P. 1
Makalah Ilmu Budaya Dasar 2

Makalah Ilmu Budaya Dasar 2

|Views: 9|Likes:
Published by frankmichael7

More info:

Published by: frankmichael7 on Nov 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2013

pdf

text

original

DOSEN : MUHAMMAD BURHAN AMIN

TULISAN-2 MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA BERBUDAYA DI UNIVERSITAS GUNADARMA

Frank Michael Kumala NPM:13212030

Program Sarjana Ekonomi Manajemen

1

Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin Topik Makalah Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma Kelas : 1-EA18 Tanggal Penyerahan Makalah : 22 Oktober 2012 Tanggal Upload Makalah : 23 Oktober 2012

PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun

NPM 13212030

Nama Lengkap Frank Michael Kumala

Tanda Tangan

Program Sarjana Ekonomi Manajemen UNIVERSITAS GUNADARMA

2

KATA PENGANTAR
Pertama – tama penulis ingin mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya makalah yang berjudul Membentuk Karakter Mahasiswa Berbudaya di Universitas Gunadarma ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Tidak lupa penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah umum ilmu budaya dasar yaitu Bapak Burhan Amin yang telah memberikan penulis arahan dan bimbingan dalam penyusunan makalah ini sehingga penulis bisa mengerti dengan baik cara mengerjakan makalah ini. Penulis juga menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Maka dari itu penulis berharap kritik dan saran yang membangun untuk ke depannya supaya penulis dapat lebih baik lagi dalam mengerjakan. Penulis berharap makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Dengan makalah ini diharapkan pembaca dapat mengerti dan memahami tentang cara membentukk karakter mahasiswa berbudaya di Universitas Gunadarma.

Bekasi, 13 Oktober 2012

Frank Michael Kumala

3

DAFTAR ISI
Cover .............................................................................................................................. Pernyataan ...................................................................................................................... Kata pengantar ............................................................................................................... Bab I : Pendahuluan ....................................................................................................... 1.1 Latar Belakang ………………................................................................................. 1.2 Tujuan …………………………………………………………………………….. 1.3 Sasaran ……………………………………………………………………………. Bab II : Permasalahan …………………….................................................................... 1.1 Kekuatan (Strength) ………………………………................................................. 1.2 Kelemahan (Weakness) …………………………………………………………… 1.3 Peluang (Opportunity) …………………………...................................................... 1 2 3 4 5 5 5 6 6 7 8

1.4 Tantangan/Hambatan ( Threats) …………………………………………………… 9 Bab III : Kesimpulan dan Rekomendasi ……………………………………………….. 10 1.1 Kesimpulan ................................................................................................................ 10 1.2 Rekomendasi .............................................................................................................. 10 Referensi ........................................................................................................................... 11

4

BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Mahasiswa merupakan agent of change, artinya agen suatu perubahan menuju arah yang lebih baik. Perubahan sendiri merupakan hal yang mutlak dan pasti akan terjadi. Bagi orang yang ingin maju, maka perubahan menjadi faktor utama. Anak kecil belum bisa membaca, dengan usahanya belajar mengeja persuku kata, perkata, dan perkalimat maka dia akhirnya menjadi anak kecil yang dapat membaca. Itulah change secara sederhana dalam memahaminya.

Change membutuhkan suatu proses dalam munuju hasil. Changes merupakan suatu perintah Tuhan, dijelaskan bahwa kaum harus mau berubah jika mereka menginginkan suatu keadaan yang lebih baik. Dalam bahasa sehari dikenal dengan sekarang harus lebih baik dari hari kemarin.

Mahasiswa adalah golongan yang harus menjadi garda terdepan dalam melakukan perubahan dikarenakan mahasiswa merupakan kaum yang terdidik. Dengan ke”Maha”an yang melekat pada kata Mahasiswa, artinya dari suatu hal yang besar dalam diri siswa. Bukan siswa saja yang berperilaku sangat emosional, berpikir praktis, dan belum tereksplornya potensi, maka ketika mahasiswa sifat tersebut berubah menjadi santun, cerdas, kritis, kreatif, inovatif, menerika kritikan, terbuka, dan tanggap terhadap permasalahan di lingkungan.

5

1.2 TUJUAN Tujuan penulis membuat makalah ini yaitu : 1. Memberikan penjelasan mengenai analisis SWOT 2. Memberikan informasi kepada pembaca mengenai cara membentuk mahasiswa yang berkarakter di Universitas Gunadarma 3. Memberi pengetahuan kepada pembaca dan membuka wawasan pembaca 1.3 SASARAN Mahasiswa dan para pembaca dapat mengetahui dan memahami analisis SWOT dan juga Mendapatkan informasi mgenenai kontribusi keluarga dalam membentuk perilaku berbudaya.

6

BAB II PERMASALAHAN

Mahasiswa merupakan tingkatan terakhir dalam suatu jenjang pendidikan, sebagai seorang mahasiswa tentunya akan dituntut banyak hal, sebab mahasiswa jugalah nantinya yang akan menjadi tonggak negara ini, namun dalam kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum mencerminkan sikapnya sebagai seorang mahasiswa. Ini merupakan masalah yang cukup kompleks. Terdapat berbagai macam alasan yang mendasari hal ini. Berikut adalah beberapa analisi baik secara Internal maupun eksternal, yaitu : 2.1 Kekuatan (Strength) a. rasa nasionalisme Dengan rasa nasionalisme yang ditanamkan kepada mahasiswa memlalui kegiatan – kegiatan yang bersifat membangun tentunya akan semakin menyadarkan mahasiswa akan perannya dalam masyarakat di masa depan tentunya dengan karakter yang dimiliki oleh masing - masing pribadi yang baik. b. pelestarian keaneka ragaman budaya Melestarikan budaya merupakan tugas kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, khususnya mahasiswa yang menjadi wakil dari seluruh lapisan masyarakat harus disadarkan betapa petingnya melestarikan kebudayaan agar si mahasiswa sendiri bisa belajar tidak hanya menyuarakan tapi juga melakukan pelestarian budaya.

7

c. pengukuhannya dalam bentuk peraturan pemerintah pengukuhan peraturan pemerintah ini dimaksudkan untuk membantu memperjelas apa yang harus dilakukan mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat yang berkarakter. Diharapkan mahasiswa mampu bertindak sesuai peraturan yang ada dan juga melaksanakannnya karena keinginan hatinya bukan karena terpaksa. d. kemudahan mengakses segala macam informasi Di jaman yang semakin canggih ini mahasiswa diharapkan sekali dapat menggunakan keuntungan ini sebaik mungkin bukan untuk hal yang tidak baik. Berkreasi secara bebas asalkan bertanggung jawab. Mampu membawa perubahan bengsa ke arah yang lebih baik dengan pembentukan karakter yang baik juga. 2.2 Kelemahan (Weakness) a. pengaruh budaya asing Pengaruh budaya asing yang masuk membawa perubahan juga kepada karakter masing – masing pribadi, tapi itu semua kembali lagi kepada masing – masing pribadi yang menanggapinya. Mahasiswa diharapkan mampu membedakan mana yang baik dan tidak. b. ketidak pedulian masyarakat sifat masyarakat yang seperti ini memudahkan penetrasi budaya lain dan pengaruh lainnya masuk. Merasuki pribadi seseorang dan menggrogoti pribadinya menjadi seseorang yang mungkin tidak baik lagi. Dan mahasiswa pun ikut terpengaruh sebagai akibatnya.

8

c. kurangnya rasa kecintaan, apresiasi dan kebanggan Hal ini disebabkan oleh rusaknya pribadi dan moral sebagai akibat dari keegoisan yang hanya mementingkan diri sendiri, memandang tidak ada hal lain yang lebih penting selain dirinya sendiri.

d. kurangnya sosialisasi kebudayaan kepada masyarakat kurangnya sosialisasi di kalangan ini menimbulkan lunturnya karakter asli masyarakat khususnya mahasiswa yang ada di dalamnya, karena mahasiswa lah yang paling berada dalam tahap pencarian jati diri mereka, ke arah mana mereka akan melangkah. 2.3 Peluang a. pertumbuhan usaha jasa pariwisata domestik dan mancanegara pertumbuhan yang pesat di bidang ini memberi kesempatan bagi semua orang khususnya mahasiswa yang juga sedang ingin mencoba untuk mensosialisasikan bakat mereka kepada orang – orang asing sehingga mereka mengetahui bahwa mahasiswa adalah orang - orang yang berbakat. Dengan demikian pengalaman mereka pun bertambah. b. makin solid dan kuatnya rasa persatuan dan kesatuan semakin erat rasa kesadaran bahwa walaupun kita berbeda tapi tetap satu akan semakin menyamakan persepsi semua orang khususnya mahasiswa sehingga mereka bisa secara bersama – sama dan membangun diri mereka masing – masing menjadi

9

seorang mahasiswa yang berkarakter kuat dan tidak mudah terpengaruh. c. berkembangnya multimedia Dengan berkembangnya IPTEK memberikan peluang yang besar kepada mahasiswa untuk berkreasi sesuai dengan bakat mekrea masing – masing tanpa ragu – ragu. Ada kebebasan untuk menjadi diri mereka masing – masing. d. terciptanya infrastruktur sarana dan prasarana yang mendukung pariwisata Sarana – sarana yang memadai tentunya akan sangat membantu bagi semua orang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginnya dengan cepat serta juga bisa mengembangkan potensi diri masing – masing secara benar dengan fasilitas yang ada. 2.4 Tantangan atau Hambatan (Threats) a. perpecahan di dalam budaya itu sendiri perpecahan yang terjadi tentunya akan membuat suatu kelompok masyarakat menjadi egois, menganggap dirinya yang paling baik. Disini tentunya akan membuat kekacauan khususnya bai mahasiswa yang sedang dalam proses pembentukan jati diri dan karakter mereka. b. relative minimnya filterasi terhadap budaya Beragamnya budaya yang masuk menimbulkan terjadinya kesenjangan yang berkepanjangan, salah dalam memilih budaya yang dianut tentu akan menimbulkan efek yang jelek untuk jangka waktu yang panjang.

10

c. banyaknya situs-situs dan cagar-cagar budaya yang rusak kerusakan situs dan cagar budaya ini menjadi hambatan juga karena situs dan cagar budaya merupakan fasilitas yang dapat digunakan juga dalam pembentukan karakter mahasiswa. Dengan rusaknya hal itu tentunya juga akan menghilangkan kesempatan mahasiswa untuk belajar. d. peningkatan kemampuan sumber daya manusia Meningkatnya kemampuan sumber daya manusia harusnya menjadi hal yang yang baik karena dalam segi teknis tentunya akan memandirikan manusia itu sendiri, namun bisa menjadi boomerang jika tidak diimbangin dengan kontrol yang tepat dan benar.

11

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

3.1 KESIMPULAN Kesimpulan yang dapat penulis tarik yaitu : 1. Rasa nasionalisme yang harus ditingkatkan agar mahasiswa berkarakter kuat 2. Kebudayaan harus dilestarikan karena dapat membantu membentuk karakter mahasiswa 3. Pembangunan fasilitas-fasilitas baru agar mahasiswa semakin mudah untuk belajar. 4. menyaring budaya yang masuk karena budaya yang salah bisa mempengaruhi mahasiswa dengan mudah. 3.2 REKOMENDASI 1. pengakuan asset budaya dalam bentuk peraturan pemerintah daerah dan pusat maupun internasional Dengan pengakuan asset baik secara local dan internasional bisa memberikan Kemudahan kepada mahasiswa untuk membentuk karakternya, karena semua Memperlukan fasilitas.

12

2. peningkatan sosialisasi dan apresiasi kebudayaan kepada masyarakat melalui media maupun kegiatan nyata dalam bentuk pesta budaya yang teragendakan Dalam proses pembentukan karakternya mahasiswa perlu diajarkan dan Disosialisasikan banyak hal, tidak hanya teori melainkan juga prakteknya, dalam Menjalankannya perlu ditingkatkan melalui kegiatan – kegiatan yang menarik Sehingga mahasiswa tidak bosan. 3. pertumbuhan usaha jasa pariwisata domestik dan mancanegara menjadikan sumber devisa bagi negara untuk itu perlu ditunjang dengan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana pembangunan yang pesat dan terencana menimbulkan perkembangan juga, dalam perkembangannya ini perlu diseimbangkan dengan pemebentukan karakter juga agar ada kesinambungan yang baik, dimana ada pertumbuhan yang baik diseimbangi pula dengan sikap yang baik. 4. peningkatan kemampuan sumberr daya manusia melalui pelatihan yang berjenjang dan berkelanjutan. Dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia tentunya akan Berpengaruh juga pada peningkatan karakter yang berwawasan luas.

13

REFERENSI http://agungbae123.wordpress.com/2011/11/24/membangun-karakter-mahasiswa/ File Power Point dari Bpk. Burhan Amin

14

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->