Pengertian Buku KIA dan Manfaat Pentingnya Bagi Ibu dan Anak

Saturday, June 2, 2012

Pengertian buku KIA dan manfaat penggunaan buku KIA bagi Ibu dan anak. Buku KIA merupakan buku wajib yang harus dimiliki oleh setiap ibu yang baru hamil s.d anak tumbuh menjadi balita, Manfaat dari buku KIA sendiri adalah :
     

Untuk mengetahui kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, KB, bayi lahir, bayi dan balita. Untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita. Untuk mengetahui status imunisasi ibu hamil dan bayi. Untuk mengetahui riwayat penyakit bayi dan balita. Untuk syarat pengajuan akte kelahiran ke capil, dan beasiswa, syarat masuk sekolah (TK, SD, Pertukaran pelajar ke luar negeri) Untuk alat komunikasi, rujukan.

Jika anda sudah tau manfaat BUKU KIA maka anda juga harus tau apa saja isi yang terkandung dalam buku KIA, berikut ini adalah isi dari buku KIA : KESEHATAN IBU Meliputi: 1. IDENTITAS KELUARGA 2. PEMERIKSAAN KEHAMILAN 7 T yang meliputi : - TD - Timbang BB, - TB dan ukur LILA - Tetanus Toxoid - Tambah Darah - Tes Laborat - Temu Wicara KESEHATAN ANAK Meliputi: 1. Perawatan bayi baru lahir sampai balita. 2. Perawatan sehari-hari balita. 3. Perawatan anak sakit. 4. Cara memberi makan anak-anak 5. Cara merangsang perkembangan anak. Dari kelima hal diatas dapat dilihat dalam cacatan kesehatan anak dan KMS yang ada di dalam buku KIA.

manfaat buku KIA bagi ibu dan anak Buku KIA saat ini sangat penting karena saat masuk TK maupun SD beberapa pemerintah Kota mensyaratkan adanya Buku KIA dalam pendaftarannya, jadi jika anda ibu hamil belum memiliki buku KIA sudah saatnya anda segera meminta ke bidan atau dokter dan puskesmas terdekat anda. You might also like:  Sebenarnya Apakah Manfaat Buku KIA  Cara Mengetahui dan Mengatasi Penyakit Gigi dan Gusi Pada Anak-Anak  Berjuta Manfaat Kolostrum Bagi Bayi Anda  Apa Yang Bisa Dilakukan Ibu Jika Gigi Anak Gigis / Rampan / Rusak
LinkWithin

Posted by tyanova Newer Post Older Post Home

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful