P. 1
Contoh Powerpoint

Contoh Powerpoint

4.0

|Views: 126|Likes:
Published by Imdadillah Rifani

More info:

Published by: Imdadillah Rifani on Nov 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2016

pdf

text

original

PENDAHULUAN
KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGERTIAN KARAKTERISTIK MULTI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN

PEMBAHASAN

PENUTUP

Aplikasi teknologi komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal dengan istilah Computer Asisted Instruction (CAI) atau dalam istilah yang sudah diterjemahkan disebut sebagai “Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK)” Istilah CAI umumnya merujuk kepada semua software pendidikan yang diakses melalui komputer dimana pengguna dapat berinteraksi dengannya.

pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran.PENDAHULUAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGERTIAN KARAKTERISTIK MULTI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PEMBAHASAN PENUTUP oleh para Beberapa pengertian CAI pakar sebagai berikut : Menurut Putranti (2007). CAI adalah penggunaan komputer sebagai alat bantu dalam dunia pendidikan dan pengajaran. CAI membantu siswa memahami suatu materi dan dapat mengulang materi tersebut berulang kali sampai ia menguasai materi itu. latihan atau kedua–duanya. Menurut Arsyad (2002) CAI adalah peran komputer sebagai pembantu tambahan dalam belajar. .

. Stinberg dalam Jaladri (2007) yang menyatakan bahwa CAI merupakan semua penerapan komputer untuk pembelajaran yang memiliki aspek individual.PENDAHULUAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGERTIAN KARAKTERISTIK MULTI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PEMBAHASAN PENUTUP oleh para Beberapa pengertian CAI pakar sebagai berikut : Splittgerber dan Stirzaker dalam Jaladri (2007) mendefinisikan bahwa CAI sebagai proses mengajar yang dilakukan secara langsung yang melibatkan komputer untuk mempresentasikan bahan ajar dalam suatu model pembelajaran yang interaktif untuk memberikan dan mengendalikan lingkungan belajar secara individual pada masing-masing siswa. dan arahan (bimbingan). interaktif. karena komputer memberikan layanan sebagai seorang tutor bagi seorang siswa dari pada sebagai seorang instruktur untuk suatu kelompok siswa. Makna CAI sebagai pembelajaran individual.

yang membuat CAI bersifat interaktif dan mampu memproses data atau jawaban dari pengguna (user).PENDAHULUAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGERTIAN KARAKTERISTIK MULTI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PEMBAHASAN PENUTUP dua Program CAI mempunyai karakteristik yaitu: 1. CAI mempunyai komponen intelligence. . 2. CAI merupakan integrated multimedia yang dapat menyajikan suatu paket bahan ajar yang berisi komponen visual dan suara secara bersamaan.

video. interaksi) untuk memberitahukan atau mengibur pengguna (audiens). KRITERIA KATEGORI . audio. grafik.PENDAHULUAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBAHASAN PENUTUP MULTI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DEFENISI Secara etimologi kata multimedia berasal dari bahasa Latin: Multum + Medium yaitu media (sarana) yang menggunakan banyak bentuk dari konten dan pemrosesan informasi (berupa teks. animasi.

video. gambar. . materi yang dijadikan satu paket ini diintegrasikan dan dihubungkan dengan cara yang sedemikian rupa sehingga menawarkan kepada para pengguna kemampuan untuk mencari. dan juga kemampuan untuk menambah keterangan atau mempribadikan materi tersebut. dab audio. animasi. multimedia interaktif adalah suatu paket dari materi yang meliputi kombinasi dari teks. 2. grafik. memandu dan menganalisis materi tersebut melalui berbagai pencarian dan pendaftaran ciri-ciri.PENDAHULUAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBAHASAN PENUTUP Randall Bass (Georgetown University) mendefinisikan multimedia interaktif berdasarkan tiga kriteria yaitu : MULTI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DEFENISI KRITERIA KATEGORI 1.

multimedia interaktif selalu berpusat pada pembaca (reader-centered). dan tata urutan melalui materi tersebut. cara yang unik. .PENDAHULUAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBAHASAN PENUTUP Randall Bass (Georgetown University) mendefinisikan multimedia interaktif berdasarkan tiga kriteria yaitu : MULTI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DEFENISI KRITERIA KATEGORI 3. Salah satu ciri dari multimedia interaktif adalah kemampuan untuk memandu dengan cara bagaimana pun yang berarti bagi pengguna. Dalam multimedia interaktif pembaca mengontrol pengalaman membaca materi melalui kemampuan memilih pilihan.

misalnya presentasi bioskop (cinema). . Konten non-linear dinamakan juga konten hypermedia. dan 2) non-linear. MULTI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DEFENISI KRITERIA KATEGORI konten non-linear menawarkan interaktifitas kepada pengguna untuk mengontrol perjalanannya.PENDAHULUAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBAHASAN PENUTUP Pada umumnya multimedia dapat dibagi menjadi dua kategori: 1) linear. seperti digunakan dalam game komputer atau digunakan pada komputer untuk pelatihan. Konten linear berjalan aktif tanpa kontrol panduan bagi pemirsa.

Program Pembelajaran Individual harus merupakan program yang dinamis. .PENDAHULUAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL INTERAKTIF DEFENISI FUNGSI KOMPONEN JENIS MENDESAIN MEDIA INDIVIDUAL INTERAKTIF PEMBAHASAN PENUTUP Pembelajaran Individual Interaktif merupakan rumusan program pembelajaran yang disusun dan dikembangkan menjadi suatu program yang didasarkan atas hasil asesmen terhadap kemampuan individu anak dengan memanfaatkan multimedia interaktif sebagai alat bantu pembelajaran. artinya sensitif terhadap berbagai perubahan dan kemajuan peserta didik. mampu berperilaku sesuai dengan lingkungannya atau berperilaku adaptif. yang diarahkan pada hasil akhir yaitu kemandirian yang sangat berguna bagi kehidupannya.

yang merupakan salah satu bentuk layanan pendidikan bagi ABK. 2. Program Pembelajaran Individual dikenal dengan The Individualized Education Program (IEP) yang diprakarsai oleh SAMUEL GRIDLEY HOWE tahun1871. MERCER and MERCER (1989) mengemukakan bahwa “program pembelajaran individual menunjuk pada suatu program pembelajaran dimana siswa bekerja dengan tugas-tugas yang sesuai dengan kondisi dan motivasinya” .PENDAHULUAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL INTERAKTIF DEFENISI FUNGSI KOMPONEN JENIS MENDESAIN MEDIA INDIVIDUAL INTERAKTIF PEMBAHASAN PENUTUP Beberapa defenisi pembelajaran individual dari beberapa pakar sebagai berikut : 1.

dengan mengetahui kekuatan. . Meningkatkan keterampilan guru dalam melakukan asesmen tentang karakteristik kebutuhan belajar tiap anak dan melakukan usaha mempertemukan dengan kebutuhankebutuhan siswa. 3. kelemahan dan minat siswa maka program yang diindividualisasikan terarah pada tujuan atas dasar kebutuhan dan sesuai dengan tahap kemampuannya saat ini. 2. Untuk memberi arah pengajaran.PENDAHULUAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL INTERAKTIF DEFENISI FUNGSI KOMPONEN JENIS MENDESAIN MEDIA INDIVIDUAL INTERAKTIF PEMBAHASAN Fungsi pembelajaran interaktif secara umum : PENUTUP individual 1. Menjamin setiap peserta didik memiliki suatu program yang diindividualkan untuk mempertemukan kebutuhan khas mereka dan mengkomunikasikan program tersebut kepada orang-orang yang berkepentingan.

. Meningkatkan potensi untuk komunikasi antar/dengan anggota tim. 5. sehingga sering bertemu dan saling mendukung untuk keberhasilan peserta didik dalam pendidikan. khususnya keterlibatan orang tua. Menjadi wahana bagi peningkatan usaha untuk memberikan pelayanan pendidikan yang lebih efektif.PENDAHULUAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL INTERAKTIF DEFENISI FUNGSI KOMPONEN JENIS MENDESAIN MEDIA INDIVIDUAL INTERAKTIF PEMBAHASAN Fungsi pembelajaran interaktif secara umum : PENUTUP individual 4.

Sasaran belajar jangka pendek (shortterm objectives) 4.PENDAHULUAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL INTERAKTIF DEFENISI FUNGSI KOMPONEN JENIS MENDESAIN MEDIA INDIVIDUAL INTERAKTIF PEMBAHASAN PENUTUP Secara garis besar komponen Program Pembelajaran Individual meliputi : 1. Penilaian (Evaluation) . Deskripsi pelayanan(Description of services) 5. Sasaran program tahunan/tujuan pengajaran tahunan ( longrange or annual goals) 3. Deskripsi tingkat kecakapan/kemampuan saat ini (performance levels) 2.

PENDAHULUAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL INTERAKTIF DEFENISI FUNGSI KOMPONEN JENIS MENDESAIN MEDIA INDIVIDUAL INTERAKTIF PEMBAHASAN PENUTUP Pembelajaran individual interaktif yang dikemas dalam CD interaktif memiliki beberapa model. Model Drill Model Tutorial Model Simulasi Model Games . yaitu : 1. 4. 2. 3.

3. 2. Tiru Modifikasi) 6. 5. 4.PENDAHULUAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL INTERAKTIF PEMBAHASAN PENUTUP Beberapa langkah mudah dalam pembuatan multimedia untuk pembelajaran individual interaktif adalah : 1. Tentukan jenis multimedia pembelajaran Tentukan tema materi ajar Susun alur cerita atau storyboard Memulai pembuatan secepatnya Terapkan metode ATM (Amati. Tetapkan target 7. Ingat terus tiga resep dari success story MENDESAIN MEDIA INDIVIDUAL INTERAKTIF LANGKAH PEMBUATAN CARA PEMBUATAN dan .

Pengenalan Bentuk CARA PEMBUATAN . dan juga membuat soal atau kuis interaktif dengan menggunakan Aplikasi Powerpoint dapat dibuat dengan cara berikut : 1. Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Pengenalan Bunyi Huruf.PENDAHULUAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL INTERAKTIF PEMBAHASAN PENUTUP MENDESAIN MEDIA INDIVIDUAL INTERAKTIF LANGKAH PEMBUATAN Bahan ajar interaktif yang dapat dipergunakan untuk pembelajaran mandiri. 2.

PENDAHULUAN KESIMPULAN PEMBAHASAN PENUTUP SARAN Pembelajaran individual interaktif merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran. . kompetensi yang diharapkan akan dikuasai peserta didik dan keterampilan guru dalam melakukan menyiapkan multimedia pembelajaran individual interaktif tersebut. Melaksanakan pembelajaran individual interaktif harus memperhatikan kemampuan peserta didik.

.PENDAHULUAN KESIMPULAN PEMBAHASAN PENUTUP SARAN Seorang guru diharapkan dapat memahami dan meningkatkan kreativitas dalam penyiapkan pembelajaran individual interaktif sehingga peserta didik menjadi tertarik dan termotivasi untuk belajar karena bervariasinya metode pembelajaran yang dilakukan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->