P. 1
Flowchart Penjualan Kredit

Flowchart Penjualan Kredit

|Views: 1,974|Likes:
Published by Damayanti Heide

More info:

Published by: Damayanti Heide on Nov 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2013

pdf

text

original

Gusi Ayu Surya Rosita Dewi FEB/Akuntansi 1.10.2.

9163

1. Order Entry
Pesanan Pelanggan Memasuk kan Pesanan Membuat Pesanan

Daftar harga master

Pesanan Penjualan

Database Pesanan

Order entry memulai proses pesanan pelanggan dengan menyiapkan dokumen pesanan penjualan. Jika waktu antara penerimaan pesanan dengan pengiriman sesungguhnya signifikan, maka pemberitahuan akan dikirimkan kepada pelanggan untuk memberitahu bahwa pesanan telah diterima dan sedang diproses. Harga yang dimasukkan pada pesanan penjualan disetujui oleh manajemen atau fungsi organisasi yang independen. Master daftar harga yang disiapkan secara independen berisi harga yang telah diotorisasi oleh manajemen dan dampaknya pada tanggal terntentu.

2. Kredit
Pesanan Penjualan Menyetujui kredit

Memperoleh Pesanan Baru

Pemrosesan Kredit

Database Penjualan

Menyetujui Pesanan Penjualan Mengeluarkan

File Kredit

Persetujuan pesanan untuk Proses selanjutnya

Kredit pelanggan yang masih ada sebaiknya diverifikasi terlebih dahulu ke bagian pengiriman barang. Untuk pelanggan reguler, pemeriksaan kredit meliputi menentukan jumlah total kredit yang disetujui tidak melebihi otorisasi dari manajemen secara umum atau khusus. Untuk pelanggan baru, pemeriksaan kredit diperlukan untuk menentukan jangka waktu penjualan kepada pelanggan. Seperti ilustrasi pada gambar, fungsi order entry merupakan subjek untuk pengendalian dari suatu fungsi kredit independen untuk memisahkan tugas dalam proses bisnis. Sekali kredit telah disetujui, maka proses pesanan berjalan.

3. Barang Jadi
Daftar Pengambilan Pengambilan Pesanan

Database persediaan

Menyiapkan Daftar Pengambilan

Proses Pengiriman

Database pesanan

Daftar Pengambilan Barang

Ke pengiriman

Barang jadi diambil sesuai dengan picking list. Picking list disiapkan dari dokumen yang disiapkan dengan database pesanan untuk memproses pesanan yang telah disetujui. Informasi pengambilan dimasukkan untuk memperbarui informasi pengiriman pada database pesanan. Record persediaan diperbarui untuk menunjukkan kuantitas sesungguhnya yang diambil dan akan dilanjutkan ke bagian pengiriman. Barang akan dilanjutkan ke bagian pengiriman. Bagian pengiriman akan memberitahukan penerimaan barang yang telah di transfer.

4. Pengiriman
Barang jadi
Daftar Pengepakan dengan barang

Daftar Pengepakan Mencocokkan Pengiriman Pesanan

Database pesanan

Proses Pengiriman

Daftar Pengepakan dengan barang

Daftar Penagihan

Pelanggan

Bagian pengiriman menerima perintah pengiriman setelah cocok dengan pesanan yang ada pada picking list bersama dengan barang yang dipesan seperti yang ada pada daftar pengepakan barang. Informasi pesanan yang ada pada daftar pengepakan disiapkan secara independen. Mencocokkan pengiriman pesanan berisi dokumentasi pengiriman disiapkan dan database pesanan diperbarui untuk pengiriman. Lalu dilakukanlah proses pengiriman, bagian pengiriman secara khusus menyiapkan bill of lading untuk pengiriman yang terdiri dari daftar pengepakan dengan barang dan daftar penagihan dan langsung dikirimkan kepada pelanggan.

5. Penagihan
Daftar Penagihan

Menyiapkan Faktur

Database

Pesanan
Secara periodik
Menyiapkan Entri Jurnal

Pemrosesan Faktur

Faktur

Customer

Voucher Jurnal

Buku Besar

Dalam penagihan ini, pertama menyiapkan faktur untuk pesanan yang tampak pada daftar penagihan. Bagian penagihan melakukan verifikasi pesanan dan kemudian menyiapkan faktur. Lalu faktur dikirim ke pelanggan. Database pesanan diperbarui, faktur dicatat pada jurnal penjualan dan pemberitahuan dikirimkan ke bagian piutang dagang. Secara periodik, jurnal disiapkan dan dilanjutkan ke fungsi buku besar untuk dilakukan posting buku besar.

6. Buku Besar

Daftar Posting Faktur

Meninjau Posting

Menyiapkan Daftar Posting

Posting Faktur

Buku besar Piutang dagang

Database pesanan

Control Total

Buku besar

Dalam bagian buku besar, database yang sudah diperbarui dalam bagian penagihan tadi, menyiapkan daftar posting faktur. Daftar posting faktur penjualan tersebut ditinjau kembali setelah itu posting faktur penjualan yang sudah ditinjau dicatat dalam buku besar piutang dagang. Lalu tembusan faktur penjualan yang sudah di tinjau dicatat dalam buku besar.

7. Piutang Dagang
Control Total

Voucher Jurnal

Piutang dagang
Pembandingan Posting

Penagihan

Buku besar
Pemrosesan Buku Besar

Prosedur pencatatan piutang, fungsi akuntansi mencatat tembusan faktur penjualan ke dalam kartu piutang atau dalam metode pencatatan tertentu mengarsip dokumen tembusan menurut abjad yang berfungsi sebagai catatan piutang. Lalu faktur yang dicatat dalam jurnal penjualan dalam bagian penagihan masuk dalam pemrosesan buku besar yang setelah itu akan dicatat dalam buku besar.

Terima Kasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->