RPP puisi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu A. : : : : ..................................

Bahasa Indonesia 5 (lima)/2 (dua) 2 X 35 menit

Standar Kompetensi 8. Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas. Kompetensi Dasar 8.3. Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat. Tujuan Pembelajaran**  Siswa dapat menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat Karakter siswa yang diharapkan : Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) Materi Ajar  Puisi. Metode Pembelajaran  ceramah, berimajinasi, latihan, penugasan Langkah-langkah Pembelajaran :  Kegiatan Awal Apersepsi dan Motivasi : - Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu untuk membangkitkan semangat siswa secara bersama-sama. - Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan catatan untuk menulis puisi. - Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran  Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  Siswa diberi sedikit ceramah mengenai bentuk-bentuk puisi  Siswa diajak keluar kelas untuk melihat alam bebas, atau menemukan satu benda yang disukainya untuk diamati.

B.

C.

D.

E.

F.

Indikator Pencapaian  Menulis puisi  Membaca contoh puisi FORMAT KRITERIA PENILAIAN  PRODUK ( HASIL DISKUSI ) No. memberikan penguatan dan penyimpulan tentang berpuisi bebas. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup. Aspek Konsep Kriteria * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah Skor 4 3 2 1  PERFORMANSI No. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa. guru:  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar. dan media power point. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi.  Siswa diberi tugas untuk menulis puisi bebas dengan tema yang lain sebagai pengayaan. Naskah puisi. guru:  Siswa mulai merangkai kalimat puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat berdasarkan kalimat deskrepsi yang telah ditulis di luar kelas.    Siswa menuliskan atau mendeskrepsikan apa yang telah mereka lihat. Alat/Bahan/Sumber Belajar  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum sesuai dengan standar Isi 2006. 1.  Siswa membacakan puisi yang telah ditulisnya di depan kelas satu per satu. alam bebas. Aspek Pengetahuan Kriteria * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan Skor 4 2 . G.  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. 1. Penilaian Teknik Penilaian Tes Lisan dan tertulis Bentuk Instrumen Lembar penilaian Produk Contoh Instrumen  Amati gambar di atas dan tulislah puisi berdasarkan gambar tersebut dengan menggunakan pilihan kata yang tepat! H.

.... Praktek * Aktif Praktek * Kadang-kadang aktif * Tidak aktif * Sikap * Kadang-kadang Sikap * Tidak Sikap 1 4 2 1 4 2 1 3.... 7.. 8.... NIP : ..... 4. LEMBAR PENILAIAN Nama Siswa Performan Pengetahuan Praktek Sikap Produk Jumlah Skor Nilai CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.* Tidak Pengetahuan 2.... 9.... .......................... . NIP : .... 3.. 5. September 2012 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia........ 6........ 2......  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial... Sikap  No 1....... 10..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful