STANDARPERPUSTAKAANKHUSUS

.

PERPUSTAKAAN

NASIONAL RI
Perpustakaan Nasional

Proyek Pembinaan dan Pengembangan Tahun 2002

"'.f \ DAFT AR 151 DAFTARISI PRAKATA 1.1. ACUAN 1.3. Definisi 2. ANGGARAN 5.""'.". SUMBER DAYA MANUSIA ."'. RUANG LINGKUP 1."'. ORGANISASI DAN MANAJEMEN 2. SARANA DAN PRASARANA 5. Gedung Perpustakaan Umum 5. JASA 8.2. Perlengkapan 5. 8 8 9 10 10 11 11 12 13 13 15 17 I .." 3."."'.2. Alat komunikasi 6. Sistem Manajemen 3.. Kebutuhan Jumlah 3.3..1.2... Kebutuhan Pengembangan 4.1.2. i ii 1 1 2 5 5 6 "..".1.""'. PUBLIKASI '" . Organisasi 2. Kebutuhan Mutu/Kualifikasi 3. KOLEKSI DAN PENGOLAHAN 7.

ii .74/10/99.-- PRAKATA Standar ini dipersiapkan oleh Panitia Teknis Perumusan Standar Nomor 46 S berdasarkan Ketetapan Kepala Badan bidang Perpustakaan dan Kepustakaan Standarisasi Panitia Nasional (BSN) nomor 1637/BSN-1/HK.net. beranggotakan (10) orang yang terdiri dari berbagai !embaga terkait dan pemerhati Perpustakaan Khusus. (021) Blok 4 Lt. pustakawan. Jakarta Telepon marsela@indo. 3 JI. Badan Standarisasi Nasiona! (BSN) Senayan Gedung Jakarta. e-mail No. ini sebagai organisasi sepuluh adhoc di lingkungan Perpustakaan Teknis Nasional RI. norma/kriteria dasar yang lebih mengenai rinci dan pengelolaan operasional Perpustakaan Untuk ketentuan perlu disusun standar teknis. Pusat Pengemban'gan Merdeka Selatan dan Pengkajian Pusat. pengelola perpustakaan Perpustakaan.or. e-mail bsn@bsn. dapat menghubungi Wanabakti 5747043. 11.id. Minat SaGa. Gatot Subroto. Manggala Telp. Apabila dalam penerapan standar ini terdapat hal-hal yang kurang jelas. akademisi (teoritisi) bidang dan pengguna perpustakaan. Standar ini sebelum ditetapkan menjadi SNI telah memperoleh kesepakatan melalui rapat konsensus yang dihadiri oleh para waki! dari unsur pemerintah.id Perpustakaan atau Perpustakaan Nasional RI Cq. Ja!an Medan (021) 3448812. Dalam standar ini hanya memberikan Khusus.

SoekarmanK. Dra. Utami Hariyadi. M. Rohingah. Bambang Supriyo Utamo. Dr.Lib." TIM PENYUSUN 1. Djuharno 7. 4. 2. Drs. Drs. Prof. Sulist)TO Basuki 9.M. 111 ~' . MM 6. MLS . Dra. Titiek Kismiyati 8. Drs. Idris Kamah 5. Dra. B. DR. Lib 3. Nurasih Suwahyono.

Jakarta. dan pengembangannya. Badan Standarisasi Nasional Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Perpustakaan Khusus (1999). Sarana yang membahas tentang persyaratan minimal yang harus seperti gedung dan perlengkapannya. digunakan Khusus ini mencakup hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan yang khusus. jasa prima dan pengembangarlnya. alat oleh perpustakaan komunikasi serta lokasi. Publikasi sebagai mengatur alat untuk koleksi dan prasarana. Librarian and profesional London. pengorganisasian. 6). organisasi tug as pokok dan fungsi organisasi ruang iingkup. pengolahan. RUANG LlNGKUP. Nasional R. membahas tentang persyaratan jasa perpustakaan. status. & program mengatur tentang pengembangan. koleksi yang program meliputi dan Pengolahan jurnlah. Tania (1994). sarana 8). Jakarta. 2) Organisasi berisi hal-hal yang mengatur tentang kelembagaan. 4) mutu/kualifikasi Anggaran. . dan Prasarana. ACUAN Roberts. Norman and Konn. penggunaan pendistribusiannya. maupun akses informasi yang menjadi 1.I.. Standar Perpustakaan persyaratan meliputi : 1). dimiliki prosedur dan pertanggung jawaban anggaran. Librarf Association Press Sistem Standarisasi Nasional. terbuka bagi pemakainya. 3) Sumber daya Manusia pengaturan kebutuhan jumlah. struktur serta tata hubungan meliputi dengan lingkungannya. mencakup apabila perpustakaan model/jenis jasa. menyusun memuat batasan istilah yang dan Manajemen dalam standar. 7) Jasa penyiangan dan pe!estarian. tenaga kerja perpustakaan yang mengatur tentang pengendalian. 5). jam buka.1. tentang jenis-jenis publikasi yang diterbitkan pendistribusian perpustakaan. dengan pembahasan pengelolaan Definisi/Pengertian. organisasi. Koleksi manajemen keterkinian. I .1.

1. 2 . film. -Koleksi perpustakaan adalah semua pustaka baik dalam bentuk dan sejenisnya yang dikumpulkan dan di buku. disertasi. -Transaksi perpustakaan. . majalah. peminjaman pinjaman baik adalah dilakukan setiap di penggunaan dan atau koleksi proses tempat untuk dibawa pulang. \' -Koleksi Umum adalah koleksi perpustakaan yang diperuntukkan bagi pemakai perpustakaan sendiri.2. kursi baca dan study carrel. -Koleksi inti adalah koleksi utama perpustakaan yang digunakan untuk mendukung misi organisasi/instansi induk perpustakaan. adalah perlengkapan perpustakaan yang disediakan Perpustakaan di ruang baca untuk keperluan pejasa pengunjung seperti meja baca. laporan hasi! penelitian. koleksi referensi. mencakup koleksi kebutuhan umum. Koleksi umum meliputi monografi. dan koleksi inti. literatur kelabu (tesis. proses berdasarkan memenuhi aturan tertentu untuk disajikan dalam rangka informasi pengguna. majalah dan jurnal yang dilayankan dalam bentuk akses terbuka. PENGERTIAN/DIFINISI -Fasilitas baca. statistik) yang dengan berbagai pertimbangan dalam ha! kelangkaan dan/atau cakupan yang sangat spes!fik dilayankan dalam bentuk akses tertutup. tetapi juga dapat tidak terbatas hanya pada kalangan digunakan oleh pemakai dari lembaga/organisasi/ perorangan yang bergerak daiam bidang yang sarna. -Koleksi referensi adalah koleksi pe:-pustakaan yang mencakup ensiklopedia. kamus.

jenis jasa. -Tenaga profesional adalah pustakawan yang memiliki kompetensi tugas-tugas perpustakaan yang memerlukan untuk menge~akan 3 . kesehatan. perkembangan datang untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya. masa kini dan masa yang akan lingkungan hidup. perkembangan serta pengalaman. pelayanan prima dan -Pelayanan prima adalah kepuaskan jasa perpustakaan pemakainya serta yang berorientasi bersifat proaktif melalui mengutamakan untuk memperoleh nilai tambah (added value services) pemanfaatan teknologi informasi. ilmu pengetahuan dan teknologi. -Standardisasi adalah proses merumuskan. -Standar termasuk adalah tata spesifikasi cara dan teknis metode atau suatu yang dibakukan yang disusun berdasarkan konsesnsus semua pihak yang terkait (stake holder) dengan memperhatikan syarat-syarat keselamatan.-Jasa perpustakaan adalah kegiatan penyediaan dan pendayagunaan memfasilitasi informasi berbasis pustaka yang ditujukan untuk yang membutuhkan dan terkait dengan pemakai waktu Uam buka perpustakaan). fasilitas yang tersedia. -Perpustakaan Khusus adalah salah satu jenis perpustakaan yang dibentuk oleh lembaga (pemerintah/s'llasta) asosiasi yang menangani dengan tujuan untuk atau mempunyai memenuhi dalam atau perusahaan atau misi bidang tertentu kebutuhan rangka bahan pustaka'informasi pengembangan di lingkungannya dan peningkatan mendukung lembaga maupun kemampuan sumber daya manusia. menerapkan dan merivisi standar sesuai dengan kebutuhan untuk dilaksanakan secara tertib dan bekerjasama semua pihak.menetapkan. keamanan.

pendekatan perpustakaan. -T enaga teknis adalah tenaga perpustakaan yang bertugas mengerjakan pekerjaan teknis perpustakaan sehari -hari.1 Organisasi perpustakaan harus memiliki berdasarkan kepastian peratuian pimpinan kelembagaannya yang ditetapkan yang perundang-undangan ada atau keputusan institusi (Iembaga/perusahaan) yang berwenang serta memiliki koordinasi. pertanggung kejelasan tentang status kewenangan dengan unit kerja lain.1. ruang lingkup tugas minimal disusun berdasarkan pokok dan fungsi (tupoksi) perpustakaan yang bersangkutan dengan mempertimbangkan 4 . -Tenaga admimstrasi adalah tenaga perpustakaan pekerjaan yang berkaitan dengan yang bertugas kesekretariatan mengerjakan perpustakaan yang berhubungan dengan kepegawaian.3 Struktur organisasi perpustakaan misi.1 Organisasi 2. pengelolaan jawaban kebijakan maupun program organisasi. pengetikan dan pemeliharaan rumah tangga perpustakaan. 2. harus diwadahi 2. 2. ilmiah dan sistematis yang berkaitan dengan misi -Tenaga para profesional adalah pustakawan yang diberi tug as yang memerlukan untuk mengerjalc.1. komunikasi anggaran.2 Misi dan ruang lingkup kegiatan perpustakaan dalam struktur organisasi formal.1.an pekerjaan kepustakawanan ketrampilan khusus yang diperolehnya melalui pendidikan. keuangan. ORGANISASIDAN MANAJEMEN 2.

efisiensi. pendokumentasian pendayagunaan bahan pustaka.1 Perpustakaan manajemen perlu didukung sistem administrasi dan yang profesional dan berorientasi pad a efisiensi dan integritas seluruh aspek perpustakaan. 2. pengorganisasian. mengedepankan dan daya/hasilguna organisasi dengan pengembangan profesionalisme sumberdaya manusia yang a~.6 Tata kerja dan hubungan organisasi secara perpustakaan tidak ada fungsional antar unit kerja dalam dideskripsikan yang bersifat harus diatur dan tumpang tindih jelas.\ 2. 2. dan pemeiiharaan/pengawetan.1. menghambat dan dituangkan dalam pedoman tertulis. 2.5 Kepala perpustakaan langsung kepada berada dibawah dan bertanggung jawab unit kerja kewenangan setingkat di atasnya atau terlibat dalam pimpinan yang minimal pengambilan mempunyai keputusan institusi induk.1.2. harus mewadahi dan memiliki dan perpustakaan kerja secara jelas tugas jabatan fungsional . 5 .1.4 Organisasi fungsi perpustakaan teknis seperti harus mencakup minimal fungsi- pengadaan. 2.1.an menjalankan. efektivitas.8 Organisasi pembagian struktural perpustakaan membentuk forum komunikasi kemampuan yang internal sebagai wadah pembinaan dan profesionalisme pustakawan langsung dibina pimpinan perpustakaan.1.2 Sistem Manajemen 2.7 Organisasi pustakawan fungsional keberadaannya 2.

2. tujuan. misi. seita po!a umum perencanaan jangka panjang dan menengah.2. 2.5 Perpustakaan memadai harus untuk memiliki anggaran misi yang jelas dan dan melaksanakan perpustakaan peruntukannya 60% untuk pengadaan koleksi.2.4 Perpustakaan penyelenggaraan manajemen menyusun dan menetapkan dengan tata tertib perpustakaan pendekatan sistem mutu untuk menghasi!kan pejasa prima di semua sektor yang ada di lingkungan perpustakaan. 2. 2.3 Perpustakaan menetapkan program umum yang meiiputi visi.2 Perpustakaan strategis harus menetapkan kebijakan dan rencana untuk yang berorientasi kepada pengguna menghasilkan jasa prima. program tahunan perpustakaan pengorganisasian.2.2.2. sasaran.2.8 Perpustakaan menetapkan sistem dan format pelaporan yang oleh masing-masing unit kerja dan atau evaluasi dan harus dilaksanakan fungsi kegiatan untuk keperluan pemantauan. pimpinan perpustakaan program kerja strategis (5 tahunan) dan termasuk jaminan memperoleh anggaran koleksi. 2.2. pelaporan kinerja organisasi.2.7 Perpustakaan menetapkan uraian tugas secara tertulis (job fungsi dan atau kegiatan serta description) dari masing-masing membagi sumberdaya kedalam masing-masing manusia yang ada secara proporsional job description. 6 .6 Untuk penyelenggaraan harus menetapkan perpustakaan. minimal untuk pengembangnan pendokumentasian dan pendayagunaan jasa perpustakaan. kebijakan mutu dan moto Perpustakaan. bahan pustaka serta penyelenggaraan 2.

2. baik dari aspek maupun jenjang pustakawan melalui pendidikan dan pengembangan potensinya. perpustakaan. perpustakaan antara perlu menyelenggarakan pertemuan berkala pengguna (anggota) dan stat senior pejasa perpustakaaan minimal 1 kali setahun dalam bentuk diskusi.2. 3. dengan tenaga jumlah tenaga dan non profesional memenuhi rasio 1 : 2 :4.2. peningkatan karir kemampuan kepustakawanan pelatihan. 3.2.1. seminar atau sejenisnya.10 Perpustakaan perpustakaan perlu menjalin kerjasama dengan lain dan lembaga terkait lainnya dalam rangka jasa perpustakaan. Kebutuhan jumlah .11 Perpustakaan pengembangan harus pendidikan menyelenggarakan dan pelatihan program sumber daya manusia yang ada di lingkungan perpustakaan.1. tenaga semi perpustakaan profesional Perbandingan semi dapat berjalan secara wajib memiliki tenaga profesional.1. SUMBER DAY A MANUSIA 3. Agar pelaksanaan tugas perpustakaan proporsional.2. atau penyetaraan atau pelatihan perpustakaan setara 728 jam atau menurut peraturan perundang-undangan. 7 . penyelenggaraan 2.9 Perpustakaan dipimpin oleh seorang pustakawan profesional harus berijazah formal bidang lain ditambah Strata 1 (Spelatihan yang sekurang-kurangnya 1) perpustakaan. 2. dan tenaga non profesional profesional profesional.12 Untuk meningkatkan kinerjanya.. 2.

Tenaga pendukung kurangnya administrasi perpustakaan (administrasi) SL TP ditambah sekurangpelatihan harus berpendidikan perpustakaan minimal 100 jam atau menurut peraturan perundang-undangan. Kebutuhan Mutu (kualifikasi) 3.1. Perpustakaan perlu memiliki kebijakan pengl1nbangan . b. dan ditambah seGars bertahap sesuai dengan volume kerja perpustakaan dalam upaya untuk menciptakan jasa perpustakaan.3. 8 . Tenaga teknis perpustakaan SL TA sekurang-kurangnya pelatihan harus teknis berpendidikan perpustakaan ditambah minimal 480 jam atau menurut peraturan perundang-undangan. 4 (empat) perpustakaan harus memiliki sekurang-kurangnya orang tenaga perpustakaan. 3.1. Tenaga kategori non professional yaitu tenaga perpustakaan teknis terdiri dari 2 (dua) dan tenaga perpustakaan pendukung perpustakaan (administrasi).2. 3.2. Untuk menyelenggarakarl perpustakaan seGars optimal. a.1. 3.2.2. Tenaga semi profesional perpustakaan sekurang-kurangnya atau D II bidang lain atau pelatihan peraturan harus berijazah formal D II perpustakaan ditambah pelatihan penyetaraan perpustakaan setara 728 jam perpustakaan atau menurut perundang-undangan.3. Kebutuhan Pengembangan .3.~ sumber daya manusia perpustakaan sesuai dengan volume kegiatan dan kebutuhan keahlian cakupan bidang tugasnya.2. 3.

4.3.2. Pengembangan pendidikan keikutsertaan yang sumber daya manusia di!akukan dan me!alui atau berlanjut. Untuk keperluan akuntabilitas dan sistem pengawasan anggaran. Sumber daya manusia perpustakaan perlu menjadi anggota dan didorong untuk berperan secara aktif dalam keanggotaan organisasi profesi kepustakawanan untuk meningkatkan dan organisasi internasional wawasan dan membina kerjasama.2.3. 4. Untuk menjamin pelaksanaan optimal. ANGGARAN 4.3. lokakarya substansi tugas sehari-hari minimal 1 sesuai dengan (satu) tahun sekali.4.1. perlu mengalokasikan anggarannya untuk dan pengembangan perangkat keras dan perangkat 9 r- . Perpustakaan pemeliharaan lunak.Contoh : Spesiaiis subyek bidang hukum Spesialis subyek bidang kesehatan 3. Perpustakaan perlu menggali sumber dana lain melalui pengenaan dan atau donasi dari berbagaj pihak yang nilai jasa perpustakaan tidak mengikat. 4. perpustakaan perlu memiliki sistem penggunaan dan prosedur pertanggungjawaban anggaran.3. 4. secara aktif dalam berbagai seminar. pendidikan informal. 3. setiap perpustakaan kegiatan perpustakaan berjalan secara harus memiliki anggaran yang cukup perpustakaan dan dituangkan ke untuk menjalankan penyelenggaraan dalam pol a anggaran tahunan organisasi.

5. Perpustakaan harus memiliki perlengkapan meja dan kursi kerja. 5. Perlengkapan 5.1. Perpustakaan perlu memiliki ruangan khusus untuk menunjang operasional teknologi. Ruang perpustakaan harus memiliki lantai yang mampu mendukung beban minimal 300kg per meter persegi. meja dan kursi baca. lemari buku serta meja pejasa yang jumlahnya 10 I .1. rak untuk buku. Denah tata ruang (layout) perpustakaan perlu dipaparkan pad a tempat yang mudah terlihat oleh pengunjung perpustakaan.1 Gedung dan ruang 5.2.1.2. 5.6.2. Lokasi dan posisi ruang perpustakaan dan dijangkau penggunanya harus mudah diketahui pencahayaan serta memperoleh dan sirkulasi udara yang cukup efektif dan nyaman. kegiatan operasional stat ruang baca yang berkapasitas ruang jasa/sirkulasi perpustakaan.3.1.1.5. dan ruang 5. Perpustakaan harus memiliki gedung sendiri. minimal 10 orang pembaca. 5. atau sekurang- kurangnya memiliki ruangan sendiri secara terpisah dari ruang kegiatan non Perpustakaan.1. rak majalah dan surat kabar.1. 5.4.1. 5. SARANA DAN PRASARANA 5. Perpustakaan kurangnya harus memiliki ruangan yang sekurang- dapat menampung koleksi bahan perpustakaan.

1. 11 . Jumlah koleksi perpustakaan diacu pada SK Menpan 33 tahun 1998 yaitu 1000 judul/2000 eksemplar. Bagi perpustakaan yang sudah berkembang minimal mempunyai jaringan internet. KOLEKSI DAN PENGOLAHAN 6.3.3.1.2. 5. Perpustakaan harus memiliki alat komunikasi minimal pesawat telephon. I 5.-~ disesuaikan dengan kebutuhan. 5. ketik atau komputer dan kendaraan operasional. 5.3. 6. Fasilitas baca harus dapat menampung jumlah pengunjung rata-rata perhari dan memenuhi standar yang berlaku. faximile. Perpustakaan tahunan harus mempunyai program pengembangan koleksi yang menunjang "isi dan misi.2.3.2. tugas pokok dan fungsi. 6.2.2.2.4. 5. program serta pemakai potensialnya.3. Perpustakaan juga harus memiliki perlengkapan alat pengolah pendukung data mesin minimal 1 buah zice (kursi tamu). 6. Alat Komunikasi 5. Semua perlengkapan di atas harus memenuhi standar baik konstruksi maupun jumlahnya. Koleksi perpustakaan minimal 10 % dari jumlah koleksinya dan merupakan koleksi mutakhir yang sesuai dengan perkembangan tuntutan bidang yang dilayani perpustakaan. Fasilitas rak harus mengikuti standar dan dapat menampung jumlah dan jenis koleksi yang dimiiiki.

Setiap koleksi yang ada di perpustakaan memenuhi system simpan dan temu kembali.10.11.aan minimal harus melanggan 1 (satu) judul majalah yang berkaitan dengan kekhususan misinya untuk setiap tahunnya. 6.7. Kata!og subyek minimal menggunakan dibawah ini: -Daftar -Library -Tesaurus nasional tajuk Subyek salah satu dari acuan tersebut of Congress Subyect Heading (LCSH) yang berlaku sesuai cakupan secara internasional.8. Penempatan memperhatikan buku di rak dijajar dan secara sistematis dengan dan kenyamanan kesehatan pengguna kemudahan akses dalam upaya pemeliharaan bahan pustaka.9. Perpustakaan perpustakaan harus mempunyai program pelestarian bahan minimal satu kali setahun 6.5. regional atau nasional sesuai kebutuhan perpustakaan. Perpustalc.4. harus dideskripsikan untuk 6. 12 .6.6. 6. Perpustakaan harus memiliki program penyiangan untuk seluruh koleksi perpustakaan yang minimal disiangi setiap 5 tahun sekali. Dalam hai perpustakaan berkehendak melakukan kerjasama jasa secara one line (terpasang) wajib merujuk pada standar INDOMARC atau standar MARC yang berlaku ditingkat internasional atau regional sesuai kebutuhan sistem kerjasama jaringan yang dibangun. Setiap ko:eksi diklasifikasi menggunakan Dewey Decimal Classification (DOC) atau klasifikasi lain yang berlaku internasional. 6. minimal menggunakan AACRII. 6. bidang regional atau atau jenis perpustakaan perpustakaan khusus 6.

3. Apabila jasa perpustakaan maka menganut yang system terbuka untuk harus pemakainya. menyediakan perpustakaan bersangkutan semua basis jasa perpustakaan. Sebagai sarana untuk menyelenggarakan efektif. 1 (satu) mesin fotokopi.2. Untuk peningkatan penyelenggaraan teknologi jasa informasi perpustakaan serta jasa perlu mengikuti rea!isasinya perkembangan dalam program diupayakan penyelenggaraan perpustakaan. Dalam hal penyelenggaraan memberikan jasa perpustakaan. perpustakaan.4. 7. penggunaan basis data untuk penelusuran koleksinya dan jasa referensi melalui email atau fax serta menerapkan TQM (Total Quality Management). Wak1u jasa perpustakaan dan pemakainya sesuai dengan kebutuhan instansi/r:. multimedia dan digital. 7 JASA 7.1. Semua jenis jasa perpustakaan harus mengikuti azas jasa perpustakaan prima bagi pemakainya. perpustakaan jasa perpustakaan yang minimal harus menyediakan katalog dari seluruhi koleksi. 7. jasa referensi petunjuk fasilitas pemandu untuk jasa referensi melalui telepon pada jam buka jasa semua fasilitas perpustakaan. mutu yang Perlu juga memperhatikan azas dan kaidah manajemen dapat diacu pada ISO 11620.12.6. Koleksi perpustakaan juga mencakup dokumen/literature/bahan perpustakaan cetak. 1 (satu) saluran komunikasi. 7. 7.6. 13 .erusahaan 7.5. perpustakaan wajib semua basis jasa perpustakaan berdasarkan kepuasan pemakai dengan menyediakan dan pembaca.

8. perpustakaan harus menerbitkan literature sekunder seperti katalog perpustakaan.2.3. perpustakaan yang dianggap potensial. Sebagai luaran dan upaya pendayagunaan dan mempublikasikan koleksi. bibliografi subyek.1. Perpustakaan harus mendistribusikan semua terbitannya baik secara manual maupun elektronik kepada lain dan pemakai perpustakaan lembaga induknya.7. daftar koleksi terbaru dan 8. PUBLIKASI 8. Perpustakaan setahun sekali perlu menerbitkan suatu terbitan berkala minimal 14 .7. perpustakaan perpustakaan perJu membina kerjasama lain dengan tetap memperhatikan keamanan dan ketersediaan koleksi. Untuk meningkatkan dengan kinerja jasa. daftar koleksi tambahan. 8.