KELOMPOK III

IMSAR GUNAWAN RURI EKA SAPUTRA MILL FADILAH ANDRES MUNCESTIO

Definisi dari………. PERMINTAAN II.I. I. PENAWARAN .

.I. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau yang diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. PERMINTAAN Definisi Permintaan…….

PENAWARAN Definisi Penawaran…… Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau yang ditawarkan pada harga dan waktu tertentu. .II.

Jika asumsi di sepelekan ( cateris paribus ): “ Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembelian akan semakin banyak dan sebaliknya. “ . Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membelikan sedikit uang yang dimilikinya krn terbatas. Begitu sebaliknya bagi si penjual. Harga yang tinggi juga akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti. Jika harga semaki murah atau rendah maka penwaran akan semakin sedikit dan sebaliknya. apabila harga makin tinggi ia pun akan semakin banyak memproduksi. “ Kenapa ha itu dapat terjadi………??? “ karena semua ingin mencari kepuasan ( keuntungan )yang sebesar-besarnya dari harga yang ada.

Prilaku konsumen/selerah konsumen Ketersediaan barang dan harga barang sejenis sebagai pengganti dan pelengkap Income konsumen Perkiraan harga dimasa datang Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen .

Biaya produksi dan teknologi yang digunakan Tujuan perusahaan Pajak Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap Prediksi harga ke depan .

 Dalam kesetimbangan ini kita mengenal price ekuilibium ( kesetimbangan harga ) & quantity ekuilibium ( kesetimbangan jumlah )  Apabila keadaan ini tercapai maka biasanya akan cenderung bertahan . Ekuilibium adalah keadaan dimanaterjadi kesamaan(setimbang) antara barang yang diminta dengan barang yang di tawarkan.

 Pendekatan fungsi. yaitu menemukan kesetimbangan dari titik potong antara kurva permintaan dan kurva penawaran .  Pendekatan tabulasi. yaitu mencari kesetimbangan dengan menyamakan fungsi permintaan dan penawaran. yaitu mencari kesetimbangan dengan menemukan angka yang sama dalam tabel antara Qdx dengan Qsx  Pendekatan kurva.

. harga dasar serta pengenaan pajak tak langsung. Jika permintaan dan penawaran bertambah  Jika permintaan dan penawaran berkurang  Kasus harga tinggi.

Elastisitas adalah………… Secara umum elastisitas memiliki pengertian yaitu sebagai penggambaran derajat kepekaan /respon dari jumlah barangyang diminta dan ditawarkanakibat perubahan faktor yang mempengaruhinya. .

Pada dasarnya . Elastisitas permintaa Adalah suatu alat/ konsep yang digunakan untuk mengukur kepekaan/respon perubhan jumlah faktor yang mempengaruhi. ada 3 variabel utama yang mempengaruhi maka dikenal 3 elastisitas permintaan. yaitu :  Elastisitas harga permintaan  Elastisitas Silang  Elastisitas pendapatan .

Adalah derajat kepekaan atau respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang tersebut atau dengan kata lain merupakan perbandingan daripada peresentase jumlah barang yang diminta dengan persentase jumlah harga di pasar. Maka disepakati bahwa :  In elastis  Unity  Elastis . sesuai dengan hukum permintaan. Sedangkan tanda elastisitas selalu negatif. karena sifat hubungan yang berlawanan tadi.

Apabila hubungan antara keduanya komplementer barang lain itu.Adalah persentase perubahan permintaan dari barang X kepada barang Y. . maka tanda elastisitasnya positif. Dan apabila barang lain itu bersifat subsitusi. maka nilai elastisitas silangnya adalah negatif.

Danken schon CheChe sukron Terimakasih .