

3

Diagfragma celah lebar dan 5 cabang

4

Diagfragma 1 dan 3 celah

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 30

5

Keping penutup

6

Model slaid Set

7

Diagfragma celah tunggal

8

Diagfragma anak panah

9

Diagfragma tunggal

lingkaran

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 31

10

Diagfragma tunggal

4

lingkaran

11

Lingkaran cahaya

penghalang

12

Model lensa plan konkaf

13

Model lensa plan konveks

14

Prisma segitiga siku-siku

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 32

15

Prisma trapesium

16

Model lingkaran

lensa

setengah

17

Prisma segitiga sama sisi

18

Cermin kombinasi

19

Cermin datar

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 33

20

Prisma 10 derajat

21

Lensa berfokus f= +50 mm bertangkai

22

Lensa berfokus f= +100 mm bertangkai

23

Lensa berfokus f=+300mm bertangkai

24

Lensa berfokus f= -100mm bertangkai

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 34

25

Lensa berfokus f= -300mm bertangkai

26

Lensa cekung f= +75mm bertangkai

27

Lensa cekung f=+150mm bertangkai

28

Cermin cembung f= -75mm bertangkai

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 35

29

Cermin cembung f= -150mm bertangkai

30

Tumpukan berpenjepit

31

Kaki rel

32

Penyambung rel

33

Rel Presisi

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 36

35

Layar putih

36

Tempat lampu bertangkai

37

Pemegang slaid Diagfragma

38

Filter warna CMY

39

Filter warna RGB

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 37

40

Filter warna

41

Keping warna

42

Slaid Polarisasi

43

Kisi Difraksi

44

Benda foto elastik

45

Filter polarisasi

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 38

46

Kotak plastic

47

Tangki plastik

48

Model bumi-bulan

49

Cakram optic berskala

50

Cakram optic berporos

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 39

51

Meja prisma

52

Bosshead bulat

53

Catu Daya

54

Kabel penghubung (merah & hitam)

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 40

55

Busur derajat

56

Penggaris

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 41

2.2.5 Percobaan Mekanika (Gerak ) A. Percobaan yang dilakukan
a. Memahami Gerak Lurus Beratura Yaitu : Memami besaran gerak, Menentukan kecepatan pada gerak GLB, menggambar grafik GLB dan memahami percepatan pada GLB b. Memahami Gerak Lurus Berubah Beraturan Yaitu : Menentuakan kecepatan pada gerak GLBB, Menggabar grafik gerak GLBB dan Menentukan percepatan pada GLBB. c. Memahami gerak jatuh bebas, dengan menentukan percepatanya pada setiap ketinggian. d. Gerak vertical ke atas , dengan menghitung percepetan dan kecepatanya e. Memahami tentang konstanta pegas

B. Alat-alat yang digunakan No 1 Nama Alat Mistar 50 cm Keterangan Digunakan untuk mengukur jarak perpindahan benda. Gambar Alat

2

Batang Statif 500 mm

Terbuat dari baja untuk percobaan gerak jatuh bebas

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 42

No 3

Nama Alat Batang statif 250 mm

Keterangan Terbuat dari baja untuk percobaan gerak jatuh bebas

Gambar Alat

4

Pewaktu Ketik

Untuk menentukan waktu yang dibutuhkan dan menggaambar grafik pada GLB dan GLB

5

Klem meja

Untuk merekatkan benda dengan meja

6

Pemegang pensil

Untuk memegang pensil agar tetap tidak bergerak saat dilakukan percobaan

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 43

No 7

Nama Alat Pegas Helik 25 N

Keterangan Digunakan untuk percobaan menentukan konstanta pegas

Gambar Alat

8

Pegas Helik 2,5 N

Digunakan untuk percobaan menentukan konstanta pegas

9

Pegas Helik 10 N

Digunakan untuk percobaan menentukan konstanta pegas

10 Puli klem Meja

Digunakan sebagai roda penarik benda

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 44

No

Nama Alat

Keterangan Merupakan troly yang dapat berjalan sendiri, telah ada generator dailam kereta.

Gambar Alat

11 Kereta Dinamika Bermotor

12 Kereta dinamika

Kereta yang sama persis dengan kereta dinamukia bermotor tetapi tidak memiliki mesin .

13 Boshead

Klep untuk mengaitkan batang statif

14 Balok bertingkat

Untuk meninggikan atau meneurunkan dudukan pada rel presisi

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 45

No

Nama Alat

Keterangan Untuk menegakan statif, pada percobann gerak jatuh bebas dll.

Gambar Alat

15 Kaki Satatif

16 Dasar Statif

Untuk alat membantu menahan statif saat digunakan pada percobaan jatuh bebas.

17 Rel Presisi

Jalan dan pengukur jarak perpindahan kereta.

18 Pegas pipih

Digunakan untuk percobaan Gerak vertical ketas

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 46

No

Nama Alat

Keterangan Erdiri atas berbagaimancam berat , terbuat dari Baja.

Gambar Alat

19 Beban

20 Gunting

Untuk meomtong pita ketik

21 Tali Elastik

Terbuat dari bahan berbahan dasar karet.

22 Boashead Universal

Mengatur tinggi rendahnya statif.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 47

No

Nama Alat

Keterangan Untuk merekatkan boasheat dengan statif

Gambar Alat

23 Baut Boashead

25 Bola Bandul

Seberat 35 g dan 70 gr

26 Penyambung Untuk menyambung rel Rel presisis
presisi.

27 Perangkai beban

Untuk merangkai beban dan engencangkan alat pada statif

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 48

No

Nama Alat

Keterangan
Untuk meletakan kereta di rel presisi.

Gambar Alat

28 Tumpakan berpenjepit

29 Kaki Rel

Membantu menegakan rel.

30 Pasak Penumpu

Terbuat dari besi (logam)

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 49

2.3 Bahan Habis Laboratorium 2.3.1 Untuk Percobaan Mekanika Panel
No 1 Nama Bahan Tali Nilon Keterangan Tali terbuat dari nilon .dibutuhkan ±100 cm untuk satu kali percobaan. Gambar

2

Tali Karet

Sebagai tali lentur (elastic)

3

Kertas Grafik mm

Untuk membuat sketsa hasil pecobaan

4

Kertas Karton/duplek

Menggambarkan hasil percobaan yang berupa garis, sudut dll

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 50

2.3.2 Bahan Habis untuk Hidrostatiska dan Panas
No Nama Bahan 1 Tali Nilon Ketarangan Digunakan di percobaan tenggelam, terapung dan melayang Gambar Alat

2

Air

Digunakan untuk Hukum Archimides, suhu campuran dll

3

Zat Pewarna

Untuk percobaan pemuaian gas, penyulingan.

4

Gula

Untuk percobaan massa jenis larutan

5

Garam

Untuk percobaan massa jenis larutan

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 51

No Nama Bahan 6 Es

Ketarangan Untuk percobaan skala thermometer dll

Gambar Alat

7

Kertas Milimeter

Untuk percobaan skala termometer

8

Oli

Untuk percobaan volume zat cair

9

Minyak

Untuk percobaan volume zat cair

10

Sekam Padi

Untuk percobaan konveksi

11

Obat Nyamuk

Untuk percobaan konveksi

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 52

2.3.3 Bahan Habis yang digunakan dalam percobaan Listrik Magnet
No Nama Alat 1 Potensiometer Keterangan Dengan hambatan 50Ω digunakan seperti dalam percobaan resisitor Listrik) dll variable (Hambatan Gambar alat

2

Resistor

Hambatan 50 Ω, 5 W ,Hambatan 100 Ω, 5 W dan hamabatan 500 Ω, 5W , 200Ω untuk

percobaan Rsisitor seri & Paralel ( Hambatan listrik ) 3 Kapasitor Benilai 10µF, 47µF dan 5µF digunkana untuk

percobaan-percobaan pada Rangkaian AC

4

Induktor

Digunkana

untuk

percobaan-percobaan pada seperti Rangkaian AC

percobaan

rangkaian seri RC, RL dengan perbedaan fase ( Rangkaian AC)

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 53

5

Penjepit kertas

Untuk membatu kertas millimeter saat

melakukan percobaan.

6

Kawat Sekring

Dalam percobaan cara kerja sekering ( Energi dan Daya listrik)

7

Kawat konstan

Untuk percobaan dalam pemanas Air( Energi dan daya listrik) dalam

materi energy dan daya listrik

8

Kawat tembaga

Untuk Elektrolit sumber

pecobaan sebagai tegangan (

Sumber tegangan dan Kapasitor)

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 54

9

Serbuk Besi

Butiran

serbuk

besi,

yang digunakan dalam percobaan electromagnet.

10

Garam

Zat penghatar dan bukan penghantar dasar listrik) (Prinsip

11

Air

Zat penghatar dan bukan penghantar dasar listrik) (Prinsip

12

Allkohol

Zat penghatar dan bukan penghantar dasar listrik) (Prinsip

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 55

13

Minyak

Zat penghatar dan bukan penghantar dasar listrik) (Prinsip

14

Kertas mm

Hambatan Listrik yaitu percobaan hukum ohm

15

Selotip

Induksi Elektromagnetik

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 56

2.3.4 Bahan Habis yang digunakan dalam Percobaan Optik
No 1. Nama Alat Kertas A4 Keterangan Untuk menggambarkan hasil percobaan sperti perambatan cahaya, dll Gambar

2

Kertas A3

Untuk

menggambar

pada

kaca planparalel

3

Kertas grafik

Untuk

digunkan

dalam

percobaan planparalel dan perambatan cahaya

4

Lilin

Untuk mengetahui prinsip kerja mata , dan cermin serta lensa.

5

Larutan gula

Untuk percobaan gelombang optic ( model sakarimeter)

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 57

2.3.5 Bahan Habis untuk percobaan Mekanika (Gerak) No Nama Alat 1 Keterangan Gambar Alat

Kertas Karbon Sebagai penenda waktu yang diketik oleh ticker timer pada pita ketik

2

Pita Ketik

Tempat membaca kecepatan kereta, melalui titik yang diketik oleh ticker timer

3

Kertas

Untuk menyusun pita ketik menjadi sebuah grafik GLB atau GLBB

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 58

2.4 Alat-Alat Perbaikan di Laboratorium
Alat-alat perbaikan adalat alat-alat (“tools”) yang digunakan untuk memperbaiki atau bahkan membuat alat-alat laboratorium. Alat perbaikan harus ada di dalam Laboratorium yang diletakan di tempat yang yang mudah ditemukan . Jumlah, jenis dan kualitas alat perbaikan dapat disesuaikan dengan kemampuan mengadakannya namun hendaknya memadai dan memenuhi kebutuhan. Alat-alat perbaikan harus terpelihara dan terawat dengan baik jumlah, jenis dan kualitasnya sehingga selalu ada dan siap dapat berfungsi dengan benar ketika digunakan untuk memperbaiki. Sebagian dari alat-alat perbaikan dapat merupakan bahan habis, misalnya adalah mata bor, mata gergaji, pisau cutter, dan sebagainya. Alat perbaikan berupa tools kit dapat diangga sebagai contoh minimal dari alat perbaikan yang harus ada di laboratorium. Berikut ini dijabarkan tentang alat perbaikan di Laboratorium : 2.4.1 . Jenis Tang Ada berbagai macam jenis tang, yaitu : No 1. Nama Tang Tang pemotong Fungsi Memiliki rahang tajam. Fungsinya untuk memotong kawat, kabel plastik, dan fiber tipis. Bahannya dari besi chrome vanadium. Gambar

2

Tang Cucut

Berfungsi sebagai penjepit kawat atau kabel. Namun Anda dapat memanfaatkan bagian dalam rahang yang tajam sebagai pemotong kabel.

3

Tang Kombinasi Ujung rahang yang bergerigi rapat, untuk menjepit kawat atau kabel. Di tengahnya, bagian yang bergerigi Rahang renggang, tajam untuk sebagai

mengunci

mur.

pemotong kawat dan kabel.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 59

No 4

Nama Tang

Fungsi Fungsinya sebagai pemotong kawat dan kabel. Terbuat dari baja dan bergagang lapis karet untuk menjaga agar tak licin ketika digunakan. Kelemahannya, jika tang digunakan untuk memotong bahan yang tebal dan keras dapat menjadi tumpul.

Gambar

5

Tang Buaya

Sekilas bentuknya mirip buaya: moncongnya besar, lebar, dan bergerigi. Maka tang ini dikenal dengan sebutan “tang buaya”.

Rahangnya yang bergerigi untuk mengunci dan melepas baut. Jika ukuran baut besar, tang dapat diatur sesuai ukuran baut. 6 Tang Multifungsi Mirip dengan tang kombinasi: ada rahang sebagai pemotong dan penjepit. Yang beda, tang ini memiliki kelengkapan fungsi lain. Di gagangnya terdapat pisau, gergaji, obeng, pembuka tutup botol, dan pembuka tutup makanan kaleng. Jadi, satu tang ini memiliki banyak kegunaan. 7 Tang Pengelupas Kabel Bagian rahang sebagai penjepit kabel. Di bawah rahang yang tajam sebagai pemotong kabel. Di gagang yang bergerigi untuk

mengelupas kabel. Bahan dari besi dengan gagang lapis plastik. 8 Tang Sudut Moncong rahang memiliki sudut kemiringan 45derajat. Ini untuk menjepit kawat dan kabel yang sulit dijangkau, seperti di kolong meja. Berbahan chrome vanadium. Gagangnya

dilapis karet.

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 60

2.4.2 Jenis Obeng
No 1 Nama Obeng
OBENG RATCHET

Keterangan
Gagangnya bisa menyimpan mata sekrup. Dilengkapi tiga sekrup seperti kembang, pipih, dan sok. Untuk mengganti sekrup, cukup bongkarpasang bagian ujung obeng. Dengan sistem ratchet --penyetelan dan pemasangan satu arah-- pekerjaan bisa cepat tuntas.

Gambar

2

OBENG ELEKTRIK

Alat pemutar sekrup memakai tenaga elektrik. Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Cukup pencet tombol start, alat pun bekerja. Alat ini dibantu oleh batere yang bisa diisi ulang. Kelengkapannya berupa mata sekrup kembang dan plat.

3

OBENG FLEKSIBEL

Desainnya unik, berbentuk seperti pulpen. Anda bisa menjepitkannya di saku baju. Dilengkapi oleh dua mata sekrup: kembang dan pipih. Anda bisa menggunakan kedua sekrup secara bergantian sesuai kebutuhan. Caranya, ganti sekrup secara bolak-balik.

4

OBENG BERBADAN LENTUR

Anda kesulitan memutar sekrup di bagian sudut lemari? Obeng berbadan flesksibel ini solusinya. Badannya besi lapis chrome vanadium yang mudah dilekuk-lekuk seperti rotan. Kelengkapan mata sekrup: kembang, plat, dan sok. Yang satu sekrup juga ada

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 61

No 5

Nama Obeng
OBENG GAGANG STABIL

Keterangan
Bentuknya seperti hutuf “T”, memudahkan Anda menggenggamnya dan lebih stabil. Badan dari besi lapis chrome vanadium. Gagangnya dari plastik. Kelengkapan mata sekrup: kembang, sok, dan pipih. Kelemahannya, gagang mudah pecah atau retak jika objek terlalu keras

Gambar

6

OBENG BERMAGNET

Ujung mata obeng memiliki magnet untuk menarik sekrup yang jatuh. Ada dua pilihan bentuk: yang berbadan panjang dan yang kecil. Yang panjang mudah menjangkau objek. Gagangnya dari karet dan bertekstur kotak-kotak, sehingga tak licin. Yang kecil untuk objek yang sulit dijangkau oleh tangan

7

OBENG AKSESORI

husus untuk memutar sekrup yang melekang dari benda-benda aksesori, seperti kaca mata, arloji, dan handphone. Kelengkapan sekrup: kembang dan pipih. Badan dari besi, dan gagang dari plastik

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 62

2.4.3 Jenis Bor
No Nama mata bor 1 Twist Bits Digunakan menggunakan mesin bor tangan atau mesin bor duduk baik secara horisontal maupun vertikal. Mata bor ini bisa untuk membuat lubang pada bahan kayu, plastik atau logam 2 Masonry Bits Dirancang untuk membuat lubang pada tembok, beton atau batu. Digunakan dengan mesin bor pada setelan martil (gerakan bir bergetar seperti ketukan martil) dan pada ujung mata bor terdapat logam keras sebagai pemotong. 3 Spur Bits Dikenal sebagai mata bor kayu dengan ujung mata bor runcing pada bagian tengahnya dan pisau pengiris pada bagian kelilingnya. Ujung runcing di tengah berfungsi untuk menjaga agar mata bor tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan presisi dan dengan ∅ yang sama. 4 Countersink bits Mata bor ini bersudut 90° pada ujungnya dan berfungsi untuk membuat lubang 45° terhadap permukaan kayu. Biasanya dipakai pada saat membuat lubang untuk kepala sekrup agar permukaan sama rata dengan kayu Keterangan Gambar

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 63

2.4.4 Berbagai jenis Alat Perbaikan Lainyan
No Nama Alat 1 Palu Keterangan Untuk menekan tuas agar masuk ke dalam kayu atau menungkit paku Gambar

2

Untuk membuka Mur dengan berbagai ukuran

3

Tempat Soder

Tempat meletakan Solde waktu panas

4

Test Pent

Untuk menguji arus disepanjang kabel, untuk mencari kabel putus

5

Kater

Untuk memotong kabel dll

6

Pinset

Untuk menarik baut atau mencabut suatu benda listrik yang kecil

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 64

BAB 3 Penutup
3.1 Kesimpulan
Ruangan laboratorium fisika merupakan ruang tempat siswa dan guru melakukan penyelidikan penyimpanan dengan alat-alat pengamatan-pengamatan laboratorium yang sehinga diperlukakan penataan dan dan

perlu

memperhatikan

karakteristik

spesifikasinya, baik untuk alasan keamanan alat, kemudahan pencarian dan pemeriksaan, perawatan dan pemeliharaan, ataupun sekedar kerapihan penyimpanan. Secara umum alat-alat di laboratorium fisika digolongkan atas 4 bagian yaitu alat permanen, alat tidak permanen, barang habis dan alat perbaikan. Setelah itu, untuk alat tidak permanen dapat kita kelompokan lagi atas beberapa kelompok materi, seperti materi Mekanika, Listrik Magnet, Optik dan lainya. Semua penggolongan alat di laboratiorium fisika laboratorium bertujuan agar ruangan

dapat tertata rapih dan nyaman saat berlangsungnya percobaan serta

mempermudah kita dalam menemukan suatu alat.

3.2 Saran
Makalah ini dibuat dengan observasi langsung ke laboratorium Fisika FKIP UNSRI Indralaya dengan . Diharapakan setelah membaca makalah ini, mampu membantu temanteman dalam memahami karakteristik dan penggolongan alat-alat laboratorium fisika sekolah. Selain itu juga, kebanyakan alat-alat yang di cantumkan pada makalah ini merupakan alat dari KIT yang di produksi oleh PUDAK. Untuk memperdalam pembahasan tentang Alat-alat laboratorium fisika sekolah ini, sebaiknya temen-teman mencari data tambahan dan buku referensi lain serta melakukan observasi tambahan terhadap KIT oleh perusahaan selain PUDAK . Demikian makalah ini dibuat, saran dan kritik saya nantikan untuk penyempurnaan makalah ini. Terimakasih

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 65

Daftar Pustaka

Buku panduan KIT OPTIK.2008. PUDAK scientific. Jawa Barat Buku panduan KIT Mekanika tipe Panel.2009. PUDAK scientific. Jawa Barat Buku panduan KIT Listrik & Magnet .2007. PUDAK scientific. Jawa Barat Buku Panduan KIT Hidro Statiska & Panas.2010. PUDAK scientific. Jawa Barat Buku Panduan KIT Mekanika .2010. PUDAK scientific. Jawa Barat

http://www.sman12-merangin.com/fasilitas/laboratorium-fisika (diakses 8 Oktober 2012) http://taruna-nusantara-mgl.sch.id/id3/fasilitas/http://taruna-nusantara-mgl.sch.id/id3/fasilitas/ (diakses 8 Oktober 2012)

Tugas Lab.Fisika tentang ”Alat-alat Laboratorium Fisika Sekolah”. | 66

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->