ALUMINIUM

Aluminium
Abu-abu perak metalik

Garis spektrum dari aluminium Informasi umum Nama, lambang, nomor atom Deret kimia Golongan, periode, blok Berat atom standar Konfigurasi elektron Elektron per kelopak

aluminium, Al, 13

logam lainnya 13, 3, p 26.9815386(13) g·mol−1 [Ne] 3s2 3p1 2, 8, 3 Sifat fisika

Fase Massa jenis (mendekati suhu kamar) Massa jenis cairan pada titik didih

solid

2.70 g·cm−3

2.375 g·cm−3

TUGAS BAHAN- BAHAN LISTRIK

1[2] (oksida amfoter) 1.ALUMINIUM Titik lebur 933. 2[1].71 kJ·mol−1 294.47 K (660.8 kJ·mol−1 Jari-jari atom Jari-jari kovalen Jari-jari Van Der Waals 143 pm 121±4 pm 184 pm Bilangan oksidasi Elektronegativitas Energi ionisasi (lebih lanjut) Informasi Lain TUGAS BAHAN.0 kJ·mol−1 (25 °C) 24.5 kJ·mol−1 2nd: 1816.200 J·mol−1·K−1 Tekanan uap P/Pa pada T/K 1 1482 10 1632 100 1817 1k 2054 10 k 2364 100 k 2790 Titik didih Kalor peleburan Kalor penguapan Kapasitas kalor Sifat atom Struktur kristal face-centered cubic 3. 1220.7 kJ·mol−1 3rd: 2744. 4566 °F) 10.58 °F) 2792 K (2519 °C.61 (Skala Pauling) 1st: 577.32 °C.BAHAN LISTRIK .

Aluminium bukan merupakan jenis logam berat. Terang dan kuat. Merupakan konduktor yang baik juga buat panas.2 nΩ·m (300 K) 237 W·m−1·K−1 (25 °C) 23.BAHAN LISTRIK . air minum. Lambang aluminium ialah Al. namun merupakan elemen yang berjumlah sekitar 8% dari permukaan bumi dan paling berlimpah ketiga. Aluminium merupakan konduktor listrik yang baik. Aluminium terdapat dalam penggunaan aditif makanan. antasida.000 m·s−1 70 Gpa 26 Gpa 76 Gpa 0. keramik . dan kembang api.35 2.ALUMINIUM Pembenahan magnetik Keterhambatan elektris Konduktivitas termal Ekspansi termal Kecepatan suara (thin rod) Modulus Young Modulus geser Modulus limbak Rasio Poisson Kekerasan Mohs Kekerasan Viker Kekerasan Brinell Nomor CAS paramagnetik[3] (20 °C) 28. knalpot mobil. Dapat ditempa menjadi lembaran. asap tembakau. semprotan hidung. penggunaan aluminium foil. astringents. ditarik menjadi TUGAS BAHAN. Pengertian Aluminium Aluminium ialah unsur kimia. buffered aspirin. peralatan masak. kaleng. Aluminium ialah logam paling berlimpah.1 µm·m−1·K−1 (suhu kamar) (rolled) 5. dan nomor atomnya 13. antiperspirant.75 167 Mpa 245 Mpa 7429-90-5 Isotop tertentu 1.

Sejarah Aluminium Alumunium dewasa ini tidak hanya dipakai sebagai perabot rumah tangga . botol minuman ringan. tetapi tidak pernah ditemukan secara bebas di alam. Penggantinya adalah cariran buatan yang merupakan campuran natrium. Aluminium digunakan dalam banyak hal. Ditemukan di rumah sebagai panci.pintu. ia juga ditemukan di granit dan mineral-mineral lainnya. Secara industri. Selain pada mineral yang telah disebut di atas.secara terpisah telah memperoleh logam alumunium dari alumina dengan cara elektrolisa dari garam yang berfusi. Aluminium juga digunakan untuk melapisi lampu mobil dan compact disks. Paul heroult di perancis dan C. Pertama kali direduksi sebagai logam oleh H.1%). wall cladding dan berbagai bahan bangunan lainnya. alumunium dibuat dari lembaran lembaran alumunium yang dicetak menjadi profil profil alumunium yang dapat kita jumpai di pasaran . Metoda untuk mengambil logam aluminium adalah dengan cara mengelektrolisis alumina yang terlarut dalam cryolite. 2. tapi juga digunakan sebagai kusen jendela.BAHAN LISTRIK .ALUMINIUM kawat dan diekstrusi menjadi batangan dengan bermacam-macam penampang. Logam ini dibuat dari biji bouksit. Sampai sekarang proses Heroult Hall masih dipakai untuk memproduksi alumunium. Alumunium ditemukan oleh Sir humphrey Davy pada tahun 1809 sebagai sebuah unsur.M Hall di amerika . Juga secara luas digunakan dalam bingkai jendela dan badan pesawat terbang. yang diproses dengan proses bayer sehingga menghasilkan TUGAS BAHAN. bijih alami yang ditemukan di Greenland sekarang ini tidak lagi digunakan untuk memproduksi aluminium secara komersil. Cryolite. Kebanyakan darinya digunakan dalam kabel bertegangan tinggi. tutup botol susu dsb. Tahan korosi. aluminium dan kalsium fluorida. Metoda ini ditemukan oleh Hall di AS pada tahun 1886 dan pada saat yang bersamaan oleh Heroult di Perancis. Aluminium merupakan logam yang paling banyak ditemukan di kerak bumi (8.C oersted tahun 1825.

pada tahun 1787. Karena dulu dianggap sebagai logam berharga. Pada tahun 1886. Aluminium (atau aluminum. knalpot mobil. antasida. Aluminium ialah logam paling berlimpah. Dibandingkan dengan elektrolisis. Aluminium merupakan konduktor listrik yang baik. Sebelum ditemukannya proses elektrolisis.almunium. Napoleon III dari Perancis (1808-1873) pernah melayani tamunya yang pertama dengan piring aluminium dan tamunya yang kedua dengan piring emas dan perak. Dapat TUGAS BAHAN.alminium) ialah unsur kimia.T. dan harga aluminium dulunya jauh melebihi harga emas. Merupakan konduktor yang baik juga buat panas. Wohler yang biasanya disebut sebagai ilmuwan yang berhasil mengisolasi logam ini pada 1827. keramik . walau aluminium tidak murni telah berhasil dipersiapkan oleh Oersted dua tahun sebelumnya. penggunaan aluminium foil. (Latin: alumen. semprotan hidung. buffered aspirin.alumunium. antiperspirant. kemudian alumina ini di elektrolisa didalam bejana cryolit cair yang kemudian akan dihasilkan logam alumunium. Héroult dari Perancis (1863-1914) menemukan proses elektrolisis yang sampai sekarang membuat produksi aluminium ekonomis. proses ini sangat tidak ekonomis. Untuk selanjutnya pengejaan yang terakhir yang digunakan di publikasi-publikasi mereka. Davy memberikan proposal untuk menamakan logam ini aluminum (walau belum ditemukan saat itu). astringents.BAHAN LISTRIK . Pada tahun 1761 de Morveau mengajukan nama alumine untuk basa alum dan Lavoisier. Pada abad ke-19. Nama yang terakhir ini sama dengan nama banyak unsur lainnya yang berakhir dengan “ium”. aluminium hanya bisa didapatkan dari bauksit dengan proses kimia Wöhler. Aluminium terdapat dalam penggunaan aditif makanan. Charles Martin Hall dari Amerika Serikat (1863-1914) dan Paul L. Aluminium bukan merupakan jenis logam berat. peralatan masak. dan nomor atomnya 13. Lambang aluminium ialah Al.ALUMINIUM alumina. dan kembang api. asap tembakau. Terang dan kuat. air minum. kaleng. namun merupakan elemen yang berjumlah sekitar 8% dari permukaan bumi dan paling berlimpah ketiga. Aluminium juga merupakan pengejaan yang dipakai di Amerika sampai tahun 1925 ketika American Chemical Society memutuskan untuk menggantikannya dengan aluminum. walau pada akhirnya setuju untuk menggantinya dengan aluminium. Pada 1807. alum) Orang-orang Yunani dan Romawi kuno menggunakan alum sebagai cairan penutup pori-pori dan bahan penajam proses pewarnaan. menebak bahwa ini adalah oksida logam yang belum ditemukan.

tahan lama 13. 3. Lapisan ini membuat Al tahan korosi tetapi sekaligus sukar dilas. dapat dibentuk sesuai permintaan 12. paduan lumunium akan melebur pd suhu 482 derajat celcius 8. sedangkan besi ± 8. Berat jenisnya ringan (hanya 2.sifat Aluminium Aluminium murni.BAHAN LISTRIK . Sifat bahan korosi dari aluminium diperoleh karena terbentuknya lapisan aluminium oksida (Al2O3) pada permukaan aluminium. mempunyai momen lengkung yang besar 9. dan keenam dalam soal ductility. Ia ringan. 4.1 gr/ cm³) 2. jika ditambahkan Cu. Penghantar listrik dan panas yang baik Mudah di fabrikasi/di bentuk 5. Aluminium merupakan logam yang lembut dan ringan. dengan rupa keperakan pudar. Sifat-sifat penting yang dimiliki aluminium sehingga banyak digunakan sebagai material teknik: 1. ditarik menjadi kawat dan diekstrusi menjadi batangan dengan bermacam-macam penampang. Sifat. oleh karena kehadiran lapisan pengoksidaan yang nipis yang terbentuk apabila didedahkan kepada udara. Tahan korosi 3. tidak tahan goresan 14.Zn. Kekuatannya rendah tetapi pemaduan (alloying) kekuatannya bisa ditingkatkan 6.Ni baik satu persatu maupun bersama sama akan memberikan kemampuan terhadap aus. Aluminium adalah tak beracun (dalam bentuk logam) dan tak bermagnet. merupakan logam kedua termudah dalam soal pembentukan.Mn.7 gr/cm³. praktis pemasangannya dibanding kayu 11.ALUMINIUM ditempa menjadi lembaran. TUGAS BAHAN. tahan korosi dan koefisien muai menjadi rendah. logam putih keperak-perakan memiliki karakteristik yang diinginkan pada logam. titik lebur 650 derajat celcius 7. karena perbedaan melting point (titik lebur).Mg. tidak magnetik dan tidak mudah terpercik. Tahan korosi.Si. tidak tahan zat kimia 10.

Aluminium wronglt alloy (lembaran) 2. kekuatannya rendah untuk dapat dipakai pada berbagai keperluan teknik. tetapi seringkali sifat tahan korosinya berkurang demikian pula keuletannya. tembaga dan magnesium. tapi juga digunakan sebagai alat bantu dalam rumah tangga. kekuatan luluh Khas adalah 450 MPa. Dapat deforming dengan cara: rolling. Sedikit mangan. Unsur paduan utama adalah tembaga.5% magnesium. Menjadi bentuk yang rumit sekalipun. extrusi dll.ALUMINIUM Aluminium umumnya melebur pada temperature ± 600 derajat C dan aluminium oksida melebur pada temperature 2000oC. Paduan Aluminium Dalam keadaan murni aluminium terlalu lunak. besi.8% biasanya berupa besi. dengan variasi tergantung pada komposisi TUGAS BAHAN. duraluminium atau dural) adalah nama dagang dari salah satu jenis paduan aluminium awal usia hardenable. mangan 0. mangan.5% aluminium berat. tetapi seng. silicon dan magnesium. Duralumin (juga disebut duraluminum. yang mengandung tembaga 4. masih tidak banyak mengurangi sifat tahan korosinya. sifat ini dapat diperbaiki. timah putih. drawing. Karena sifat sifat diatas alumunium banyak sekali digunakan untuk kehidupan sehari hari tidak saja sebagai bahan bangunan . Kekuatan dan kekerasan aluminium tidak begitu tinggi dengan pemaduan dan heat treatment dapat ditingkatkan kekuatan dan kekerasannya. Aluminium costing alloy (batang cor) 1. 1. Dengan pemaduan teknik (alloying). Sebuah setara modern yang umum digunakan jenis ini adalah paduan AA2024. Sifat lain yang menguntungkan dari aluminium adalah sangat mudah difabrikasi. silicon. forging.BAHAN LISTRIK . dapat dituang (dicor) dengan cara penuangan apapun. dan magnesium. Paduan aluminium dapat dibagi menjadi 2 kelompok: 1. Aluminium komersil selalu mengandung ketidak murnian ± 0.4%. dan tembaga cukup drastic menurunkan sifat tahan korosinya. 4.6% dan 93.

Penambahan silikon untuk aluminium juga membuat kurang kental ketika cairan. Weldable mudah dan berguna untuk aplikasi selama rentang suhu -270 sampai 300 ° C (-454 sampai 572 ° F). * 2219: ruang oxidizer booster dilas dan tangki bahan bakar. kerangka truk dan komponen suspensi. Aplikasi dapat di mesin yang baik dan kekuatan yang baik diperlukan. * 2036: Lembar untuk panel otomatis tubuh. roda truk. * 2024: Pesawat struktur. * 2014: Heavy-duty forging. sekrup produk mesin. dan bar untuk produk mesin sekrup. kulit pesawat supersonik dan struktur komponen. Aplikasi yang membutuhkan kekuatan tinggi dan kekerasan termasuk layanan pada temperatur tinggi. kepala silinder mesin pesawat udara. dan komponen struktural utama.9 dalam) untuk struktur pesawat. * 2048: Sheet dan piring di komponen struktural untuk aplikasi kedirgantaraan dan peralatan militer. impeler mesin jet dan cincin kompresor. * 2141: Plate pada ketebalan 40 sampai 150 mm (1. * 2618: Die dan tempa tangan. dan marah T8 sangat tahan terhadap stress-korosi retak. sehingga bermanfaat dalam lingkungan lembab. Diantara keuntungan dari silumin adalah resistensi tinggi terhadap korosi. 2.ALUMINIUM Daftar menggunakan khas untuk paduan Al-Cu tempa: * 2011: Wire. Ban cetakan. pesawat dan piston mesin diesel. roda. Penggunaan lainnya adalah ruang lingkup senapan sniper tunggangan dan kamera tunggangan. perangkat keras. Silumin adalah serangkaian ringan. piring. dan ekstrusi untuk fitting pesawat. isi tangki ruang booster dan struktur. Memiliki ketangguhan fraktur tinggi. tinggi kekuatan paduan aluminium dengan kadar silikon sebesar 12%. yang bersama-sama dengan biaya rendah (kedua elemen komponen relatif murah untuk mengekstrak). * 2218: Forgings.BAHAN LISTRIK . Hal ini juga digunakan pada motor 3 fasa untuk memungkinkan peraturan kecepatan. TUGAS BAHAN.6-5. Pistons dan bagian-bagian mesin pesawat berputar untuk operasi pada temperatur tinggi. membuatnya menjadi paduan casting sangat bagus dan logam segar. paku keling. batang. dan lainnya aplikasi struktural lain-lain.

Hal ini relatif tahan terhadap menodai. mangan. dan berbagai paduan tembaga. Istilah ini diterapkan untuk berbagai kuningan dan perbedaan itu adalah sebagian besar sejarah. dan katup. biasanya disebut "perunggu". kuningan dipoles sering digunakan sebagai cermin.68 %.34 %. bantalan. sering disebut Hidronalium. Sehingga dengan dilakukannya proses solution treatment 300 C menurunkan kekerasan hingga 18. dan silikon. kekuatan tarik 20.Bronze tidak. yang agak mirip dengan emas. Karena lebih lembut daripada logam lainnya di pemakaian umum. TUGAS BAHAN.28 % kekuatan tarik 8. gagang pintu. kekuatan tarik 6. amunisi.Sebagai perbandingan. Brass memiliki warna kuning diredam. Sebaliknya grain refiner memperbaiki sifat mekanisnya. proporsi seng dan tembaga dapat divariasikan untuk menciptakan berbagai kuningan dengan sifat yang berbeda-beda . Kuningan adalah paduan substitusi. selain itu paduan Al-Mg 5 % merupakan no heat-treatable alloy.04 %. Hal ini digunakan untuk dekorasi untuk penampilan terang seperti emas.BAHAN LISTRIK .85 % dan regangan 11. 4. untuk aplikasi pipa saluran air dan listrik. Paduan Al-Mg.96 %. Brass adalah paduan tembaga dan seng. roda gigi.06 %. Hal ini juga digunakan dalam ritsleting. Pada jaman dahulu.ALUMINIUM 3. Pada kondisi solution treatment 300 C meningkatkan kekerasan hingga 6. untuk aplikasi di mana gesekan yang rendah diperlukan seperti kunci. dan luas dalam instrumen musik seperti tanduk dan lonceng untuk properti akustik. seperti dalam fitting dan alat-alat sekitar gas meledak. merupakan paduan dengan tingkat ketahanan korosi yang paling baik dibandingkan dengan paduan alumunium lainnya. kuningan sering digunakan dalam situasi di mana adalah penting bahwa percikan tidak memukul.. perunggu pada dasarnya merupakan paduan dari tembaga dan timah .44 % dan regangan hingga 25.78 %. kekuatan tarik 2. dan sering digunakan sebagai hiasan dan untuk koin. termasuk paduan dengan arsen.77 %. Hidronallium . aluminium.06 % dan regangan 38. Dan pada kondisisolution treatment 400 C meningkatkan kekerasannya hingga 16. selalu mengandung timah. dimana pada kondisi as-cast meningkatkan kekerasan hingga 6.14 % dan regangan 41. fosfor.

biasanya dengan timah sebagai aditif utama. Pembuatan Aluminium Aluminium merupakan unsur yang tergolong melimpah di kulit bumi. dan potongan sejarah mempunyai komposisi variabel. Perunggu masih umum digunakan di baling-baling kapal dan bantalan terendam. Aluminium murni sangat lunak dan tidak kuat. museum modern dan deskripsi ilmiah objek semakin tua menggunakan istilah lebih berhati-hati "paduan tembaga" sebagai gantinya. Bauksit mengandung aluminium dalam bentuk aluminium oksida (Al2O3). 6. mangan. dan unsur-unsur lainnya untuk membentuk sifat-sifat yang menguntungkan. alumunium. Tahap pemurnian bauksit sehingga diperoleh aluminium oksida murni (alumina) TUGAS BAHAN. Pengolahan aluminium menjadi aluminium murni dapat dilakukan melalui dua tahap yaitu: 1. Lapisan ini digunakan untuk memproteksi kaca teleskop dan kegunaan lainnya. Tetapi dapat dicampur dengan tembaga. Perunggu terutama cocok untuk digunakan dalam alat kelengkapan kapal dan kapal kekuatan sama dengan stainless steel karena kombinasi ketangguhan dan ketahanan terhadap korosi air garam. mangan. Bronze (perunggu) adalah paduan logam terutama terdiri atas tembaga. tapi kadang-kadang dengan unsur-unsur lain seperti fosfor. kuat dan ringan diperlukan. magnesium. dan itu sangat signifikan di zaman kuno. Sulit dan rapuh. 5. begitu banyak sehingga Bronze Age bernama setelah logam.ALUMINIUM 5. khususnya dengan batas jelas dengan kuningan. tetapi ia digunakan sebagai bahan transmisi karena ringan. Walau konduktivitas listriknya hanya 60% dari tembaga. Kegunaan Aluminium Aluminium banyak digunakan sebagai peralatan dapur. karena "perunggu" adalah istilah yang agak tidak tepat. Campuran logam ini penting kegunaannya dalam konstruksi pesawat modern dan roket. bahan konstruksi bangunan dan ribuan aplikasi lainnya dimanan logam yang mudah dibuat. Logam ini jika diuapkan di vakum membentuk lapisan yang memiliki reflektivitas tinggi untuk cahaya yang tampak dan radiasi panas. silikon.BAHAN LISTRIK . Namun. atau silikon. Lapisan ini menjaga logam dibawahnya dari proses oksidasi sehingga tidak menurunkan nilai logam yang dilapisi. Mineral yang menjadi sumber komersial aluminium adalah bauksit.

dikeringkan lalu dipanaskan sehingga diperoleh aluminium oksida murni (Al2O3) 2Al(OH)3(s) ---> Al2O3(s) + 3H2O(g) Selanjutnya adalah tahap peleburan alumina dengan cara reduksi melalui proses elektrolisis menurut proses Hall-Heroult. Fe2O3. Dalam proses Hall-Heroult.ALUMINIUM 2.BAHAN LISTRIK . Tahap peleburan alumina Tahap pemurnian bauksit dilakukan untuk menghilangkan pengotor utama dalam bauksit. Dalam proses elektrolisis dihasilkan aluminium di katode dan di anode terbentuk gas O2 dan CO2 Al2O3(l) ---> 2Al3+(l) + 3O2-(l) TUGAS BAHAN. Caranya adalah dengan melarutkan bauksit dalam larutan natrium hidroksida (NaOH). aluminum oksida dilarutkan dalam lelehan kriolit (Na3AlF6) dalam bejana baja berlapis grafit yang sekaligus berfungsi sebagai katode. Pengotor-pengotor dapat dipisahkan melalui proses penyaringan. dan TiO2. 2NaAl(OH)4(aq) + CO2(g) ---> 2Al(OH)3(s) + Na2CO3(aq) + H2O(l) Endapan aluminium hidroksida disaring. Pengotor utama bauksit biasanya terdiri dari SiO2. Sebagai anode digunakan batang grafit. Selanjutnya elektrolisis dilakukan pada suhu 950 oC. Al2O3 (s) + 2NaOH (aq) + 3H2O(l) ---> 2NaAl(OH)4(aq) Aluminium oksida larut dalam NaOH sedangkan pengotornya tidak larut. Selanjutnya aluminium diendapkan dari filtratnya dengan cara mengalirkan gas CO2 dan pengenceran.

ALUMINIUM Katode : Al3+(l) + 3e ---> Al(l) Anode : 2O2-(l) ---> O2(g) + 4 e C(s) + 2O2-(l) ---> CO2(g) + 4e TUGAS BAHAN.BAHAN LISTRIK .

bengkellassemarang.BAHAN LISTRIK .com/2009/06/pembuatan-aluminium.com/2008/04/13/aluminium/ http://www.blogspot. ensiklopedia bebas TUGAS BAHAN.ibchem.html Wikipedia Dari Wikipedia bahasa Indonesia.com/alumunium.html http://www.com http://gabunganteknik.wordpress.html www.ALUMINIUM Referensi materi: http://afrahamiryano.akujagoan.com/2011/01/pembuatan-sifat-dan-paduan-aluminium.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful