P. 1
Sejarah Kepramukaan

Sejarah Kepramukaan

|Views: 49|Likes:
Published by Dimas Iqbal

More info:

Published by: Dimas Iqbal on Nov 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

Sejarah Kepramukaan Dunia

A. Pendahuluan Kalau kita mempelajari sejarah pendidikan kepramukaan kita tidak dapat lepas dari riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Hal ini disebabkan pengalaman beliaulah yang mendasari pembinaan remaja di negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan kepramukaan. B. Riwayat hidup Baden Powell Lahir tanggal 22 Pebruari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth. Ayahnya bernama powell seorang Professor Geometry di Universitas Oxford, yang meninggal ketika Stephenson masih kecil. Pengalaman Baden Powell yang berpengaruh pada kegiatan kepramukaan banyak sekali dan menarik diantaranya : a. Karena ditinggal bapak sejak kecil, maka mendapatkan pembinaan watak ibunya.

b. Dari kakaknya mendapat latihan keterampilan berlayar, berenang, berkemah, olah raga dan lain-lainnya. c. Sifat Baden Powell yang sangat cerdas, gembira, lucu, suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang dan menggambar sehingga disukai teman-temannya. d. Pengalaman di India sebagai pembantu Letnan pada Resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang di puncak gunung serta keberhasilan melatih panca indera kepada Kimball O’Hara. e. Terkepung bangsa Boer di kota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari dan kekurangan makan. f. Pengalaman mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika dan mengambil kalung manik kayu milik Raja Dinizulu. Pengalaman ini ditulis dalam buku “Aids To Scouting” yang merupakan petunjuk bagi Tentara muda Inggris agar dapat melaksanakan tugas penyelidik dengan baik. William Smyth seorang pimpinan Boys Brigade di Inggris minta agar Baden Powell melatih anggotanya sesuai dengan pengalaman beliau itu. Kemudian dipanggil 21 pemuda dari Boys Brigade di berbagai wilayah Inggris, diajak berkemah dan berlatih di pulau Browns Sea pada tanggal 25 Juli 1907 selama 8 hari.Tahun 1910 BP pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Pada tahun 1912 menikah dengan Ovale St. Clair Soames dan dianugerahi 3 orang anak. Beliau mendapat titel Lord dari Raja George pada tahun 1929 Baden Powell meninggal tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.

C. Sejarah Kepramukaan Sedunia Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama Boys Scout. Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan beliau, Agnes didirikan organisasi kepramukaan untuk wanita dengan nama Girl Guides yang kemudian diteruskan oleh istri beliau. Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB (anak serigala) dengan buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala. Tahun 1918 beliau membentuk Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia. Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World). Tahun 1924 Jambore II Tahun 1929 Jambore III Tahun 1933 Jambore IV Tahun 1937 Jambore V Tahun 1947 Jambore VI Tahun 1951 Jambore VII Tahun 1955 Jambore VIII Tahun 1959 Jambore IX Tahun 1963 Jambore X Tahun 1967 Jambore XI Tahun 1971 Jambore XII Tahun 1975 Jambore XIII Tahun 1979 Jambore XIV Tahun 1983 Jambore XV Tahun 1987 Jambore XVI di Ermelunden, Copenhagen, Denmark di Arrow Park, Birkenhead, Inggris di Godollo, Budapest, Hongaria di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda di Moisson, Perancis di Salz Kamergut, Austria di sutton Park, Sutton Coldfild, Inggris di Makiling, Philipina di Marathon, Yunani di Idaho, Amerika Serikat di Asagiri, Jepang di Lillehammer, Norwegia di Neishaboor, Iran tetapi dibatalkan di Kananaskis, Alberta, Kanada di Cataract Scout Park, Australia

Nationale Islamietische Padvinderij (NATIPIJ) didirikan oleh Jong Islamieten Bond (JIB) dan Indonesisch Nationale Padvinders Organisatie (INPO) didirikan oleh Pemuda Indonesia. Tanggal 1 Mei 1968 Biro kepramukaan Sedunia dipindahkan lagi ke Geneva. Asia Pasifik. Lund 1 Mei 1968 diganti lagi oleh DR. Sedangkan Biro kepramukaan Sedunia Putri bermarkas di London dengan 5 kantor kawasan di Eropa.C. beliau mendapat sebidang tanah di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka dengan nama Gilwell Park. Mangkunegara VII pada tahun 1916. "Nationale Padvinderij" yang didirikan oleh Budi Utomo. Sejak tahun 1920 sampai 19 Kepala Biro Kepramukaan Sedunia dipegang berturutturut oleh Hebert Martin (Inggris). seperti tersebut di atas dapat diperhatikan pada adanya "Padvinder Muhammadiyah" yang pada 1920 berganti nama menjadi "Hizbul Wathan" (HW).Hasrat bersatu bagi organisasi kepanduan Indonesia waktu itu .P. Dalam perkembangan pendidikan kepanduan itu tampak adanya dorongan dan semangat untuk bersatu. yang pada saat pecahnya Perang Dunia I memiliki kwartir besar sendiri serta kemudian berganti nama menjadi "Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging" (NIPV) pada tahun 1916. Philipina. de Bois Maclarren. Dari sahabatnya yang bernama W. Mayjen D. Afrika dan Amerika Latin.Kenyataan bahwa kepanduan itu senapas dengan pergerakan nasional.Pd Sejarah pramuka di indonesia Kenyataan sejarah menunjukkan bahwa pemuda Indonesia mempunyai "saham" besar dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia serta ada dan berkembangnya pendidikan kepanduan nasional Indonesia.Organisasi kepanduan di Indonesia dimulai oleh adanya cabang "Nederlandsche Padvinders Organisatie" (NPO) pada tahun 1912. Spry (Kanada) yang pada tahun 1965 diganti oleh R. Biro Kepramukaan sedunia Putra mempunyai 5 kantor kawasan yaitu Costa Rica. Kolonel J. namun terdapat gejala adanya berorganisasi yang Bhinneka.Organisasi Kepanduan yang diprakarsai oleh bangsa Indonesia adalah Javaansche Padvinders Organisatie.Tahun 1991 Jambore XVII Tahun 1995 Jambore XVIII Tahun 1999 Jambore XIX Tahun 2003 Jambore XX di Korea Selatan di Belanda di Chili. M.F. Inggris dan tahun 1958 Biro Kepramukaan sedunia dipindahkan dari London ke Ottawa Kanada. Ditulis oleh : Drs. Tahun 1920 dibentuk Deewan Internasional dengan 9 orang anggota dan Biro Sekretariatnya di London. Amerika Selatan di Thailand Tahun 1914 beliau menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka dan baru dapat terlaksana tahun 1919.T. berdiri atas prakarsa S. Mesir.S. Laszio Nagy sebagai Sekjen. Syarikat Islam mendirikan "Syarikat Islam Afdeling Padvinderij" yang kemudian diganti menjadi "Syarikat Islam Afdeling Pandu" dan lebih dikenal dengan SIAP. Arab. Swiss dan Nigeria. Nilson (Inggris). Ringsung Suratno. Swiss.

Sebagai upaya untuk menggalang kesatuan dan persatuan. tertanggal 1 Februari 1947. beberapa tokoh kepramukaan berkumpul di Yogyakarta dan bersepakat untuk membentuk Panitia Kesatuan Kepanduan Indonesia sebagai suatu panitia kerja.Karena Pramuka merupakan suatu organisai yang menjungjung tinggi nilai persatuan. [sunting]Masa Republik Indonesia Sebulan sesudah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan yang bernafas agama Pandu Ansor.tampak mulai dengan terbentuknya PAPI yaitu "Persaudaraan Antara Pandu Indonesia" merupakan federasi dari Pandu Kebangsaan. gugur sebagai Pandu. yang kemudian disepakati diganti dengan "Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem" disingkat PERKINO dan dilaksanakan pada tanggal 19-23 Juli 1941 di Yogyakarta.Oleh karena itulah bangsa jepang tidak mengijinkan Pramuka tetap lahir di bumi pertiwi. . Keadaan ini mendorong berdirinya perkumpulan lain seperti Kepanduan Putera Indonesia (KPI). termasuk gerakan kepramukaan. NATIPIJ dan PPS pada tanggal 23 Mei 1928. Rencana ini mengalami beberapa perubahan baik dalam waktu pelaksanaan maupun nama kegiatan. Al Wathoni. Pandu Kesultanan (PK). Pandu Puteri Indonesia (PPI). Kepanduan Azas Katolik Indonesia (KAKI). sebagai patriot yang membuktikan cintanya pada negara. PK-Pandu Kebangsaan). Pada masa Perang Dunia II.Antara tahun 1928-1935 bermuncullah gerakan kepanduan Indonesia baik yang bernafas utama kebangsaan maupun bernafas agama. Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia BPPKI merencanakan "All Indonesian Jamboree". lalu pemerintah RI mengakui sebagai satu-satunya organisasi kepramukaan yang ditetapkan dengan keputusan Menteri Pendidikan. Hizbul Wathon.Kongres yang dimaksud. Pengajaran dan Kebudayaan No. INPO dan PPS (JJP-Jong Java Padvinderij). menunjukkan pembentukan satu wadah organisasi kepramukaan untuk seluruh bangsa Indonesia dan segera mengadakan Konggres Kesatuan Kepanduan Indonesia. Namun upaya menyelenggarakan PERKINO II tetap dilakukan. akibatnya pada 1930 berdirilah Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) yang dirintis oleh tokoh dari Jong Java Padvinders/Pandu Kebangsaan (JJP/PK). Tri Darma (Kristen). senjata Belanda mengancam dan memaksa Soeprapto menghadap Tuhan. Kepanduan Masehi Indonesia (KMI). Perkumpulan ini didukung oleh segenap pimpinan dan tokoh serta dikuatkan dengan "Janji Ikatan Sakti". Padvinders Organisatie Pasundan (POP). karena niat adanya fusi. Di daerah yang diduduki Belanda. Kepanduan Islam Indonesia (KII). Islamitische Padvinders Organisatie (IPO). Masa Bala Tentara Dai Nippon "Dai Nippon" ! Itulah nama yang dipakai untuk menyebut Jepang pada waktu itu. Jakarta. Sinar Pandu Kita (SPK) dan Kepanduan Rakyat Indonesia (KRI). Partai dan organisasi rakyat Indonesia. bala tentara Jepang mengadakan penyerangan dan Belanda meninggalkan Indonesia. SIAP.93/Bag.jpgPAPI kemudian berkembang menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI) pada bulan April 1938.Tahun-tahun sulit dihadapi oleh Pandu Rakyat Indonesia karena serbuan Belanda. dilaksanakan pada tanggal 27-29 Desember 1945 di Surakarta dengan hasil terbentuknya Pandu Rakyat Indonesia. Bahkan pada peringatan kemerdekaan 17 Agustus 1948 waktu diadakan api unggun di halaman gedung Pegangsaan Timur 56.Federasi ini tidak dapat bertahan lama. Pandu Rakyat dilarang berdiri. tanah air dan bangsanya. dilarang berdiri. Bukan hanya itu. INPO. A. kepanduan yang bernafas kebangsaan dapat dicatat Pandu Indonesia (PI).. Berkas:KBI. semangat kepramukaan tetap menyala di dada para anggotanya. Kepanduan Indonesia Muda (KIM).

dengan topik "Penasionalan Kepanduan". maka PKPI menyelenggarakan perkemahan besar untuk puteri yang disebut Desa Semanggi bertempat di Ciputat. 2334/Kab. Makiling Filipina.Seminar Tugu ini meng-hasilkan suatu rumusan yang diharapkan dapat dijadikan acuan bagi setiap gerakan kepramukaan di Indonesia.Kalau Jambore untuk putera dilaksanakan di Ragunan Pasar MingguJakarta. Pada saat inilah tepatnya tanggal 16 September 1951 diputuskan berdirinya Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO) sebagai suatu federasi. [sunting]Kelahiran Gerakan Pramuka [sunting]Sejarah Pramuka Gerakan Pramuka lahir pada tahun 1961.Nah.Peraturan yang timbul pada masa perintisan ini adalah Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960. Desa Semanggi itu terlaksana pada tahun 1959. Jumlah itu tidak sepandan dengan jumlah seluruh anggota perkumpulan itu. Jakarta. dalam hal ini Departemen PP dan K mengadakan seminar di Ciloto. orang perlu mengkaji keadaan. Kemudian kepanduan supaya dibebaskan dari sisa-sisa . pada waktu inilah Pandu Rakyat Indonesia mengadakan Kongres II di Yogyakarta pada tanggal 20-22 Januari 1950.Mungkin agak aneh juga kalau direnungi. yang menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila. Setahun kemudian pada bulan Novem-ber 1958. Dalam ketetapan ini dapat ditemukan Pasal 330. dalam perjalanan ke Australia.Dari ungkapan yang telah dipaparkan di depan kita lihat bahwa jumlah perkumpulan kepramukaan di Indonesia waktu itu sangat banyak.Pada 1953 Ipindo berhasil menjadi anggota kepramukaan seduniaIpindo merupakan federasi bagi organisasi kepramukaan putera.Dalam peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-10 Ipindo menyelenggarakan Jambore Nasional. Pemerintah RI. Dengan demikian diharapkan ke-pramukaan yang ada dapat dipersatukan. kemudian berakhirlah periode perjuangan bersenjata untuk menegakkan dan mempertahakan kemerdekaan itu. Kedua federasi ini pernah bersama-sama menyambut singgahnya Lady Baden-Powell ke Indonesia. Bogor.Ipindo sebagai wadah pelaksana kegiatan kepramukaan merasa perlu menyelenggarakan seminar agar dapat gambaran upaya untuk menjamin kemurnian dan kelestarian hidup kepramukaan. sebab sepuluh hari sesudah keputusan Menteri No. Bogor pada bulan Januari 1957. jadi keputusan nomor 93/Bag. A tertanggal 1 Februari 1947 itu berakhir sudah. bertempat di Ragunan. tertanggal 6 September 1951 dicabutlah pengakuan pemerintah bahwa Pandu Rakyat Indonesia merupakan satu-satunya wadah kepramukaan di Indonesia.Kongres ini antara lain memutuskan untuk menerima konsepsi baru. sedangkan bagi organisasi puteri terdapat dua federasi yaitu PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia) dan POPPINDO (Persatuan Organisasi Pandu Puteri Indonesia). tanggal 3 Desember 1960 tentang rencana pembangunan Nasional Semesta Berencana. Pasar Minggu pada tanggal 10-20 Agustus 1955. masa-masa kemudian adalah masa menjelang lahirnya Gerakan Pramuka. maka wakil-wakil organi-sasi kepramukaan menga-dakan konfersensi di Jakarta. Seminar ini diadakan di Tugu. C. kejadian dan peristiwa pada sekitar tahun 1960. yaitu memberi kesempatan kepada golongan khusus untuk menghidupakan kembali bekas organisasinya masing-masing dan terbukalah suatu kesempatan bahwa Pandu Rakyat Indonesia bukan lagi satu-satunya organisasi kepramukaan di Indonesia dengan keputusan Menteri PP dan K nomor 2344/Kab. Seterusnya penertiban tentang kepanduan (Pasal 741) dan pendidikan kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka (Pasal 349 Ayat 30). Jawa Barat.Masa perjuangan bersenjata untuk mempertahankan negeri tercinta merupakan pengabdian juga bagi para anggota pergerakan kepramukaan di Indonesia. itu keluar. jadi kalau akan menyimak latar belakang lahirnya Gerakan Pramuka. Pada tahun ini juga Ipindo mengirimkan kontingennya ke Jambore Dunia di MT.

bertempat di Istana Negara.Masih dalam bulan April itu juga. dan kesemuanya ini terjadi pada tanggal pada tanggal 14 Agustus 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI IKRAR GERAKAN PRAMUKA. metode dan aktivitas pendidikan harus diganti. Karena itulah Pesiden/Mandataris MPRS pada 9 Maret 1961 mengumpulkan tokoh-tokoh dan pemimpin gerakan kepramukaan Indonesia. [sunting]Kelahiran Gerakan Pramuka Gerakan Pramuka ditandai dengan serangkaian peristiwa yang saling berkaitan yaitu : Pidato Presiden/Mandataris MPRS dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia pada tanggal 9 Maret 1961 di Istana Negara. keluarlah Keputusan Presiden RI Nomor 121 Tahun 1961 tanggal 11 April 1961 tentang Panitia Pembentukan Gerakan Pramuka.Lord Baden Powellisme (Lampiran C Ayat 8). Hari Kamis malam itulah Presiden mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui. Azis Saleh. Panitia ini tentulah perlu sesuatu pengesahan. tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka. Menteri Pertanian Dr. Prijono. Achmadi dan Muljadi Djojo Martono (Menteri Sosial). petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya. Hari Kebangkitan Nasional. Pelantikan Mapinas. Prof.I Nomor 238 Tahun 1961. Azis Saleh dan Menteri Transmigrasi. Tanggal 20 Mei adalah. seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka. tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Pernyataan para wakil organisasi kepanduan di Indonesia yang dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka. Prijono. diikuti defile Pramuka untuk diperkenalkan kepada masyarakat yang didahului dengan penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka. Menteri P dan K Prof.Panitia inilah yang kemudian mengolah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. dilakukan di Istana Olahraga Senayan pada tanggal 30 Juli 1961. Anggota Panitia ini terdiri atas Sri Sultan Hamengku Buwono IX. namun bagi Gerakan Pramuka memiliki arti khusus dan merupakan tonggak sejarah untuk pendidikan di lingkungan ke tiga. tanggal 20 Mei 1961.112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961. [sunting]Gerakan Pramuka Diperkenalkan . Achmadi. A.A. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PERMULAAN TAHUN KERJA. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PRAMUKA. Presiden juga menunjuk panitia yang terdiri atas Sri Sultan Hamengku Buwono IX.Ketetapan itu memberi kewajiban agar Pemerintah melaksanakannya. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI TUNAS GERAKAN PRAMUKA Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961. serta mengesahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan pedoman. Dan kemudian terbitlah Keputusan Presiden RI No. Dr.Ada perbedaan sebutan atau tugas panitia antara pidato Presiden dengan Keputusan Presiden itu. tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dengan susunan keanggotaan seperti yang disebut oleh Presiden pada tanggal 9 Maret 1961. sebagai Lampiran Keputusan Presiden R. Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa. Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara.

tanggal 14 Agustus 1961 jumlah anggota Mapinas menjadi 70 orang dengan rincian dari 70 anggota itu 17 orang di antaranya sebagai anggota Kwarnas dan 8 orang di antara anggota Kwarnas ini menjadi anggota Kwarnari. Soekarno. Ir. Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibukota Jakarta. Aziz Saleh. Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai HARI PRAMUKA yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka Kategori: Pramuka . Presiden melantik anggota Mapinas.448 Tahun 1961) yang diterimakan kepada Ketua Kwartir Nasional. Aziz Saleh sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Kwarnari.447 Tahun 1961. yaitu terdiri atas Mapinas beranggotakan 45 orang di antaranya duduk dalam Kwarnas 17 orang dan dalam Kwarnasri 8 orang.Pidato Presiden pada tanggal 9 Maret 1961 juga menggariskan agar pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Gerakan Pramuka telah ada dan dikenal oleh masyarakat.238 Tahun 1961 perlu ada pendukungnya yaitu pengurus dan anggotanya. Mapinas diketuai oleh Dr. Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelum pawai/defile dimulai. Menurut Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. pimpinan perkumpulan ini dipegang oleh Majelis Pimpinan Nasional (MAPINAS) yang di dalamnya terdapat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kwartir Nasional Harian.A.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta. dan menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No. Sebelum kegiatan pawai/defile.A. Sementara itu dalam Kwarnas. Kwarnas dan Kwarnari. Di Jakarta sekitar 10. Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Wakil Ketua II Brigjen TNI Dr. Oleh karena itu Keppres RI No. tapi juga di tempat yang penting di Indonesia. Namun demikian dalam realisasinya seperti tersebut dalam Keppres RI No. di Istana negara. Presiden RI dengan Wakil Ketua I. Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjabat Ketua dan Brigjen TNI Dr. Badan Pimpinan Pusat ini secara simbolis disusun dengan mengambil angka keramat 17-8-’45.

Bahwa Gerakan Pramuka. materiil dan spiritual serta beradab merupakan adicita bangsa Indonesia yang mulai bangkit dan siaga sejak berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. dan dengan jiwa dan semangat Sumpah Pemuda inilah rakyat Indonesia berjuang untuk kemerdekaan nusa dan bangsa Indonesia yangdiproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Untuk lebih menggalang persatuan merebut kemerdekaan. sebagai kelanjutan dan pembaruan gerakan kepanduan nasional. Oleh karenanya. dan melestarikan keutuhan: . Adicita itu pulalah yang merupakan dorongan para Pemuda Indonesia melakukan Sumpah Pemuda padatanggal 28 Oktober 1928.ANGGRAN DASAR GERAKAN PRAMUKA terbaru (2009) LAMPIRAN KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK IN DONESIA N OMOR : 24 Tahun 2009 TANGGAL : 15 September 2009 ANGGARAN DASAR GERAKAN PRAMUKA PEMBUKAAN Bahwa persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan yang adil dan makmur. dibentuk karena dorongankesadaran bertanggung jawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila danUndang Undang Dasar 1945. Kemerdekaa n ini merupakan karunia dan berkah Rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Gerakan Pramuka menyelenggarakan upaya pendidikan bagikaum muda melalui kepramukaan. Bahwa kaum muda sebagai potensi bangsa dalam menjaga kelangsungan bangsa dan negara mempunyai kewajiban melanjutkan perjuangan bersama-sama orang dewasa berdasarkan kemitraan yang bertanggung jawab.gerakan kepanduan nasional Indonesia mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan itu. Bahwa gerakan kepanduan nasional yang lahir dan mengakar di bumi nusantara merupakan bagian terpadu darigerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia yang membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.Jiwa kesatria yang patriotik telah mengantarkan para pandu ke medanjuang bahu-membahu dengan para pemuda untukmewujudkan adicita rakyat Indonesia dalam menegakkan dan mandegani Negara Kesatuan Republik Indonesia selama-lamanya. mewujudkan masyarakat madani. Dengan asas Pancasila. dengan sasaran meningkatkan sumber daya kaum muda.

dan Tempat 1. Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang berstatus badan hukum. TUJUAN. STATUS. 3.kehidupan rakyat yang rukun dan damai. Hari Pramuka adalah 14 Agustus. Atas dasar pertimbangan dan makna yang terkandung dalam uraian di atas .lingkungan hidup di bumi nusantara. melalui kepramukaan.negara kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. . . DAN FUNGSI Pasal 3 Asas Gerakan . Gerakan Pramuka menyelenggarakanpendidikan nonformal. Gerakan Pramuka berkedudukan di Ibukota Negara Republik Indonesia.ideologi Pancasila. Bahwa dalam upaya meningkatkan dan melestarikan hal-hal tersebut. . maka disusunlah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. sebagai kelanjutan dan pembaruan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia. DAN WAKTU Pasal 1 Nama.. TEMPAT. TUGAS POKOK. Pasal 2 Waktu 1. BAB II ASAS. 2. ANGGARAN DASAR BAB I NAMA. Status. 2. Gerakan Pramuka didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan dan ditetapkan dengan Keputusan PresidenRepublik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961. Organisasi ini bernama Gerakan Pramuka yaitu Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana. sebagai bagian pendidikan nasional dilandasi Sistem Among dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan. di luar sekolah dan di luar keluarga. Pasal 5 Tugas Pokok Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkantunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik. tinggi moral. dan Motto Gerakan Pramuka yang pelaksanaannya disesuaikan dengankeadaan. dan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda berlandaskan Sistem Among dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan. Pasal 6 Fungsi Gerakan Pramuka berfungsi sebagai organisasi pendidikan nonformal. maupun internasional. nasional.Gerakan Pramuka berasaskan Pancasila. emosional dan fisiknya 2. sosial. BAB III SIFAT. spiritual. tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya 3. sehingga menjadi: a. bertanggungjawab. berkepribadian. intelektual. DAN USAHA Pasal 7 Sifat . baik lokal. Pasal 4 Tujuan Gerakan Pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan keimanan dan ketakwaankepada Tuhan Yang Maha Esa. yang dapat membangun dirinya sendiri secaramandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara. kuat mental. kuat dan sehat jasmaninya b. Warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila. dan perkembangan bangsa serta masyarakat Indonesia. UPAYA. setia dan patuh kepada Negara Kesatuan RepublikIndonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna. dan berbudi-pekerti luhur yang: 1. Metode Kepramukaan. Manusia berwatak. mampu membina dan mengisi kemerdekaannasional serta membangun dunia yang lebih baik. kepentingan.

ras. PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN. dan bakat serta peningkatan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. DAN KIASAN DASAR GERAKAN PRAMUKA Pasal 9 Sistem Among 1. personalia. Gerakan Pramuka ikut serta membantu masyarakat dengan melaksanakan pendidikan bagi kaum muda. dan agama. komunikasi. dan kerjasama. dana. 3. ilmu pengetahuan dan teknologi. mental. 5.satu organisasi kekuatan sosial-politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis. Gerakan Pramuka bukan organisasi kekuatan sosial-politik. 2. . keterampilan dan kecakapan melalui berbagai kegiatan kepramukaan. BAB IV SISTEM AMONG. Sistem pendidikan dalam Gerakan Pramuka berlandaskan Sistem Among. Gerakan Pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotanya untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu. 3.1. KODE KEHORMATAN. khususnyapendidikan nonformal di luar sekolah dan di luar keluarga. Segala upaya dan usaha Gerakan Pramuka diarahkan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. golongan. Gerakan Pramuka adalah Organisasi Kepanduan Nasional Indonesia sebagai lembaga pendidikan nonformal yangmenyelenggarakan pendidikan kepramukaan. MOTTO. 2. jasmani. bukan bagian dari salah. 4. diadakan prasarana dan sarana yang memadai berupa organisasi. tidak membedakan suku. Pasal 8 Upaya dan Usaha 1. METODE KEPRAMUKAAN. emosional. Untuk menunjang upaya dan usaha serta mencapai tujuan Gerakan Pramuka. perlengkapan. Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat sukarela. Upaya dan usaha untuk mencapai tujuan itu diarahkan pada pembinaan watak.

c. d. Pelaksanaan Sistem Among menerapkan prinsip kepemimpinan: a. 3. taat kepada Kode Kehormatan Pramuka. Ing madyo mangun karso. disiplin. landasan Sistem Nilai Gerakan Pramuka. Pasal 10 Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan 1. Prinsip Dasar Kepramukaan berfungsi sebagai: a. 3. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan dua unsur proses pendidikan terpadu yangharus diterapkan dalam setiap kegiatan. sesama hidup dan alam seisinya. Nilai dan norma dimaksud mencakup: a. Sitem Among merupakan proses pendidikan yang membentuk anggota Gerakan Pramuka berjiwa merdeka. e. c. b. Pasal 12 Metode Kepramukaan Metode Kepramukaan merupakan cara belajar interaktif progresif melalui: . 2. Tutwuri handayani.2. dan kondisi masyarakat. Ing ngarso sung tulodo. landasan gerak dan kegiatan Gerakan Pramuka mencapai sasaran dan tujuannya. c. iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 3. 2. b. peduli kepada bangsa dan tanah air. peduli kepada diri pribadinya. situasi. Pasal 11 Prinsip Dasar Kepramukaan 1. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan kepramukaan dari pendidikan lain. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dilaksanakan sesuai dengan kepentingan. landasan Kode Etik Gerakan Pramuka. d. norma hidup seorang anggota Gerakan Pramuka. pedoman dan arah pembinaan kaum muda anggota Gerakan Pramuka. dan mandiri dalam kerangka saling ketergantungan antarmanusia. Prinsip Dasar Kepramukaan meliputi nilai dan norma dalam kehidupan seluruh anggota Gerakan Pramuka. kebutuhan. b.

Motto Gerakan Pramuka adalah: “Satyaku kudarmakan. e. sistem satuan terpisah untuk putera dan untuk puteri. g. Motto Gerakan Pramuka merupakan bagian terpadu proses pendidikan untuk mengingatkan setiap anggotaGerakan Pramuka bahwa setiap mengikuti kegiatan berarti mempersiapkan diri untuk mengamalkan Kode Kehormatan. kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan. c. Kode Kehormatan Pramuka yang terdiri atas Janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darmamerupakan satu unsur dari Metode Kepramukaan dan alat pelaksanaan Prinsip Dasar Kepramukaan. d. sistem beregu. 2. Pasal 14 Motto Gerakan Pramuka 1. d. 2. Kode Kehormatan Pramuka merupakan Kode Etik anggota Gerakan Pramuka baik dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat sehari-hari yang diterimanya dengan sukarela serta ditaati demi kehormatan dirinya. Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma. Pasal 13 Kode Kehormat an Pramuka 1. belajar sambil melakukan.a. b. Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri atas Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma. f. h. b. kiasan dasar. c. Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak danPramuka Pandega dan Dasadarma. sistem tanda kecakapan. kegiatan di alam terbuka yang mengandung pendidikan dan sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda. 3. Darmaku kubaktikan” Pasal 15 . Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma. pengamalan Kode Kehormatan Pramuka. Kode Kehormatan Pramuka bagi anggota Gerakan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmani: a.

Andalan. Pasal 18 Pramuka Utama Kepala Negara Republik Indonesia adalah Pramuka Utama. 2. 2. Anggota Majelis Pembimbing. Pembantu Andalan. Anggota kehormatan: orang. Pembantu Pembina Pramuka.Kiasan Dasar Penyelenggaraan kepramukaan dikemas dengan menggunakan Kiasan Dasar yang bersumber pada sejarah perjuangan dan budaya bangsa. Pimpinan Saka.orang yang bersimpati dan berjasa kepada Gerakan Pramuka. Pelatih Pembina Pramuka. Anggota muda: Siaga. BAB V ORGANISASI Pasal 16 Anggota A. Penegak dan Pandega. Anggota biasa: 1. Pamong Saka. Pasal 17 Hak dan Kewajiban 1. b. Anggota muda Gerakan Pramuka dihimpun dalam gugusdepan dan anggota dewasa dihimpun di kwartir. Pasal 19 Jenjang Organisasi Organisasi Gerakan Pramuka berjenjang sebagai berikut: 1. Anggota Dewasa: Pembina Pramuka. Warga Negara Asing dapat bergabung dalam suatu gugusdepan sebagai anggota tamu. Setiap anggota mempunyai hak dan kewajiban. . Hak dan kewajiban tersebut diatur dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Penggalang. Instruktur Saka. Anggota Gerakan Pramuka adalah warga negara Republik Indonesia yang terdiri atas: a. Pembina Prof esional. B.

Pasal 20 Kepengurusan 1. dan pengalaman para Pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pasal 21 Satuan Karya Pramuka 1. Saka juga memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga memberi bekal bagikehidupannya. 6. Gugusdepan-gugusdepan dikoordinasikan oleh Kwartir Ranting yang 3. 6. Di tingkat ranting. bangsa dan negara. Di tingkat gugusdepan. Gerakan Pramuka dipimpin secara kolektif oleh Pengurus Kwartir Cabang. meliputi suatu wilayah Kecamatan/Distrik. Cabang-cabang dihimpun dan dikoordinasikan oleh Kwartir Daerah yang meliputi suatu wilayah Provinsi. Gerakan Pramuka dipimpin secara kolektif oleh Pengurus Kwartir Daerah. mengembangkanbakat. adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat. 5. Daerah-daerah dihimpun dan dikoordinasikan oleh Kwartir Nasional yang meliputi wilayah Republik Indonesia. untuk melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat. Di perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dapat dibentuk gugusdepan di bawah pembinaan Kwartir Nasional. Kepengurusan baru dalam jajaran ranting sampai dengan nasional terdiri dari unsur pengurus lama dan pengurus baru. Di tingkat daerah. 7. 4. Ranting-ranting dihimpun dan dikoordinasikan oleh Kwartir Cabang yang meliputi suatu wilayah Kabupaten/Kota. 5. 3. gugusdepan. sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional. Gerakan Pramuka dipimpin oleh pembina 2. Satuan Karya Pramuka disingkat Saka. 7. Di tingkat nasional. 4. Pergantian Pengurus Gerakan Pramuka dilaksanakan pada waktu musyawarah. Gerakan Pramuka dipimpin secara kolektif oleh Pengurus Kwartir Ranting Di tingkat cabang.2. . Gerakan Pramuka dipimpin secara kolektif oleh Pengurus Kwartir Nasional.

Pasal 22 Dewan Kerja Dewan Kerja merupakan bagian integral dari kwartir yang berfungsi sebagai wahana kaderisasi kepemimpinan. Pasal 24 Pusat Penelitian dan Pengembangan Gerakan Pramuka 1. danbertugas mengelola kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. dan finansial olehMajelis Pembimbing Nasional yang diketuai oleh Presiden Republik Indonesia dengan beranggotakan pejabatpemerintah dan tokoh masyarakat yang memiliki perhatian dan kepedulian kepada Gerakan Pramuka 2. dan finansial oleh Majelis Pembimbing Daerah yang diketuai oleh Gubernur dengan beranggotakan pejabat pemerintah provinsi . Kwartir Nasional diberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral. Kwartir Daerah diberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral. materiil. Pasal 25 Bimbingan 1. 2. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka merupakan bagian integral dari kwartir dan berfungsi sebagaiwadah pendidikan dan pelatihan anggota Gerakan Pramuka. organisatoris. Pusat Penelitian dan Pengembangan Gerakan Pramuka merupakan bagian integral dari kwartir dan berfungsisebagai wadah penelitian dan pengembangan Gerakan Pramuka. Saka di tingkat kwartir dipimpin secara kolektif oleh Pimpinan Saka. organisatoris. daerah. Pimpin an Saka adalah bagian integral dari kwartir. materiil. Pasal 23 Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka 1.2. Pusat Penelitian dan Pengembangan Gerakan Pramuka berada di tingkat daerah dan nasional. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka berada di tingkat cabang. 2. dan nasional.

organisatoris. Lembaga Pemeriksa Keuangan berf ungsi mengawasi dan memeriksa keuangan kwartir. 2. dengan beranggotakan orangtua anggota muda dan tokoh masyarakat di lingkungan Gugusdepan. dan finansial oleh Majelis Pembimbing Cabang yang diketuai oleh Bupati/Walikota dengan beranggotakan pejabat pemerintah kabupaten/kota dan tokoh masyarakat yang memiliki perhatian dan kepedulian kepada Gerakan Pramuka. Pasal 26 Pemeriksaan Keuangan 1. dan finansial oleh Majelis Pembimbing Ranting yang diketuai oleh Camat/Kepala Distrik dengan beranggotakan pejabat pemerintahkecamatan/distrik dan tokoh masyarakat yang memiliki perhatian dan kepedulian kepada Gerakan Pramuka Gugusdepan diberi bimbingan dalam bentuk nasehat tentang organisasi dan program serta bantuan materi dan keuangan oleh Majelis Pembimbing Gugusdepan yang diketuai oleh seorang ketua yang dipilih dari dan oleh anggota. Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka adalah lembaga independen yang dibentuk MusyawarahGerakan Pramuka dan bertanggungjawab kepada Musyawarah Gerakan Pramuka. Satuan Karya Pramuka diberi bimbingan dalam bentuk nasehat tentang organisasi dan program serta bantuanmateri dan keuangan oleh Majelis Pembimbing Saka yang diketuai oleh seorang ketua yang dipilih dari dan olehanggota dengan beranggotakan pejabat pemerintah dan/atau pemerintah daerah dan tokoh masyarakat. dantokoh masyarakat yang memiliki perhatian dan kepedulian kepada Gerakan Pramuka. materiil. Kekayaan Gerakan Pramuka terdiri dari barang bergerak dan tidak bergerak serta hak milik intelektual. 6. Kwartir Ranting diberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral. b. materiil. organisatoris.3. 4. Personalia Lembaga Pemeriksa Keuangan berjumlah minimal 3 orang anggota Gerakan Pramuka ditambahseorang staf yang memiliki kompetensi dalam bidang keuangan. Lembaga Pemeriksa Keuangan dibantu oleh Akuntan Publik. 5. Kwartir Cabang diberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral. . a. Pasal 30 Kekayaan 1.

Pasal 34 Himne Himne Gerakan Pramuka adalah lagu Satya Darma Pramuka. tanggal 14 Agustus 1961. Pengalihan kekayaan Gerakan Pramuka yang berupa aset tetap. di atas dan di bawah lambang Gerakan Pramuka terdapat garis merah sepanjang “panjang bendera” dan di sisi tiang terdapat garis merah sepanjang “lebar bendera”. BAB IX ANG GARAN RUMAH TANGG A . Pasal 35 Pakaian seragam dan Tanda-tanda Untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta meningkatkan disiplin. BAB VIII ATRIBUT Pasal 31 Lambang Lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa. Pasal 32 Bendera Bendera Gerakan Pramuka berbentuk empat persegi panjang. warna dasar putih denganlambang Gerakan Pramuka di tengah berwarna merah. berukuran tiga banding dua. anggota Gerakan Pramuka menggunakanpakaian seragam beserta tanda-tandanya.2. Pasal 33 Panji Panji Gerakan Pramuka adalah Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yang dianugerahkan olehPresiden Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 448 Tahun 1961. harus diputuskan berdasarkan hasil Rapat PlenoPengurus Kwartir dan persetujuan Mabi.

Usul perubahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka diterima oleh Musyawarah Nasional jika disetujui olehsekurang . Usul pembubaran Gerakan Pramuka diterima oleh Musyawarah Nasional jika disetujui dengan suara bulat. Perubahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka hanya dapat dilakukan dalam Musyawarah Nasional yang dihadiri oleh utusan daerah sekurang-kurangnya dua pertiga jumlah daerah.kurangnya tiga perempat dari jumlah suara yang hadir. 2. a. c. BAB X PEMBUBARAN Pasal 37 Pembubaran 1. Musyawarah Nasional tersebut harus diusulkan oleh sekurang-kurangnya dua pertiga jumlah daerah. Gerakan Pramuka hanya dapat dibubarkan oleh Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka yang khusus diadakan untuk itu. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka ini dijabarkan lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. 2. Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan tidak boleh bertentangan dengan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. maka cara penyelesaian harta-benda milik Gerakan Pramuka ditetapkan olehMusyawarah N asional yang mengusulkan pembubaran itu. Musyawarah Nasional untuk membicarakan usul pembubaran Gerakan Pramuka dinyatakan sah jika dihadiri olehutusan dari sekurang-kurangnya dua pertiga jumlah daerah. Jika Gerakan Pramuka dibubarkan. b.Pasal 36 Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka 1. BAB XI PERUBAHAN ANGGARAN DASAR Pasal 38 Perubahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka 1. . 2. d.

18 Desember 2008 Diposkan oleh Cah Muntilan di Selasa.BAB XII PENUTUP Pasal 39 Penutup Anggaran Dasar ini ditetapkan oleh Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka yang diselenggarakan di KomplekTaman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta pada tanggal 15 sampai dengan 18 Desember 2008. Jakarta. 2010 . April 20.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->