P. 1
Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

|Views: 7|Likes:
Published by ARin Fiance

More info:

Published by: ARin Fiance on Nov 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/07/2014

pdf

text

original

Paket I

MEDIA PEMBELAJARAN

KONSEP DASAR MEDIA PEMBELAJAR AN

Pengertian media pembelajaran

Pengertian media pembelajaran menurut beberapa ahli

Tujuan Media pembelajaran

Fungsi media pembelajaran

Manfaat media pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

☻Kata media berasa dari bahasa Latin Medius yang secara harfiah berarti “tengah”, “perantara”, atau “pengantar”. ☻Dalam bahasa Arab media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.

Pengertian Media menurut Beberapa Ahli

AECT (Association For Education Communications), media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.

Hamidjojo dalam Lateheru, media adalah sebagai bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan ide, sehingga ide itu dapat dikemukakan kepada penerima yang dituju.

ΩBriggs, media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaranseperti buku, film, video, dan sebagainya.
ΩNEA (National Education Association), media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam media bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

Tujuan Media pembelajaran

Menurut Achsin (1986 : 17-18)
1. 2. 3.
4. 5.

Agar proses belajar mengajar yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan tepat guna. Untuk mempermudah bagi guru atau pendidik dalam menyampaikan informasi. Mempermudah anak didik dalam menyerap atau menerima materi yang telah disampaikan oleh pendidik. Mendorong keinginan anak didik untuk mengetahui lebih banyak tenteng materi yang disampaikan oleh pendidik. Menghindarkan salah paham antara anak yang satu dengan yang lain terhadap materi yang disampaikan oleh pendidik.

Menurut Sudjana, dkk (2002 : 2)
1. Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi. 2. Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami. 3. Metode mengajar akan lebih bervariasi. 4. Siswa akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar

Fungsi Media Pembelajaran

• Menurut Hamalik, fungsi dari media pembelajaran adalah mampu membangkitkan keinginan dan minat yang baru, motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar.

Manfaat Media Pembelajaran

1. Memperjelas pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses serta hasil belajar. 2. Meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungan, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuannya dan minatnya. 3. Memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa dilingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat dan lingkungannya misalnya kunjungan-kunjungan ke museum atau kebun binatang.

Thank you For Attention

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->