DIARE

1. PENGERTIAN Diare (atau dalam bahasa kasar disebut menceret) ,( BM = diarea; Inggris = diarrhea) adalah sebuah penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam . Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya. 2. PENYEBAB Sebuah mikrograf elektron dari rotavirus, penyebab hampir 40% dari diare pada anak di bawah umur 5 tahun. Kondisi ini dapat merupakan gejala dari luka, penyakit, alergi (fructose, lactose), kelebihan vitamin C, dan mengonsumsi Buah-buahan tertentu. Biasanya disertai sakit perut dan seringkali mual dan muntah. Ada beberapa kondisi lain yang melibatkan tapi tidak semua gejala diare, dan definisi resmi medis dari diare adalah defekasi yang melebihi 200 gram per hari. Memakan makanan yang asam, pedas, atau bersantan sekaligus secara berlebihan dapat menyebabkan diare juga karena membuat usus kaget. Hal ini terjadi ketika cairan yang tidak mencukupi diserap oleh usus besar. Sebagai bagian dari proses digestasi, atau karena masukan cairan, makanan tercampur dengan sejumlah besar air. Oleh karena itu makanan yang dicerna terdiri dari cairan sebelum mencapai usus besar. Usus besar menyerap air, meninggalkan material yang lain sebagai kotoran yang setengah padat. Bila usus besar rusak / radang, penyerapan tidak terjadi dan hasilnya adalah kotoran yang berair. Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Dalam kondisi hidup yang bersih dan dengan makanan mencukupi dan air tersedia, pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus umum dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam-jiwa bila tanpa perawatan.
1

dan juga dapat menjadi indikasi sindrom kronis seperti penyakit Crohn. perawatan lebih lanjut dan medikasi resmi tidak dibutuhkan. dehidrasi. diare menjadi gejala umum radang usus buntu. demam. Diare di bawah ini biasanya diperlukan pengawasan medis: 1. dan lain-lain. PERAWATAN Perawatan untuk diare melibatkan pasien mengonsumsi sejumlah air yang mencukupi untuk menggantikan yang hilang. 2. kolera atau botulisme. Diare juga dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. terutama dalam seseorang yang tidak cukup makan. 3. 6. jadi apabila mau mengkonsumsi alkohol lebih baik makan terlebih dahulu. 5. Meskipun penderita apendisitis umumnya tidak mengalami diare.dan perut sering berbunyi. Diare yang terus terjadi lebih dari 2 minggu. 4. seperti disentri. 3. Diare pada orang yang bepergian (kemungkinan terjadi infeksi yang eksotis seperti parasit) Diare dalam institusi seperti rumah sakit. Untuk banyak orang. institut kesehatan mental. 2 . Tetapi gejala lainnya yang dapat timbul antara lain pegal pada punggung. mual dan muntah. 7. 4. GEJALA Gejala yang biasanya ditemukan adalah buang air besar terus menerus disertai dengan rasa mulas yang berkepanjangan. lebih baik bila dicampur dengan elektrolit untuk menyediakan garam yang dibutuhkan dan sejumlah nutrisi. perawatan anak. Diare pada balita Diare menengah atau berat pada anak-anak Diare yang bercampur dengan darah. kehilangan berat badan. Diare yang disertai dengan penyakit umum lainnya seperti sakit perut. Oralit dan tablet zinc adalah pengobatan pilihan utama dan telah diperkirakan telah menyelamatkan 50 juta anak dalam 25 tahun terakhir.Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius.

dehidrasi dapat mengancam jiwa dan cairan intravenous mungkin dibutuhkan.5. dan Cholera sedang dikembangkan. yang dapat diserap oleh tubuh. vaksin ini juga berfungsi untuk mencegah penularan diare. Jaga hidrasi dengan elektrolit yang seimbang. 5. Vaksin rotavirus yang lainnya seperti. 7. dan jangan makan atau minum terlalu cepat. DIARE INFEKTIF Diare infektif yang tidak biasa untuk diare dapat bertahan lama. 4. 3. terutama pada anak-anak. Mengkonsumsi sejumlah besar air yang tidak diseimbangi dengan elektrolit yang dimakan mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit yang berbahaya dan dalam beberapa kasus yang langka dapat berakibat fatal (keracunan air). Saat ini ada dua vaksin berlisensi untuk menghadapi rotavirus. Cairan intravenous: kadangkala. Terapi rehidrasi oral: Meminum solusi gula/garam. Shigella. PENCEGAHAN Sebuah vaksin rotavirus memiliki potensi untuk mengurangi jumlah penderita diare. PENANGGULANGAN DIARE Penderita diare sebaiknya segera meminum oralit yang merupakan campuran dari gula dan garam untuk menjaga cairan tubuh. ETEC. Ini merupakan cara paling sesuai di kebanyakan dapat kasus diare. 6. frekuensi teratur. 3 . dapat bahkan disentri. Beberapa cara penggulangan diare antara lain: 1. Mencoba makan lebih sering tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Diare ini disebabkan karena beberapa organisme penyebabnya tersebut dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa gejala penyakit jangka panjang yang signifikan. Menjaga kebersihan dan isolasi: Kebersihan tubuh merupakan faktor utama dalam membatasi penyebaran penyakit. 2.

Sebuah hasil studi Cochrane menemukan bahwa dalam gerakan-gerakan sosial yang dilakukan lembaga dan masyarakat untuk membiasakan mencuci tangan menyebabkan penurunan tingkat kejadian yang signifikan pada diare. 4 .Karena tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering melakukan kontak langsung dengan benda lain. maka sebelum makan disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun.

fungi. karbon dioksida merupakan komponen penting dalam siklus karbon. tumbuh-tumbuhan. Ketika dihirup pada konsentrasi yang lebih tinggi dari konsentrasi karbon dioksida di atmosfer. 5 . Rata-rata konsentrasi karbon dioksida di atmosfer bumi kira-kira 387 ppm berdasarkan volume walaupun jumlah ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan waktu. membentuk larutan asam karbonat yang lemah. Oleh karena itu. Ia berbentuk gas pada keadaan temperatur dan tekanan standar dan hadir di atmosfer bumi.INHALASI KARBON MONOKSIDA 1.1 atm namun langsung menjadi padat pada temperatur di bawah -78 °C. sedangkan konsentrasi lebih dari 50. dan mikroorganisme pada proses respirasi dan digunakan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis. PENGERTIAN KARBON DIOKSIDA Karbon dioksida ( rumus kimia: CO2 ) atau zat asam arang adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang penting karena ia menyerap gelombang inframerah dengan kuat. Karbon dioksida dihasilkan oleh semua hewan. SIFAT . Dalam bentuk padat. 2. Karbon dioksida juga dihasilkan dari hasil samping pembakaran bahan bakar fosil. CO2 adalah oksida asam. ia akan terasa asam di mulut dan mengengat di hidung dan tenggorokan. Konsentrasi yang lebih besar dari 5. Larutan CO2 mengubah warna litmus dari biru menjadi merah muda. karbon dioksida umumnya disebut sebagai es kering.SIFAT KIMIA DAN FISIKA Karbon dioksida adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau.000 ppm tidak baik untuk kesehatan. Efek ini disebabkan oleh pelarutan gas di membran mukosa dan saliva. Karbon dioksida tidak mempunyai bentuk cair pada tekanan di bawah 5. Karbon dioksida anorganik dikeluarkan dari gunung berapi dan proses geotermal lainnya seperti pada mata air panas. Sensasi ini juga dapat dirasakan ketika seseorang bersendawa setelah meminum air berkarbonat (misalnya Coca Cola).000 ppm dapat membahayakan kehidupan hewan.

seperti reaksi pada kebanyakan asam dengan karbonat logam. Penggunaan lain dari es kering adalah untuk pembersihan sembur. Molekul karbon dioksida (O=C=O) mengandung dua ikatan rangkap yang berbentuk linear. Sifat-sifat yang menyebabkannya sangat praktis adalah karbon dioksida langsung menyublim menjadi gas dan tidak meninggalkan cairan. ISOLASI Karbon dioksida bisa kita dapatkan dengan distilasi udara. 3. Namun cara ini hanya menghasilkan CO2 yang sedikit. namun bisa membantu pembakaran logam seperti magnesium. Charles Thilorier. misalnya silikon dan germanium. Titik kritis karbon dioksida adalah 7.5 kali lebih berat dari udara.1 °C.38 MPa pada 31. Bentuk padat karbon dioksida biasa disebut sebagai "es kering".51° C.98 kg/m³. kira kira 1. Reaksi antara asam sulfat dengan kalsium karbonat adalah: H2SO4 + CaCO3 → CaSO4 + H2CO3 6 . Pada suhu −78. disebut sebagai karbonia.6 °C (Silakan lihat diagram fase di atas).1 atm. Cairan kabon dioksida terbentuk hanya pada tekanan di atas 5. Senyawa ini tidak begitu reaktif dan tidak mudah terbakar. karbon dioksida langsung menyublim menjadi padat melalui proses deposisi. Bentuk kaca ini. Berbagai jenis reaksi kimia dapat menghasilkan karbon dioksida. Es kering biasanya digunakan sebagai zat pendingin yang relatif murah. kaca karbonia tidak stabil pada tekanan normal dan akan kembali menjadi gas ketika tekanannya dilepas. Ia tidak bersifat dipol. Fenomena ini pertama kali dipantau oleh seorang kimiawan Perancis. dihasilkan dari pelewatbekuan CO2 yang terlebih dahulu dipanaskan pada tekanan ekstrem (40-48 GPa atau kira-kira 400.Pada keadaan STP. rapatan karbon dioksida berkisar sekitar 1. Terdapat pula bentuk amorf karbon dioksida yang seperti kaca. Tidak seperti kaca silikon dan germanium.000 atm) di landasan intan. titik tripel karbon dioksida kira-kira 518 kPa pada −56. pada tahun 1825. namun ia tidak terbentuk pada tekanan atmosfer. Penemuan ini mengkonfirmasikan teori yang menyatakan bahwa karbon dioksida bisa berbentuk kaca seperti senyawa lainnya yang sekelompok dengan karbon.

H2CO3. menghasilkan pig iron dan karbon dioksida: 2 Fe2O3 + 3 C → 4 Fe + 3 CO2 Khamir mencerna gula dan menghasilkan karbon dioksida beserta etanol pada proses pembuatan anggur. Dari pembakaran kayu dan bahan bakar fosil. Sebagai hasil samping dari pengilangan ammonia dan hidrogen. dan protein pada mitokondria di dalam sel. 2. propana). terdapat 120 mg bikarbonat per liter. minyak tanah.4). Sebagai contohnya reaksi antara metana dan oksigen: CH4 + 2 O2 → CO2 + 2 H2O Besi direduksi dari oksida besi dengan kokas pada tungku sembur. PRODUKSI DALAM SKALA INDUSTRI Karbon dioksida secara garis besar dihasilkan dari enam proses 1.5). Konsentrasi relatif antara CO2. Pembakaran dari semua bahan bakar yang mengandung karbon.5). dan spiritus lainnya: C6H12O6 → 2 CO2 + 2 C2H5OH Semua organisme aerob menghasilkan CO2 dalam proses pembakaran karbohidrat. Karbon dioksida larut dalam air dan secara spontan membentuk H2CO3 (asam karbonat) dalam kesetimbangan dengan CO2. Reaksireaksi yang terlibat dalam proses pembakaran ini sangatlah rumit dan tidak bisa dijelaskan dengan mudah. Dalam air laut (dengan pH = 8. Dalam air yang bersifat netral atau sedikit basa (pH > 6. 4. diesel. 7 . asam lemak.H2CO3 kemudian terurai menjadi air dan CO2. arang dan kayu akan menghasilkan karbon dioksida. bentuk bikarbonat mendominasi (>50%). di mana metana dikonversikan menjadi CO2. bir. Bentuk karbonat dan bikarbonat memiliki kelarutan yang sangat baik. seperti metana (gas alam). bentuk karbonat mendominasi. dan HCO3− (bikarbonat) dan CO32−(karbonat) bergantung pada kondisi pH larutan. Reaksi ini diikuti dengan pembusaan atau penggelembungan. Dalam air yang bersifat basa kuat (pH > 10.8. distilat minyak bumi (bensin.2 .

6083 kg per kWh.804. gunung berapi melepaskan sekitar 130-230 juta ton CO2 ke atmosfer setiap tahun. sehingga massa total karbon dioksida atmosfer adalah 3. sedangkan di ruangan tertutup. CaCO3. Karbon dioksida juga dihasilkan oleh mata air panas. di depresi yang berbentuk mangkuk dengan diameter kira-kira 100 m. Laju pengeluaran ini setara dengan 0. Di atomosfer bumi Karbon dioksida di atmosfer bumi dianggap sebagai gas kelumit dengan konsentrasi sekitar 385 ppm berdasarkan volume dan 582 ppm berdasarkan massa.000 gigaton).244.14×1018 kg.0×1015 kg (3. konsentrasi CO2 setempat meningkat sampai dengan lebih dari 75% dalam semalam. 6. Dari proses penguraian termal batu kapur. Pada tahun 1999. ia dapat mencapai 10 kali lebih besar dari konsentrasi di atmosfer terbuka. Konsentrasi karbon dioksida bervariasi secara musiman (lihat grafik di samping). Sampai dengan 40% dari gas yang dimuntahkan oleh gunung berapi semasa ledakan subaerial adalah karbon dioksida. Lima ratus juta tahun yang lalu. cukup 8 . Sebagai produk samping dari pembuatan natrium fosfat. konsentrasi karbon dioksida di atmosfer telah meningkat sekitar 35% sejak dimulainya revolusi industri. seperti yang terdapat di situs Bossoleto dekat Terme Rapolano di Toscana. Italia. Di sini. Di wilayah perkotaan. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca. 2.000 ton CO2 dihasilkan di Amerika Serikat dari pembangkitan energi listrik. wiski. dan minuman beralkohol lainnya. Menurut perkiraan paling canggih. Secara langsung di ambil dari mata air yang karbon dioksidanya dihasilkan dari pengasaman air pada batu kapur atau dolomit. Sebagai hasil samping dari fermentasi gula pada proses peragian bir. 5. keberadaan karbon dioksida 20 kali lipat lebih besar dari yang sekarang dan menurun 4-5 kali lipat semasa periode Jura dan secara lambat menurun sampai dengan revolusi industri. Oleh karena aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil dan penggundulan hutan.3. Massa atmosfer bumi adalah 5. konsentrasi karbon dioksida secara umum lebih tinggi. 4.

namun menghangat dengan cepat ketika cahaya matahari memancar dan berbaur secara konveksi semasa pagi hari. Kamerun. 5. Samudera berperan sebagai buangan karbon raksasa dan telah menyerap sekitar sepertiga dari emisi CO2 yang dihasilkan manusia. Di samudera Terdapat sekitar 50 kali lebih banyak karbon yang terlarut di dalam samudera dalam bentuk CO2 dan hidrasi CO2 daripada yang terdapat di atmosfer. emisi CO2 yang diakibatkan oleh aktivitas manusia sekarang adalah 130 kali lipat lebih besar dari kuantitas yang dikeluarkan gunung berapi. Pada tumbuh-tumbuhan. Pada hewan tingkat tinggi. yaitu sekitar 27 milyar ton setiap tahun. kelarutan akan berkurang ketika temperatur air bertambah. karbon dioksida diserap dari atmosfer sewaktu fotosintesis. dan asam amino dengan oksigen sebagai bagian dari metabolisme dalam proses yang dikenal sebagai respirasi sel. sehiggga akan menimbulkan efek-efek yang merugikan terhadap organismeorganisme yang hidup di air. karbon dioksida mengalir di darah dari jaringan tubuh ke paru-paru untuk dikeluarkan. kebanyakan jamur. karbon dioksida akan dilepaskan dari air samudera ke atmosfer ketika temperatur samudera meningkat. Kebanyakan CO2 yang berada di samudera berbentuk asam karbonat. Namun. 6. dan beberapa bakteri. Konsentrasi setempat CO2 yang tinggi yang dihasilkan oleh gangguan air danau dalam yang jenuh dengan CO2 diduga merupakan akibat dari terjadinya 37 kematian di Danau Moboun. Sebagian dikonsumsi oleh organisme air sewaktu fotosintesis dan sebagain kecil lainnya tenggelam dan meninggalkan siklus karbon. Oleh karena itu. Secara umum. lemak. TOKSISITAS 9 . Kamerun pada 1984 dan 1700 kematian di Danau Nyos. hewan. Hal ini meliputi semua tumbuhan. Terdapat kekhawatiran meningkatnya konsentrasi CO2 di udara akan meningkatkan keasaman air laut.untuk membunuh serangga-serangga dan hewan yang kecil. PERANAN BIOLOGIS Karbon dioksida adalah hasil akhir dari organisme yang mendapatkan energi dari penguraian gula.

NIOSH juga menyatakan bahwa konsentrasi karbon dioksida yang melebihi 4% adalah langsung berbahaya bagi keselamatan jiwa dan kesehatan. dan individu dengan masalah kesehatan kardiopulmonari (jatung dan paru-paru) secara signifikan lebih kecil. Pada konsentrasi tiga persen berdasarkan volume di udara. ia bersifat narkotik ringan dan menyebabkan peningkatan tekanan darah dan denyut nadi.Kandungan karbon dioksida di udara segar bervariasi antara 0. Oleh karena bahaya kesehatan yang diasosiasikan dengan paparan karbon dioksida. Untuk paparan dalam jangka waktu pendek (di bawah 10 menit). keringatan. orang tua. Inhalasi CO2 yang berkelanjutan dapat ditoleransi pada konsentrasi inspirasi tiga persen paling sedikit selama satu bulan dan empat persen konsentrasi insiparsi selama lebih dari satu minggu. Adaptasi terhadap peningkatan kadar CO2 dapat terjadi pada manusia. ia menyebabkan sakit kepala. ia menyebabkan stimulasi pusat pernapasan.03% (300ppm) sampai dengan 0. dan kehilangan kesadaran setelah paparan selama lima sampai sepuluh menit. Batas aman maksimum untuk balita. pusing-pusing. anak-anak. Diajukan juga bahwa konsentrasi insipirasi sebesar 2.5%).06% (600 ppm) bergantung pada lokasi. Pada konsentrasi delapan persen. Karbon dioksida beracun kepada jantung dan menyebabkan menurunnya gaya kontraktil. Pada konsentrasi sekitar lima persen berdasarkan volume.000 ppm (0. kebingungan.000 ppm (3%). Administrasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja Amerika Serikat menyatakan bahwa paparan rata-rata untuk orang dewasa yang sehat selama waktu kerja 8 jam sehari tidak boleh melebihi 5. dan menyebabkan penurunan daya dengar. tremor. Menurut Otoritas Keselamatan Maritim Australia. penglihatan buram.0 persen dapat digunakan untuk ruangan tertutup (seperti kapal selam) oleh 10 . "Paparan berkepanjangan terhadap konsentrasi karbon dioksida yang sedang dapat menyebabkan asidosis dan efek-efek merugikan pada metabolisme kalsium fosforus yang menyebabkan peningkatan endapan kalsium pada jaringan lunak. dan kesulitan pernapasan yang diikuti sakit kepala dan sesak napas. batasan dari Institut Nasional untuk Kesehatan dan Keamanan Kerja Amerika Serikat (NIOSH) adalah 30.

Burung kenari akan terlebih dahulu mati sebelum kadar CO2 mencapai tingkat yang berbahaya untuk manusia.[27] Karbon dioksida yang lebih berat yang dikeluarkan mendorong oksigen keluar. Karbon dioksida menyebabkan kematian yang luas di Danau Nyos di Kamerun pada tahun 1996. Dalam ruangan tertutup yang dipenuhi orang. Penurunan kinerja atau pada aktivitas fisik yang normal tidak terjadi pada tingkat konsentrasi ini.000 ppm akan menyebabkan ketidaknyamanan terhadap 20% penghuni dan ketidaknyamanan ini akan meningkat seiring dengan meningkatnya konsentrasi CO2. 7. bukan oleh CO2.karena adaptasi ini bersifat fisiologis dan reversibel. • • 5% – 10% larut di plasma 5% – 10% diikat oleh hemoglobin sebagai senyawa karbamino 11 . FISIOLOGI MANUSIA CO2 diangkut di darah dengan tiga cara yang berbeda: • Kebanyakan (sekitar 70% – 80%) dikonversikan menjadi ion bikarbonat HCO3− oleh enzim karbonat anhidrase di sel-sel darah merah. menyebabkan kematian hampir 2000 orang. mayoritas penghuni akan merasakan ketidaknyamanan yang signifikan dan banyak yang akan mual-mual dan sakit kepala.000 ppm. Ketidaknyamanan ini diakibatkan oleh gas-gas yang dikeluarkan sewaktu pernapasan dan keringatan manusia. konsentrasi karbondioksida akan mencapai tingkat yang lebih tinggi daripada konsentrasi di udara bebas. Keracunan karbon dioksida akut dikenal sebagai lembap hitam. Pada konsentrasi 2.500 ppm digunakan sebagai indikator kualitas udara dalam ruangan. Konsentrasi yang lebih besar dari 1. Gambaran-gambaran ini berlaku untuk karbon dioksida murni. dengan reaksi CO2 + H2O → H2CO3 → H+ + HCO3−. Konsentrasi CO2 antara 300 ppm sampai dengan 2. Para penambang biasanya akan membawa sesangkar burung kenari ketika mereka sedang bekerja untuk memperingati mereka ketika kadar karbon dioksida mencapat tingkat yang berbahaya.

molekul pengangkut oksigen yang utama pada sel darah merah. Karbon dioksida adalah salah satu mediator autoregulasi setempat suplai darah. Menurut salah satu kajian dari Departemen Pertanian Amerika Serikat. kadar oksigen yang rendah tidak akan menstimulasi pernapasan. mengangkut baik oksigen maupun karbon dioksida. sedangkan pernapasan yang terlalu cepat akan menimbulkan hiperventilasi yang bisa menyebabkan alkalosis pernapasan. Sebaliknya. kapiler akan mengembang untuk mengijinkan arus darah yang lebih besar ke jaringan yang dituju. peningkatan tekanan parsial CO2 atau penurunan pH akan menyebabkan pelepasan oksigen dari hemoglobin. jika tidak maka terjadi risiko tidak sadarkan diri. dikenal sebagai efek Bohr. Ion bikarbonat sangatlah penting dalam meregulasi pH darah. bernapas pada udara bertekanan rendah atau campuran gas tanpa oksigen (seperti nitrogen murni) dapat menyebabkan kehilangan kesadaran. Akibatnya. Pernapasan yang terlalu lambat akan menyebabkan asidosis pernapasan. Walaupun tubuh memerlukan oksigen untuk metabolisme. Sebaliknya pernapasan distimulasi oleh kadar karbon dioksida yang tinggi. Hal ini sangatlah berbahaya bagi pilot tempur. Ini juga adalah alasan mengapa penumpang pesawat diinstruksikan untuk memakai masker oksigen ke dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum membantu orang lain ketika tekanan kabin berkurang. Laju pernapasan seseorang dipengaruhi oleh kadar CO2 dalam darahnya. Namun CO2 yang diangkut hemoglobin tidak terikat pada tempat yang sama dengan oksigen. pernapasan orang pada umumnya menghasilkan kira-kira 450 liter (sekitar 900 gram) karbon dioksida perhari. pengikatan CO2 mengurangi jumlah oksigen yang dapat diikat. Ia bergabung dengan gugus terminal-N pada empat rantai globin. Apabila kadar karbon dioksidanya tinggi. karena efek alosterik pada molekul hemoglobin.Hemoglobin. Penurunan pengikatan karbon dioksida oleh karena peningkatan kadar oksigen dikenal sebagai efek Haldane dan penting dalam traspor karbon dioksida dari jaringan ke paru-paru. Namun. 12 .

PENGERTIAN Keracunan makanan adalah istilah yang diberikan kepada infeksi dengan bakteri. Staphylococcus aureus. Listeria. E. Kuman yang menyebabkan keracunan makanan mungkin termasuk Campylobacter enteritis. makanan yang mengandung mayones.000 dirawat dan 5. coli enteritis. terkontaminasi air. tidak memadai tangan mencuci. sekolah kafetaria dll. Wisatawan ke negara-negara berkembang sering menghadapi keracunan makanan dalam bentuk Traveller's diare. virus. terutama dalam mengembangkan dan di bawah negara-negara maju. parasit. coli. daging mentah atau matang. Organisme kausatif yang paling umum adalah Staphylococcus atau E. (1. Shigella. tidak mencuci peralatan masak. ikan dan kerang dan sebagainya. Center for Disease Control and Prevention memperkirakan bahwa 76 juta orang menjadi sakit dari makanan penyakit terkait setiap tahun yang mengakibatkan 325. 4) 2. PENYEBAB Makanan umum yang dapat membawa kuman termasuk manja daging atau unggas.000 kematian. Keracunan makanan dicurigai jika minimal dua orang terpengaruh dan terkontaminasi makanan atau air diidentifikasi sebagai sumber infeksi. Sebagai contoh. Penanganan selama persiapan makanan rusak mungkin juga bertanggung jawab keracunan makanan. tidak memadai refrigerasi susu dan produk lainnya. Diare berkat keracunan makanan membunuh jutaan di seluruh dunia. atau racun dari kuman yang mempengaruhi manusia melalui terkontaminasi makanan atau air. restoran. Kadang-kadang keracunan makanan melibatkan kimia racun yang diproduksi dalam makanan tertentu yang tidak semestinya disimpan atau di bawah 13 . telur. terutama fungsi sosial pada umumnya. Hal ini umum di masyarakat.KERACUNAN MAKANAN 1. kolera. Keracunan makanan dapat mempengaruhi individu atau sekelompok orang-orang yang telah mengambil makanan tercemar yang sama.

sesak nafas dan kesulitan menelan. kondisi menyelesaikan dengan sendirinya. KELOMPOK MAKANAN 1. orang-orang dengan penyakit ginjal atau diabetes atau orang-orang yang bepergian ke luar negeri di mana mereka dihadapkan pada kuman juga rentan. diare. GEJALA UMUM KERACUNAN MAKANAN Keracunan makanan biasanya bermanifestasi sebagai rasa sakit di perut dengan kram. Pencegahan keracunan makanan adalah kunci dan dapat dicapai dengan mempertahankan tangan bersih. 3. 4. sakit kepala dll. gatal-gatal.Beberapa pasien namun mungkin perlu antibiotik untuk terapi. YANG RENTAN TERSERANG KERACUNAN Bayi dan orang tua adalah rentan terhadap keracunan makanan. Ini mungkin panjang atau pendek tergantung pada penyebab keracunan makanan. 3. Orang-orang dengan kekebalan tertindas. memasak permukaan. Dalam kebanyakan kasus. Hal ini dapat mengakibatkan kematian akibat tersedak. mual.dimasak. Ibu hamil dan menyusui harus ekstra hati-hati tentang menghindari keracunan makanan. Hal ini dapat mengakibatkan reaksi alergi parah dengan pembengkakan wajah. 2. muntah. demam dengan menggigil dan tremor. 14 . Scombroid keracunan terjadi karena besar pelepasan histamin kimia dari ikan ketika itu dimakan. PERAWATAN MAKANAN KERACUNAN Perawatan melibatkan menjaga pasien yang terhidrasi dengan banyak cairan dan air. mencuci dan memasak makanan secara menyeluruh. 5. Minum hanya disaring air juga membantu. Masalah dimulai dalam waktu 2-6 jam makan makanan tercemar atau air. kelemahan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful