P. 1
Penerapan JIT Pada Hoolashop Distro

Penerapan JIT Pada Hoolashop Distro

|Views: 14|Likes:
Published by imnotactive

More info:

Published by: imnotactive on Nov 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

TUGAS AKUNTANSI MANAJEMEN DAN BIAYA Penerapan Just In Time pada Hoolashop Distro&Butik Online

Disususn Oleh Nama: NIM: Dian Nugrahaeni 10/303103/EE/05656

KELAS B

Program Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 2010

Abstraksi
Hoolashop Distro&Butik adalah sebuah toko online yang sudah berjalan hampir dua tahun dengan omset rata-rata Rp30.000.000-Rp50.000.000 per bulan. Hoolashop Distro&Butik menjual produk-produk fasion impor dari beberapa negara seperti Thailand, Cina dan Korea. Just In time merupakan pendekatan dalam pengeloalaan bahan baku/persediaan. Hoolashop Distro&Butik menerapkan prinsip JIT dalam mengelola persediaannya dan akan dibahas lebih lanjut bagaimana on line shop ini menerapkan prinsip JIT.

Pendahuluan
Di zaman sekarang ini banyak sekali orang-orang yang amat sangat sibuk dengan bisnisnya maupun pekerjaanya, sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk sekedar jalanjalan ataupun berbelanja. Dikarenakan terbatasnya waktu dan padatnya aktivitas pekerja, maka mereka membutuhkan segala sesuatu yang praktis, apalagi bagi wanita modern yang amat sangat membutuhkan busana untuk menujang panampilan mereka. Mereka membutuhkan segala sesuatunya dengan waktu yang singkat. Didukung dengan teknologi sudah semakin berkembang maka on-line shop hadir untuk menjawab semua permasalahan yang ada. Konsumen dapat mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan waktu yang singkat. Sekarang ini banyak sekali bisnis berbasiskan on-line shop khususnya dengan menggunakan facebook. dengan semakin banyaknya online shop yang bermunculan maka samakin ketat juga persaingan yang ada. Maka pengelolapengelola online shop juga harus cermat dalam mengelola bisnisnya. Salah satu online shop yang ada adalah Hoolashop Distro&Butik yang menawarkan pakaian khususnya pakaian wanita. Untuk memenangkan persaingan Hoolashop Distro Butik menerapkan prinsip Just In Time dalam mengelola bisnisnya. Just in time sendiri adalah suatu filosofi tepat waktu yang amat sangat berkembang di Jepang. Dengan persaingan yang ketat Hoolashop mampu meraup pasar yang lumayan besar untuk ukuran pemula dengan menerapkan JIT dalam bisnisnya. Maka saya ingin mengetahui seberapa efektif dan efisien hasil dari penerapan JIT dalam Hoolashop Distro&Butik.

Pengertian JIT
Just in time adalah suatu filosofi tepat waktu yang memusatkan pada aktivias yang berfokus pada upaya menghasilkan produk dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan pada tepat dan waktu yang tepat dan diperlukan oleh segmen-segmen internal. Konsep JIT muncul di Jepang yang disebut dengan Kaizen yaitu perbaikan terus menerus. Prinsip JIT adalah menghilangkan pemborosan (eliminating waste) yang akhirnya dapat meningkatkan laba. JIT mempunyai empat aspek pokok yaitu: 1. Semua aktifitas yang tidak bernilai tambah terhadap produk atau jasa harus di eliminasi Aktivitas yang tidak bernilai tambah meningkatkan biaya yang tidak perlu,misalnya persediaan sedapat mungkin nol. 2. Adanya komitmen untuk selalu meningkatkan mutu yang lebih tinggi.Sehingga produk rusak dan cacat sedapat mungkin nol,tidak memerlukan waktu dan biaya untuk pengerjaan kembali produk cacat, dan kepuasan pembeli dapat meningkat.
3. Selalu

diupayakan

penyempurnaan

yang

berkesinambungan

(Continuous

Improvement)dalam meningkatkan efisiensi kegiatan. 4. Menekankan pada penyederhanaan aktivitas dan meningkatkan pemahaman terhadap aktivitas yang bernilai tambah. Sistem JIT ini dikembangkan oleh Toyota Motor Company, dan dipopulerkan oleh Wakil Presiden Direktur Toyota motor company Taiichi Ohno pada tahun 1970-an, sehingga disebut juga dengan sistem produksi Toyota. JIT mulai digunakan oleh Toyota sebagai dampak dari krisis minyak, kemudian banyak dipakai oleh perusahan Jepang untuk mengantisipasi semakin variatifnya permintaan konsumen dan semakin semakin kritisnya konsumen dalam menentukan produk yang diinginkan. Fujio Cho dari Toyota mengartikan pemborosan (waste) segala sesuatu yang berlebih, diluar kebutuhan minimum atas peralatan, bahan, komponen, tempat dan waktu kerja yang mutlak diperlukan untuk proses nilai tambah suatu produk. Berarti segala sesuatu yang tidak memberikan nilai tambah maka itu adalah pemborosan. Tujuh jenis pemborosan disebabkan karena: 1. Over produksi
2. Waktu menunggu.

3. Transportasi

4. Pemrosesan 5. Tingkat persediaan barang 6. Gerak 7. Cacat produksi JIT dapat diterapkan dalam berbagai bidang fungsional perusahaan seperti pembelian,

produksi, administrasi dan yang lainya. Menurut Moden JIT adalah sebagai berikut: 1. Laba Lewat Penggunaan Biaya Sistem produksi Toyota adalah suatu metode ampuh untuk membuat produk karena sistem ini merupakan alat efektif untuk menghasilan tujuan akhir laba. Untuk mencapai tujuan sistem produksi Toyota ini, maka dilakukan pengurangan biaya atau perbaikan produktifitas. 2. Menghilangkan Produksi Berlebihan Pertimbangan utama bagi sistem produksi Toyota adalah pengurangan biaya dengan cara menghapuskan pemborosan 3. Pengendalian Jumlah, Jaminan Mutu, Menghormati Kemanusiaan

Sekilas Tentang Hoolashop&Distro Butik
Hoolashop Distro&Butik adalah sebuah usaha online dalam bidang produk fasion. Hoolashop dimiliki oleh seorang mahasiswa tehnik informatika di Depok. Berawal dari usahanya dalam bidang pakaian distro, setelah beberapa tahun menekuni usaha distronya yang kurang menguntungkan. Usaha distronya kurang menguntungkan dikarenakan biaya yang membengkak seperti promosi dan sewa tempat diantaranya yang tidak diimbangi oleh penghasilan yang meningkat. Seiring berjalanya waktu produk-produk distronya tidak begitu laku dipasaran sehingga persediaanpun menumpuk sehingga peningkatan biaya penyimpanan persediaan menjadi bertambah belum lagi produk yang usang. Pada akhirnya sang pemilik memutuskan untuk menutup usaha distronya. Melihat persediaan yang masih menumpuk

sang pemilikpun berpikir cara agar produknya yang menumpuk itu laku. Akhirnya sang pemilikpun kembali membuka usahanya tetapi dengan cara yang berbeda. Ia membuka toko on-line. Dalam toko on linenya disamping menjual produk-produk distronya ia juga menjual pakaian-pakaian impor.

Risiko Bisnis
Risiko bisnis yang dihadapi oleh Hoolashop bukan berarti tidak ada. Setiap bisnis pasti mempunyai resiko. Risiko bisnis yang dihadapi Hoolashop Distro Butik ini ada seperti :

Jumlah order minimum yang harus dipenuhi untuk membeli produk dari supplier. Dalam memesan produk kepada supplier ada batasan minimal jumlah barang yang dipesan. Terkadang jumlah total yang di pesan oleh pelanggan tidak mencapai batas minimimal, tetapi Hoolashop tetap harus membeli sebasar jumlah minimal.

Pajak yang tidak menentu. Dalam impor barang bisanya dikenai pajak. Permasalahan ini timbul dikarenakan opnum pajak tidak bertanggungjawab. Terkadang pajak yang dikenakan terhadap produk yang di impor tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Petugas pajak sering sekali membebankan pajak dengan tidak memeriksa terlebih dahulu barang yang diimpor dan langsung mematok pajaknya. Biasanya pajak yang dipatok itu jumlahnya cukup besar.

Pengaturan dalam menangani penjualan. Hoolashop Distro Butik memasarkan produknya melalui website dan facebook. Ada empat account facebook yang dimiliki Hoolashop Distro Butik. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan teman sehingga tidak mencukupi jika hanya memiliki satu account dalam facebook. Dengan dimilikinya banyak akses maka harus ada beberapa orang yang menanganinya.

Penerapan JIT pada Hoolashop Distro&Butik
Just In Time pada industri busana penting untuk mencapai efektivitas dan efisiensi. Hoolashop menjalin kerjasama yang baik dengan suplliernya dengan prinsip saling percaya. Untuk produk impornya menggunakan sistim pre-order yaitu konsumen dapat memilih produk yang mereka inginkan pada tanggal tertentu, dan setelah batas waktu pre order habis

Hoolashop baru memesan produk kepada pemasok sesuai dengan jumlah pesanan. Jadi barang yang diimpor adalah barang-barang yang sudah laku, setelah produk tersebut tiba langsung dikirimkan kepada konsumen sehingga tidak ada penumpukan persediaan. Benerapa hal yang dihilangkan/dieliminasi dalam penjualan: • • • Persediaan barang Sewa toko Waktu pengiriman yang cukup lama

Dalam operasi bisnis memiliki beberapa jenis pemborosan yaitu sewa tempat yang cukup mahal, persediaan yang manupuk dan distribusi barang ketangan pelanggan yang cukup memakan waktu. Dengan memasarkan produknya secara online berarti Hoolashop tidak perlu menyewa toko dan bararti menghemat biaya sewa. Hoolashop Distro&Butik memasarkan produknya cukup hanya dengan mengupload foto-foto produk yang dijual. Untuk barang impor foto dan detail produknya sudah disiapkan oleh supplier dengan foto model yang cukup dapat membuat calon konsumen tertarik untuk membeli dan ini berarti Hoolashop hanya tinggal menguploadnya saja. Selain Hoolashop menjalin kerjasama yang baik dengan supplier, Hoolashop juga menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan jasa pengiriman barang sehingga Hoolashop mendapatkan harga dan pelayanan yang khusus sehingga dapat menghemat waktu pengiriman dan menambah kepuasan bagi pelanggan konsumen Hoolashop Distro Butik. Manfaat penerapan JIT diantanranya adalah: • • • Mengurangi barang persediaan Menghemat biaya seperti biaya sewa dan biaya gaji Mengurangi waktu pengiriman barang sampai kepada konsumen. Sistem just in time berusaha menghilangkan segala pemborosan dan segala sesuatu yang tidak memberikan niai tambah dengan menyediakan sumber daya pada tempat dan waktu yang tepat.

Kesimpulan
Hoolashop Distro&Butik merupakan salah satu toko on-line yang cukup sukses ditengah persaingan ketat toko on-line yag sedang marak. Keberhasilanya dapat diraih karena menerapkan sistem JIT dalam mengelola usahanya dengan terus menerus melakukan perbaikan. Dengan sistem JIT yang diterapkanya Hoolashop Distro Butik selalu berusaha mengurangi dan mengeliminasi segala sesuatu yang tidak memberikan nilai tambah. JIT dapat diterapkan dalam usaha skala besar ataupun kecil. Selain berusaha melakukan perbaikan-perbaikan Hoolashop Distro Butik juga terus berusaha meningkatkan hubungan baik yang saling menguntungkan dengan supplier maupun dengan perusahaan jasa pengiriman barang. Hal ini dilakukan karna merupakan salah satu penerapan dari prinsip JIT guna meminimalkan jumlah persediaan dan pengiriman barang yang tepat waktu kepada konsumen.

Daftar Pustaka
Don Hansen and Maryanne Mowen, Cost Management; Accounting and Control, 5th edition, Thomson-Shoutwestern, 2006. http://www.hoola-shop.com Index.html eprints.uny.ac.id/220/1/Just_In_Time.pdf

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->