Merawat gigi dan mulut

A. Pengertian Adalah tindakan keperawatan yang dilakukan pada klien yang dihospilisasi.

B. Tujuan 1. Mencegah infeksi gusi dan gigi 2. Mempertahankan kenyamanan rongga mulut

C. Alat dan bahan 1. Handuk dan kain pengelas 2. Gelas kumur berisi :  Air masak/NaCl  Obat kumur  Borax gliserin 3. Spatel lidah yang telah dibungkus dengan kain kasa 4. Kapas lidi 5. Bengkok 6. Kain kasa 7. Pinset atau arteri klem 8. Sikat gigi dan pasta gigi

D. Prosedur kerja

Fatmawati (Prosedur 1 dan 2) b. Tri Yusnita Yusran (Prsedur 3 dan 4) c. Pasang handuk dibawah dagu atau pipi pasien 5. Ambil pinset dang bungkus dengan kain kasa yang dibasahi air hangat atau masak 6. Keringkan dengan kasa steril yang kering 9. Lakukan pembersihan dari dinding rongga mulut. Prosedur : a.Cuci tangan setalah prosedur dilakukan. Gunakan tong spatel(sudip lidah) untuk membuka mulut pada saat membersihkan gigi atau mulut 7. Klesia Benedikta (Prosedur 5 dan 6) d. Pengertian dan tujuan : Rizky Amalia Putri Arliana 2.A (Prosedur 7 dan 8) e. Pembagian tugas : 1. Atur posisi dengan posisi tidur miring kanan atau kiri 4. Rizky Amalia P. Klesia benedikta (Menunjukkan alat dan bahan) 3. Fatmawati (Prosedur 9 dan 10) . gigi dan lidah 8.1. Setelah bersih oleskan dengan borax gliserin 10. Alat dan bahan : a. Fatmawati (Menjelaskan/ menyebutkan alat dan bahan) b. Cuci tangan 3. Jelaskan kepada klien tindakan yang akan dilakukan 2.

Hal 30.Kp dan Musrifatul Uliyah. 31. 34. S.Kp. . Oleh Aziz Alimul Hidayat. S.Kelompok V  Fatmawati  Klesia Benedikta  Rizky Amalia Putri Arliana  Tri Yusnita Yusran Nama Klien : Nirwana Referensi : Buku Saku Pratikum Kebutuhan Dasar Manusia. Bab 2 Prosedur Pemenuhan Kebutuhan Kebersihan Diri dan Lingkungan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful