P. 1
DFD

DFD

|Views: 27|Likes:
Published by Fazlur Rahman
Materi Kuliah Sistem Informasi
Materi Kuliah Sistem Informasi

More info:

Published by: Fazlur Rahman on Nov 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2013

pdf

text

original

Data Flow Diagram (DFD

)

 

Merupakan gambaran grafis dari suatu sistem yg menggunakan simbol untuk menggambarkan bagaimana data mengalir melalui suatu proses yang saling berkaitan. Cara paling alamiah untuk mendokumentasikan proses Simbol DFD; terdiri dari 4 simbol yaitu :
  

Simbol DFD :

elemen-elemen lingkungan yang berhubungan dg sistem yang disebut entitas / external entity proses, arus data penyimpanan data (data store)

Simbol DFD
Simbol arti entitas luar /external entity proses aliran data data store

Lanjutan
1.

Entitas luar; yang berada diluar batas sistem, elemen ini menyediakan input bagi sistem dan atau menerima output dari sistem (informasi). Sering juga disebut terminator yang merupakan titik berakhirnya sistem. Simbol dg kotak dan diberi label nama. Entitas dapat berupa :
1. 2. 3.

orang seperti (manajer, karyawan dll), organisasi seperti departemen lain, suplair, pelanggan dll sistem lain yang berhubungan dg sistem kita.

2.

Proses; adalah sesuatu yang mengubah input menjadi output yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer. Pada diagram kontek hanya 1 proses dan tidak diberi nomor, sedang pada proses yang merupakan pemecahan diagram kontek diberi nomor sesuai dengan levelnya. Nama proses merupakan kata kerja.

Lanjutan
Kesalahan yang sering terjadi Proses mempunyai input, tetapi tidak menghasilkan output yang disebut blackhole, karena data masuk ke proses dan lenyap/hilang tak berbekas. Proses mempunyai output, tetapi tidak pernah meneriman input yang disebut miracle (ajaib), karena secara ajaib dihasilkan output tanpa pernak menerima input.

lanjutan
3.
Arus/ Aliran data; terdiri dr sekelompok elemen data yang berhubungan scr logis yg bergerak dr satu titik ke titik yang lain, dengan panah sebagai arus. contoh : arus data laba total yang dilaporkan pada manajer.
Laba total

Manajer

arus data dapat bercabang menyebar (diverge)
Cttn piutang
3. Sist penagihan

faktur

Lanjutan
arus data dapat bercabang memusat (converge)
benang
5. penerimaan pewarna asesoris

arus 2 arah: manajer menanyakan status pesanan, dan sistem meberikan jawaban
4. Menyediakan status pesanan Pertanyaan status pesanan

Manajer

Jawaban status pesanan

Penyimpanan data (data store)
Merupakan suatu penampungan data, dan diberi nama

File biodata mahasiswa

File biodata mahasiswa

Penggambaran data store perlu memperhatikan :  Hanya proses saja yang berhubungan dg data store

Arus data yang menuju ke data store dari suatu proses menunjukkan proses update terhadap data yang telah tersimpan, dapat berupa :
  

Menambah atau menyimpan record baru Menghapus record atau mengambil dokumen Merubah nilai data di suatu record

Arus data yang berasal dari data store menuju proses diartikan proses menggunakan data yang disimpan pada data store.

Diagram Arus Data Bertingkat
Berdasarkan tingkatannya diagram arus data (DFD) dibedakan :  Diagram Kontek; mendokumenkan sistem pada tingkat ringkas kontek lngkungan. Terdiri dari satu simbol proses yang menggambarkan seluruh sistem. Data mengalir dari dan ke terminator ( entitas). gunakan kata kerja dan dpt ditambakan objek.

Pelanggan

surat

Sistem Komisi Penjualan

Lap komisi penjualan

Manajer

Lanjutan

Diagram nol; dengan memecah proses utama pada diagram kontek menjadi lebih spesifik. Setiap proses diberi nomor sesuai dg urutannya. Diagram Rinci; jika diagram nol belum jelas maka dapat dirinci lagi menjdi level 1, yaitu memecah salah satu proses menjadi lebih rinci, dengan pemberian nomor proses yang dicah diikuti levelnya, kemudian baru nama prosesnya. Sering disbut diagram rinci level n, karena dapat memecah proses sampai tidak dapat dirinci lagi.

Petunjuk pembuatan DFD:  Tiap DFD dibatasi paling banyak 6 proses  Gunakan dalam satu halaman  Sebaiknya gunakan S/W easy case, agar lebih mudah dan konsisten

Panduan pembuatan DFD

Berikan label setiap arus data dg nama yang unik, dg tujuan agar lebih mudah dalam pembuatan kamus data nantinya. Jaga agar nama arus data tetap dr stu tingkat ke tingkat lain, agar memudahkan dan konsisten, disebut DFD yg seimbang (balanced DFD) Saat mendokumentasikan program komputer jangan menyertakan proses membaca & menulis, gunakan langkah yang mengubah data. Hindari proses yang bersifat membaca saja, berati hanya data masuk saja tanpa ada data keluar, ada sesuatu yang salah. Proses ini diberi nama black hole atau infinite sink Proses membaca saja diizinkan hanya sewaktuberfungsi sebagai pemicu

Lanjutan
Diagram nol; dengan memecah proses utama pada diagram kontek menjadi lebih spesifik. Setiap proses diberi nomor sesuai dg urutannya, contoh (contoh DFD sistem penggajian mulai dari DFD kontek hingga Rinci)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->