HORMON TIROID DAN ANTI TIROID

KELOMPOK VII: 1. NORARISKA ULANDARI 2. NORMAWATI 3. NURBAITI 4. PIETY MEYSAWATI

Dalam keadaan normal. Kedua bagian tiroid dihubungkan oleh ismus. tetapi bila membesar.PENGERTIAN Tiroid merupakan kelenjar kecil. . Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid. kelenjar tiroid tidak terlihat dan hampir tidak teraba. dokter dapat merabanya dengan mudah dan suatu benjolan bisa tampak dibawah atau di samping jakun. yang mengendalikan kecepatan metabolisme tubuh. sehingga bentuknya menyerupai huruf H atau dasi kupu-kupu. dengan diameter sekitar 5 cm dan terletak di leher. tepat dibawah jakun.

Hormon tiroid terdapat dalam 2 bentuk:  Tiroksin (T4). merupakan bentuk yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.  Tiroksin dirubah di dalam hati dan organ lainnya ke dalam bentuk aktif. . Perubahan ini menghasilkan sekitar 80% bentuk hormon aktif. hanya memiliki efek yang ringan terhadap kecepatan metabolisme tubuh. sedangkan 20% sisanya dihasilkan oleh kelenjar tiroid sendiri. yaitutri-iodo-tironin (T3).

Pada metabolisme karbohidrat. . mendorong sintesa protein dalam sel . perkembangan otak / ssp distimulasi kerja jantung dan sirkulasi darah . protein dan kolesterol serta pada proses pertumbuhan. Yang telah diketahui ialah hormone tiroid secara langsung masuk ke dalam nudeus tanpa berikatan dengan reseptor dalam sitoplasma. pertumbuhan sel . peristaltic lambung dan usus diperkuat .  MEKANISME KERJA HORMON TIROID Mekanisme kerja tiroksin belum seluruhnya diketahui.FUNGSI DARI MASING-MASING HORMON  FUNGSI HORMON TIROID Meningkatkan metabolisme sel dan penggunaan oksigen . Tiroksin berperan penting pada pembentukankalori.

 INDIKASI: hipertiroidisme  KONTRAINDIKASI: hipersensisitif terhadap Propiltiourasil. blocking replacement regimen tidak boleh diberikan pada kehamilan dan masa menyusui. .

Cara kerjanya dapat dijelaskan dengan adanya hambatan terhadap enzim peroksidase sehingga oksidasi ion yodida dan gugus yodotirosil terganggu. FUNGSI ANTI TIROID Anti tiroid berfungsi sebagai penghambat sintesis hormon tiroid. .  MEKANISME KERJA ANTI TIROID Antitiroid menghambat sintesis hormon tiroid dengan jalan menghambat proses pengikatan ion antitiroid juga menghambat proses penggabungan dari gugus yodotirosil untuk membentuk yodotironin.

 KONTRANDIKASI hipersensitivitas .dengan tujuan mempercepat timbulnya perbaikan klinis sementara menunggu efek terapi yodium radioaktif. INDIKASI Antitiroid digunakan untuk pengobatan hipertiroidisme. obat ini juga dapat dipakai dalam kombinasi dengan yodium radioaktif. dari beberapa hari sampai 1-2 minggu. maupun sebagai persiapan operasi. Efek terapi biasanya baru tampak setelah masa laten yang agak panjang. Selain itu. baik untuk mengatasi gejala klinik sambil menunggu remisi spontan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful