P. 1
Class Diagram Perpustakaan

Class Diagram Perpustakaan

|Views: 622|Likes:
Published by Amber J. Liu

More info:

Published by: Amber J. Liu on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $5.00 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

09/07/2014

$5.00

USD

pdf

text

original

Ermi Novitasari Hisadi Honkasilo Julia Ika Ratna P Zhanella Aziza

(115060807113010) (115060807113035) (115060807113025) (115060807113004)

  

Penjelasan singkat Class Diagram Contoh dari Class Diagram Penjelasan dari contoh

Pengertian Class Diagram
Class Diagram adalah Kumpulan objek yang memiliki stuktur , behavior , relasi dan semantik yang umum , class di tentukan dengan cara memeriksa objek dalam sequence dan collaboration diagram . Dalam mendefinisikan metode yang ada di dalam kelas harus diperhatikan yang namanya Cohesion dan Coupling, Cohesion adalah ukuran keterkaitan sebuah instruksi di sebuah metode, Coupling adalah ukuran keterkaitan antar metode. Di dalam class diagram terdapat hubungan antar kelas secara konseptual, yang disebut Relasi antar Class, di UML disediakan macam-macam relasi antar Class, diantaranya: Asosiasi (Hubungan statis antar class), Agregasi (hubungan dari keseluruhan objek), Generalisasi (relasi beberapa subkelas ke super class), Dependency (keterhubungan tiap class).

Penjelasan dari diagram
o Diagram di atas merupakan diagram untuk peminjaman buku diperpustakaan. Diagram tersebut memiliki bagian – bagian sebagai berikut  Objek 1. Mahasiswa 2. Anggota

Denda pengembalian 5. kode buku. Transaksi : update(). Anggota 3. Petugas 4. pengarang  Operasi 1. Koleksi buku local 8. nama petugas : id_mahasiswa. tanggal 6. judul buku.update(). Mahasiswa 2. delete() : update(). Transaksi pengembalian 6. dan delete untuk menghapus mahasiswa tersebut setelah lulus dari universitas. Transaksi 6. tanggal peminjaman. Koleksi buku asing: kode buku. judul buku.update() : id_mahasiswa. Koleksi buku local : kode buku.update(). Anggota 3. Koleksi buku local : insert(). Mahasiswa 2. tanggal : id_mahasiswa. Petugas 4. Bila mahasiswa ingin meminjam buku. insert() : insert(). . Untuk menjadi anggota harus memiliki atribut pendukung yaitu id anggota dan nama anggota dengan operasi insert untuk menambahkan anggota. pengarang 8. update(). Petugas perpustakaan 4. Denda 5. nama_mahasiswa : id anggota. Koleksi buku : kode buku. pengarang 7. insert() : insert(). judul buku. Koleksi buku : insert(). mahasiswa harus terdaftar menjadi anggota.update() 7. kode buku. Koleksi buku 7. select() o Objek anggota merupakan turunan dari objek mahasiswa. delete() : insert(). tanggal peminjaman. Koleksi buku asing  Atribut 1. update untuk meperbaharui data. select() 8. nama anggota : kode_petugas. Koleksi buku asing : insert(). Denda 5.3.

Sedangkan untuk objek koleksi buku hanya ada pengoperasian insert dan update. Operasi dalam koleksi buku local dan koleksi buku asing terdiri dari insert untuk menambah buku. o Transaksi buku juga dapat dilakukan oleh anggota untuk memilih koleksi buku yang terdiri dari koleksi buku local dan koleksi buku asing. tanggal peminjaman dan tanggal pengembalian buku dengan operasi insert untuk menambah data. Dengan atribut id_mahasiswa. kode buku yang dipinjam. dan tanggal pengembalian. kode buku.o Petugas perpustakaan melakukan transaksi untuk mencatat id_mahasiswa yang melakukan peminjaman. judul buku. Dan operasi insert dan delete. dan select untuk memilih buku. update untuk memperbaharui data. tanggal peminjaman. Objek koleksi buku local dan objek koleksi buku asing merupakan bagian dari objek koleksi buku dengan atribut kode buku. . pengarang. update untuk memperbaharui buku. o Dalam sebuah transaksi kemungkinan ada sebuah denda yang dapat diberikan bila pengembalian buku melewati batas maksimum.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->