P. 1
saklar

saklar

|Views: 677|Likes:
Published by Tri Febrianto

More info:

Published by: Tri Febrianto on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/29/2014

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kami sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya meskipun dalam bentuk yang sederhana dan masih ada sedikit kesalahan maupun kekurangan. Dalam menyelesaikan makalah ini, tidak sedikit hambatan yang kami dihadapi. Namun, kelancaran dalam penulisan makalah ini tidak lain berkat bantuan teman. Dengan demikian, sepantasnya kami, para penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak Wahyu yang sudah memberikan materi mengenai Teknologi Bahan Elektrik. 2. Rekan-rekan sekelas yang sudah membantu dalam pembuatan makalah ini.

30 Desember 2011

Pemateri

SAKLAR
A. PENGERTIAN SAKLAR

Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik. Selain untuk jaringan listrik arus kuat, saklar berbentuk kecil juga dipakai untuk alat komponen elektronika arus lemah. Secara sederhana, saklar terdiri dari dua bilah logam yang menempel pada suatu rangkaian, dan bisa terhubung atau terpisah sesuai dengan keadaan sambung (on) atau putus (off) dalam rangkaian itu. Material kontak sambungan umumnya dipilih agar supaya tahan terhadap korosi. Kalau logam yang dipakai terbuat dari bahan oksida biasa, maka saklar akan sering tidak bekerja. Untuk mengurangi efek korosi ini, paling tidak logam kontaknya harus disepuh dengan logam anti korosi dan anti karat. Pada dasarnya saklar tombol bisa diaplikasikan untuk sensormekanik, karena alat ini bisa dipakai pada mikrokontroller untuk pengaturan rangkaian pengontrolan.

B. MACAM-MACAM SAKLAR

Berbagai macam saklar (zakelar, swtch) listrik dan elektronik yang umum digunakan berikut simbolnya ditampilkan dalam daftar berikut. Secara mendasar semua saklar melakukan kontak nyala | padam (on | off) dalam berbagai cara berbeda, tapi tiap saklar melakukan tugas sama, yakni membuka dan menutup sirkuit listrik. Beberapa saklar yang melakukan kontak berbeda, dinamakan sesuai dengan bentuk, fungsi, dan atau cara operasinya.Misal, tombol atau kancing-tekan (push button) adalah saklar yang beroperasi dengan cara ditekan, dan bisa melakukan dua fungsi berbeda, yakni menutup sirkuit bila ditekan, atau justeru membuka sirkuit bila ditekan. Jika tekanan dilepaskan atau terjadi tekanan berikutnya, maka akan menormalkan kembali tombol ke posisi semula dan sirkuit kembali ke status semula. SPST (Single-Pole Single-Throw) Switch

untuk mengubah status dari padam (off) ke nyala (on). saklar memutus sambungan sehingga sirkuit membuka. saklar memutus sambungan sehingga sirkuit membuka. dimana bila ditekan ke satu arah. Contohnya adalah seperti yang digunakan sebagai saklar catu daya (power supply) komputer.SPST Rocker Switch Saklar sederhana dan paling umum digunakan. untuk mengubah status dari padam (off) ke nyala (on). dan juga tipe saklar yang digunakan di dinding rumah. sehingga bisa diperpanjang atau diperjauh jarak jamahnya.Banyak digunakan pada berbagai perangkat listrik dan elektronik. terutama sebagai saklar daya (power switch) atau saklar nyala | padam utama (main on | off switch). dan bila ditekan ke arah sebaliknya. . saklar mengubungkan sambungan sehingga sirkuit menutup.. dimana bila ditekan ke satu arah. Contohgambar SPST Rocker Switch SPST Toggle Switch Saklar SPST sederhana dan juga umum digunakan. Kelebihan saklar ini adalah pengoperasiannya menggunakan tungkai (lever). dan bila ditekan ke arah sebaliknya. saklar mengubungkan sambungan sehingga sirkuit menutup.

SPST Key Switch Saklar ini hadir dalam berbagai bentuk. untuk meilih berbagai konfigurasi operasi. PTB (Push To-Break) Switch) | NCPB (Normaly-Close Push-Button) PTB (push to-break) switch) | NCPB (normaly-close push-button) adalah tombol yang membuka sirkuit bila ditekan. Contohnya adalah seperti yang digunakan sebagai saklar kunci kontak sepedamotor dan mobil. maka akan menormalkan kembali tombol ke posisi semula dan sirkuit kembali ke status semula. PTM (Push To Make) Switch | NOPB (Normaly-Open Push-Button) PTM (push to make) switch | NOPB (normaly-open push-button) adalah tombol menutup sirkuit bila ditekan. Contohnya adalah seperti yang digunakan pada PCB komputer. Contoh tombol PTM | NOPB adalah seperti yang digunakan sebagai tombol klakson sepedamotor dan mobil. Contoh tombol PTB | NCPB adalah seperti yang digunakan sebagai tombol penyala lampu penerangan-dalam pada pintu kulkas dan pintu mobil. SPST DIP (Dual In-Line Package) switch Saklar ini umumnya digunakan pada PCB (printed circuit board) | papan rangkaian tercetak elektronik. Jika tekanan dilepaskan atau terjadi tekanan berikutnya. dimana lampu padam bila pintu ditutup dan sebaliknya menyala bila pintu dibuka. . Berfungsi untuk melakukan pengamanan terbatas (limitedsecurity).

Umumnya digunakan sebagai saklar pemilih (selector) dua sirkuit.SPDT (Single-Pole Double-Throw) Switch | SPSS (Single-Pole Selector Switch) Saklar kutub-tunggal lemparan-ganda. Saklar ini meski sangat kecil tapi sangat berguna dalam berbagai perangkat listrik dan elektronik. atau sebagai pengganti pasangan dua saklar SPST untuk efisiensi. atau titik kontak umum | bersama. Contoh-contoh saklar SPDT adalah • • • • SPDT Rocker Switch SPDT Toggle Switch SPDT Slide Switch SPDT Micro Switch SPDT Micro Switch Saklar mikro bisa sangat kecil. Ketika saklar mikro membuka dengan sendirinya sirkuit listrik pun terputus.Contoh Gambar: SPDT Rocker Switch SPDT Slide Switch . Biasanya dipasang pada suatu lengan yang ketika tertekan karena dipegang membuat klik saklar sehingga sirkuit menutup. antara lain sebagai saklar keselamatan (safety switch) yang menghindarkan dan mencegah peguna dari sengatan listrik yang tak perlu terjadi dan menahan arus listrik terus-menerus mengalir ketika tak diperlukan. com = common | shared contact point.

SPDT Toogle Switch DPST (Doube-Pole Single-Throw) Switch Saklar kutub-ganda lemparan-tunggal. DPDT (Double-Pole Double-Throw) Switch | DPSS (Double-Pole Selector Switch) Saklar kutub-ganda lemparan-ganda. atau sebagai pengganti pasangan dua saklar SPDT atau sebagai pengganti pasangan dua saklar DPST untuk efisiensi. Biasanya satu kutub untuk listrik positif dan satu kutub untuk listrik negatif.Contohnya adalah DPST rocker switch. . Digunakan untuk memutus atau menghubungkan sambung dua jalur kelistrikan sekaligus.Umumnya digunakan sebagai saklar pemilih (selector) dua sirkuit.

sign lamp) sepedamotor. Digunakan untuk memutus atau menghubungkan sambung beberapa jalur kelistrikan sekaligus. MPST (Multi-Pole Single-Throw) Switch | Push-Button Saklar | tombol kutub-rangkap.DPDT Slide Switch Saklar geser kutub-ganda lemparan-ganda. Contoh saklar geser DPDT adalah seperti yang digunakan sebagai saklar pemilih lampu belok (turn lampu. Digunakan untuk memutus atau menghubungkan sambung tiga jalur kelistrikan sekaligus. TPST (Triple-Pole Single-Throw) Switch Saklar kutub-tiga lemparan-tunggal. .

KOMPONEN SAKLAR .C.

Penerangan pada tangga tersebut dapat menggunakan 1 buah lampu atau jika tangga tersebut lumayan panjang dapat menggunakan 2. Berikut penjelasan gambarnya. Berikut penjelasan gambar dari saklar tukar atau ada juga yang menyebut saklar 2 arah. Fungsi dari saklar tangga disamping untuk penerangan juga untuk menghemat pemakaian listrik karena kita dapat menyalakan maupun mematikan lampu penerangan tangga tersebut dari lantai bawah maupun lantai atas. sedangkan saklar yang digunakan adalah saklar tukar (saklar 2 arah). Hanya karena digunakan pada lorong maka kemudian disebut saklar lorong. Saklar ini digunakan untuk memindahkan / menukar nyala dari lampu pertama ke lampu kedua. atau beberapa lampu (sebut saja kelompok lampu).Dari istilah saklar tangga maka fungsinya tentu saja digunakan untuk memberi penerangan lampu pada daerah tangga tersebut. bahkan ada juga yang menyebut saklar hotel. CARA PEMASANGAN SAKLAR Pembahasan cara memasang saklar tangga (dapat juga di fungsikan sebagai saklar lorong) dimulai erlebih dahulu mengenal tentang saklar tukar (saklar 2 arah) atau SPDT switch singkatan dari Single Pole Double Throw switch. Jika konektor C terhubung pada titik 1 maka lampu 1 akan menyala dan lampu 2 akan mati dan sebaliknya jika konektor C terhubung pada titik 2 maka lampu 2 akan menyala dan lampu 1 akan mati. Sebenarnya saklar tangga hanya istilah karena berada disekitar tangga. 3. .D. Dari penjelasan tersebut maka saklar tangga sebenarnya terdiri dari 2 buah saklar yang dipasang pada daerah tangga bawah dan daerah tangga atas. Fungsi maupun cara kerjanya sama seperti saklar lorong.

Untuk kondisi lampu penerangan tangga dalam keadaan mati maka penjelasan mengenai koneksi dari kedua saklar tukar (saklar 2 arah) tersebut terlihat seperti gambar dibawah ini.Untuk kondisi lampu penerangan tangga dalam keadaan menyala maka penjelasan mengenai koneksi dari kedua saklar tukar (saklar 2 arah) tersebut terlihat seperti gambar dibawah ini. atau seperti gambar dibawah ini. .

kemudian kabel netral (biru) cukup sampai lampu. dan meliputi: MCB (Miniature Circuit Breaker)-dinilai saat ini tidak karakteristik A. . lebih dari 100 lainnya biasanya tidak disesuaikan.atau seperti gambar dibawah ini. JENIS PEMUTUS SIRKUIT Banyak klasifikasi yang berbeda pemutus sirkuit dapat dibuat. MCCB (Kasus Circuit Breaker Molded)-dinilai saat ini hingga 2500 A. Termal atau termal-magnetik operasi. berdasarkan fitur mereka seperti kelas tegangan. Dari gambar diatas masih disertakan jalur utama dari instalasi sampai pada T-doos terakhir. dan fitur struktural. E. tetapi apabila jalur utama yang melewati rangkaian saklar tangga tidak di teruskan ke instalasi lainnya maka pengunaan kabel phasa (hitam) cukup sampai saklar tukar 1 (SPDT switch 1). Saat perjalanan dapat diatur di peringkat yang lebih besar. Pemutus digambarkan di atas adalah dalam kategori ini. sedangkan kabel grounding (kuning) tidak digunakan. jenis menyela. operasi termal atau termal-magnetik. Mengenai pengawatan kabel dari pemasangan saklar tangga pada instalasi listrik terlihat seperti gambar dibawah ini. Pemutus sirkuit tegangan rendah Tegangan rendah (kurang dari 1000 VAC) tipe umum dalam aplikasi domestik. tipe konstruksi. komersial dan industry.

Sebuah sirkuit pemutus arus searah akan memiliki blow-out kumparan yang menghasilkan medan magnet yang cepat membentang busur ketika mengganggu arus searah. atau diatur dalam sebuah panel pemutus. Pemutus khusus yang dibutuhkan untuk saat ini langsung karena busur tidak memiliki kecenderungan alami untuk pergi keluar pada setiap siklus setengah untuk alternating current. Karakteristik pemutus sirkuit Tegangan Rendah diberikan oleh standar internasional seperti IEC 947. misalnya DC disediakan untuk jalur kereta bawah tanah. yang memungkinkan mereka untuk menjadi tersandung (dibuka) dan tertutup di bawah remote control. Pemutus sirkuit ini sering dipasang dalam undian-out kandang yang memungkinkan pemindahan dan pertukaran tanpa membongkar switchgear.Pemutus sirkuit listrik tegangan rendah dapat dipasang dalam multi-tingkatan dalam tegangan rendah switchboards atau lemari switchgear. Karakteristik perjalanan yang dikonfigurasi melalui DIP switch di panel depan. Gambar komponen pemutus sirkuit: Panel depan dari 1250 Sebuah rangkaian pemutus udara yang diproduksi oleh ABB. Pemutus sirkuit kecil baik dipasang secara langsung pada peralatan. Tegangan rendah pemutus arus yang juga dibuat untuk arus searah (DC) aplikasi. Besar tegangan rendah kasus dicetak dan pemutus sirkuit listrik mungkin memiliki operator motor listrik. Ini mungkin merupakan bagian dari suatu sistem saklar transfer otomatis untuk daya siaga. . Ini pemutus sirkuit listrik tegangan rendah dapat ditarik dari perumahan untuk servis.

Desain tertentu memanfaatkan kekuatan elektromagnetik selain yang dari solenoida.Biarkan saat ini ketika menyentuh dan memecahkan arus ketika bergerak terpisah. Kebanyakan pemutus dirancang sehingga mereka masih dapat perjalanan bahkan jika tuas dipegang atau terkunci di posisi "on". Hal ini kadang-kadang disebut sebagai "perjalanan gratis" atau "perjalanan positif" operasi. Desain mencakup komponen-komponen berikut: Aktuator tuas .memungkinkan produsen untuk tepat menyesuaikan perjalanan perangkat saat ini setelah perakitan. Juga menunjukkan status dari pemutus sirkuit (On atau Off / tersandung). Kontak . • Terminal Bimetal strip. Beberapa jenis pemutus magnetik menggabungkan fitur penundaan waktu hidrolik menggunakan cairan kental. • Solenoida Busur pembagi / pemadam Pemutus sirkuit magnetik Pemutus sirkuit magnetik menggunakan solenoid (elektromagnet) yang menarik meningkatkan kekuatan dengan saat ini. Seperti saat ini dalam meningkatkan solenoida luar rating pemutus sirkuit.digunakan untuk perjalanan dan reset secara manual pemutus sirkuit. • • Mekanisme aktuator .Para 10 ampere DIN rel-mount-magnetik termal pemutus sirkuit miniatur adalah gaya yang paling umum di modern unit konsumen domestik dan komersial papan distribusi listrik di seluruh Eropa. tarik solenoida yang melepaskan kait yang kemudian memungkinkan untuk membuka kontak dengan tindakan musim semi. Inti adalah dikendalikan oleh pegas . Kontak pemutus sirkuit diadakan ditutup dengan gerendel.Pasukan kontak bersama-sama atau terpisah. Kalibrasi sekrup .

atau untuk pemutus kecil. menggabungkan kedua teknik dengan elektromagnet menanggapi instan untuk lonjakan besar saat ini (sirkuit pendek) dan strip bimetal menanggapi sedikit ekstrim tapi jangka panjang kondisi over-saat ini. masing-masing konduktor hidup harus dilindungi oleh tiang pemutus. Pemutus ini memiliki 2 Peringkat A. Bagian termal dari pemutus sirkuit menyediakan "waktu terbalik" fitur respon yang memberikan respon yang lebih cepat atau lebih lambat untuk lebih besar atau lebih kecil dari arus masing-masing. Pemutus trip Umum Tiga tiang umum perjalanan breaker untuk memasok perangkat tiga fase. eksternal dapat mengikat kutub bersama melalui operasi mereka menangani. untuk memastikan bahwa tidak ada arus dapat mengalir kembali melalui kawat netral dari beban lain yang terhubung ke jaringan yang sama ketika orang perlu menyentuh kabel untuk pemeliharaan. dll arus sirkuit pendek memberikan kekuatan solenoida yang cukup untuk melepas kait terlepas dari posisi inti sehingga melewati fitur penundaan. Pemutus sirkuit terpisah tidak harus digunakan untuk memutuskan hidup dan netral.sampai saat ini melebihi rating pemutus. karena jika netral akan terputus sementara konduktor hidup tetap terhubung. Tiga-kutub pemutus trip umum biasanya digunakan untuk memasok listrik tiga fase listrik untuk motor besar atau papan distribusi lebih lanjut. Selama kelebihan beban. yang merupakan jenis yang ditemukan di papan distribusi yang paling. energi peralatan. Ambient suhu mempengaruhi waktu tunda tetapi tidak mempengaruhi nilai arus pemutus magnetik Pemutus sirkuit magnetik Termal Pemutus sirkuit magnetik termal. Ini baik mungkin berisi dua atau tiga mekanisme tersandung dalam satu kasus. sebuah "perjalanan bersama" pemutus harus digunakan. Untuk memastikan bahwa semua konduktor hidup yang terputus ketika setiap perjalanan tiang. Dua kutub pemutus trip umum adalah umum pada sistem 120/240 volt mana beban 240 volt (termasuk peralatan utama atau papan distribusi lebih lanjut) rentang dua kawat hidup. kecepatan gerak solenoida dibatasi oleh fluida. kondisi berbahaya muncul: sirkuit akan muncul de-energi (peralatan tidak akan bekerja). tapi kabel akan tetap hidup dan RCD tidak akan perjalanan jika seseorang menyentuh kawat . Ketika memasok sirkuit cabang dengan lebih dari satu konduktor hidup. Penundaan izin saat lonjakan luar biasa singkat berjalan saat ini untuk motor mulai. Dua dan empat kutub pemutus digunakan ketika ada kebutuhan untuk melepas kawat netral.

Udara-break pemutus sirkuit diganti unit minyak diisi untuk aplikasi indoor. Karakteristik pemutus MV diberikan oleh standar internasional seperti IEC 62271. tetapi sekarang mereka digantikan oleh sirkuit pemutus vakum (sampai sekitar 35 kV).000 karakteristik A. Pemutus sirkuit udara Nilai saat ini hingga 10. Pemutus sirkuit tegangan menengah dapat diklasifikasikan oleh media yang digunakan untuk memadamkan busur. Ini umumnya diterapkan untuk tegangan sampai sekitar 35. dimana pemutus tersebut diatur dalam menarik-out lampiran untuk kemudahan pemeliharaan. Vakum pemutus sirkuit-Dengan dinilai saat ini hingga 3000 A. . Sering digunakan untuk distribusi listrik utama di pabrik industri besar. meskipun beberapa model yang dikendalikan mikroprosesor melalui unit perjalanan terpisahkan elektronik. atau mungkin komponen individu dipasang di luar ruangan di sebuah gardu. Ini adalah mengapa hanya pemutus trip umum harus digunakan ketika beralih dari kawat netral diperlukan Pemutus sirkuit tegangan menengah Pemutus sirkuit tegangan menengah peringkat antara 1 dan 72 kV dapat dirakit menjadi logam tertutup switchgear up line untuk penggunaan dalam ruangan. Pemutus sirkuit tegangan menengah di saklar line-up yang sering dibangun dengan menarik keluar konstruksi. bukan mengandalkan built-in sensor arus termal atau magnet. khususnya di switchyards luar ruangan. Tegangan menengah pemutus sirkuit dapat terhubung ke rangkaian dengan koneksi kabur ke bar bus atau kawat. ini mengganggu pemutus arus dengan menciptakan dan pemadaman busur dalam wadah vakum. Trip sering sepenuhnya disesuaikan termasuk ambang dikonfigurasi dan penundaan perjalanan. Seperti pemutus sirkuit tegangan tinggi yang diuraikan di bawah ini. ini juga dioperasikan oleh arus relay pelindung penginderaan dioperasikan melalui transformator arus. Biasanya dikontrol secara elektronik. Vakum pemutus sirkuit cenderung memiliki harapan hidup lagi antara perbaikan dibandingkan udara pemutus sirkuit. memungkinkan pemutus yang akan dihapus tanpa mengganggu koneksi sirkuit listrik. Pemutus sirkuit SF6 memadamkan busur dalam ruang diisi dengan gas belerang heksafluorida.000 V. [7] yang sesuai kasar rentang tegangan menengah sistem tenaga. Pemutus sirkuit tegangan menengah hampir selalu menggunakan sensor saat ini terpisah dan relay pelindung.hidup (karena RCD perlu kekuatan untuk perjalanan).

5 kV atau lebih tinggi. Pemutus sirkuit tegangan tinggi Rusia 110 kV minyak pemutus sirkuit sirkuit 115 kV massal minyak pemutus 400 kV SF6 sirkuit pemutus tangki hidup Jaringan transmisi tenaga listrik dilindungi dan dikendalikan oleh pemutus tegangan tinggi. dengan arus relay pelindung penginderaan dioperasikan melalui transformator arus.menggunakan mekanisme yang dioperasikan motor atau tangan-menghidupkan untuk memisahkan pemutus dari kandang. Di gardu skema relay pelindung dapat menjadi kompleks. melindungi peralatan dan bus dari berbagai jenis overload atau tanah / bumi kesalahan. Pemutus tegangan tinggi hampir selalu solenoida yang dioperasikan. menurut definisi baru-baru ini oleh International Electrotechnical Commission (IEC). Definisi tegangan tinggi bervariasi tetapi dalam daya kerja transmisi biasanya dianggap 72. .

Tavrida listrik. Pemutus sirkuit tegangan tinggi digunakan pada sistem transmisi dapat diatur untuk memungkinkan tiang tunggal dari garis tiga fase perjalanan. atau tangki mati dengan kandang pada potensial bumi. Alstom. Pennsylvania Breaker. Končar HVS. Mereka yang paling sering digunakan untuk transmisi-tingkat tegangan dan dapat dimasukkan ke kompak gas terisolasi switchgear. Karena masalah lingkungan dan biaya lebih dari isolasi tumpahan minyak.Pemutus tegangan tinggi secara luas diklasifikasikan oleh media yang digunakan untuk memadamkan busur: • • • • • Massal minyak Minimum minyak Udara ledakan Kekosongan SF6 Beberapa produsen ABB. Mitsubishi Electric. GE (General Electric). Square D (Schneider Electric). BHEL. Pemutus sirkuit sulfur heksafluorida menggunakan kontak dikelilingi dengan gas belerang heksafluorida untuk memadamkan busur. Pemutus 1200kV diluncurkan oleh Siemens pada bulan November 2011. Siemens. pemutus yang paling baru menggunakan gas SF6 untuk memadamkan busur. . Pemutus sirkuit dapat diklasifikasikan sebagai tangki hidup. dimana kandang yang berisi mekanisme berada pada potensial melanggar garis. Tegangan tinggi AC sirkuit pemutus secara rutin tersedia dengan peringkat 765 kV sampai. pemanasan tambahan atau de-rating pemutus sirkuit mungkin karena pencairan gas SF6 diperlukan. Toshiba. CGL. Dalam cuaca dingin. bukan tersandung semua tiga kutub. untuk beberapa kelas kesalahan ini meningkatkan stabilitas sistem dan ketersediaan.

Dhanar Khairul [115060300111058]: Apa perbedaan SPST dengan saklar yg sekali pencet? 7. 2. maka akan menormalkan kembali tombol ke posisi semula dan sirkuit kembali ke status semula. M. M. Rico Chrisnanda Putra [115060305111001]: Apa perbedaan PTB dan PTM? 3.PERTANYAAN 1. M. Berbanding terbalik dengan PTM (Push To Make) yang akan menutup sirkuit ketika tombol ditekan. Riza Darmawan [115060307111011]: Apa maksud tulisan pada gambar toogle switch? JAWABAN 1. Desta Aran Putra [115060300111033]: Apa perbedaan single pole dan double pole? 2. Ikhwan Azhari [115060307111006]: Perbedaan toogle dan rocker selain dari bentuk? 6. . Gede Surya Adhi [115060300111048]: Antara saklar yang satu dan lainnya bisa dikombinasikan atau tidak? 9. Kholid Mawardi [115060300111053]: Saklar apa yang di gunakan pada lampu rumah? 8. Yahya Rizki Nugroho [115060307111021]: Di dalam mobil menggunakan switch apa? 4. Hendra Dwi Ramadhan [115060300111012]: Contoh perngaplikasian atau penggunaan TPST dan MPST? 5. Pada saklar single pole hanya dapat memutuskan dan menyambungkan satu jalur listrik sedangkan pada saklar double pole dapat memutuskan dan menyambungkan dua jalur listrik sekaligus. Jika tekanan dilepaskan atau terjadi tekanan berikutnya. PTB (Push To Break) merupakan tombol yang membuka sirkuit bila ditekan.

jika ditekan akan menyambungkan arus listrik dan ketika ditekan yang kedua kalinya (dimana keadaan tombol keluar) akan memutuskan arus listrik. Tapi sebenarnya TPST dapat dikatakan sebagai kombinasi antara SPST dan DPST. Toggle switch dan rocker switch hanya memiliki perbedaan dari segi bentuk. 7.3. karena SPST biasanya memiliki dua kutub untuk memutuskan dan menyambungkan. Seperti contohnya SPST tidak dapat dikombinasikan dengan PTB. Pada gambar toggle switch terdapat tulisan ON (250VAC 15A) dan OFF (125VAC 20A). 5. sedangkan PTB hanya dengan sekali tekan. . 4. 8. Suatu saklar dan saklar yang lainnya tidak dapat di kombinasikan. Saklar yang digunakan pada lampu rumah biasanya saklar rocker atau Rocker Switch. dari sisi lainnya kedua saklar ini memiliki fungsi yang sama yaitu memutuskan dan menyambungkan arus listrik. dikarenakan setiap saklar memiliki fungsi masing-masing. 6. Pada SPST ada dua kutub dimana kutub satu berfungsi untuk memutuskan arus listrik sedangkan kutub yang satunya lagi berfungsi untuk menyambungkan arus listrik. 9. Pada mobil menggunakan saklar kunci atau SPST key switch yang merupakan saklar yang berfungsi untuk melakukan pengamanan terbatas. Sedangkan tegangan paling minimum sebesar 125 Volt (arus bolak-balik) dengan arus 20 Ampere. Sedangkan saklar yang ditekan. Maksud dari tulisan ini maksimum tegangan yang masuk sebesar 250 Volt (arus bolak-balik) dengan arus 15 Ampere.

org/wiki/Sakelar http://guntala.com/2010/10/saklar-dan-tombol-switch-and-push.html http://electric-mechanic.id/2011/12/komponen-saklar-atau-switch.wordpress.wikipedia.smkdarunnajah.html http://fauzan.blogspot.com/2010/06/05/cara-memasang-saklar-tangga/ http://listrikmart.com/kategori/list/129/saklar.sch.html .REFERENSI http://id.

MATERI PRESENTASI TEKNOLOGI BAHAN ELEKTRIK TEMA: Saklar Jurusanteknikelektro Fakultasteknik UniversitasBrawijaya Malang 2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->