P. 1
Susu Kedelai

Susu Kedelai

|Views: 79|Likes:
Published by Iqbal Syah R

More info:

Published by: Iqbal Syah R on Nov 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2013

pdf

text

original

[Type text] BUSINESS PLAN

“SUSU KEDELAI”

Diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah manajemen industri

Oleh : 1. Dias putra 2. Imam jazuli 3. Riko darma 4. Roby (081710101015) (081710101028) (081710101041) (081710101042)

TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JEMBER 2011

1

[Type text]

I. EXECUTIVE SUMMARY
1.1 Pendahuluan Susu kedelai adalah produk seperti susu sapi, tetapi dibuat dari ekstrak kedelai. Susu kedelai diperoleh dengan cara penggilingan biji kedelai yang telah direndam dalam air. Hasil penggilingan kemudian didihkan dan diberi bumbu untuk meningkatkan rasanya. Protein susu kedelai mempunyai susunan asam amino yang mirip susu sapi sehingga sangat baik untuk pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi (lactose intolerance) atau bagi mereka yang tidak menyukai susu sapi. Peluang usaha susu kedelai sangat terbuka lebar sehingga dapat memperoleh keuntungan yang relative besar karena susu kedelai ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak orang, dewasa hingga orang tua dan sangat cocok untuk iklim Indonesia. Pembuatan susu kedelai sangat mudah, apalagi kini tersedia mesin penggiling kedelai sehingga tidak memerlukan waktu yang lama dalam proses pembuatannya, selain itu pengelolaan bisnis susu kedelai juga sangat mudah untuk di pasarkan. Saat ini susu kedelai memang sudah banyak dipasarkan di daerah Jember namun kebanyakan susu kedelai yang ada sangat sederhana baik dari cara pemasarannya, kemasan yang digunakan dan tidak ada variasi rasanya. Cara pemasaran yang sudah ada hanya sebatas dengan cara menjual secara keliling atau berhenti pada tempat tertentu saja padahal peminat susu kedelai cukup banyak, seiring mahalnya susu sapi sehingga pemilihan lokasi pemasaran produk perlu diperluas. 1.2 Visi dan Misi Visi adanya bisnis ini adalah ingin menjadikan produk susu kedelai agar selalu tersedia di setiap outlet di sekitar Jember. Misalnya di setiap kantin lingkungan kampus UNEJ, Universitas Muhamadiyah, Widya Mandala juga sekolah-sekolah SD hingga SMA/SMK. Sebenarnya Visi tersebut sudah hampir tercapai karena pasar susu kedelai “YACCO” sudah tersedia di kopma-kopma UNEJ antara lain SMP 3 Jember, SMK Trunojoyo, Kantin FTP UNEJ, Kantin FISIP UNEJ juga kopma FKIP yang terletak di Gedung I dan Gedung III UNEJ. Misi adanya bisnis ini adalah mengutamakan pelayanan terhadap konsumen. Hal ini dibuktikan dengan selalu menerima saran dan kritik dari konsumen.Kemudian keunggulan 2

[Type text] yang ditawarkan pada susu kedelai “YACCO” dari rasanya yang berbeda pada susu kedelai lainnya yaitu hilangnya rasa langu, pengenceran yang tepat dan takaran flavor yang sesuai dan diizinkan Pemerintah. 1.3 Arah dan Sasaran Arah pengelolaan bisnis susu kedelai ingin meningkatkan skala produksi dari home industry menjadi U.D atau skala yang lebih besar. Selain itu dengan adanya bisnis ini mampu menyerap tenaga kerja khususnya mahasiswa yang memiliki banyak waktu luang karena unit produksi terletak di sekitar kampus. Adapun upaya yang diperlukan untuk mencapainya selalu berusaha meningkatkan jumlah produksi yang dibarengi dengan mencari penambahan jumlah outlet dan pelanggan di sekitar Jember. Kendala yang saya hadapi di sini adalah masih terbatasnya peralatan untuk produksi terutama pada proses penggilingan masih menggunakan blender bukan mesin penggiling kedelai. Namun demikian saya sampai saat ini sudah mampu memproduksi 2,5 kg Kedelai atau dalam kemasan 150 bungkus/ hari. Target waktu pencapaian saya adalah bisa memproduksi 15 kg kedelai/ hari dalam waktu 6 bulan setelah pinjaman modal usaha didapatkan dengan rincian penambahan jumlah produksi 2,5 kg per bulan. 1.4 Analisis Pasar dan Produk Pasar utama produk susu kedelai “YACCO” adalah dititipkan di kantin-kantin sekitar kampus. Berbeda dengan susu kedelai kebanyakan yang di pinggir-pinggir jalan atau dengan cara keliling. Adapun secara keseluruhan produk susu kedelai saya mempunyai beberapa kelebihan yaitu antara lain: 1. 2. 3. 4. Teknologi pengolahannya yang lebih terjamin sanitasinya baik dari bahan maupun Menggunakan Flavor alami dan apabila menggunakan flavor sintetis saya

alatnya sehingga meminimalisir kontaminan dan bakteri patogen. menggunakan pasta yang selain harganya lebih mahal juga terjamin kualitasnya. Menggunakan campuran bahan-bahan tambahan lain seperti kacang tanah, biji Cara pemasaran yang berbeda akan membentuk segmen baru bagi peminat susu wijen yang menambah rasa gurih dari susu kedelai. kedelai.

3

[Type text] Apabila unit produksi diperluas skalanya menjadi skala yang lebih besar maka hal ini sangatlah menarik karena sampai saat ini di kota Jember masih belum ada produk susu kedelai dalam skala industri. Akan lebih menarik lagi di sini adalah apabila digunakan kemasan yang diberi label serta mencantumkan izin usaha dari produk ini. Mengenai potensi dan proyeksi permintaan di sini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Saya sudah merintis usaha ini sekitar awal maret 2009 dan sudah berjalan 2 bulan ini. Dari awal produksi saya masih menjual dengan harga Rp 500 ke konsumen. Pada waktu itu saya masih belum punya partner karena saya masih produksi 1 kg kedelai.Seiring berjalannya waktu saya sudah bisa menjual dengan harga Rp 1000 dengan kapasitas produksi 2,5 kg/hari. Dari sisi saya melihat pasar yang cukup besar karena dari produksi tersebut belum banyak outlet yang menjual susu kedelai. Ditambah lagi fakta bahwa jenis minuman yang dititip-titipkan belum ada kompetitornya, hanya mungkin minuman botol yang bermain pada strategi harga mahal.

II. MARKETING PLAN 4

[Type text] Profil produk susu kedelai “YACCO” sebenarnya cukup simple apabila dilihat dari kasat mata bisa dikatakan hampir sama dengan susu kedelai pada umumnya tapi kelebihan yang saya tawarkan adalah dari rasa yang lebih gurih dibanding dengan susu kedelai yang lain. Mengenai kemasan juga lebih terjamin karena mencantumkan merk dan izin usaha. Adapun tipe pengemas ada 2 antara lain: 1. Pengemas plastik dengan harga Rp 1000/bungkus yang dijual di hari Senin sampai Jumat di outlet-outlet lingkungan kampus dan sekolah. 2. Pengemas Cup/gelas dengan harga Rp 1500/cup yang dijual pada hari Sabtu dan Minggu di alun-alun, Double Way dan juga di setiap event-event tertentu. Mengenai tempat usaha saya saat ini masih bergabung dengan rumah kontrakan yaitu di Jl. Kalimantan X no. 21 Jember. Lokasi tersebut sangat tepat karena dekat dengan lingkungan kampus sehingga akses distribusi produk cukup mudah, murah dan cepat. Setelah profil product, price dan place sudah jelas maka hal yang tidak kalah penting adalah Promotion. Adapun cara promosi yang saya lakukan dengan beberapa partner saya adalah sbb: 1. Dengan cara dititip – titipkan di kantin-kantin fakultas, sekolah-sekolah dan juga warung-warung makan dengan harga Rp 800 dari produsen dan Rp 1000 ke konsumen. 2. Menjual produk di setiap ada event-event di daerah Jember dengan memakai kostum yang seragam agar menarik perhatian. 3. Di setiap setelah acara senam, susu kedelai bisa dipromosikan lewat dengan meminjam mikrofon yang disediakan panitia senam. 4. Mencari pelanggan tetap susu kedelai dari rumah ke rumah melalui pamflet dan promosi langsung.

III. OPERATING PLAN 5

[Type text] 3.1 Ketersediaan Supplier Menurut data BPS tentang komoditi kedelai, praktis dari periode data yang diteliti, secara umum produksi kedelai domestik bertumbuh negatif. Angka produksi kedelai tertinggi dicapai pada tahun 1993 yakni sebesar 1, 7 Juta Ton, dan produksi terendah pada 2004 yakni sebesar 0,72 Juta Ton dan meningkat tipis sebanyak 60 ribu ton pada tahun 2006 menjadi 0,78 Juta Ton. Secara umum guna mendorong optimalnya produktivitas pertanian selain pemberian insentif maka perlu dilakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut : 1. Penyediaan benih yang lebih baik 2. Fasilitas pengairan/ irigasi dan jalan desa yang memadai 3. Penerapan cara bercocok tanam yang baik 4. Penyaluran dan penyediaan pupuk yang tepat sasaran. 5. Penyediaan lahan garap yang memadai bagi petani pangan. Sumber : Indikator Ekonomi – BPS (Diolah) Namun bagi saya pribadi apabila harga bahan baku kedelai naik maka saya akan tetap mengutamakan pelayanan konsumen yaitu tidak merubah rasa dengan cara pengenceran atau yang lain. Adapun cara yang akan saya lakukan apabila terjadi kenaikan harga dari bahan baku adalah sebagai berikut: 1. Mengurangi volume produk beberapa ml dengan harga tetap sehingga pelanggan tetap (pelajar dan mahasiswa) saya masih bisa menikmati produk setiap hari. 2. Untuk konsumen tidak tetap rata-rata kalangan menengah ke atas, maka saya akan menaikkan harga dengan volume tetap karena harga bagi mereka bukan merupakan masalah.

3.2 Layout Produksi 3.2.1 Proses Pembuatan 6

[Type text] Kedelai + kacang tanah Perendaman 8 jam Perebusan dan penghilangan kulit Penggilingan Perebusan hingga mendidih + gula dan flavor alami Penyaringan Pengemasan Gambar. Proses pembuatan susu kedelai Dari proses pembuatan susu kedelai di atas hal-hal yang harus diperhatikan untuk mencapai kualitas yang baik adalah sebagai berikut: 1. 2. 3. kebocoran. Sanitasi dari setiap perlakuan harus benar-benar diperhatikan agar susu Alat-alat yang digunakan harus terbuat dari stainless stell agar tidak ada Pengemasan sebaiknya menggunakan plastic tebal, dan tidak mudah terjadi kedelai yang dihasilkan tidak mudah rusak. bahan dari alat yang ikut ke dalam bahan.

3.2.2 Diagram proses pembuatan susu kedelai 7

[Type text]

8

[Type text] Proses : Pembuatan susu kedelai Subjek yang dicatat : Pembuat susu kedelai Awal pembuatan : Mempersiapan bahan Akhir pembuatan : Penyimpanan pada suhu dingin Ringkasan Jml thpa n 10 5 1 3 1 Jar ak 15. 5 Wakt u 02:16: 00 00:08: 00 00:05: 00 09:00: 00 3 hari

Aktivitas Operasi Transpor Inspeksi Delay Simpan

T h p 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 0 1 1 1 2 1 3 1 4 1 5 1 6 1 7 1 8 1 9 92 0 2 1

W kt 2 0. 5 10 5 5 1 2 8 ja m 30 0. 5 20 30 30 2 5 0. 2 30 2 30 3 3 ha ri

Jar ak x 3 x x x 1.5 x 2 x 2 x x x x x x x x x

Diskripsi Tahapan Mempersiapkan bahan Berjalan ke tempat penyimpanan alat Membersihkan peralatan Memasang alat penggilingan kedelai Mengecek alat penggilingan Berjalan mengambil baskom kosong Merendam kedelai dalam air Merendam kedelai Membersihkan kedelai dan menghilangkan kulit ari. Berjalan menuju mesin penggilingan Menggiling kedelai Menyaring kedelai hasil penggilingan Merebus sari dari kedelai Penambahan gula dan garam Pengadukan Mengangkat sari kedelai dari kompor x Mendiamkan sari kedelai hingga dingin Berjalan menuju tempat pengemasan Mengemas susu kedelai dalam plastik x Berjalan ke tempat penyimpanan x Penyimpanan pada lemari pendingin

3 x 4

x

[Type text]

Keterangan :    Kegiatan dilakuan di dapur pengolahan susu kedelai Waktu yang digunakan dalam menit Jarak yang digunakan dalam meter

IV. MANAGEMENT DAN PERSONAL PLAN Manajemen sumber daya manusia dalam suatu usaha sangatlah penting agar jangan sampai memperkerjakan orang yang salah sehingga orang-orang yang kita andalkan mampu melakukan yang terbaik. Tentu saja apabila usaha saya semakin besar maka saya akan membutuhkan tambahan tenaga kerja.Adapun konsep yang saya gunakan adalah sebagai berikut: 1. 10 Saya akan menjadikan pekerja hanya sebagai pekerja/ buruh. Formula khusus pembuatan susu kedelai tetap ada pada saya. Hal ini bertujuan agar produk

[Type text] tidak sampai ditiru oleh karyawan sehingga meminimalisir adanya kompetitor dan jatuhnya usaha saya. 2. Hubungan antara saya sebagai pimpinan dan bawahan bersifat seperti partnership. Dengan adanya kedekatan emosional maka keluhan, saran dan kritik akan mudah tersampaikan. 3. Karyawan yang saya rekrut sampai saat ini masih mahasiswa yang juga masih sibuk kuliah. Ke depan saya berencana juga merekrut anak yang tidak kuliah sebagai pekerja tetap. Ketrampilan pekerja yang dibutuhkan dalam bisnis ini adalah sebagai berikut: 1. Pada bagian pengolahan sebenarnya tidak membutukan ketrampilan yang spesifik. Hal penting yang harus dimiliki pekerja adalah mempunyai motivasi tinggi karena harus terbiasa bangun pagi sekitar pukul 02.00 WIB untuk mulai berproduksi. Hal kedua pekerja harus peka terhadap kebersihan alat dan bahan agar sanitasi pengolahan terjaga. 2. Untuk pekerja bagian pemasaran yang dibutuhkan adalah harus memiliki kemampuan komunikasi yang bagus karena harus bisa mencari pelanggan, menambah jumlah outlet dan juga kuat mental untuk berjualan langsung di tempat keramaian.

V. FINANCIAL PLAN 5.1 Analisis kelayakan financial 5.1.1 Biaya investasi a. Mesin penggiling Kedelai b. Box Sepeda motor 5.1.2 Biaya pembuatan per 1 kg kedelai a. 2.5kg kedelai b. 100 gram kacang tanah 11 = Rp 15.000 = Rp. 1.000 = Rp 3.600.000 = Rp 200.000 Rp. 3.800.000

[Type text] c. Gula @7500 x 2.5 kg d. Daun pandan + garam e. Biaya listrik + air f. Biaya bahan bakar (gas) g. Biaya plastic pengemas @Rp 60x 150 h. Bensin untuk transportasi i. Es batu @Rp 500 x 4 Keterangan: *Produksi per hari 150 bungkus *Biaya variable per bungkus Rp 63.000/150 = Rp 420 BEP = Biaya investasi Harga produk – biaya variable BEP = Rp 3.800.000 Rp 800 – Rp 420 Jadi BEP akan terjadi pada produksi sebanyak 10.000 bungkus *Total biaya variabel 10.000 x 420 = 4.200.000 *Jumlah modal yang dibutuhkan = Rp 4.200.000 + Rp 3.800.000 = Rp 8.000.000 *Payback Period = 10.000 / 150 = 67 hari VI. ACTION PLAN Seperti yang saya jelaskan di awal saya sudah merintis usaha ini sekitar awal maret 2009 dan sudah berjalan 2 bulan ini. Dari awal produksi saya masih menjual dengan harga Rp 500 ke konsumen. Pada waktu itu saya masih belum punya partner karena saya masih produksi 1 kg kedelai.Seiring berjalannya waktu saya sudah bisa menjual dengan harga Rp 1000 dengan kapasitas produksi 2,5 kg/hari. Dari sisi saya melihat pasar yang cukup besar karena dari produksi tersebut belum banyak outlet yang menjual susu kedelai. Ditambah lagi fakta bahwa jenis minuman yang dititip-titipkan belum ada kompetitornya, hanya mungkin minuman botol yang bermain pada strategi harga mahal. Apabila unit produksi diperluas skalanya menjadi skala yang lebih besar maka hal ini sangatlah menarik karena sampai saat ini di kota Jember masih belum ada produk susu = 10.000 Bungkus = Rp 18.750 = Rp. 1.000 = Rp. 1.000 = Rp 3.000 = Rp. 9.000 = Rp. 2.500 = Rp. 2.000 Rp.63.000

12

[Type text] kedelai dalam skala industri. Dari fakta dan beberapa upaya yang akan saya buat tersbut maka saya optimis pengembangan usaha ini akan berhasil.

VII. CLOSING Demikian rencana bisnis saya semoga dapat memberikan gambaran seperlunya mengenai pelaksanaan usaha ini. Besar harapan saya agar bisnis ini dapat terlaksana tanpa halangan yang berarti. Semoga bisnis ini dapat memberikan sumbangsih yang sebesarbesarnya bagi peningkatan pendidikan kewirausahaan di kota Jember.

13

[Type text]

BIODATA MAHASISWA

Nama NIM Fak/Jur TTL Alamat Asal Alamat di Jember Jenis Produk Lama Produksi Produksi per hari

: Dias putra : 091910201032 : FT/ elektro : Jember, 31 Maret 1991 : Jl. Arowana BTN blok XII/ 21 : Jl. Arowana BTN blok XII/ 21 : Susu Kedelai “YACCO” : 5 Bulan (Maret Februari 2009 – Juni 2009) : 150 bungkus ( 2.5 kg kedelai)

Alamat Unit Produksi : Jl. Arowana BTN blok XII/ 21

14

[Type text]

Jember, 11 Juni 2009 Produsen,

DIAS PUTRA

Lampiran

Spesifikasi mesin :
• • • • • • • •

Tipe : FDM100 Model Stainless Steel - Alumunium Kapasitas : 25 kg / jam. Sistim kontinyu Listrik : 750 watt, 220 V Dimensi mesin : 570x410x795 mm Berat : 30 kg Filter : 100 Harga : Rp 3.600.000

Semi Automatis Cup Sealer

15

[Type text]

16

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->