Usaha dan energi

BAB I PENDAHULUAN A. Petunjuk Penggunaan Modul Selamat Anda dapat menyelesaikan modul III dengan sukses. Anda akan mempelajari modul IV Fisika di kelas XI IPA ini tentang Kinematika Dengan Analisis Vektor. Modul ini merupakan kelanjutan dari Modul I FISIKA XI tentang Gerak. Jika Anda sudah lupa tentang isi modul tersebut, silahkan dibaca kembali. Modul ini akan memepelajarin Usaha eneri dan daya serta pada bagian lain akan dipelajari energi potensial dan gaya konservatif Selanjutnya, untuk dapat memahami materi dalam modul Fisikka XI IPA ini, silahkan Anda ikuti petunjuk berikut ini : Bacalah setiap penjelasan pada tiap-tiap kegiatan dengan baik Kerjakan latihan dan kegiatan serta tes dalam modul ini sendiri atau berkelompok. Cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban yang ada di akhir modul ini Lakukan kegiatan praktikum (praktek) di laboratorium, dan jangan lupa ikuti petunjuk kegiatan yang ada pada uraian kegiatan belajar ataupun pada LKS.

-

-

Jika Anda mengalami kesulitan memahami materi yang ada dalam modul ini, silahkan diskusikan dengan teman atau guru pembimbing Jangan memaksakan diri sebelum betul-betul menguasai bagian demi bagian dalam modul ini, karena masing-masing saling berkaitan Jika anda belum menguasai 70% dari setiap kegiatan, maka ulangi kembali langkah-langkah di atas dengan seksama Bacalan buku-buku fisika selain modul ini untuk memperbanyak latihan soal dan mempermudah pemahaman anda.

-

Selamat belajar, semoga sukses.

.

Modul Fisika XI 1

Memformulasikan hubungan antara gaya energi usaha dan daya kedalam bentuk persanaan 2. Menunjukkan kaitan usaha dengan perubahan energi kinetic 3. Tujuan Pembelajaran Yang Ingin Dicapai : 1. Acuan Kompetensi Standar Kompetensi: Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik Kompetensi Dasar: Menganalisis hubungan antara usaha perubahan energi dengan Hukum Kekekalan Energi Mekanik C. Memformuilasikan konsep daya kedalam bentuk persamaan dan kaitannya dengan usaha dan energi 4.Usaha dan energi B. Merumuskan hubungan gaya konservatif dengan energi potensial dan hokum kekekalan energi mekanik Modul Fisika XI 2 .

Dalam SI. meter (1kJ =1000 J. satuan usaha adalah joule (J). Secara matematis. 1 joule = 1 newton . Hitunglah usaha total. Usaha. Hitunglah usaha oleh tiap-tiap gaya Penyelesaian : Modul Fisika XI 3 . maka Dengan adalah sudut terkecil antara F dan .5 kg didorong ke atas sebuah bidang miring kasar oleh gaya konstan 15 N yang bekerja searah dengan bidang miring melawan gaya gesekan 2. definisi tersebut ditulis dengan rumus Untuk gaya (F) searah dengan perpindahan . seperti gambar. Balok itu berpindah sejauh 2 m pada bidang miring.s) Y N P f h=1. Usaha Usaha dalam Fisika hanya dilakukan oleh gaya yang bekerja pada benda. b.Usaha dan energi BAB II KEGIATAN BELAJAR A.(g=10 m/s. dan daya a. Kegiatan Belajar I 1. 1 MJ = 1 000 000 J).6 m P=15 N mg (b) (a) a. Usaha (diberi lambing W. energi. 1 erg = b. dan suatu gaya dikatakan melakukan usaha pada benda hanya jika gaya tersebut menyebabkab gaya berpindah.7 N. dari bahasa Inggris “work”) didefinisikan sebagai hasil kali komponen gaya searah perpindahan ( dengan besar perpindahan ( ). Contoh soal Sebuah balok yang bermassa 1.

Ketika gaya konstan F diberikan selama benda menempuh jarak F . searah dengan perpindahan Usaha oleh setiap gaya dihitung dengan persamaan 1) 2) 3) 4) (b) Usaha total merupak jumlah seluruh usaha yang bekerja pada balok B. Energi a. yaitu 1) Gaya berat mg. membentuk sudut( ada terhadap perpindahan 2) Gaya N. benda akan bergerak dengan percepatan Modul Fisika XI 4 . membentuk sudut terhadap perpindahan terhadap perpindahan 4) Gaya dorong P. Energi potensial Energy kinetic bergantung pada massa dan kelajuan benda.Usaha dan energi a. Perhatikan segitiga siku-siku pada gambar (a) empat gaya yang bekerja pada balok (gambar b). Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut ini F Posisi awal Posisi akhir v Sebuah benda bermassa m yang diam pada permukaan yang dianggap licin(tanpa gesekan). membentuk sudut 3) Gaya f.

yaitu energy kinetic akhir dikurang energy kinetik awal. usaha yang dilakukan pada benda W = F seluruhnya diubah menjadi energy kinetic benda pada Ek = FF . Jadi. Secara matematis kita dapat menuliskan sebagai berikut C. energy kinetiknya meningkat 2 kali lipat. Teorema Usaha-energi dikenal sebagai berikut Teorema Usaha-energi Usaha yang dilakukan oleh gaya resultan yang bekerja pada suatu benda sama dengan perubahan energy kinetic yang dialami benda itu. energy kinetic (Ek) sebanding dengan massa benda m dan kuadrat percepatannya( ). jika kecepatan dilipatgandakan. Akan tetapi.Usaha dan energi tetap a sampai mencapai kecepatan akhir v. Dengan menggunkan keadaan akhir. energy kinetic meningkat 4 kali lipat. Modul Fisika XI 5 . Daya Daya didefinisikan sebagai laju usaha dilakukan atau besar usaha per satuan waktu. Jika massa dilipatgandakan. Ek = W atau peramaan kecepatan dari GLBB Sehingga Energi kinetic dapat ditulis dengan Ek = F = Jadi. Jadi daya( lambing P) dihitung dengan membagi usaha (W) yang dilakukan terhadap selng waktu (t) lamanya melakukan usaha.

berapakah jarak yanag ditempuh mobil sebelum berhenti ? 3. maka kita peroleh Satuan SI untuk daya adalah watt (W). Jika benda licin yang membentuk sudut bergeser 7 meter. bola lampu 60 W melakukan usaha lebih besar daripada lampu 25 W. Mimibus tersebut memasuki jalur cepat dorongnya rata-rata dengan kelajuan 8 m/s dan keluar dari jalur tersebut memasuki jalan Modul Fisika XI 6 . boal lampu 25 W berarti lampu melakukan usaha dengan laju 25 joule tiap sekon. seperti setrika listrik.Usaha dan energi Karena usaha = gaya x perpindahan ( W = F dapat kita tulis dengan karena perpindahan ( ). berapakah usaha yang dilakukan gaya berat ? 2. Sebuah mobil bermassa 1300 kg sedang bergerak dengan kelajuan 10 m/s ketika mesin dimatikan. Karena dalam 1 sekon. dayanya dinyatakan dalam daya kuda atau power horse (disingkat hp) 1hp = 746 Watt Anda mungkin sudah mengetahui satuan watt yang banyak dipakai untuk menyatakan spesifikasi peralatan listrik. bola lampu 6 W melakukan usaha sebesar 60 joule. Sebuah benda dengan massa 6 kg meluncur pada bidang miring terhadap horizontal. Sebuah minibus bermassa 1500 kg memiliki mesin yang gaya . Jika gaya gesekan yang bekerja pada mobil adalah 400 N. sebagai contoh misalnya. televise. mesin-mesin mobil dan motor. maka persamaan daya dibagi selang waktu (t) sama dengan kecepatan rata-rata ( ). D. kulkas dsb. Latihan soal Kerjakan soal-soal berikut ini beserta langkah-langkahnya ! 1. khususnya dalam peralatan teknik seperti pompa. dalam satu sekon yang sama. diperoleh hubungan satuan dalam SI Dalam keseharian..

eergi kinetic keduanya menjadi sama. Ketika kedua mobil menambah kelajuan sebesar 5. dan (d) resultan gaya yang bekerja pada balok ! 5. (b) gaya normal. Hitunglah usaha yang dilkukan oleh (a) gaya dorong. Hitunglah energy kinetic mobil yang massanya 1. Mobil pertama bermassa dua kali mobil kedua. berapakah daya Anda ? dalam waktu 15 sekon. berapakah panjang jalur jalan cepat ynag dilalui minibus itu ? 4. berapakah gaya rata-rata yang dikerjakan air pada perenang ? (gunakan persamaan P = Fv ).Usaha dan energi raya dengan kelajuan 35 m/s. (c) gaya berat.600 kg ketika mobil itu sedang berjalan dengan kelajuan 50 km/jam. Jika g 7. Berapaka kelajuan awal mobil tersebut ? Modul Fisika XI 7 .0 m/s. 8. Dengan factor berapakah energy kinrtiknya berubah jika kelajuannya menjadi dua kali semula ? 6. Sebuah balok massanya 5 kg didorong sejauh 3 m sepanjang permukaan horizontal tanpa gesekan oleh gaya yang besarnya 16 N dan arahnya membentuk bibawah horizontal.0 s.0 m . tetapi energy kinrtiknya hanya setengah kali mobil kedua. Anda yang bermassa 50 kg mampu menaiki tangga setinggi 4. Seorang perenang mengerahkan daya rata-rata 175 W ketika menempuh jarak 100 m dalam waktu 72. Berapakah energy kinetic seekor nyamuk bermassa 0.75 mg yang sedang terbang dengan kelajuan 40 cm/s ? 9.

Sebuah peti 6 kg ditarik dengan gaya tetap F = 50 N yang arahnya terhadap horizontal (sin a. Sebuah gaya P = 10 N menghambat gerakan peti itu. c. Modul Fisika XI 8 . Hitunglah usaha total yang dilakukan peti. =0. Peti berpindah sejauh 3 m ke kanan. Hitunlah usaha yang dilakukan oleh setiap gaya yang bekerja pada peti.Usaha dan energi 10. Gambarlah diagram bebas peti b.6).

Usaha dan energi B. Ini dinyatakan oleh Gaya gavitasi itu kita sebut dengan Gaya Newton. gaya gravitasinya bervariasi dan sebanding dengan kuadrat jarak. Modul Fisika XI 9 . berapakah usaha yang dilakukan oleh gyaa berat konstan. dari pusat Bumi. maka dapat kita sebut medan gravitasi Bumi. b. Usaha oleh gaya berat Disekitar suatu benda bermassa terdapat medan yang memenuhi ruang. r. Jika benda yang menghasilkan medan gravitasi adalah Bumi. Kegiatan Belajar II 1. Usaha oleh gaya konservatif Gaya konservatif merupakan usaha oleh gaya gesekan yang tidak bergantung pada lintasan yang ditempuh benda. Usaha oleh gravitasi Newton Untuk benda yang jauh dari permukaan Bumi (h>10 km). substitusi w = mg Usaha oleh gaya berat c. ketika benda berpindah dari posisi 1 dengan ketinggian ke posisi 2 dengan ketinggian adalah ? usaha oleh w dengan perpindahan Sedangkan dan . Oleh karena itu. benda bermassa m yang berada dekat denngan permukaan Bumi akan mengalami gaya gravitasi konstan W = mg Dari gambar berikut ini. disebut medan gravitasi. sehingga .w. Energi potensial dan gaya konservatif a.

memerlukan usaha W. Karena gaya ketika benda ke posisi (2) dengan . maka berlawanan dengan perpindahan Modul Fisika XI 10 . Secara matematis dapat dituliskan : )dan energy potensial Jika ditentukan yang sangat jauh ( .Usaha dan energi Berdasarkan Gambar tersebut. Usaha oleh gaya pegas Untuk simpangan x diukur dari posisi keseimbangan (pada saat posisi x=0). untuk memindah benda bermassa m dari P ke Q melawan gaya gravitasi yang ditimbulkan oleh massa Bumi M. yaitu selisih energy potensial akhir ( awal ( ). gaya pegas dapat dinyatakan sebagai Berapakah usaha yang dilakukan oeh gaya pegas. besar usaha adalah sama dengan tambhaan energy potensial m. berpindah dari posisi (1) dengan simpangan simpangan . persamaan diatas menjadi sebagai acuan sehingga d.

maka Usaha oleh Gaya pegas e. Selanjutnya. energy potensial gravitasi suatu benda didefinisikan sebagai hasil kali berat benda m g dengan ketinggian h dari suatu bidang acuan tertentu. Misalnya kelereng di atas meja memiliki energy potensial. Hubungan energi konservatif dan energi potensial Bentuk energi yang sering kita jumai dlam kehidupan sehari-hari adalah energy potensial gravitasi. Energy potensial gravitasi yang dimiliki benda disebabkan oleh ketinggiannya terhadap bidang acuan tertentu. akan tertarik oleh gaya tarik bumi (gaya gravitasi bumi) sehingga benda jatuh. Energy potensial gravitasi dapat dirumuskan Jika titik acuan berbeda. Modul Fisika XI 11 . Akibat ketinggian ini.Usaha dan energi Dengan menggunakan integral. Secara umum jika benda yang berada pada ketinggian awalnya acuan dan ketinggian besar perubahan energy potensialnya adalah di atas titik diatas titik acuan. Jika kelereng dibiarkan jatuh dari atas meja. jika benda dibebaskan. energy potensial pada suatu titik juga berbeda. Dalam perhitungan kuantitatif. tetapi perubahan energy potensial antara dua titik tetap sama. kelereng akan dapat melakukan usaha. energy potensial gravitasi cukup disebut energy potensial.

Jika hanya gaya berat yang bekerja pada benda (tanpa gaya luar). Kegiatan Belajar II 1. Dengan demikian C. ditulis Dengan menyamakan persamaan (*) dan (**) diperoleh atau didefinisika sebagai energy total system. maka usaha – usaha yang dilakukan oleh gaya konstan untuk memindahkan benda sama dengan perubahan energy kinetic. Jumlah antara energy potensial dan energy kinetik dalam selalu memiliki besar yang tetap atau konstan.Usaha dan energi Energy potensial benda dapat bernilai negative jika benda berada dibawah titik acuan. ditulis Misalkan kelajuan pada kedudukan 1 adalah v1 dan kelajuan pada kedudukan 2 adalah v2. Dalam hal ini ketinggian (h) bernilai negatif. usaha yang dilakukan gaya berat benda w dari kedudukan 1 ke keduduka 2 sama dengan pengurangan energy potensial. berlaku EM Modul Fisika XI 12 . diberi lambing EM. Hukum kekekalan energi mekanik Pada system mekanikan akan terjadi suatu perubahan energy potensial menjadi energy kinetik. Perhatikan gambar berikut ini : Benda bermassa m yang jatuh .

gerak vertical ke atas. sama dengan energy mekaniknya 2. . Energy mekaniknya terdiri dari energy potensial gravitasi EP = mgh dan energy kinetic b. Pernyataan tersebut dikenal dengan hukum Kekekalan Energi Mekanik. sedangkan energy kinetic Ek mencapai nilai maksimum. energy mekaniknya terdiri dari energy potensial elastis dan energi kinetik benda kekekalan energi mekanik dapat ditulis . Hubungan energy konservatif dan hokum kekekalan energy mekanik a. Pada setengah perjalanannya. Pada saat menyentuh tanah (bidang acuan). untuk kasus benda jatuh bebas dapat disimpulkan sebagi berikut : 1. yang berbunyi: pada system yang terisolasi (hanya bekerja gaya berat dan tidak ada gaya luar yang bekerja) selalu berlaku energy mekanik total suatu system. energy potensial berkurang dan berubah menjadi energy kinetic.Usaha dan energi konstan. dan gerak peluru. Pada keadaan selanjutnya. seluruh energy potensial berubah menjadi energy kinetic sehinggga energy potensial Ep = 0. sehingga hukum Modul Fisika XI 13 . misalnyapada kasus gerak jatuh bebas. 3. B. Pada kedudukan awal. misalnya pada kasus gerak benda yang dihubungkan ke ujung pegas mendatar. sedangkan energy potensial Ep mencapai nilai maksimum. kelajuan sama dengan nol. Gaya berat Untuk system yang bergerak di bawah gaya berat. sehingga energy kinetic Ek=0. Berkaitan dengan hokum kekekalan energy mekanik. sehingga hokum kekekalan enrgi mekanik dapat ditulis Gaya pegas Untuk system yang bergerak dibawah pengaruh gaya pegas. sama dengan energy mekaniknya. besar energy potensial sama dengan besar energy kinetic.

1. energi potensial dan energi mekanik pada saat benda berada pada ketinggian : (a) 20m diatas tanah. 2. Tentukan besar energi kinetic. Panjang sebuah pegas yang menggantung dalam keadaan normal adalah 20 cm. Sebuah balok bermassa m diatas meja licin diikat pada ujung sebuah pegas mendatar dengan ketetapan gaya k. Benda bermasa 2 kg berada pada ketinggian 20m diatas tanah (g=10m/s2). Ambil jari-jari bumi 6400 km. Benda tersebut mengalami jatuh bebas. 1. Setengah jari-jari bumi. Contoh soal Sebuah bola logam bermassa 0. gesekan pada lintasan AB. b. Tentukan usaha total yang dilakukan gaya . bial pada ujung pegas digantungkan beban bermassa 50 gram. pegas ditekan ke posisi x = -A (lihat gambar). Tentukan kecepatan balok ketika melalui titik keseimbangan (x = 0) Modul Fisika XI 14 . Soal evaluasi Tentukan usaha yang diperlukan untuk memindahkan sebuah Kerjakanlah soal-soal berikut ini beserta langkah-langkahnya ! benda seberat 24 N dari permukaan Bumi ke suatu tempat dengan ketinggian sama dengan : a. a. panjang pegas menjadi 25 cm.4 kg diluncurkan keataas pada lintasan melengkung dengan kelajuan awal 10 m/s. berapakah energy potensial elastis system ketika beban tersebut disimpangkan sejauh 4 cm? 3. balok bergerak bolak-balik sepanjang meja licin. lintasan AB kasar. jika diketahui g =10 a. bola mulai bergerak dari titik A dan berhenti di titik B.(b) 10m diatas tanah d.Usaha dan energi c. Ketika dibebaskan. Dua kali jari-jari bumi.

jarak tepi jurang adalah 40 m diatas tanah. tentukan Sebuah peluru dengan massa 200 gram ditembakkan vertical ke kecepatan balok ketika melalui titik keseimbangan. A = 4 cm. Jika m = 0. Berapa cepat bola itu sedang bergerak sesaat sebelum bola menyentuh tanah ? Modul Fisika XI 15 .5 kg. 4. Ketinggian maksimum yang dicapai peluru. b. hitunglah : a. c. Energi kinetik peluru pada ketinggian 40 m Sebuah bola meluncur dari tepi jurang sperti ditunjukkan pada gambar. 5.Usaha dan energi b. Bola ini tidak berputar. Kelajuan horizontal bola saat meninggalkan tepi jurnag adalah 20 m/s. atas dari permukaan tanah dengan kecepatan 60 m/s. dan k = 200 N/m. Energy peluru titik tertinggi.