Surealisme, salah satu aliran seni yang banyak menampilkan hal-hal yang berasal dari alam mimpi

. Banyak dari karya surealis yang sulit dipahami maksud dan arti yang disampaikan dari hasil karyanya. Dapat diartikan bahwa aliran seni ini nerupakan aliran seni yang ditujukan untuk menggambarkan perasaan seseorang yang tidak dapat dibayang kan dalam alam nyata atau hanya ada dalam alam mimpi dan imajinasi saja. Aliran seni surealis berkembang setelah aliran seni dadaisme, beberapa bagian dan ciri yang terdapat dalam surealis terkadang memiliki kemiripan dengan cirri khas dalam aliran seni dadaisme, walaupun berbeda. Aliran seni ini biasanya memiliki karakter objek yang tidak jelas bentuknya, aliran seni ini tidak terfokus pada pewarnaan yang tegas, bersifat mistis dan kadang sulit dimengerti. Hal inilah yang kemudian menjadi point tersendiri bagi aliran seni ini, itulah mengapa aliran seni ini dianggap unik oleh beberapa orang, namun dianggap menakutkan dan menyeramkan oleh sebagian orang.

Ciri-Ciri Surealisme
Memiliki bentuk yang jelas namun terkadang diluar pemikiran manusia Warna yang digunakan tidak menjadi perhatian utama Memberikan sensasi yang dapat dirasakan manusia sekalipun tidak dapat dimengerti. Menimbulkan kesan-kesan menyeramkan

Salvador Dali (1904-1989)
Salvador Domingo Felipe Jacinto Dalí i Domènech, seorang seniman surealisme kelahiran Spanyol yang paling dikenal. Dali tidak hanya berperan dalam aliran seni surealisme, namun ia juga mengambil peran dalam aliran seni symbolism. Beberapa hasil karyanya tidak hanya memiliki unsure surealisme saja, tapi walau tidak tampak secara jelas, beberapa dari karyanya memiliki cirri khas symbolism. Dali juga seorang pelukis Surealisme yang mencurahkan idenya melalui sebuah logika yang fantatis. Ia berpendapat bahwa karya seni seperti lukisan dibuat dalam kondisi yang kacau sebagai dampak kurangnya komunikasi, sehingga para seniman mengungkapkan perasaannya dalam bentuk hasil karya yang memiliki berbagai makna dan bentuk. Selain surealisme, ia juga aktif dalam aliran seni Kubisme dan dadaisme, sekalipun tidak banyak lukisan yang dibuatnya dalam style Kubisme maupun dadaisme.

Aliran seni ini tampaknya tidak banyak diaplikasikan dalam ruang maupun dalam arsitektur masa kini, namun bukan berarti aliran seni ini menghilang begitu saja. Hingga saat ini aliran seni ini tetap berkembang dalam skala kecil, namun beberapa bangunan-bangunan arsitektur maupun ruang masih memiliki unsure surealisme yang jarang kita sadari Jadi. Sebenarnya aliran seni surealisme merupakan sebuah aliran seni yang didasarkan pada imajinasi manusia akan hal-hal yang diluar batas pemikiran manusia bahkan diluar bayangan manusia. Surealisme tidak menampilkan imajinasi seperti yang ditampilkan oleh realism, naturalism ataupun ekspresionisme, aliran seni ini cenderung menampilkan imajinasi yang membuatnya hampir serupa dengan imajinasi pada aliran seni Romantisme.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful