KISI-KISI SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : VIII/ Ganjil Tahun

Pelajaran : 2011/2012

NO

ASPEK KEBAHASAAN

KOMPETENSI DASAR

MATERI

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

1

Membaca

3.3 Menyimpulkan Membaca Cepat isi teks dengan membaca cepat 250 kata per menit

2

Membaca

3.1 menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai

Disajikan sebuah teks bacaan, siswa dapat - Menentukan pertanyaan yang yang jawabannya terdapat dalam bacaan. - menentukan pernyataan yang sesuai dengan bacaan. - menyimpulkan isi bacaan - menentukan cara mengukur kecepatan membaca (KEM). Menemukan Disajikan kutipan informasi dari buku telepon, siswa informasi di dapat dalam - menemukan subjek secara cepat dan tepat. ensiklopedi/buk - Menemukan nomor telepon secara tepat u telepon - mengurutkan secara alfabetis. - Menentukan teknik pencarian subjek informasi Siswa dapat menentukan kegunaan teknik membaca memindai/scanning. Disajikan sebuah kutipan laporan, siswa dapat menentukan - Jenis laporan - pola urutan penyajian laporan - Isi laporan

Pilihan Ganda

3

Mendengarkan

1.1 menganalisis Laporan laporan Perjalanan

siswa dapat menentukan pengembangan laporan sesuai dengan kerangka.4 Menulis 4. siswa dapat tempat dan arah .menentukan langkah-langkah melakukan wawancara Disajikan sebuah surat dinas. siswa dapat . Disajikan sebuah ilustrasi.menentukan kalimat pertanyaan yang sesuai dengan tema wawancara . Disajikan sebuah teks laporan perjalanan.mendeskripsikan rute jalan sesuai dengan denah berdasarkan . siswa dapat menentukan bagian-bagian laporan Disajikan sebuah laporan dengan susunan kalimat yang acak.2 Menulis surat dinas berkenaan Penyampaian Laporan Perjalanan Pendeskripsian Disajikan gambar denah lokasi. siswa dapat menentukan : .menyimpulkan isi wawancara .menentukan pernyataan yang sesuai dengan denah denah .1 Menulis Penulisan laporan dengan Laporan baik dan benar Perjalanan Disajikan sebuah kerangka laporan.1 berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara 4.2 Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah 2.Menentukan rute tercepat menuju lokasi Cara Berwawancara Disajikan sebuah teks wawancara.penamaan bagian surat Surat Dinas . siswa dapat menentukan laporan perjalanan yang sesuai dengan topik 5 Berbicara 6 Membaca 7 Berbicara 8 Menulis 2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar 3. siswa dapat mengurutkan kalimat laporan yang benar.

Latar . siswa dapat 12 13 Berbicara (Sastra) 6.jenis tokoh Bermain peran Disajikan sebuah kutipan naskah drama.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama Cara Disajikan sebuah kutipan naskah drama.dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku 9 Menulis 4. siswa dapat menyunting dengan kalimat efektif Siswa dapat menentukan unsur-unsur dalam pementasan drama Siswa dapat menentukan istilah-istilah dalam pementasan drama 10 Mendengarkan (Sastra) Cara menanggapi unsur-unsur pementasan naskah drama 11 Mendengarkan (sastra) 5.1 Bermain peran sesuai denga naskah yang ditulis oleh siswa Membaca (Satra) 7. siswa dapat mengisi rumpang dengan kalimat yang tepat Disajikan petunjuk yang susunannya masih acak.1 Menanggapi unsur pementasan naskah drama Penulisan bahasa petunjuk - hal surat Perbaikan kesalahan penulisan Kalimat penutup Isi surat Penulisan alamat surat Disajikan petunjuk yang masih rumpang.Pengembangan tema dalam drama .1 Mengidentifikasi unsur intrinsik naskah drama Pengidentifikasi Disajikan sebuah an unsur menentukan: intrinsik . siswa dapat mengevaluasi menentukan: pemeran tokoh . siswa dapat menentukan ekspresi pelafalan dialog naskah drama.Watak tokoh . siswa dapat menyusun kembali dengan susunan yang benar Disajikan sebuah petunjuk.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif 5.

siswa dapat menentukan sinopsis yang sesuai. 8. Disajikan kutipan novel remaja.Amanat Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa.2 Menulis kreatif Menulis naskah Siswa dapat menentukan kaidah penulisan petunjuk naskah drama drama sesuai gerak pelaku dengan drama sesuai memperhatikan kaidah penulisan kaidah penulisan naskah drama Membaca (sastra) 7.Judul yang sesuai 14 Menulis (sastra) Disajikan kutipan naskah drama. siswa dapat menentukan: .Prolog/ bagian awal cerita yang sesuai .Jenis konflik Disajikan urutan alur cerita yang masih acak.Latar cerita . siswa dapat mengurutkannya. siswa dapat sinopsis novel sinopsis novel menentukan: remaja Indonesia .. Siswa dapat menentukan langkah-langkah menulis sinopsis. Siswa dapat melengkapi bagian dialog yang masih rumpang Menulis (sastra) 8.Latar suasana .2 Membuat Pembuatan Disajikan kutipan novel remaja.1 Menulis kreatif Penulisan naskah drama naskah drama dengan memperhatikan keaslian ide 15 16 . siswa dapat menentukan pengembangan naskah drama yang sesuai ilustrasi.