PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP

Dra. Nurlaila AM.Mkes Dra Suci Rahayu

.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada satu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi dasar. dan sumber belajar. kegiatan pembelajaran. materi pokok/pembelajaran. penilaian. alokasi waktu. indikator pencapaian kompetensi. .

intelektual. sosial. kedalaman. dan spiritual peserta didik. . emosional. 2)Relevan Cakupan.Penyusunan silabus harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut: 1)Ilmiah Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan. tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik.

materi pokok. pengalaman belajar. 4)Konsisten Adanya hubungan yang konsisten (ajeg) antara kompetensi dasar. sumber belajar. sumber belajar. 5)Memadai Cakupan indikator. pengalaman belajar. indikator.3)Sistematis Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi. . dan sistem penilaian. dan sistem penilaian cukup menunjang pencapaian kompetensi dasar. materi pokok.

7)Fleksibel Keseluruhan komponen silabus dapat meng akomodasi variasi peserta didik. dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata. psikomotor). dan peristiwa yang terjadi.6)Aktual dan Kontekstual Cakupan indikator. sumber belajar. materi pokok. 8)Menyeluruh Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif. afektif. pengalaman belajar. teknologi. . serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat. dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu. pendidik.

.

.

.

PENGEMBANGAN RPP .

19 Tahun 2005 Pasal 20 yang menyatakan bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran. LANDASAN RPP Landasan RPP adalah: PP No. materi pembelajaran. dan penilaian hasil belajar . sumber belajar.A.

B. PENGERTIAN RPP RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus: Lingkup rencana pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih .

Tujuan RPP Mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar .

Acuan dalam pembelajaran pada setiap satu kali pertemuan atau lebih . menantang serta memotivasi peserta didik untuk aktif dan kreatif 3.Kegunaan RPP 1. Agar pembelajaran lebih sistematis 2.menyenangkan. Pembelajaran berlangsung interaktif.

Identitas Mata pelajaran 2. Penilaian Hasil Belajar 11. Lampiran (modul) . Standar Kompetensi 3. Metode Pembelajaran 9.Komponen RPP 1. Kompetensi dasar 4. Alokasi Waktu 8. Materi Ajar 7. Sumber belajar 12. Indikator Pencapaian Kompetensi 5. Tujuan pembelajaran 6. Kegiatan Pembelajaran 10.

ALUR RPP Alur pembuatan RPP diawali dengan penentuan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD).C.untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada skema alur RPP di bawah ini . yang di lanjutkan dengan penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP) .

SK DAN KD SILABUS RPP .

E. FORMAT RPP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Pertemuan ke : Alokasi waktu : Standar kompetensi : Kompetensi dasar : Indikator : .

penjelas topik. Materi Ajar III. strategi pembelajaran serta cara penilaian akan dilakukan terkait dg kompetensi yg dipelajari B. tujuan dan manfaat kompetensi yg akan dipelajari. Metode Pembelajaran IV.I. Kegiatan Inti : . Langkah-langkah Pembelajaran A. Kegiatan Awal: Pemberian salam. Tujuan Pembelajaran II. mengabsen.

Penilaian .Mempresentasikan diskusi kelompok.Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya IV. Kegiatan Akhir: Menyimpulkan dan mengevaluasi . Alat/Bahan/Sumber Belajar V. .C.

Standar Kompetensi Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan. sikap dan keterampilan yg diarapkan dicapai pd setiap kelas dan seneater pd suatu mata pelajaran .

Kompetensi Dasar Kemampuan yag harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sbg rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran .

Indikator Pencapaian Kompetensi Perilaku yg dpt diukur atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yg menjadi acuan penilaian mata pelajaran .

Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yg dapat diamati dan diukur mencakup: pengetahuan. sikap dan keterampilan .

Tujuan Pembelajaran Menggambarkan proses dan hasil pembelajaran yg diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dg kompetensi dasar .

Materi Ajar Memuat fakta. konsep. prinsip dan prosedur yg relevan dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dg rumusan indikator pencapaian kompetensi .

Alokasi Waktu Waktu yg ditentukan sesuai dg keperluan untuk mencapai KD dan beban belajar .

Metode Pembelajaran Sistem pembelajaran yg digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau indikator yg telah ditetapkan .