P. 1
bidang miring

bidang miring

|Views: 308|Likes:
Published by sultonarif
pesawat sederhana - bidang miring
pesawat sederhana - bidang miring

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: sultonarif on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2014

pdf

text

original

Bidang Miring Bidang miring merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang digunakan untuk memindahkan benda

dengan lintasan yang miring. Dengan menggunakan bidang miring beban yang berat dapat dipindahkan ketempat yang lebih tinggi dengan lebih mudah, artinya gaya yang kita keluarkan menjadi lebih kecil bila dibanding tidak menggunakan bidang miring. Semakin landai bidang miring semakin ringan gaya yang harus kita keluarkan.

Untuk mengangkat beban yang beratnya (w) ke tempat yang tingginya (h) diperlukan kerja sebesar W = w x h, apabila usaha sebesar W melalui bidang miring yang panjangnya (s) maka diperlukan kerja sebesar W = F x l. Karena kerja yang dilakukan sama besar, maka dapat dirumuskan sebagai berikut :

wxh=Fxl
Keterangan : w = berat beban ( satuannya Newton ) h = tinggi ( satuannya meter ) l = panjang lintasan miring ( satuannya meter ) F = gaya kuasa untuk mengangkat beban ( satuannya Newton )

Dalam bidang miring berlaku sebagai berikut:
 

Makin landai bidang miring, maka makin kecil gaya yang dibutuhkan, akan tetapi jalan yang dilalui lebih panjang. Makin curam suatu bidang miring, maka makin besar gaya yang dibutuhkan, akan tetapi jalan yang dilalui lebih pendek.

Bidang miring ada dua jenis: 1. Baji Baji adalah pesawat sederhana yang prinsip kerjanya sama dengan bidang miring. Baji merupakan dua bidang miring yang disatukan. Baji terbuat dari bahan keras, misalnya besi atau baja. Baji digunakan untuk membelah kayu, membelah batu, atau benda keras lainnya. Semakin tipis bentuk baji, semakin mudah kerja yang dilakukan. Contoh : Kapak, pisau, dan pahat

2. Sekrup Sekrup adalah bidang miring yang diputarkan pada tabung secara spiral. Jika kamu mengamati sebuah sekrup, kamu akan lihat uliran berupa bidang miring yang bergerak dari ujung sekrup hingga dekat puncaknya. Saat kamu memutar sekrup, uliran seolah-olah menarik sekrup ke dalam kayu. Sebenarnya, bidang miring pada sekrup itu bergeser melalui kayu. Contoh : dongkrak mobil mekanik, paku ulir, dan baut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->