P. 1
Fakhry Fakhrul - Database Penyewaan Mobil (Laporan)

Fakhry Fakhrul - Database Penyewaan Mobil (Laporan)

|Views: 17|Likes:

More info:

Published by: Fakhry Fakhrul Rozy Syahputra on Nov 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2013

pdf

text

original

Nama : Fakhry Fakhrul R.S. Kelas : XII TKJ A No Absen : 3 Hari, tanggal : Rabu, 31 Oktober 2012 I.

Database Web
(RDBMS)

Guru Pembimbing : - Trimans Yogiana - Kingkin Kuraesin, S.Pd Mata Pelajaran : Database WEB

Tujuan - Siswa dapat mengetahui tentang RBMS dan aplikasi Micrososft Access. - Siswa dapat membuat suatu database dengan menggunakan aplikasi Microsoft Access. Pendahuluan DBMS adalah Sistem pengorganisasian dan pengolahan data base pada komputer. Sistem ini dirancang untuk mampu melakukan berbagai data dengan beberapa referensi data yang sama. DBMS ini mampu diakses oleh berbagai aplikasi. Terobosan dari DBMS adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang mengorganisasikan data dalam suatu struktur dan memaksimalkan berbagai cara serta menghubungkan antar kumpulan data yang disimpan dalam database.Terobosan berikutnya adalah Distributed Relational Database Management System(DRDBMS). DenganDRDBMS memungkinkan informasi berada pada baris data di lokasi yang berbeda (didistribusikan), dan direferensisilangkan, diperbaharui, dan akses dari semua lokasi, seolah-olah data tersebut berbasis data tunggal dan terpusat. Representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan(redudansi)yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa, supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Dalam maksud yang sama, bisa juga diartikan sebagai sekumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat diakses oleh sebuah software tertentu. Database tersusun atas bagian yang disebut field danrecord yang tersimpan dalam sebuah file. Sebuah field merupakan kesatuan terkecil dari informasi dalam sebuah database. Sekumpulan field yang saling berkaitan akan membentuk record. DBMS merupakan software yang digunakan untuk membangun suatu sistem basis data yang “sempurna”. DBMS harus dapat mengatur basis data tersebut sehingga dapat tersimpan dengan baik tanpa menimbulkan kekacauan, dapat dipakai oleh banyak user sesuai dengan kepentingan masing-masing, melindungi dari gangguan pihak-pihak yang tidak berwenang. Banyak program basis data yang sudah sering kita gunakan, misalnya : FoxPro, Clipper, Access, dan dBASE. Itu merupakan contoh dari DBMS yang digunakan pada PC dalam skala yang relatif kecil. Dalam skala yang lebih besar, dikenal beberapa DBMS yang sering digunkan, antara lain : Sybase, DB2, Informix, Oracle, dan lain-lain.

II.

III. Alat dan Bahan - Komputer yang sudah terinstall Microsoft Acces - Gambar tabel yang akan dibuat IV. Langkah Kerja Berikut adalah gambar tabel yang akan dibuat :

1. Membuat Database 1.1.Buka Microsoft Access 1.2.Pilih Blank Document, lalu beri nama. Jika sudah, klik ikon create. 2. Membuat Tabel 2.1.Klik View lalu pilih Design View

2.2.Kemudian ketikkan nama table yang diinginkan

2.3.Masukkan field dan tipe data yang sesuai : - Tabel Mobil

-

Tabel Alamat

-

Tabel Peminjam

-

Tabel Peminjaman

3. Membuat Relationship 3.1.Klik Database Tools lalu pilih Relationships. 3.2.Setelah itu akan muncul kotak dialog Show Table, add semua tabel yang ada. 3.3.Hubungkan setiap kolom (drag dari primary key tabel A ke foreign key table B). 3.4.Pada kotak dialog Edit Relationships, ceklis semua pilihan.

3.5. Maka akan relasi telah selesai dibuat.

4. Membuat Form 4.1.Klik create, pilih more forms lalu pilih form wizard. 4.2.Maka akan muncul tampilan form wizard, pilih tabel kemudian tambahkan field yang akan digunakan sebagai inputan data.

4.3.Pilih layout dan style yang diinginkan. 4.4.Selanjutnya ketik nama form, dan pilih Modify the form’s design agar dapat memodifikasi form tersebut. Setelah itu klik Finish.

4.5.Maka akan muncul tampilan form.

4.6.Pembuatan form untuk table alamat telah selesai. Lakukan hal yang sama pada tabel yang lainnya (tabel mobil, peminjam, peminjaman). 5. Membuat button 5.1.Pada form alamat, pilih design view. 5.2.Pilih ikon button yang terdapat seperti pada gambar berikut :

5.3.Kemudian klik di tempat yang diinginkan. Lalu pilih Categories dan Action yang diinginkan. Klik next.

5.4.Button telah ditambahkan, lakukan hal yang sama jika ingin menambahkan button. Maka tampilan form akan seperti pada gambar berikut :

5.5.Pembuatan button untuk form alamat telah selesai. Lakukan hal yang sama pada form yang lainnya (tabel mobil, peminjam, peminjaman). 6. Membuat Combo Box 6.1.Pembuatan combo box hanya dilakukan pada form peminjam dan peminjaman saja. Dalam hal ini saya mengambil contoh pada form peminjam. 6.2.Pilih ikon combo box yang terdapat seperti pada gambar berikut :

6.3.Klik di tempat yang diinginkan. Pilih “I want the combo box to look up the values in a table or query” karena kita ingin mendapatkan record dari tabel alamat.

6.4.Lalu pilih tabel alamat.

6.5.Setelah itu pilih field mana saja yang diperlukan.

6.6.Pilih sort order atau field yang jadi referensi saat pengurutan. Disini pilih ID_Alamat.

6.7.Pada langkah selanjutnya, ceklis Hide key column kemudian klik next. 6.8.Lalu pilihlah ID_Alamat pada bagian Store that value in this field.

6.9.Setelah combo box ditambahkan, tampilannya akan seperti berikut :

V.

Kesimpulan Jadi, siswa dapat membuat sebuah database dengan menggunakan Microsoft Access. Relationship dibutuhkan untuk menghubungkan tabel-tabel yang saling berhubungan, kemudian form dapat digunakan untuk mendesain dan untuk menginputkan data. Combo box dapat digunakan untuk alternatif dalam mengambil atau melihat data dari form lain. Jadi RDMS dapat memudahkan dalam membuat database dan mudah untuk di update.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->