FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG MODUL MATERI PEMBELAJARAN MK DASAR ILMU TANAMAN (6 SKS) SEMESTER GANJIL 2008

-2009 Materi Pembelajaran KePola Pembelajaran Metode Pembelajaran Program Studi Jumlah Mahasiswa : : : : 5. Pembelahan Sel SCL (Student Centered Learning) SGD (Small Group Discussion) Agroteknologi : (6 kelas) Agribisnis : (4 kelas) : Per Kelas @ 40 – 44 Orang Dibagi 8 Kelompok @ 5 – 6 Orang

A. PENDAHULUAN Kemampuan organisme untuk memperbanyak diri merupakan salah satu ciri yang membedakan organisme hidup dari benda mati. Setiap organisme terdiri dari sel-sel. Setiap sel berasal dari sebuah sel. Keberlanjutan dari kehidupan organisme berdasar pada keberlanjutan pembelahan sel. Proses pembelahan sel merupakan bagian yang integral dari siklus sel. Siklus sel yaitu kehidupan sebuah sel semenjak sel itu terbentuk dari pembelahan sel induk sampai sel tersebut membelah menjadi dua sel anak. Pembelahan sel juga memungkinkan sebuah sel tunggal berupa zygot, yaitu sebuah sel telur yang telah dibuahi, untuk tumbuh dan berkembang menjadi suatu organisme baru. Apabila sebuah organisme uniseluler membelah secara mitosis menjadi dua sel anak, maka masing-masing sel anak tersebut merupakan individu organisme tersebut. Walaupun suatu organisme multiseluler pertumbuhannya sudah maksimum, pembelahan sel secara mitosis akan terus berlanjut untuk memperbaharui, memperbaiki atau mengganti sel-sel yang rusak atau mati. Pembelahan sel secara mitosis mencakup proses penggandaan materi informasi gen yang identik, yaitu DNA dan kromosom, serta pendistribusiannya ke kedua sel anak yang terbentuk. Pembelahan sel secara meiosis mereduksi jumlah kromosom sel alat kelamin yang diploid menjadi 4 sel kelamin yang haploid. Agar pembelahan sel dapat dipahami dalam kaitannya dengan pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi tanaman, maka perlu dikaji pengetahuan tentang proses pembelahan sel secara amitosis, mitosis, meiosis, penyimpangan mitosis, perubahan kariotipe dan poliploidi.

Erni Suminar. 3. Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Farida. Penyimpangan mitosis. KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN Setelah mahasiswa membahas materi pembelajaran tentang pembelahan sel pada butir D (BAHAN PUSTAKA WAJIB) diharapkan mahasiswa mampu : 1. Kadapi. Cucu Suherman. BAHAN PUSTAKA WAJIB Ade Salimah dan Erni Suminar. Definisi. mitosis dan meiosis. Memahami penyimpangan mitosis. NA and JB Reece. 2. MATERI PEMBELAJARAN Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Memahami proses pembelahan sel secara amitosis. D. mitosis dan meiosis beserta tahapantahapannya. Intan Ratna Dewi Anjarsari. 1247 pp. 2002. Inc San Fransisco. PERTANYAAN-PERTANYAAN Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan didiskusikan dalam kelompok untuk didokumentasikan. C. proses dan fungsi pembelahan sel secara amitosis. Pembelahan Sel. E. serta apa perbedaan antara metafase awal dan metafase akhir. mitosis dan meiosis. Murgayanti. 3. 2007. Biology Sixth Edition. perkembangan dan reproduksi tanaman. Arief Soleh dan Syariful Mubarok. dipresentasikan. Moch. Cumming Publishing Company. 2. . 4. Kariotipe dan perubahan kariotipe 4. Jelaskan perbedaan secara garis besar antara amitosis. telofase awal dan telofase akhir. dikomentasi dan dinilai pada saat tatap muka: 1.B. perubahan kariotipe dan poliploidi dalam kaitannya dengan pertumbuhan. Sebutkan 9 fase dari mitosis secara berurutan. 2. Dalam : Ade Salimah. Campbell. Handout Mata Kuliah Biologi. maka mahasiswa difasilitasi materi pembelajaran tentang pembelahan sel pada butir D (BAHAN PUSTAKA WAJIB) dengan submateri sebagai berikut : 1. apa perbedaan antara profase awal dan Jelaskan apa perbedaan antara anafase awal dan anafase akhir serta perbedaan antara profase akhir. Mira Ariyanti . Poliploidi. Jelaskan apa yang terjadi pada interfase.

Mutasi c. dan mendiskusikan materi pembelajaran tentang pengenalan tumbuhan dan tanaman yang dirangkum pada butir D (BAHAN PUSTAKA WAJIB). Benang-benang kromatin c. F. Translokasi. Mahasiswa per kelompok :  Mempelajari. 12. a. 3 tahapan dari meiosis II. 10. Mutan d. memahami. Apa yang dimaksud dengan : kandung embryo. . Kromatid d. pada perubahan kariotipe secara struktural. Kapan dan dimana terjadi mitosis serta kapan dan dimana terjadi meiosis. Geminus 7. KEGIATAN MAHASISWA PER KELOMPOK SEMINGGU SEBELUM TATAP MUKA Mahasiswa per individu : mempelajari dan memahami materi pembelajaran tentang pengenalan tumbuhan dan tanaman untuk persiapan menghadapi pre-test. a. Poliploidi 11. serta 5 tahapan dari Apa yang dimaksud dengan : profase I. 9. Inversi e. Sebutkan 5 kelebihan dan 5 kekurangan/kelemahan dari tumbuhan poliploidi. 6. 8. Sinapsis e. Kromosom b. Jelaskan apa yang terjadi pada pembelahan inti bebas dalam pembentukan sel induk Jelaskan apa yang terjadi pada pembelahan sel bebas dalam pembentukan sel ascus. Duplikasi d. Defisiensi c.5. Mutagen b. Apa yang dimaksud dengan : a. Fragmentasi b. Sebutkan 4 tahapan dari meiosis I.

 Menjawab dan mendiskusikan serta mendokumentasikan jawaban pertanyaan-pertanyaan tentang pengenalan tumbuhan dan tanaman yang tercantum pada butir E (PERTANYAANPERTANYAAN). Mahasiswa per kelompok :    Menjawab pertanyaan-pertanyaan pada butir E (PERTANYAAN-PERTANYAAN) Mengomentari jawaban pertanyaan yang disampaikan oleh kelompok lainnya. komentar. . PADA SAAT TATAP MUKA DI KELAS Mahasiswa per individu : menjawab dan menilai soal-soal yang dibagikan pada saat tatap muka. Menilai jawaban pertanyaan. dan mengelola diskusi kelompok yang sedang berjalan.