MAKALAH TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN “INSPIRATION, CREATIVITY, AND BUSINESS IDEA”

Disusun Oleh:

DEDI DARMA A 105040201111013

PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

1

sate manis. Membuat konsep bisnis memerlukan kejelian calon pebisnis dalam melihat persaingan pasar. sate Padang. Jika perlu konsep yang dibuat berbeda dan lebih baik dibandingkan bisnis sejenis yang telah ada.BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Untuk memulai bisnis yang baik dibutuhkan sebuah konsep. Menurut Mario Teguh. Cukup banyak jenis bisnis yang telah berkembang selama ini. pada bisnis ini sudah lama dikenal aneka jenis produk seperti sate ayam. Dipastikan Anda masih dapat menemukan keragaman dalam bisnis yang sama. Tak perlu ide yang rumit. Di masa mendatang masih terbuka luas munculnya pebisnis warung sate yang mampu menjual sate alternatif lainnya. sate bekicot. sate kelinci. karena belum memiliki ide bisnis yang akan dibangun. TEORI KETIDAK SEMPURNAAN INSTING DAN INTUISI INSPIRASI AKU PRINSIPPRINSIP DASAR BERPIKIR KREATIF Gambar 1. Banyak pengusaha muda yang kurang tepat memulai posisi bisnisnya sebab belum memahami karakter bisnis yang sesuai dengan kekuatan karakter atau kepribadiannya. Untuk itu Hendro dan Candra (2006) menjelaskannya melalui tiga konsep utama ide bisnis berorientasi karakter (inspirasi AKU) yaitu teori ketidaksempurnaan. sehingga produk atau jasa mudah diterima pasar. buatlah konsep dengan pendekatan-pendekatan sederhana namun langsung menuju pada pemecahan masalah. prinsip dasar berpikir kreatif dan insting serta institusi sebagaimana digambarkan di bawah ini. Misalnya bisnis warung sate. tak ada ide bisnis yang salah namun yang kemudian menjadikan bisnis tersebut gagal adalah karena ide bisnis ternyata tidak sesuai dengan pasar atau pribadi yang menjalankannya. Tidak sedikit calon pengusaha yang tidak dapat segera mengambil keputusan berbisnis. Tri Tunggal (3 in 1) Inspirasi untuk Membangun Ide Bisnis 2 . sate lilit dan sebagainya. sate kambing.

Perspektif seorang pebisnis seharusnya selalu skeptis dan tidak puas pada hal-hal yang telah mapan. kosong tetapi isi. Cara pikir inilah yang mendasari teori ketidaksempurnaan. di mana kondisi perekonomian tereduksi dan banyak perusahaan-perusahaan besar jatuh bangkrut ternyata cukup banyak eksportir kerajinan etnis yang justru memperoleh manfaat dari jatuhnya harga rupiah. kapan saja oleh siapa saja. dan pasar sudah ada. Sedangkan Kosong tetapi berisi dalah Pasar yang dianggap kosong (tidak ada yang mampu memenuhi permintaan pasar). ternyata berisi. sementara rasa puas akan menghentikan proses perubahan. namun cikal bakal dari seorang pebisnis ulung akan mampu melampaui cara pikir ini dan membaca bayang-bayang kesulitan sebagai suatu peluang (Hendro dan Candra. Tidak pernah ada kata sempurna. penyuling minyak nilam. tetapi masih ada yang kosong. Permintaan. tetapi kosong. tetapi kosong” Permintaan kerajinan kayu ada (kerajinan kayu bisa menciptakan berbagai creativitas yang unik). Ide kreatif untuk memulai suatu bisnis dapat berasal dari: 1. 4. Ilham Proses belajar: diskusi Proses berlatih Pengalaman Keterpaksaan dan kondisi krisis yang menekan Peluang bisnis dan krisis bagaikan dua sisi sekeping uang logam. pertumbuhan dan perkembangan. Sebab kesempurnaan identik dengan kemapanan dan rasa puas. Rata-rata orang melihat masalah sebagai krisis. pengrajin bordir dan sulaman tangan merupakan sebagian dari pelaku bisnis yang diuntungkan pada masa itu.I. Teori Isi. Sebagai ilustrasi. Isi tetapi kosong adalah dimana Pasar yang isi sebenarnya memiliki kekosongan permintaan karna ada keinginan orang yang belum terpenuhi (customer ingin sesuatu yang berbeda). pelanggan. saat di Indonesia terjadi krisis ekonomi pada tahun 1997-1998.(2004) pada dasarnya ide dan peluang dapat tumbuh di mana saja. Semakin banyak ide yang muncul semakin kreatif manusia meraih peluang.BAB II PEMBAHASAN 2. 2. Misalnya Pak Mandar menganut “Isi. 2006). Cara pandang tersebut mendorong mereka untuk terus mencoba ide-ide baru yang lebih baik. 5. keuntungan yang diperoleh dapat meningkat tiga kali lipat dari keuntungan sebelum masa krisis. Semakin luas peluang semakin banyak pelaku usaha dapat meraih keberhasilan. Dengan demikian bagaimana perspektif atau cara pandang seseoranglah yang akan menentukan apakah sebuah krisis dapat berubah menjadi peluang.2 TEORI KETIDAKSEMPURNAAN Menurut Waspada.pelanggan kerajinan 3 . Pengrajin mebel dengan bahan baku serat pisang dan eceng gondok. 3. Untuk setiap unit produk yang mereka jual dalam nilai tukar dollar Amerika.

perempuan berkulit putih tidak selalu cantik. Jangan pernah mengikuti pola pikir orang banyak atau mengikuti kebiasaan: para kreativator umumnya sangat jeli mengikuti pola pikir orang banyak untuk dimanfaatkan sebagai obyek iklan melalui pengulangan pesan. Intensitas kepadatan berlalu lintas saat itu sangat tinggi. terbukti seorang Naomi Campbel model berdarah Afrika justru menjadi top model internasional.Terkadang karena jalanan macet. c. Think more detail: dalam teori inovasi terkandung konsep berpikir lebih detail yang dapat dijelaskan sebagai berikut a. mushola. banyak pelancong justru lebih banyak menghabiskan waktu liburnya di jalan bukan di daerah tujuan wisata. namun sebaliknya menjadi pengirim pesan yang mengendalikan pasar. Start from different position b. penyewaan kamar per jam untuk istirahat. bahwa seorang kreator tidak menempatkan dirinya sebagai obyek iklan.2 DASAR POLA PIKIR KREATIF Kunci utama untuk mengambil keputusan menjadi enterpreneur adalah proses berpikir kreatif. 2. selalu mendasarkan pola pikirnya pada teori inovasi.kayu ada (banyak turis dan wisatawan yang senang dengan produk kayu). Teori inovasi: dasar pemikiran inovasi adalah menjadikan hal-hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. pijat shiatsu. Padahal. samping. dan theater keluarga dengan sistem drive inn. Perhatikanlah. Iklan ini ternyata sangat efektif mendongkrak penjualan sabun dan krim whitening. Mereka berpikir dengan cara yang berseberangan dengan kebanyakan orang sehingga dapat memberikan pengaruhnya. Pola pikir kreatif diawali dari teori ketidaksempurnaan. Jika one stop entertainment ini dirancang dengan nuansa taman tropis yang mewakili keindahan alam pegunungan bukankah jenis bisnis semacam ini dapat membajak sebagian wisatawan potensial di tengah perjalanan mereka? 2. Mengapa tidak menawarkan hal-hal baru seperti one stop entertainment di bengkel mobil yang sekaligus menyediakan jasa cuci mobil. tempat bermain anak-anak. tak lupa dilengkapi dengan hot spot dan pusat ATM. jika biasanya Anda melihat sesuatu dari depan cobalah melihat dari belakang. 3. tempat bermain. selalu mencari hal-hal baru. pusat jajan serba ada termasuk pusat oleh-oleh. sesuatu yang berbeda. Dalam proses 4 . Ubahlah pola kebiasaan Anda.Kekosongan adalah ternyata tidak ada mainan puzzle (yang biasanya dari plastik) dari kayu. sasaran pesan iklan. pasar kerajinan kayu (jogja dikenal sebagai kota kerajinan kayu). Think differently with opposite position a. Menurut Hendro dan Candra (2006) ada tujuh prinsip dalam pola pikir kreatif yaitu: 1. atau salon spa. Contoh: dalam iklan kosmetik selalu dilakukan pengulangan pesan bahwa putih itu cantik. Semua penemu di dunia. Contoh: selama musim liburan sebagian besar masyarakat kita selalu berwisata ke daerah pantai dan puncak. pom bensin. atas dan bawah. Hindari jebakan logika Anda: orang kreatif tidak menyukai rutinitas. sesuatu yang lebih memuaskan imajinasi mereka.

mengamati. Mengganti kata ‟tetapi‟ dengan ‟dan‟. Bila Anda mengkaji suatu proses. pameran dagang. industri mana yang menawarkan produk-produk inovatif. jangan hanya melakukan secara visual. dan berimajinasi b. Menurut Hendro dan Candra (2006). Setelah itu kembalilah sebagai diri Anda sendiri. Pastikan ada solusi: beberapa tips dan trik untuk berpikir solutif antara lain a. Contoh: bila mengamati lukisan jangan hanya mengamati sekilas namun cobalah mencermati detail warna. persaingan antar unit bisnis dan aspek-aspek menarik lainnya. misalnya saya ingin makan cemilan. cobalah melihat dari awal hingga akhir seluruh proses pengerjaan. cobalah mempelajari aspek editing. tapi saya harus diet. eksebisi dan even-even promo dan pada saat melakukannya jangan hanya melihat keramaian atau banyaknya pengunjung.3 INSPIRASI. biasanya kita mengetahui jawaban atas masalah yang kita alami. 5. Selalu bertanya mengapa b. Membalik cara pikir: tidak sebagai subyek namun sebagai obyek masalah d. Selalu berpikir tentang kendala-kendala yang ada dan aturan yang belum dibuat untuk menciptakan inspirasi dan peluang Knowledge only 1%. harga produk-produk yang dijual. Dengan mencoba sudut pandang orang lain. lihat pula detailnya. d.4. Imagination 99%: a. Ketika Anda melihat produk. peluang pasar baru. Misal bila anda melihat film jangan hanya menikmati jalan cerita film dan tokohnya. guratan coretan. merenungkan. Apa impian Anda selama ini? 2. lalu tempatkan diri Anda sebagai penonton. Have a perfect result : prinsip ini akan mendorong Anda untuk bekerja lebih keras dan tidak mudah puas. 6. Dua faktor utama yang mendorong timbulnya inspirasi adalah insting dan intuisi. Sekarang jika kalimat tersebut saya ganti menjadi ‟saya ingin makan cemilan dan saya harus diet‟ solusi apa kira-kira yang dapat Anda pikirkan? b. metode dan sebagainya c. Perspektif apa yang Anda dapatkan. Kunjungilah toko. komposisi bahan baku dan pengerjaannya. sapuan kuas dan pesan yang ingin disampaikan pelukisnya b. Mulai belajar membuat sketsa masalah. 7. 5 . teknik shooting. Amatilah produk apa saja yang dipamerkan. Amatilah kesulitan Anda dan masalah yang terjadi. DARIMANA TIMBULNYA? Salah satu kunci sukses dalam memulai usaha atau menjadi seorang enterpreneur adalah orisinalitas inspirasi. kedua hal ini tampak sama yaitu naluri atau kepekaan untuk membaca situasi tetapi berasal dari sumber yang berbeda. sudut pengambilan kamera. lihatlah dari sisi produksinya. penulisan skrip dan seterusnya. Kesulitan dan inspirasi lekat satu sama lain: a. Selalu berpikir tak ada yang tak mungkin c.

Harapan dari anak kecil 6. Sumber inspirasi dalam entrepreneurship adalah : 1. Cobalah menggali inspirasi dari apa yang ada pada diri Anda. setelah ada menemukan gagasan atau ide bisnis dan terinspirasi untuk memulainya pertimbangkan beberapa hal ini dalam format uji coba (riset dan trial peluang): 6 . keahlian dan pengetahuan yang Anda miliki. inspirasi lekat pada krisis. kesulitan. Umumnya insting digunakan untuk menghindar. Pikiran yang terkadang “gila” 7. Untuk itu. Untuk menemukan inspirasi. masalah. hambatan. kebiasaan. Intuisi merupakan kepekaan untuk memprediksi hal-hal yang akan terjadi berdasarkan indera ke enam. Permintaan pelanggan Masihkah Anda mengingat pelajaran pada sub-bab pertama mengenai kunci enterpreunership? Konsep 3 in 1 membangun inspirasi. Keduanya diperlukan dalam membangun sebuah bisnis. bertahan atau survive sementara intuisi digunakan untuk melangkah maju dan bertumbuh.Insting adalah kepekaan menganalisis suatu kejadian yang pernah dialami seseorang untuk memprediksi kejadian yang akan datang. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Keinginan yang kuat akan sesuatu yang lebih baik (keprihatinan) 4. Kesulitan orang atau masalah sehari-hari 2. tantangan. Inspirasi diawali dengan pola pikir kreatif yang sangat mengandalkan otak kanan Anda. rutinitas keseharian yang Anda jalani. Ketiadaan atau kelangkaan 3. misalnya pengalaman Anda bekerja. kebutuhan dan cobaan yang tak ada habisnya. Jadi menjadi terinspirasi adalah langkah awal untuk membangun konsep bisnis dan mengambil keputusan untuk memulainya. Kebutuhan yang terus-menerus belum terpenuhi 9. merupakan kepala kunci di mana Anda masih membangun spirit enterpreunership Anda. Desakan untuk bertahan hidup dari sekeliling anda 8. maka belajarlah berfikir berlawanan arah atau arus secara detail dari sesuatu yang tidak terlihat atau terucap. Mimpi atau cita-cita yang “aneh” 5. hobi yang Anda sukai. Rutinitas yang waktunya lama (menciptakan kejenuhan) 10. Selanjutnya otak kiri Anda akan menganalisis semua peluang yang Anda miliki untuk mewujudkan inspirasi atau mimpi Anda.

Mereka jarang memebri informasi tentang peluang emas apa yang bisa diambil kepada orang lain atau orang terdekat. Persaingan: apakah inspirasi tersebut mudah ditiru oleh orang lain? Apakah trend perubahannya sangat cepat? Apakah faktor modal sangat menentukan keberhasilan peluang tersebut untuk tetap bertahan? Apakah Anda akan mampu mengatasi kelemahankelemahan peluang tersebut? 3.4 MENCARI PELUANG BISNIS DARI KATA “PELUANG” Peluang hampir ada disetiap saat dalam kehidupan kita sehari-hari. Sedang dibutuhkan oleh pasar 2.5 DARIMANA ANDA MENDAPATKAN PELUANG? Berikut adalah beberapa konsep untuk memudahlkan anda didalam menemukan dan menciptakan peluang : 1. lalu menemukan kelemahan produk tersebut. Tetapi yang penting ialah bukan sekedar cara melihat atau memandang suatu hal melainkan bagaimana sesuatu ketidak sempurnaan itu bisa berubah menjadi peluang yang sebenarnya dibutuhkan. baik sejak bangun pagi hingga larut malam. Individu: apakah Anda mampu mewujudkan inspirasi dan ide bisnis Anda? Apakah Anda mampu memenuhi faktor-faktor di atas? Galilah semua kelemahan dan keunggulan yang Anda miliki untuk mewujudkan peluang itu. Pasar: apakah inspirasi Anda mampu diserap pasar? Seberapa besar daya serapnya? Seberapa lama keberlanjutannya? 2. Benar-benar beda dan ada nilai tambahnya 5. 2. Mulailah dengan teori ketidaksempurnaan. Menyempurnakan yang sebelumnya 4. Bila mereka melihat sebuah peluang emas. Karena ia melihat dengan pola pikir “ketidaksempurnaan”. merekalah yang kan lebih dahulu mengambilnya. 7 . Ketidaksempurnaan memberikan Anda peluang untuk menyempurnakannya melalui bisnis baru yang akan Anda bangun. Misal kita melihat suatu produk yaitu pensil. Memecahkan kesulitan atau masalah yang sedang dihadapi pasar 3. Jika orang yang mengetahui seluk beluknya. Temuan yang orisinil (inovatif) 6. 2. Peluang anda akan menjadi peluang emas jika terdapat unsur-unsur sebagai berikut : 1. tergantung cara kita melihatnya. Kemudian. Entrepreneur yang sukses itu kebanyakan memiliki jiwa “EGOIS” tinggi. Ada unsur yang dibanggakan oleh anda/ pembeli 8.1. Yang pasti. Memberi keuntungan yang nyata 7. Peluang itu dapat muncul dalam berbagai bentuk. bisa anda wujudkan. mulailah dengan mengeksplorasi apakah peluang tersebut merupakan peluang emas atau tidak. maka ini adalah sebuah peluang.

coretan di kertas ukuran besar dengan kertas karton atau manila atau kain di mana peluang tersebut Anda tuliskan. Menggantikan posisi yang ada dari pesaing (replacement) c. Pilihlah peluang yang paling berpotensi bagi Anda untuk Anda ciptakan. Ketakutan adalah mitos yang salah dan menghantui langkah sukses Anda 10. bahkan ketika Anda akan tidur 7. “BE YOURSELF”.6 MENEMUKAN PELUANG BISNIS ANDA A. kondisi dan situasi. Mulailah mengambil keputusan yang smart tanpa menjadi seorang risk taker. Maka mulailah segala hal dari diri anda sendiri. Pasanglah di tempat di mana Anda dapat selalu membacanya. KARENA ITU TIDAK BENAR Setiap orang mempunyai kekuatan yang berbeda. Tambahkan kata-kata yang memotivasi Anda. Jadilah manager bagi diri Anda sendiri 9. Pasanglah peluang pertama sebagai peluang emas bagi Anda 6. 4. JANGAN MENJIPLAK GAYA ORANG LAIN. Setelah Anda berhasil menemukan beberapa alternatif peluang segera buatlah daftar peluang itu. Ciptakan kesuksesan kecil dulu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Gunakanlah inspirasi bahwa peluang itu dapat berarti: a. Apa pun kata orang. berinovasi dan bertahan. B. maka sukses bagi Anda hanya tingggal menunggu waktu saja 2. unik dan tidak sama. hal itu karena perbedaan karakter. Banyak orang yang miniru usaha orang lain tapi akhirnya gagal. Buatlah spanduk. MEMAHAMI KARAKTER BISNIS ANDA 8 . kemudian teruslah berkreasi. Melengkapi ketidaksempurnaan pasar (compatible – hulu ke hilir) 3. janganlah nada melihat bahwa bisnis orang lain yang sukses bisa ditiru. Merebut pasar dari para pesaing (intersection) b. kemudian pilih yang kedua dan ketiga 5. seperti visi dan motto hidup Anda 8.2. Jangan takut untuk mencoba dan teruslah mencoba. Mengisi kekosongan dari celah persaingan (filter) d. Menghancurkan market leader (destroyer) e.

manusia juga dikelompokkan menjadi dua yaitu tipe logic yang cenderung berpikir responsif dan empatik dan tipe receptive yang cenderung lebih menggunakan perasaan dalam merespon komunikasi. sedangkan seorang introvert cenderung senang mendengar saja (thinking –acceptiveness). advocator dan fasilitator dalam dunia bisnis akan menghasilkan empat personality enterpreneur sebagai berikut : 9 . Dari dua pendekatan ini Hendro dan Candra (2006) mengelompokkan karakter manusia sebagai berikut: logik kontroler analitik ekstrovert introvert advocator feeling fasilitator Implementasi karakter kontroler. manusia digolongkan menjadi dua kelompok yaitu extrovert dan introvert. Berdasarkan pola pikir dan respon terhadap pembicaraan. Seorang extrovert cenderung suka berbicara (telling and assertiveness).Menurut Hendro dan Candra (2006) berdasarkana cara berkomunikasi. analitik.

Teliti. formal b. Populer: ambisius. Menyukai tantangan. tidak banyak bicara. Tenaga ahli – pekerja keras e. pemikir dan perfeksionis e. Pandai bergaul d. Sangat berorientasi pada hasil. Fasilitator: a. Sulit bersosialisasi. Analitik: a. dan bimbang c. suka bervariasi dan mudah bosan c. Advocator: a. hati-hati. Kontroler: a. Easy going dan pemimpi (semau „gue’) f. Memiliki relationship yang kuat b. Ramah dan simpatik g. memiliki kemauan keras d. pemikir. Ekstrovert c. Kurang cermat dengan hasil akhir c. Dalam melihat resiko cenderung kalkulatif 3. cepat dan praktis e. Dalam melihat resiko cenderung avoid the risk 4. Konvensional. Bekerja karena menginginkan pengakuan b. Tidak berambisi kuat e. membatasi diri. Konsultan yang kuat 10 . Dalam melihat resiko bersifat spekulatif 2. mendominasi. Pembawaannya kuat.dominan (leader) kontroler analitik populer: penjual dan pekerja keras konvensional: spesialis (tenaga ahli/ pekerja) advocator kreator fasilitator Adapun ciri-ciri keempat kepribadian di atas dapat dicermati sebagai berikut: 1. Pendiam. sistem dan aturan yang dianutnya jelas b. Mencari pengaruh d. perenung d.

music.h. controler-analitic Dengan mengetahui karakter diri Anda . emotion Manager. EO. bisnis konsultan. jasa yang tidak membutuhkan ketelitian tinggi Farm. pelatihan. kreatif. teliti. perfeksionis. relationship. advocator-facilitator 4. toko Promosi. R&D Tipe 3 Popularity Advocatorfacilitator Penuh ide. resto. retail. publikasi. agen. jasa servis. pemesan. Hendro dan Candra (2006) mengklasifikasikan empat jenis karakter kombinasi yaitu: 1. art Produksi. jasa desain. toko. analitic-facilitator 3. mediator PR. Agro. controller. olahraga. iklan. produksi. jasa konsultan. hati-hati Tipe 4 Leader Controlleranalitic Pemimpin. detail. entertainment. service manager. populer Dominasi. PR. strategic thinker. pemikir. broker. supervisi. pengatur 11 . extrovert. perencanaan. hobbies.organizer. teknologi informasi Tipe 2 Perfectionist Analiticfacilitator Tenang dan calm. pekerja keras. perencana. supervisi. Dalam melihat resiko cenderung konsultatif (menentukan keputusan setelah mempertimbangkan masukan orang dekat) Dalam dunia bisnis. finance. pengarah. dominan Jobs Skill Penjual. controller-advocator 2. distribusi. relationship. design. karakter kuat yang dimiliki seseorang dalam memandang dan menilai suatu resiko dan tantangan merupakan faktor penting untuk memulai suatu bisnis. bengkel dan otomotif. leader Jenis Bisnis Distribusi. introvert. motivator. konsultan. akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih jenis bisnis apa yang paling sesuai sebagaimana diilustrasikan pada tabel berikut: Tipe Karakter Tipe 1 Explosive Personality Controlleradvocator Strength Goal oriented. EO.

mempersiapkan bisnis anda. mengevaluasi karakter bisnis anda. tenaga ahli. gaya hidup. Momentum. legal aspek. pengalaman dan kemampuan anda. menemukan peluang bisnis anda dengan riset atau trial. sehingga anda bisa berpikir kreatif untuk 7. Intuisi. memutuskan berbisnis. Ada beberapa tahap atau urutan yang harus anda perhatikan. dll) 12 . kesukaan. dan periset ulung Menekuni bisnis karena hobi. sesuaikan dengan skill. dan anda hanya selangkah lagi untuk menjadi “SMART AND GOOD ENTREPRENEUR”. dan Effort) untuk meningkatkan kinerja usaha Anda • Selalulah melakukan riset pasar di mana semakin akurat semakin baik • Amatilah perubahan yang terjadi (trend. lau 2. Hasil survei di Amerika Serikat di dalam buku The Origin of Entrepreneurship menyebutkan bahwa kesuksesan bisnis yang diawali dengan hal-hal dibawah ini mempunyai tingkat kesuksesan yang berbeda. menumbuhkan bisnis anda. Maka sekarang “match” kan karakter bisnis dan pasar yang anda sukai. mempertahankan bisnis anda. hobi. Jangan lama-lama. peraturan pemerintah. antara lain : 1. lalu segeralah 4. kegemaran tertentu Warisan keluarga. hibah. pesaing baru. kuasailah pasarnya.Setelah anda mengetahui gaya anda sendiri.7 TAHAPAN-TAHAPAN KESUKSESAN SEBUAH BISNIS Ketika anda mengambil keputusan untuk berbisnis. dan lain-lain Persentase 43% 15% 11% 7% 30% 21% Tujuh Hal yang harus Anda Perhatikan Bila Anda ingin Memasuki Sebuah Bisnis • Seberapa besar tingkat kebutuhan produk Anda di sebuah pasar • Kontinuitas kebutuhan tersebut dan seberapa lamakah hal itu akan terjadi • Mengapa Customer/pasar enggan membeli produk Anda • Bagaimana pelanggan/prospek tahu akan produk Anda • Gunakanlah dan manfaatkanlah TIME (Timing. favorit. putuskanlah untuk 5. memulai bisnis anda dan cobalah untuk 6. Lalu. kemudian 3. No 1 2 3 4 5 6 Awal mula menjadi entrepreneur Experiences dan keahlian Environment dan usaha sendiri setelah melihat dan mengamati orang lain memulai usahanya Menemukan peluang dan perubahan yang menimbulkan inspirasi peluang yang belum terisi oleh orang lain Penemu. desainer. 2.

Anda membutuhkan keteguhan hati untuk tetap menyirami. dipikirkan. Banyak orang ingin memulai bisnis. ketika orang lain sudah berlari kencang mendahului kita. Agar tidak rusak. Anda membutuhkan strategi dan taktik untuk membuat biji itu tetap tumbuh dengan baik. 13 . Karena. Isaac Merit Singer memproduksi mesin jahit yang cocok untuk bekerja di ruang terbatas. Diambil orang Ingatlah. Sekarang atau nanti. Tidak ada strategi yang jelas beserta konsepnya Seperti yang telah disebutkan diatas. konsep dari suatu bisnis sangat diperlukan untuk membawa kemana arah bisnis yang anda inginkan. Waktunya sudah lewat Peluang memiliki wktu dan masa. Baik anda menyadari ataupun tidak. Bisa saja diluar sana banyak pula orang yang berpikiran sama dengan anda. Ketika anda merasa bahwa anda “satu – satunya” pesaing akan segera mengambil kesempatan tersebut bila anda tidak cepat mengambil tindakan dan peluang. menjaganya dari predator. Waktu bagaikan kereta api. bahwa bukan anda saja yang ingin melakoni bisnis. di otak atik dan terus dipelajari. Ketidak suksesan seseorang dalam memulai bisnisnya dipengaruhi oleh kegagalannya dalam menyikapi sebuah peluang. maka otomatis anda akan kehilangan peluang. Karena tanpa adanya konsep yang jelas. 5. Dengan demikian anda akan kehilangan peluang anda. Ray Krock dari Mc Donald melihat potensi usaha waralaba makanan cepat saji. Tidak segera mengambil keputusan Peluang dapat lewat begitu saja. 3. namun kita masih saja ditempat tanpa adanya tindakan dan hanya memikirkannya saja. Peluang pun gagal didapat. 2. Oleh karena itu perlu ditegaskan kapan kita akan mengambil keputusan. Dengan konsep tersebut. namun bisa juga terjadi snagat singkat. Kegagalan itu dapat disebabkan oleh: 1. bahkan ada yang sudah memutuskan bisnis apa yang akan dimasukinya. Henry Ford memakai metode jalur perakitan untuk memproduksi mobil yang bisa dibeli orang biasa. bahkan di dalam kamar sekalipun. bisnis anda bagaikan “layu sebelum berkembang” Sejarah memberikan banyak contoh wiraswastawan yang menjadi sukses dengan memenuhi atau mengantisipasi kebutuhan akan produk baru. cuaca.2. ada kesalahan dalam hasilnya sehingga anda salah menilai selera pasar yang sedang terjadi. tanah. yang dalam hal ini bisa dikaitkan dan disebut sebagai pesaing dalam bisnis. Survey tidak akurat Ketika survey yang anda lakukan meleset sedikit saja dari keadaan. George Eastman melihat kebutuhan akan kamera kecil yang bisa dibawa-bawa. Terkadang waktu dan masa tersebut bisa terjadi sangat lama. yang membutuhkan iklim. Namun itu belum tentu. 4. Suatu missal anda tidak teliti dalam survey. Untuk itu anda harus mempunyai konsep yang matang dan pengetahuan mengenai “Smart and Good Entrepreneur”.8 KEGAGALAN SEBUAH PELUANG Peluang itu bagaikan biji. Tetapi ketika peluang yang sudah di depan mata itu masih saja dilihat. Yang tidak akan kembali apabila kita sudah tertinggal oleh kereta tersebut. Anda mungkin saja berpikir bahwa hanya anda yang mempunyai suatu ide bisnis. dan lingkungan yang baik. anda akan dapat memiliki insting dan intuisi yag tajam untuk memanfaatkan peluang yang datang.

Kedua. semuanya akan sia-sia dan rugi besar. selera masyarakat. Konsep bisnis yang matang akan membantu Anda untuk bisa mengenali berbagai potensi dan pangsa pasar yang ingin dituju dalam bisnis. visi misi. 2. karakteristik atau gaya hidup masyarakat. rencana pengaturan keuangan.Darimana datangnya gagasan-gagasan seperti itu? Ada tiga macam sumber gagasan. hobi atau minat Anda di luar pekerjaan." jelasnya. Inovasi yang dilakukan dalam berbagai sisi akan menarik pelanggan untuk melirik produk Anda dibanding pesaing. Namun sebenarnya persaingan ini bisa membuat Anda jadi lebih kreatif untuk berkreasi. adalah apa yang sering disebut orang sebagai ”observasi pejalan kaki”. Persaingan dengan bisnis yang sejenis seringkali tak bisa dihindari. sampai adanya bisnis sejenis. maka Anda harus menjadi yang terbaik. Konsep bisnis yang matang. daya beli. Namun. Anda mempertaruhkan investasi yang cukup banyak. akan membantu untuk membuat perencanaan bisnis yang juga matang. Nanti Anda akan memiliki waktu untuk mengembangkan dan memperbaiki segala sesuatu yang pemah Anda lakukan. 1. termasuk menghadapi persaingan bisnis serupa. pekerjaan Anda. Pekerjaan yang sudah Anda kerjakan bisa menjadi sebuah potensi sumber gagasan. 3. Pertama. Dengan adanya perencanaan yang matang. Yang termasuk dalam business plan ini antara lain: menjabarkan konsep bisnis. Kalau Anda yang pertama. Selain itu konsep bisnis matang juga akan membuat bisnis bisa berjalan lebih maksimal. sebuah business plan harus dibuat. 2. Dalam menentukan konsep bisnis. Persaingan dalam bisnis akan selalu ada dan tak bisa dihindari. sumber bahan baku. rencana pemasaran. atau mengenali sebuah peluang melalui suatu perjumpaan biasa. sebuah konsep bisnis yang matang juga sangat diperlukan. Menjalankan bisnis tak hanya butuh ide dan passion semata. 3. "Dalam berbisnis tak bisa asal-asalan karena dalam berbisnis. karyawan. Perencanaan matang. Evaluasi dan inovasi. ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain. Anda bisa menentukan jalan keluar atau solusi atas setiap masalah yang mungkin akan dihadapi. karena itu adalah sebuah wilayah lain dimana Anda memiliki suatu perasaan alamiah. Karena disitulah naluri bisnis Anda sudah dikembangkan. Salah satu tantangan dalam berbisnis adalah bermunculannya pesaing dalam bisnis serupa. Konsep yang matang. Jika perencanaan tak matang. rencana promosi. atau suatu insiden dalam kehidupan sehari-hari Anda. Sumber ketiga. antara lain: 1. "Pertimbangan ini akan membantu untuk menentukan sukses atau tidaknya bisnis yang dilakukan. Dengan persaingan akan membuat Anda jadi lebih inovatif untuk menciptakan sebuah nilai tambah dalam produk yang dijual. Tapi ketika yang lain mulai berkompetisi dengan Anda. 14 . Dalam perencanaan yang matang. maka Anda tidak harus brilian. Saat berbisnis ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi persaingan bisnis. sampai dengan menentukan analisis risiko yang mungkin dialami dalam bisnis." sarannya.

Buat sistem usaha yang stabil dan kuat. 15 . salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memperluas pasar produk. Karena bila anda tidak mempunyai kesiapan yang matang. Namun perlu diingat. Selain memperluas pangsa pasar.Inovasi lain dari sebuah bisnis adalah dengan cara mengahsilkan produk baru yang belum ada di pasaran. maka lakukan perluasan pasar dengan berbagai sistem usaha yang diinginkan. sebuah evaluasi terhadap kekurangan dan nilai lebih dalam berbisnis juga diperlukan untuk semakin memajukan bisnis yang dilakukan. Setelah pondasi usaha dirasa kuat. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah kesamaan varian produk yang dijual disemua cabang yang dimiliki. sebelum melakukan perluasan cabang sebaiknya sistem usaha sudah kuat dan stabil. Dalam arti anda menganak tirikan produk pertama tersebut. biasanya promo besar-besaran dengan segala macam taktiknya dijalankan. Strategi menyerang juga dibutuhkan ketika anda ingin berinovasi dalam persaingan pasar. serta konsentrasi yang baik bisa saja produksi baru tersebut malah menghilangkan produk lama anda. Misalnya. maka dipastikan kita dapat menjadi pebisnis handal yang sukses. Perluasan pangsa pasar ini juga akan menambah pendapatan sekaligus memberi nilai tambah pada pelanggan terhadap produk yang dijual. Pada strategi ini. diperlukan juga evaluasi terhadap kelangsungan bisnis. misalnya membuka cabang. "Namun. Salah satu contohnya seperti menghadirkan program yang menarik bagi konsumen." tukasnya. Cabang usaha baru ini akan membantu untuk menguasai pasar usaha sejenis. Strategi bisnis ini biasanya dijalankan untuk memperbesar tingkat penguasaan pasar. dalam mengeluarkan produk baru harus benar – benar siap. 4." sarannya. Sebuah sistem usaha yang kuat akan membantu usaha agar bisa bertahan lebih lama dan mendapat keuntungan yang diinginkan. 6. Ya. tak ada salahnya untuk membuat varian menu baru yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Selain inovasi. Memiliki banyak cabang usaha memang bisa membantu mengatasi persaingan ketat dalam bisnis. Dengan mengikuti beberapa poin diatas. Anda tak bisa begitu saja tutup mata dalam menjalankan bisnis. Sistem. Dengan adanya produk baru tersebut. Standarisasi resep berfungsi untuk menghasilkan rasa yang seragam disemua cabangnya. Perluasan pasar produk ini bisa berarti memperluas fokus dan target market yang disasar. 5." pungkasnya. perluasan pasar juga bisa dilakukan dengan membuka cabang-cabang usaha baru. Standarisasi ini sangat diperlukan terutama jika Anda berbisnis kuliner. Standarisasi. "Standarisasi ini perlu dilakukan agar pelanggan tak kecewa ketika membeli produk Anda di cabang-cabang usaha. "Dengan sistem usaha yang kuat dan konsisten akan menjadi nilai positif bagi para investor yang tertarik berbisnis dengan Anda. Untuk menghadapi persaingan bisnis. seperti Beli 3 Gratis 1. memang menjadi wirausaha menjanjikan banyak hal. sampai franchise. maka akan menambah nilai plus dalam bisnis yang anda kelola. Perluasan pasar. jika awalnya hanya menjual varian makanan pedas yang diperuntukan untuk orang dewasa.

Kerja keras. anda dituntut mampu melayani orang lain sebaik-baiknya. Sebagai pengatur strategi. Rencana dan eksekusi pun dijalankan. anda tundukkan resiko terlempar dari perahu karet. Menginspirasi. Sebuah kenikmatan yang sangat membahagiakan saat anda melayani konsumen anda dengan baik. Bagi saya. Pelayanan adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha. Hasil yang anda dapat merupakan buah dari keringat tangan sendiri. Laksana melewati bongkahan batu-batu besar dan menaklukkan derasnya aliran sungai saat berarum jeram. Coba rasakan… 6. Menikmati resiko. Sebagai wirausaha.Kekayaan dan kebebasan adalah segelintir nikmat menjadi wirausaha. yang dilihat hanya soal berapa harga barang yang diinginkan dan apa manfaatnya. Belajar melayani. Sebagai wirausaha. 2. seperti itu kenikmatan yang anda rasakan dengan menjadi wirausaha mandiri. Kita bisa belajar dari kerja keras mereka. 16 . Bila selama menjadi konsumen. Namun sebagai pengusaha mandiri. dari visi-visi mereka. 4. menjadi wirausaha juga bisa menginspirasi diri sendiri. Bahaya dan resiko bisnis merupakan bagian menyenangkan dari nikmat seorang wirausaha. tapi lebih dari itu merupakan kemerdekaan anda sebagai wirausahawan. Anda juga belajar bagaimana mengamati situasi bisnis terkini. Belajar melihat dari sisi berbeda. Kerja keras itu nikmat. terbentur batu sungai atau bahkan terjun ke dalam sungai. 1.Semangat wirausaha menghidupkan harapan bahwa hari esok lebih baik dari hari ini. Seperti saat anda sehabis berolahraga dan merasakan cucuran keringat membasahi badan. entrepreneur atau wirausaha selalu menginspirasi. Penghasilan besar yang anda dapatkan merupakan titipan yang harus juga diberikan pada orang-orang yang membutuhkan. Di luar itu. seberapa baik jasa/produk anda mampu melayani konsumen. 5. Seperti pemain catur yang menyiapkan bidak-bidaknya untuk dimainkan. Bukan hanya bagi orang lain. 3. anda bisa menikmati bagaimana momen-momen menegangkan dan mengharukan saat ACTION-ACTION yang anda lakukan mulai mendatangkan hasil. 7. Waktu merupakan aset penting bagi wirausahawan. anda harus mampu secara mandiri mengatur waktu untuk menjalankan jadwal-jadwal bisnis anda. Berikut 10 kenikmatan menjadi wirausaha yang mandiri. Atur waktu. 8. begitupun dengan pengusaha. banyak nikmat lain yang bisa dicapai oleh wirausaha. dari ACTION mereka. Bukan sebatas melihat dari sisi pengusaha seperti menghitung sisi biaya atau cost. Wirausaha sejati selalu suka tantangan dan menerobos kebekuan inovasi bisnis demi memberikan yang terbaik pada masyarakat. anda dituntut melihat melampaui hal itu. mereka mesti atur strategi bisnis untuk melakukan ini-itu agar bisnisnya bertambah menjulang. Atur strategi. pengelolaan waktu yang baik sangat vital bagi wirausahawan. Keleluasaan mengatur waktu itu bukan sekedar kebebasan menjalani hidup. Menjadi wirausaha yang mandiri berarti anda lebih punya kesempatan untuk berbagi dengan orang-orang yang tak seberuntung anda. Resiko adalah tantangan yang anda nikmati sebagai wirausaha. Oleh karena itu. namun juga tak bisa mengabaikan sisi konsumen seperti bagaimana mereka memandang produk anda. Berbagi.

Dengan memilih jalan wirausaha. Menjadi wirausaha berarti membuka lapangan kerja baru. 10. Ikut menyejahterakan orang lain. 17 . Penghasilan sesuai keinginan. Ikut membantu orang-orang agar ACTION bersama anda. artinya anda sudah menetapkan diri untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan. Ikut mengalirkan distribusi pendapatan ke banyak orang. Saya yakin anda pasti bahagia melakukannya.9. Tak ada slip gaji. tapi penghasilan yang anda terima merupakan hasil dari kerja keras dan nikmat Tuhan.

ketika orang lain sudah berlari kencang mendahului kita. Untuk dapat menemukan peluang bisnis maka tindakan yang patut diambil yaitu jangan menjiplak gaya orang lain dan memahami karakteristik dari bisnis yang akan di geluti. Insting serta Institusi Menjadi terinspirasi adalah langkah awal untuk membangun konsep bisnis dan mengambil keputusan untuk memulainya. Prinsip Dasar Berpikir Kreatif Kunci utama untuk mengambil keputusan menjadi enterpreneur adalah proses berpikir kreatif. merekalah yang kan lebih dahulu mengambilnya. Jika perlu konsep yang dibuat berbeda dan lebih baik dibandingkan bisnis sejenis yang telah ada. Bila mereka melihat sebuah peluang emas. Mereka jarang memebri informasi tentang peluang emas apa yang bisa diambil kepada orang lain atau orang terdekat. bahkan ada yang sudah memutuskan bisnis apa yang akan dimasukinya. Teori Ketidaksempurnaan Perspektif seorang pebisnis seharusnya selalu skeptis dan tidak puas pada hal-hal yang telah mapan. Tidak pernah ada kata sempurna. Cara pandang tersebut mendorong mereka untuk terus mencoba ide-ide baru yang lebih baik. Ketidak suksesan seseorang dalam memulai bisnisnya dipengaruhi oleh kegagalannya dalam menyikapi sebuah peluang. anda akan dapat memiliki insting dan intuisi yag tajam untuk memanfaatkan peluang yang datang. 1. Untuk itu anda harus mempunyai konsep yang matang dan pengetahuan mengenai “Smart and Good Entrepreneur”.1 KESIMPULAN Untuk memulai bisnis yang baik dibutuhkan sebuah konsep. prinsip dasar berpikir kreatif dan insting serta institusi. 18 . Peluang pun gagal didapat. Karena. di otak atik dan terus dipelajari. Dengan konsep tersebut. 3. 2. Tetapi ketika peluang yang sudah di depan mata itu masih saja dilihat. Banyak orang ingin memulai bisnis. Menurut Mario Teguh. Pola pikir kreatif diawali dari teori ketidaksempurnaan.BAB III PENUTUP 3. dipikirkan. Cukup banyak jenis bisnis yang telah berkembang selama ini. Entrepreneur yang sukses itu kebanyakan memiliki jiwa “EGOIS” tinggi. Tiga konsep utama ide bisnis berorientasi karakter (inspirasi AKU) yaitu teori ketidaksempurnaan. namun kita masih saja ditempat tanpa adanya tindakan dan hanya memikirkannya saja. tak ada ide bisnis yang salah namun yang kemudian menjadikan bisnis tersebut gagal adalah karena ide bisnis ternyata tidak sesuai dengan pasar atau pribadi yang menjalankannya.

com/read/2012/06/26/11281745/Trik.DAFTAR PUSTAKA Hendro dan Candra. 2012.jokosusilo. Volume 3. http://www.A.jokosusilo. http://female.Menghadapi. http://ebukindo. CLA Publishing.Com/ Setyanti. 2011.4rumer.kompas. The Motivation. 2012. Be a Smart and Good Enterpreneur. 4 Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui Pengusaha seperti Anda.com/2011/05/30/inilah-10-kenikmatan-menjadi-wirausaha-sukses-mandiri/ Susilo. Trik Menghadapi Persaingan Bisnis. 2006.Persaingan. 10 Kenikmatan Menjadi Pengusaha Sukses. J. J. http://www. C.com/2012/04/26/4-strategi-bisnis-yang-wajib-diketahuipengusaha-seperti-anda/ 19 . Bekasi Indonesian Ebook Colection. 2012.Bisn is# Susilo.