Dari Soal Tugas UTS yang sdr buat yakni mengenai PLTBiogas, PLTHybrid (Angin-SuryaGelombang-Biomassa), PLTA

, PLTGL, PLTS, PLTU, PLTSolar, PLTHybrid, PLTMH, PLTSa, PLTGU, PLTPB, PLTN, PLTPL-OTEC, PLTPS, PLT “TOTO”. Kelompokkan pembangkit tersebut di atas. Jawab : Berdasarkan bahan bakar atau jenis sumber energy yang digunakan, maka berbagai pembangkit listrik di atas dapat dibagi menjadi : PLTS, PLTU, PLTSolar, PLTSa, PLTGU, PLTN, PLTPL-OTEC

-Surya-Gelombang-Biomassa), PLTA, PLTGL, PLTS, PLTHybrid, PLTMH, PLTSa, PLTPB, PLTN, PLTPL-OTEC, PLTPS, PLT “TOTO” A. Uraikan secara singkat Resume dari Tugas UAS sdr dari berbagai aspek, yaitu Aspek Teknis dan Peralatan yang digunakan, Aspek Ekonomi, Aspek Lingkungan dan Aspek Sosio-Budaya! Jawab: Tugas UAS saya adalah mengenai PLTPL-OTEC Sistem Tertutup.

. .42 juta /MW dan biaya produksi listrik US$ 0. .Untuk OTEC sistem tertutup. yaitu suhu hangat yang diperoleh dari permukaan laut dan suhu dingin yang diperoleh dari laut dalam. seperti PLTPL-OTEC. . . . maka amonianya dapat menyebabkan polusi di lautan. .Tidak menghasilkan gas rumah kaca dan limbah lainnya. .Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC) adalah teknologi untuk menkonversi energi termal yang ada pada laut akibat radiasi sinar matahari menjadi tenaga listrik. akan mengurangi ketergantungan akan bahan bakar fosil. .Medium cair berupa zat dengan titik didih rendah seperti amonia.Proses pembangkitannya memanfaatkan panas yang ada di lautan.Karena OTEC belum dikomersialkan.Lokasi jauh dari lokasi pemanfaatan. Karena PLTPL-OTEC ini terletak di laut atau di dekat laut. Aspek Teknis dan Peralatan yang digunakan : . -Budaya .Pompa : untuk membantu mengalirnya cairan pada sistem.Kondensor : fungsi dari kondensor adalah untuk mengembunkan uap dari turbin.Efisiensi dari sistem pembangkitan jenis ini masih di bawah 5% sehingga untuk diterapkan secara besarbesaran akan cukup sulit mengingat biaya pembangunan PLT-PL ini sangat besar. . . apabila terdapat kebocoran.Meskipun biaya operasi atau produksinya jauh lebih murah daripada menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak.Pipa : sebagai tempat mengalirnya cairan dan uap. maka biaya tepatnya belum dapat dipastikan. . namun biaya pembangunannya sangat mahal.Skala keekonomian OTEC mencapai kapasitas 100 MW dengan biaya investasi mencapai US$ 2.Evaporator : merupakan bagian yang berfungsi sebagai penguap fluida .068 /kWh.Turbin uap : merupakan alat yang dapat berputar apabila terdapat aliran uap dengan memanfaatkan energy kinetik yang dihasilkan oleh aliran uap tersebut. . .Generator : alat konversi energy mekanik menjadi energy listrik. sehingga lebih tepat digunakan untuk skala kecil.Pemanfaatan energi baru.

tidak mampu untuk menyediakan supplai yang cukup pada saat beban puncak. Jenis pembangkit yang digunakan adalah pembangkit yang biaya bahan bakarnya murah dan standby operasinya lama (waktu penyalaan pembangkit sampai dapat memproduksi listrik). . Jawablah pertanyaan berikut secara singkat : 1) Pembangkit Listrik Base Load dan jenis pembangkit yang digunakan! 2) Pembangkit Listrik Peak Load dan jenis pembangkit yang digunakan! 3) Apa yang dimaksud dengan Captive Power? Jelaskan! 4) Jelaskan pengertian SSM dan DSM! Jawab : 1) Pembangkit Listrik Base Load adalah pembangkit yang bertugas untuk menangani beban dasar listrik sehari-harinya. . PLTA. Kondisi beban puncak ini hanya berlangsung selama beberapa jam saja. PLTN.Tidak menghasilkan polusi yang mungkin mengganggu masyarakat sekitar. Contoh pembangkit yang digunakan untuk jenis beban ini adalah PLTU dengan bahan bakar batu bara atau bahkan dapat juga PLTGU. Contoh jenis pembangkit yang sesuai untuk beban ini misalnya PLTD. Pada umumnya pembangkit base load. bila di Indonesia kondisi peak berada pada pukul 17-22. PLTPB.Setiap proyek yang akan dibangun nantinya akan mengurangi jumlah pengangguran. 2) Pembangkit Listrik Peak Load adalah pembangkit yang bertugas untuk membantu pembangkit base load saat beban berada pada kondisi peak. . . . PLTG.. pembangkit dapat langsung menyuplai tambahan daya tersebut. saat dibutuhkan tambahan pasokan daya. B.Merupakan jenis pembangkit yang aman dengan resiko rendah. Maksudnya. karena tentunya akan menyerap banyak tenaga kerja. sehingga dibutuhkan pembangkit tambahan untuk memenuhi permintaan beban. Pembangkit yang digunakan adalah pembangkit yang standby operasinya cepat.Penggunaan teknologi ini akan mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat emisi gas buang dari produk BBM atau batubara.Penelitian ini akan melibatkan instansi-instansi yang terkait / departemen sehingga diharapkan akan memberikan sumbangsihnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

3) Captive Power adalah pembangkit yang sifatnya independen. Faktor Kemampuan Daya Beli Masyarakat. agar dapat merubah kurva beban sesuai dengan keinginan disisi suplai (perusahaan listrik) tanpa merugikan pihak pelanggan (atas dasar saling menguntungkan). Dan pembangkit tersebut tidak masukk dalam grid sistem listrik umum yang ada.Pilihan Jenis Bahan Bakar untuk Pembangkit apakah dari ETT-Energi Tidak Terbarukan-NonRenewable Energy atau dari Energi Baru Terbarukan EBT-Renewable Energy) . Faktor Keekonomian. pelanggan dapat mengontrol jumlah pemakaian listrik bulanan mereka. Dengan listrik prabayar. Faktor Beban Tenaga Listrik. sehingga pelanggan bisa mengatur penggunaan listrik mereka secara personal. Contoh DSM yang saat ini sedang dilakukan oleh PLN adalah Program Listrik Prabayar yang merupakan suatu usaha untuk mengatasi pemborosan listrik yang dilakukan oleh pelanggan.Aspek-2 yang perlu diperhatikan dalam pembangunan Pembangkit antara lain Faktor Ketersediaan Bahan Bakar.Pilihan Jenis Pembangkit yang digunakan dengan Analisis Pengambilan Keputusan . Artinya pembangkit tersebut milik pribadi atau instansi atau perusahaan tertentu yang dioperasikan secara independen dan digunakan untuk kepentingan pribadi atau instansi atau perusahaan tersebut. Faktor Lingkungan. Aspek Peningkatan RE-Rasio Elektrifikasi. C. Biasanya pembangkit captive power ini berdaya kecil karena digunakan hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok. 4) SSM atau Manajemen disisi Supply – Pembangkit Tenaga Listrik (Supply Side Management) : . Sebutkan dan jelaskan prinsip kerja dari : 1) Pembangkit Listrik Thermal 2) Pembangkit Listrik Hydro 3) Pembangkit Listrik Energi baru di Indonesia 4) Pembangkit Listrik Energi Terbarukan . Faktor Sosial Budaya. pelaksanaan dan pemantauan yang dilakukan oleh perusahaan listrik untuk mempengaruhi para pelanggan dalam waktu dan intensitas penggunaan. Aspek Pembangunan HDI atau IPM DSM atau Manajemen disisi Demand – Konsumen/Beban (Demand Side Management) : DSM adalah suatu rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan.

Berikan perbandingan dari aspek teknis. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. sampah. PLTGL. minyak. Sumber energy terbarukan juga mengacu pada sumber energy yang dapat diadakan dan diperbaharui dengan usaha manusia. PLTS. uap. Umumnya pembangkit jenis ini menggunakan turbin tekanan atau turbin uap. memutar turbin. dll. relative stabil dan dalam jangka waktu yang panjang yaitu sumber energy yang memiliki cadangan energy yang diprediksi tidak akan habis karena alam akan terus memproduksinya. 3) Pembangkit Listrik Energi baru di Indonesia : yaitu jenis pembangkit dengan energy baru yang telah ada di Indonesia. dan surya. Energy dari air yang dimaksud merupakan energi yang terbentuk akibat gaya yang dihasilkan oleh air yang bergerak. PLTN 600 MW. 2) Komponen peralatan dan kegunaan dari jenis pembangkit tersebut di atas. Pembangkit listrik energy baru di Indonesia. angin. ekonomi dan lingkungan serta ketersediaan energy di Indonesia 1) PLTU Batubara. pembakaran. Berapa kebutuhan Batubara/kWh. dan yang lainnya. seperti air. PLTHybrid. 4) Bila diketahui PLTU Batubara 600 MW. D. Berapa kebutuhan air untuk boiler dan air untuk pendingin untuk PLTN 600 MW! . PLTMH. dan PLTN.Jawab : 1) Pembangkit Listrik Thermal : yaitu jenis pembangkit yang memanfaatkan energy panas untuk memutar turbin yang terhubung dengan generator. Contoh sumber energy terbarukan adalah biogas. 2) Pembangkit Listrik Hydro : yaitu jenis pembangkit yang memanfaatkan energy dari air. Secara prinsip kerja. pembangkit listrik thermal mengubah energi panas menjadi energi listrik. Indonesia pun telah mulai menerapkan beberapa energy baru tersebut. Berapa kebutuhan air untuk boiler dan air untuk pendingin. demikian juga kebutuhan bahan bakar nuklir per kWh. panas disini bisa dihasilkan oleh panas bumi. 4) Pembangkit Listrik Energi Terbarukan : adalah energi bersih yang dapat diperbarui dan mampu untuk menyediakan energi secara berkelanjutan. 3) Biaya pembangkitan US$/kW dan harga listrik bangkit cUS$/kWh. PLTPB. Energy kinetis yang dihasilkan oleh aliran air atau air yang bergerak tersebut. PLT Panas Bumi. seta kebutuhan minyak untuk starting PLTU Batubara 600 MW. PLTSa. antara lain : PLTBiogas. berbagai inovasi mengenai bahan bakar suatu pembangkit terus berkembang secara pesat.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.