P. 1
Gaya Dan Energi

Gaya Dan Energi

|Views: 76|Likes:

More info:

Published by: Herdiana Prasetyaningrum on Nov 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2013

pdf

text

original

GAYA, USAHA, DAN ENERGI

Oleh

Herdiana Prasetyaningrum

KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Tuhan YME karena telah membantu penulis untuk menyelesaikan buku ini. Buku ini berisi tentang Gaya, Usaha, dan Energi yang telah disesuaikan dengan kurikulum standar isi 2006. Penulis menyusun buku ini dengan harapan dapat menambah wawasan. Buku ini ditulis dengan bahasa sederhana sehingga diharapkan dapat membantu siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang zat cair. Penulis mengharapkan kritik dan saran untuk dapat membuat penulisan yang lebih baik lagi.

Januari 2010

Penulis

1

DAFTAR ISI
Kata Pengantar ............................................................................................... 1 Daftar Isi......................................................................................................... 2 Bab 1 Gerak.................................................................................................... 3 Bab 2 Gaya ..................................................................................................... 6 Bab 3 Usaha ................................................................................................. 11 Bab 4 Energi ................................................................................................. 13 Bab 4 Perubahan Bentuk Energi .................................................................. 18 Bab 4 Sejarah Kincir .................................................................................... 23 Bab 5 Kincir Angin ...................................................................................... 27 Bab 6 Kincir Air ........................................................................................... 50 Glosarium ..................................................................................................... 78 Sumber Gambar ........................................................................................... 79 Daftar Pustaka .............................................................................................. 80

2

BAB I GERAK
Perhatikanlah semua benda yang ada di sekelilingmu!

Jarum jam bergerak memutari angka-angka yang ada di lingkaran jam. Mengapa jarum itu dikatakan bergerak? Begitu juga sepede bergerak mengelilingi lintasan? Bagaimana sepeda itu dikatakan bergerak?

Apakah yang dimaksud dengan gerak? Coba kamu berjalan, mengapa kamu dikatakan bergerak? Perhatikanlah baik-baik ketika kamu berjalan, kamu berpindah dari titik satu ke titik yang lain, bukan? Nah, perpindahan dari satu titik ke titik yang lain inilah yang disebut gerak. Coba perhatikan lagi jam dinding, berarti jarum jam dikatakan bergerak karena berpindah dari satu angka ke angka yang lain. Sepeda juga demikian, berpindah dari satu titik ke titik yang lain pada lintasan.

3

Bagaimana benda dikatakan bergerak? Benda dikatakan bergerak jika memiliki titik acuan. Saat kamu berjalan tentu saja kamu akan dikatakan bergerak terhadap sebuah titik, yaitu titik awal, kemudian berpindah ke titik yang lain. Titik acuan jarum jam berarti adalah angka-angka yang ada dalam lingkaran jarum jam.

Bagaimana benda dikatakan bergerak relatif? Gerak dikatakan relatif. Ada sebuah kereta yang bergerak. Kereta tersebut bergerak menjauhi stasiun kereta api. Berarti, titik acuannya adalah stasiun. Tetapi, kereta api juga bergerak terhadap tanah dan rel karena berpindah dari titik satu ke titik yang lain pada tanah dan rel. Jadi, kereta api dikatakan bergerak tergantung pada titik acuannya. Pernahkah terpikirkan olehmu, apa yang menyebabkan sebuah benda dapat bergerak. Tidak mungkin sebuah benda dapat bergerak jika tidak ada sesuatu apapun yang mengenainya. Lalu apakah yang membuat benda bergerak atau tetap diam? Ayo kita pelajari bab berikutnya.

Kegiatan Memahami pengertian gerak dan gerak relatif

Alat Kapur

Langkah-langkah 1. Kumpulkan teman-temanmu sebanyak 3 orang 2. Tentukan tiga titik tempat teman-temanmu berdiri dengan membuat lingkaran dengan kapur. 3. Berjalanlah kamu ke temanmu yang pertama. 4. Apakah kamu dikatakan bergerak? 5. Apakah yang menjadi titik acuanmu?

4

6. Suruhlah temanmu di titik ke tiga untuk bergerak ke titik temanmu yang ke dua bersamaan denganmu yang juga berpindah ke titik tersebut. 7. Terhadap titik manakah temanmu dikatakan bergerak? 8. Terhadap titik manakah kamu dikatakan bergerak? 9. Buatlah kesimpulan

5

BAB II GAYA
Sebuah gerobak yang diam di tempat didorong oleh seseorang menjadi bergerak maju. Kemudian gerobang itu didorong oleh seseorang dari arah yang berlawanan sehingga gerobak menjadi diam. Dari pernyataan itu, dapatkah kamu menyimpulkan dari mana gerobak dapat bergerak?

Sebuah peti yang diam di tempat ditarik oleh seseorang sehingga peti itu bergerak. Kemudian orang itu menghentikan tarikannya sehingga peti kembali diam. Dari pernyatan tersebut, dapatkah kamu simpulkan dari mana peti dapat bergerak kemudian diam? Jika jawabmu dorongan dan tarikan yang menyebabkan gerobab dan peti gerak, kamu benar. Sebuah benda dapat bergerak karena ada gaya yang mengenai benda itu.

Apakah yang dimaksud dengan gaya? Gaya adalah suatu dorongan atau tarikan dengan satuan Newton. Dengan adanya gaya yang mengenai suatu benda, maka:

6

1. Benda diam akan bergerak 2. Benda bergerak menjadi diam 3. Arah benda bergerak dapat berubah 4. Bentuk dan ukuran benda dapat berubah. Jadi, gambar pada awal bab, yaitu seseorang mendorong bola bilyar. Bola dapat bergerak karena adanya gaya dorong dari manusia. Gaya bermacam-macam asalnya, antara lain sebagai berikut. 1. Gaya listrik berasal dari listrik. Listrik memiliki dua muatan, yaitu muatan listrik positif dan muatan listrik negatif. Jika terjadi tarik-menarik atau tolak-menolak antarmuatan itu maka disebut gaya listrik karena ditimbulkan oleh muatan listrik. 2. Gaya magnet berasal dari magnet. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan selatan Jika terjadi tarik-menarik atau tolak-menolak antarkutub itu maka disebut gaya magnet karena ditimbulkan oleh kutub magnet. Gaya magnet ini dapat menarik benda benda yang berasal dari logam, seperi besi dan emas.

3. Gaya gravitasi berasal dari gaya tarik bumi. Bumi terus-menerus berputar. Bumi selalu mengelilingi matahari pada lintasannya sendiri, begitu juga planet lain. Untuk tetap berputar pada tempatnya dan berputar mengelilingi matahari, bumi memiliki gaya yang selalu menuju pusat bumi yang disebut gaya gravitasi. Gaya gravitasi setiap planet berbeda-beda.

7

Gaya gravitasi bumi selalu mengarah ke pusat bumi sehingga semua benda yang ada di permukaan bumi pasti akan selalu mengarah ke pusat bumi. Coba kamu lempar sebuah batu, batu tersebut pasti akan kembali ke tanah karena adanya gaya gravitasi bumi. Begitu juga buah jika telah lepas dariu tangkainya, maka akan jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi bumi. 4. Gaya otot berasal dari otot manusia. Manusia bekerja menggunakan otot. Untuk dapat menarik dan mendorong sebuah benda diperlukan gaya dari otot.

5. Gaya gesekan berasal dari persentuhan benda. Ketika benda bergerak, seperti bola menggelinding di lantai, maka akan terjadi persentuhan antara bola dengan lantai.Persentuhan ini dapat

8

membuat bola menjadi semakin cepat menggelinding jika permukaan lantai licin atau semakin lambat menggelinding jika permukaan lantai kasar. Persentuhan yang membuat bola ini menjadi cepat atau lambat menggelinding inilah yang disebut gaya gesekan. 6. Gaya mesin Gaya mesin merupakan gaya yang dilakukan dari sebuah mesin. Mobil atau sepeda motor dapat bekerja karena adanya gaya mesin.

Lalu dari manakah sebuah gaya dihasilkan? Dari mana gaya yang kamu keluarkan untuk dapat menarik sebuah peti?

Kegiatan Mengenal gaya

Alat dan bahan Meja, kursi, tali, dua magnet batang, paku, peniti, koin.

Langkah-langkah a 1. Letakkan meja di depanmu, kemudian doronglah olehmu. 2. Bagaimana gerak meja? 3. Gaya apa yang ada pada kegiatanmu itu? 4. Doronglah meja oleh mu dan dua orang temanmu. 5. Bagaimana gerak meja? 6. Buatlah kesimpulan.

Langkah-langkah b 1. Letakkan kursi di belakangmu 2. Tariklah kursi dengan tanganmu 3. Bagaimana gerak kursi? 4. Gaya apa yang terlibat dalam kegiatanmu itu? 5. Ikatkan tali pada kursi. Tariklah kursi dengan tali itu.

9

6. Bagaimana gerak kursi? 7. Buatlah kesimpulan

Langkah-langkah c 1. Letakkan kutub utara magnet 1 di depan kutub selatan magnet 2. 2. Bagaimana gaya magnet itu? 3. Letakkan kutub utara magnet 1 di depan kutub utara magnet 2. 4. Bagaimana gaya magnet itu? 5. Dekatkan paku, peniti, dan koin ke magnet. 6. Benda manakah yang lebih kuat ditarik magnet? 7. Buat kesimpulan.

10

BAB III USAHA
Seseorang sedang menggunakan ototnya untuk menarik sebuah panah kemudian panah tersebut dilepaskan. Apakah orang tersebut dikatakan melakukan usaha?

Apakah yang dimaksud dengan usaha? Untuk mendapatkan peringkat di kelas, kamu berusaha belajar giat untuk mendapatkan nilai terbaik. Apakah usahamu ini sama dengan usaha yang dimaksud dalam ilmu fisika? Usaha dalam ilmu fisika adalah perkalian gaya yang dilakukan pada sebuah benda dengan perpindahan benda yang ditimbulkan oleh gaya itu. Dapat dirumuskan: W=Fxs W = usaha (joule) F = gaya (Newton) s = perpindahan (meter)

11

Kamu dikatakan tidak melakukan usaha jika: 1. Benda yang dikenai gaya tidak mengalami perpindahan. Artinya, perpindahan sama dengan nol berarti usahanya juga nol. W=Fx0=0 2. Benda bergerak dengan kecepatan tertentu dikenai gaya tetap bergerak dengan kecepatan yang sama. Artinya, jika kecepatan tidak berubah, tidak ada percepatan dan dianggap tidak ada gaya. W=0xs=0 3. Perpindahan benda tegak lurus terhadap arah gaya.

Untuk melakukan suatu usaha, kita membutuhkan tenaga atau energi. Dari manakah energi itu kamu dapatkan? Ayo kita pelajari bab berikutnya.

12

BAB IV ENERGI

Ketika kamu belajar, kamu pasti akan merasa lelah setelah belajar, bukan? Seperti halnya, kompor, minyaknya akan terus membasahi sumbu dan lamakelamaan habis. Mengapa demikian? Kamu belajar menggunakan energi. Energi yang kamu dapatkan berasal dari makanan yang kamu makan. Jika energi tersebut kamu pakai terus untuk belajar, maka lama-kelamaan akan habis dan kamu akan merasa lelah. Kompor menyala jika minyak membasahi sumbu. Minyak merupakan sumber energi untuk kompor.

Apakah yang dimaksud dengan energi? Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Satuan energi adalah joule (J) atau kalori (kal). 1 Joule = 0,24 kalori dan 1 kalori = 4,2 joule

Energi bermacam-macam bentuknya, antara lain sebagai berikut. 1. Energi potensial Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena kedudukannya. Besarnya energi ini dapat dihitung dengan rumus: Ep = m x g x h Ep = energi potensial dengan satuan joule m = massa benda dengan satuan kilogram g = percepatan gravitasi dengan satuan meter per sekon kuadrat (m/s2) besarnya 9,8 m/s2 atau dibulatkan menjadi 10 m/s2 h = ketinggian benda berada dengan satuan meter

13

Untuk massa benda yang sama, semakin tinggi posisi benda dari permukaan tanah, semakin besar energi potensialnya. Untuk posisi benda yang sama, semakin besar massa benda, semakin besar juga energi potensialnya.

2. Energi Kinetik Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena geraknya. Besarnya energi kinetik dapat dihitung dengan rumus: Ek = 1/2 x m x v2 Ek = energi kinetik (joule) m = massa (kg) v = kecepatan (m/s) Untuk massa benda yang sama, semakin besar kecepatan benda bergerak, semakin besar energi kinetiknya. Untuk kecepatan gerak benda yang sama, semakin besar massa benda, semakin besar energi kinetiknya.

3. Energi panas (kalor) Energi panas adalah energi yang dihasilkan oleh gerakan partikelpartikel dalam benda. Partikel yang terus-menerus akan saling tarikmenarik atau tolak-menolak terus-menerus. Jika hal tersebut terjadi, maka akan terjadi gesekan antar partikel dan akan menimbulkan panas.

14

Cobalah kamu gosokkan tanganmu terus-menerus, tanganmu akan merasa panas, bukan? Hal ini digunakan oleh orang di zaman dahulu. Mereka tidak memiliki tempat tinggal sehingga mereka akan kedinginan. Untuk menghilangkan rasa dingin itu, mereka menggosok-gosokkan tangan agar merasa hangat. Selain itu, orang di zaman dahulu juga memanfaatkan gosokan ini untuk membuat api. Jika batu atau kayu kering terus-menerus digosok, maka lama-kelamaan akan panas, panas ini kemudian akan menjadi api. Api ini kemudian digunakan digunakan untuk memasak ataupun api unggun untuk menghangatkan tubuh.

4. Energi listrik Energi listrik adalah energi yang berasal dari arus listrik. Arus listrik ini berasal dari aliran muatan negatif terus-menerus. Energi listrik dapat dihasilkan oleh baterai, aki, dan generator. Besar energi listrik dapat dihitung dengan rumus E = W = V x I x t = I2 x R x t E = W = energi listrik (joule) V = tegangan listrik (volt) I = arus listrik (ampere) R = hambatan listrik (ohm) t = waktu/ lamanya sebuah alat listrik bekerja (sekon)

Contoh Soal Sebuah setrika listrik bekerja pada tegangan 220 V dan arusnya sebesar 4 ampere. Jika setrika itu digunakan selama 1 jam, berapa energi listrik yang digunakan setrika itu? Jawab: W=VxIxt = 220 V x 4 A x 1 jam x 3.600 sekon = 3.168.000 joule = 3.168 kJ

15

5. Energi bunyi Energi bunyi adalah energi yang berasal dari benda yang bergetar. Coba kamu pukul sebuah drum. Kulit pada drum itu akan bergetar dan akan menimbulkan bunyi. Begitu juga pita suaramu. Karena ada udara yang menggetarkan pita suara kita, maka akan ada bunyi keluar dari mulut kita.

6. Energi kimia Energi kimia adalah energi yang berasal dari bahan kimia, seperti makanan ataupun bahan nuklir. Bahan makanan yang kamu makan merupakan energi kimia. Jika kamu mendapatkan energi ini, maka kamu dapat melakukan semua kegiatan, seperti belajar, berjalan, lari, bersepeda, tidur, dan bermain.

7. Energi cahaya Energi cahaya adalah energi yang berasal dari gelombang elektromagnetik. Energi ini dapat menghasilkan cahaya, seperti cahaya matahari dan cahaya lampu.

16

8. Energi angin Energi angin adalah energi yang berasal dari angin. Angin ada karena adanya perbedaan tekanan udara dan suhu di uadara. Udara ini bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah atau udara yang panas naik ke atas kemudian udara yang dingin turun sehingga terjadilah angin.

9. Energi air Energi air berasal dari air. Air dapat kita manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti untuk minum, mengairi sawah, atapun menggerakkan turbin. Masih banyak bentuk energi lain, dapatkah kamu menyebutkannya?

Dari manakah energi itu? Energi berasal dari sumber energi. Sumber energi yang paling besar dan paling utama adalah matahari. Seluruh energi berasal dari matahari. Matahari menyinari bumi sehingga permukaan bumi menjadi panas. Panas ini disimpan oleh tanah dan akan menjadi energi panas bumi. Panas yang diterima bumi dapat menimbulkan perbedaan tekanan udara sehingga menghasilkan energi angin. Cahaya matahari jika mengenai tanaman juga dapat membantu tanaman mengolah makanan. Tanaman kemudian kita ambil dan kita makan yang berarti merupakan energi kimia. Energi kimia ini kemudian kita gunakan untuk beraktivitas. Jadi, sumber dari segala sumber energi adalah matahari.

17

Sumber energi ada yang dapat diperbarui dan ada yang tidak dapat diperbarui. 1. Energi yang dapat diperbarui adalah energi yang sumbernya dapat dihasilkan kembali sehingga untuk mendapatkannya lagi mudah dan tidak perlu waktu lama. Contoh energi angin, energi air, energi matahari, energi panas bumi. 2. Energi yang tidak dapat diperbarui adalah energi yang sumbernya sulit untuk didapatkan kembali, butuh waktu yang sangat lama. Contoh minyak bumi. Minyak bumi terbentuk dari makhluk hidup yang mati berjuta-juta tahun yang lalu sehingga untuk mendapatkannya kembali membutuhkan waktu yang lama.

Kecepatan energi dapat juga dihitung per satuan waktu. Kecepatan energi ini biasa disebut daya. Satuan daya adalah Watt. P=W/t P = daya (watt) W = work = kerja = energi (joule) t = waktu

Kamu pasti sering mendengar orang mengatakan lampu 10 Watt. Apakah maksudnya? Lampu 10 Watt berarti lampu tersebut bekerja dengan energi sebesar 10 joule tiap satu detik.

18

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->